jasa arsitek solo

Jasa Arsitek Solo Murah

CENTER POINT ARSITEK melayani jasa lengkap desain, bangun rumah atau renovasi rumah yang dikhususkan bagi personal maupun corporate yang merencanakan proyek menginginkan ketepatan waktu, desain yang kreatif, hasil pekerjaan yang berkualitas dan dengan harga bersaing.
Layanan lengkap mulai dari nol hingga serah terima kunci yang didukung oleh tenaga- tenaga arsitek, tukang, dan tenaga sipil bangunan berpengalaman dan telah puluhan tahun bekerja dan berkarya di bidang rancang bangun.
Memberikan solusi kepada anda bukan hanya desain jasa arsitektur,bongkar rumah, renovasi rumah atau sketsa pelaksanaan proyek, tetapi juga kami memiliki solusi rumah yang dapat di hemat, dengan sistem pelaksanaan bangunan yang fleksibel sesuai budget keuangan kebutuhan anda.
Kreatif desain hasil pekerjaan cepat, rapi adalah komitmen kami untuk mewujudkan rumah impian anda.

 

bangunan bersejarah solo

CENTER POINT ARSITEK adalah perusahaan yang melayani jasa lengkap desain, bangun rumah atau renovasi rumah. Desain kreatif dan inivatif, hasil pekerjaan cepat, rapi adalah komitmen kami untuk mewujudkan impian konsumen dengan berbagai pilihan gaya rumah seperti minimalis , modern, klasik, mediteranian, kolonial, tropis, dsb.
CENTER POINT ARSITEK memberikan layanan – layanan :

Gambar 3D
Gambar Kerja, Site Plan
CENTER POINT ARSITEK melayani jasa lengkap desain, bangun rumah atau renovasi rumah yang dikhususkan bagi personal maupun corporate yang merencanakan proyek menginginkan ketepatan waktu, desain yang kreatif, hasil pekerjaan yang berkualitas dan dengan harga bersaing.
Layanan lengkap mulai dari nol hingga serah terima kunci yang didukung oleh tenaga- tenaga arsitek, tukang, dan tenaga sipil bangunan berpengalaman dan telah puluhan tahun bekerja dan berkarya di bidang rancang bangun.
Memberikan solusi kepada anda bukan hanya desain jasa arsitektur,bongkar rumah, renovasi rumah atau sketsa pelaksanaan proyek, tetapi juga kami memiliki solusi rumah yang dapat di hemat, dengan sistem pelaksanaan bangunan yang fleksibel sesuai budget keuangan kebutuhan anda.
Kreatif desain hasil pekerjaan cepat, rapi adalah komitmen kami untuk mewujudkan rumah impian anda.

Layanan Kami :

  • Teknologi 3D Exterior dan Interior Realistis

Gambar tiga dimensi (3D) adalah visualisasi penampakan secara menyeluruh dan detail dari suatu bangunan secara tiga dimensi, Agar klient dapat melihatdetail secara terperinci .Bila terdapat detail yg kurang sesuai dengan keinginan , dapat diperbaiki dengan biaya lebih kecil dibandingkan bila bangunan tersebut sdah berdiri , mungkin Anda harus mengeluarkan biaya lebh untuk memperbaiki atau menambahkan kekurangan pda detail ataupun strukturnya. Gambar tiga dimensi (3D) sangat penting dijadikan acuan dalam pelaksanaan finishing pembangunannya, baik oleh tim kontraktor maupun tim interior, agar tidak terjadi kesalah-pahaman visual antara Anda dengan sang arsitek, ataupun dengan tim kontraktor dan interior.

  • Gambar Kerja

Gambar kerja, secara gampang, adalah gambar acuan yang digunakan untuk merealisasikan antara ide ke dalam wujud fisik. Gambar kerja harus dipahami oleh semua personel yang terlibat dalam proses pembangunan fisik. Gambar kerja pun terdiri dari berbagai unsur, yang memuat informasi mengenai dimensi, bahan, dan warna.

Dalam prosesnya, kontraktor pelaksana lapangan akan meminta gambar kerja kepada arsitek untuk digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan proyek. Mulai dari nol, sampai finish. Gambar kerja akan membantu kontraktor untuk menciptakan wujud fisik sesuai dengan ide sang arsitek. Dengan bantuan gambar kerja, sang arsitek tidak perlu untuk mengawasi setiap detail dari semua unsur pembangunan, karena akan menyita waktu dan tidak efisien. Maka dari itu, gambar kerja harus bisa dibaca dan dipahami oleh kontraktor pelaksana.

Karya Kami : Desain Gambar 3 Dimensi

GAMBAR PILIHAN WEB SERIBU 2

GAMBAR PILIHAN WEB SERIBU 2

Portofolio

Jasa Arsitek desain Minimalis Modern di Solo

Konsep modernisme merupakan tema sentral dalam upaya arsitektur modern abad ke-20. Mendapatkan popularitas global, terutama setelah Perang Dunia Kedua, modernisme arsitektur diadopsi oleh banyak arsitek dan pendidik arsitektur, dan berlanjut sebagai model arsitektur dominan yang digunakan untuk bangunan institusional dan perusahaan di abad ke-21.
Arsitektur dasar rumah modern sederhana dan bersih. Filosofinya adalah bahwa karakteristik rumah akan mengikuti fungsi hunian. Ini berarti arsitektur rumah modern mengungkapkan kesederhanaan, tampilan elemen struktur yang rapi, dan menghilangkan apapun yang tidak perlu untuk disain.
Saat melihat arsitektur modern Anda akan melihat bahwa kebanyakan rumah dirancang untuk bahan megah yang digunakan untuk proses pengembangan daripada menutupi bahan-bahan ini dengan desain yang tidak perlu. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan desain rumah modern akan menampilkan elemen kaca, baja dan kayu.
Rencana rumah minimalis kontemporer modern menampilkan fitur terbuka, ruang lantai yang fleksibel, elemen dekoratif minimalis, dan penggunaan campuran modern atau “industri” yang ekstensif di seluruh rumah.
Desain lantai yang dilucuti, ramping, dan elegan Kontemporer atau modern merupakan perubahan sempurna dari arsitektur tradisional dan telah menjadi model arsitektur rumah favorit yang dirancang sejak tahun 1950an. Ditemukan di lingkungan pinggiran kota yang terawat baik di seluruh negeri, desain rumah kontemporer yang canggih menawarkan langit-langit yang melonjak dan kesederhanaan abadi yang bekerja dengan baik untuk keluarga dan individu. Rencana kontemporer juga menekankan ruang terbuka dan fleksibel, yang memungkinkan pemilik rumah menyesuaikan fungsi rumah. Bahan campuran modern atau “industri” seperti beton, vinil, dan kaca banyak digunakan di seluruh rumah. Skema rumah modern modern sangat cocok untuk mereka yang ingin mengubah rumah tua menjadi model rumah dengan desain minimais modern murni.
Gaya arsitektur – kombinasi bentuk dasar dan struktur karakter pada waktu dan orang tertentu, diwujudkan dalam rangkaian fungsional, konstruktif, dan artistik. Setiap era telah menciptakan gayanya sendiri. Dan di setiap zaman ada beberapa jenis bangunan, digunakan bahan bangunan khusus konstruksi. Pakar mengubah konsep kecantikan dan kegunaan, dari sinilah perbedaan dari berbagai bentuk dan hiasan waktu.

Gaya secara tradisional didefinisikan sebagai seperangkat fitur, kesatuan teknik dan sumber ekspresif, masyarakat ideologis atau artistik, yang dapat dicirikan oleh waktu, arahan dalam seni, individu atau rumah tertentu.
Di Inggris, gaya kontemporer disebut Art Nouveau di Belgia dan Prancis – Art Nouveau (“Seni Baru”) di Jerman – gaya yugent (“Gaya Muda”), di Austria – Secession (“Branch, Care”). Penolakan bentuk kuno, mencari penggunaan bahan baru: besi, kaca dan beton. Gaya modern, konstruktivis, minimalis, “techno”, hi-tech, kitsch – tidak semua gaya desain dan seni rumah digunakan saat ini.
Pada 1890-1900 dalam arsitektur yang sedang berkembang, gaya yang disebut “modern”. Modern yang bergerak di abad ke-20 dan terus eksis selama dua dasawarsa. Arsitektur “modern” menggunakan rencana yang tidak seimbang dan solusi bangunan tiga dimensi, bahan bangunan baru, termasuk tampilan fasad bata, tiruan ubin glaze. Arsitek telah mencari estetika untuk memahami kemungkinan konstruksi teknis baru, namun jatuh ke dalam ekses dekoratif.
Seiring waktu, modern menolak pengayaan yang berlebihan terhadap detail arsitektur fasad dan interior dan hiasan sosok yang sewenang-wenang. Ini menjadi lebih rasional. Belakangan, ini terkait dengan tahap awal sebuah gaya baru – konstruktivisme, yang biasa terjadi di semua negara.
Munculnya konstruktivisme dalam 20-30 tahun abad XX adalah kemunculan bahan olahan seperti beton dan beton bertulang. Sekarang Anda bisa melakukan desain cadik, jenis awning, kanopi, menutupi fasad rumah dengan kaca besar.
Pada pertengahan abad ke-20, dikembangkan model desain “minimalis”. Pada dekade pascaperang dunia pertama, baik dalam kehidupan masyarakat pada umumnya, arsitektur modern dan arsitektur proses demokratisasi – mencari cara baru pembangunan. Istilah “minimalisme” dikaitkan dengan tren seni konseptual di tahun 60an karena demokratisasi dan moto realisasi “tidak lebih”. Minimalisme dicirikan oleh kurangnya dekorasi seperti itu, dan menemukan proporsi ideal, solusi warna baru. Namun, pada tahun 20an, 60an, atau tahun 2000an, hal itu berbeda dalam bentuk dan konten dan nuansa.
Pada tahun 1977, arah gaya baru “berteknologi tinggi”. Ini berarti metode membangun lingkungan ultra modern dari berbagai jenis rincian teknis, mengidentifikasi struktur terbuka. Hi-tech – bahan propaganda estetika berteknologi tinggi. Seiring dengan penggunaan komposisi struktur bantalan beban tradisional, kusen, bingkai, telah menggunakan sistem gabungan yang kaku dan tali elemen.
Ciri dari solusi struktur pendukung berteknologi tinggi adalah penggunaan sel punca, bukan bagian tertutup dari bagian yang terbuka. Hal ini sebagian ditentukan oleh persyaratan nonkonstruktif, dan estetika – yang menekankan “teknis” komposisi.
Model desain arsitektur juga menyimpan tanda pada sejarah furnitur dan desain interior. Pergantian gaya furnitur dan desain interior mencerminkan kehidupan sosial sehari-hari masyarakat. Pada awal abad 20 dengan munculnya tren baru dalam pemikiran dan perubahan bidang disain interior sosial disempurnakan, disederhanakan dan dioptimalkan.
Dalam upaya untuk mengatasi eklektisme seni borjuis dan budaya abad ke-21, perwakilan modernisme menggunakan fasilitas teknis dan struktural baru dan rencana bebas untuk menciptakan hal-hal yang tidak biasa, menekankan bangunan individu, semua elemen subordinasi pada irama dekoratif dan desain figuratif simbolis. Seni dan modernisme dekoratif dibedakan dengan simbol puitis, garis ritme cairan dekoratif yang fleksibel, pola gaya bunga.
Furnitur interior modern dan minimalis, Purism, hi-tech – jika Anda membedakan antara area kontemporer, jangan langsung menyebutkan bahwa ketiganya kembar:
Purisma – untuk gaya, adalah kemurnian dan kesederhanaan bentuk – minimalis dan fungsional.
Hi-tech – pada dasarnya adalah bentuk minimalis yang brilian yang bisa dieksekusi dalam hal yang ketat dan fungsional.
Minimalisme – formula kemurnian ideologis, kesempurnaan dan kenyamanan interior modernis.
Hanya teknologi modern yang bisa menjamin pelaksanaan keaslian furnitur minimalis. Minimalisme tumbuh dari Konstruktivisme dari abad ke-20, seiring pelepasan hiasan dan ornamen. Arah ini mengatasi “eklektismeisme” postmodernisme dan memasuki posisi baru kemurnian dan kemampuan proses yang membangun, menggunakan bahan inovasi, desain dan bentuk modern.

Jasa Arsitek desain rumah Minimalis di Solo

Sebenarnya Gaya rumah Minimalis, tidak identik dengan rumah yang kecil , sempit atau sederhana, tapi lebih mengacu pada gaya hidup miimalis, gaya hidup minimalis berasal dari Pendeta Zen di Jepang, Zen memang diartikan sebagai meditasi. Adaptasi seperti ini ditujukan untuk menciptakan dekorasi dengan suasana tenang, damai, nyaman, sederhana dan dekat dengan alam.
Pengaruh estetika Budhiesme Zen, sangat kuat bagi penganutnya , dan mengaplikasikan gaya hidup mereka dalam keinginan desain rumah minimalis modern. Dengan melawan norma masyarakat umum yang sangat konsumtif dengan secara dramatis mengurangi perabotan barang barang yg tidak begitu memiliki nilai fungsional. Begitu pun dalam medesain rumah, rumah minimalis cenderung mengurangi ornamen ornamen yang tidak di butuhkan, begitu juga dengan tata ruang yang simple , namun efektif, efesien dan tetap elegan. Dalam kontek desain rumah minimalis, disamping adanya pengaruh gaya hidup Jepang, juga timbul karena kebosanan pada gaya desain rumah konservatif, dengan yg ada pada umumnya.
Ciri ciri dari desain rumah minimalis, pada ekteriornya
Mempunyai bentuk garis geometris yang lebih tegas,biasanya di dominasi pengulangan garis secara vertikal maupun horizontal.
Memiliki bukaan yang lebar, jendela yang lebar yang memberikan sudut pandang ke luat yang lebih luas.
Atap rumah nyaris datar, dengan derajat kemiringan sudut yang lebih besar.
Penataan taman atau landscape pun minimalis, disesuaikan dengan lahan yang minim.

Jasa Arsitek desain rumah Idaman di Solo

Jika kita melihat atau membayangkan gambar rumah impian, apa yang akan menjadi pikiran Anda mungkin kesempurnaan. Kesempurnaan Model rumah, desain, ukuran, dan tata letak ruang urutan penuh kemewahan dan furnitur berkelas. Belum lagi bagian luarnya dikelilingi oleh taman dengan aneka tanaman hias yang indah, lengkap dengan kolam renang sebagai bentuk identitas rumah kelas modern. Pertanyaannya adalah, apakah definisi rumah impian harus mencakup semua hal di atas?
Umumnya, setiap orang memiliki keinginan akan nuansa yang berbeda dengan rumah / tempat tinggal yg dinginkan . Misalnya ada yang menginginkan sebuah apartemen mewah di pusat kota, di sisi lain sebenarnya banyak yang mendambakan sebuah rumah sederhana di pedesaan atau di pantai yang terisolasi dari fasilitas umum, ataupun di perumahan yg tenang namun lengkap dengan segala fasilitas pendukung.
Mimpi / keinginan dalam membuat rumah impian pada dasarnya memikirkan sebuah bangunan yang sesuai dan sesuai dengan keinginan pemilik rumah dan semua anggota keluarga tanpa model, bentuk, ukuran, dan lokasi. Secara garis besar asesmen hanya penghuni rumah idaman yang bisa menentukan tanpa keterlibatan orang lain yang bisa diberi penilaian berbeda.
Memilih Ideal Lokasi
Membangun mimpi adalah tantangan rumah yang cukup besar, terutama pada masalah perencanaan dan biaya untuk mewujudkannya. Tapi kalau kita bisa memenuhi maksud dan deskripsi model rumah yang kita inginkan, sebenarnya proses ini lebih menyenangkan. Membangun rumah impian kita harus mencari lokasi yang strategis sebelum memulai proses perencanaan struktur rumah secara keseluruhan.
Dalam hal ini kita harus merencanakan desain lansekap dengan menggabungkan bangunan situs untuk membuat paket ‘tunggal’ yang indah dan nyaman. Jadi pada dasarnya selain memperhatikan keindahan estetika alami, kita perlu mengamati lokasi bangunan lain di dekat rumah yang sedang kita rencanakan, apakah ada satu atau beberapa bangunan yang dibangun akan yang mengganggu lingkungan sekitar?
Dalam gambar 3 dimensi, kita hanya melihat gambaran bentuk fisik rumah, bangunan itu terlihat sempurna, namun tidak dijelaskan secara detail tentang jalan atau akses ke tempat tersebut. Sebenarnya jalan menuju lokasi (rumah) merupakan aspek penting untuk diperhatikan. Misalnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan dari lokasi untuk bekerja dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat umum seperti rumah sakit, rumah ibadah, pusat perbelanjaan, dll?
Nah, hal yang sering kita anggap remeh di atas sebenarnya perlu diperhatikan oleh kita. Toh, tidak setiap rumah yang kita anggap terlihat rumah impian terlihat sempurna selamanya, karena orang harus hidup dengan waktu, yang berarti setiap saat ada perubahan gaya hidup.
Jika rumah impian yang kita rencanakan sudah bisa direalisasikan mungkin di masa depan kita akan menemukan desain baru gairah atau inspirasi yang mengharuskan kita untuk mengeksplorasi model rumah tua menjadi model baru. Ini sama dengan kondisi kita yang selalu tumbuh dan bergerak, dan keadaan di sekitar kita terus berubah.Demikian tips yg kami bisa berikan.

Jasa Arsitek desain rumah Sederhana di Solo

Definisi model rumah sederhana sebenarnya sangat universal, namun pastinya rumah sederhana tidak harus identik dengan rumah-rumah kecil dan murah. Tapi kalau rumah itu dikatakan murah, bisa dikategorikan sebagai rumah sederhana. Titik pemahaman sebuah rumah sederhana tidak hanya berdasarkan kata “sederhana”, karena bisa jadi rumah yang terlihat sederhana penampilannya dari luar, namun interiornya didesain modern dan mewah dengan furnitur yang mahal. Jadi kategori rumah sederhana hanya bisa diukur dari desain, pembiayaan dan area rumah itu sendiri.
Desain
Jika rumah sederhana dilihat dari disain, maka bisa lebih berarti. Misalnya, sebuah rumah besar yang menerapkan konsep sederhana tapi satu sisi rumah menggunakan bahan yang mahal, tidak bisa lagi disebut rumah sederhana. Pengertian rumah sederhana dilihat dari disain, penekanannya terletak pada disain itu sendiri. Kualitas bahan yang digunakan cukup fleksibel, bisa bahannya murah, medium, atau mahal dan bahannya mewah. Kita bisa melihat contoh bahan mewah seperti granit asli yang harganya 1 juta / m2 atau perlengkapan sanitair harganya di atas 25 juta. Contoh bahan semacam itu bisa diaplikasikan pada model rumah sederhana.
Pembiayaan dan Luas Rumah
Pengertian rumah sederhana juga bisa dilihat dari sisi pembiayaan dan luas rumah. Jika sebuah rumah menerapkan konsep sederhana yang dibangun dengan biaya minimal, misalnya menggunakan bahan kelas ekonomis atau bahan yg murah, maka secara praktis rumah tersebut adalah rumah sederhana yang sesungguhnya. Apalagi jika diperkuat dengan area rumah yang relatif kecil, misalnya perumahan KPR BTN tipe 21, tipe 36, dan jenis rumah murah lainnya. Tapi kalau rumah sederhana itu memiliki luas di atas 200 m2 dengan luas ruangan dan luas, misalnya kamar tidur berukuran 4m x 5m (20m2), maka rumah tersebut tidak bisa lagi disebut rumah sederhana yang sebenarnya karena sudah masuk pada definisi kelas rumahmewah, namun sebagai bentuk rumah sederhana terlihat. Dari disain
Dalam beberapa tahun terakhir banyak orang yang memiliki kekayaan berlebih, lebih memilih desain rumah sederhana, yang meniru kesederhanaan gaya rumah tradisional klasik, seperti rumah kayu, rumah joglo. Bahkan banyak dari mereka yang menyukai model rumah tua dengan gaya arsitektur rumah zaman Belandaatau kolonial. Bangunan ini bisa dengan mudah dilihat di perumahan resmi. Rumah-rumah tersebut meski mengadopsi desain bangunan tradisional yang cenderung bergaya klasik dan kuno, namun rumah mereka memiliki luas lebih dari 300 m2 dan dibangun di atas lahan seluas 500 m2 atau bahkan lebih. Membangun rumah bisa menjadi teladan sebagai rumah yang terlihat sederhana, tapi bukan rumah sederhana dalam arti sebenarnya.

Jasa Arsitek desain rumah 1 lantai dengan 5 kamar di Solo

Alasan orang mulai menyukai desain rumah minimalis ini dikarenakan pemikiran tentang bahwa desain rumah minimalis ini, merupakan desain yang menghasilkan bentuk yang sederhana tetapi mempunyai nilai yang estetika dan ruang yang lebih besar. Namun sebenarnya konsep desain rumah minimalis tidak hanya sekedar sampai disitu saja.

Jasa Arsitek desain rumah 1 setengah lantai di Solo

Model Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai – Jika kita lihat dari sejarah sebenarnya alasan kemunculan desain rumah minimalis ini merupakan salah satu bentuk protes beberapa aliran arsitektur yang terlalu boros dalam menggunakan material untuk bangunan yang dalam jangka panjang bisa mengganggu keseimbangan alam. Misalnya saja penggunaan kayu yang berlebihan untuk pembuatan interior dan masih banyak bahan-bahan lainnya yang diambil dari alam.

desain rumah 10×10 di Solo

Sementara dilain sisi manusia tidak dapat memproduksi bahan bahan itu sendiri. Oleh sebab itu dalam membuat desain konsep sebenarnya dari rumah minimalis lebih mengutamakan fungsi dari penggunaan bahan bahan secara lebih maksimal lagi. Ornament dan hiasan yang biasanya digunakan sebagai pajangan sangat dihindari dalam desain rumah minimalis, bahkan sudah dihilangkan.

Jasa Arsitek desain rumah minimalis 1 lantai 5 di Solo

Tokoh yang paling berperan dalam mempopulerkan desain minimalis adalah Ludwig mies van der rohe dan le Corbusier. Desain rumah minimalis yang sekarang sudah bisa kita saksikan secara nyata disekeliling kita. Merupakan hasil dari pengaruh Ludwig mies van der rohe dan le Corbusier konsep mereka menjadi dasar dan tujuan utama dari konsep minimalis.

Jasa Arsitek desain rumah sederhana leter L di Solo

Konsep dari rumah minimalis memang lebih menonjolkan sifat fungsional dan esensial sehingga harus bisa meminimalkan atau bahkan menghilangkan-hiasan hiasan yang tidak diperlukan didalam rumah, misalnya seperti ornament-ornament. Sehingga efisiensi pernggunaan bahan-bahan material seperti beton, baja, kaca, dan lain lainmenjadi tantangan tersendiri bagus para arsitektur dalam merancang bangunan dengan konsep minimalis.
desain rumah sederhana minimalis 1 lantai di Solo
Banyak ide-ide baru yang bermunculan oleh para arsitek yang pada saat itu sedang berusaha keras untuk mendapatkan formasi baru yang diharapkan mampu menyesuaikan dengan kondisi jaman yang terus berkembang. Di Indonesia sendiri, konsep desain minimalis juga mengalami kemajuan yang cukup pesat, tepatnya saat gaya mediterania mulai mengalami kesurutan.

Jasa Arsitek desain rumah sederhana modern 1 lantai di Solo

Model Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai – Hanya saja karena masyarakat di Indonesia sendiri belum paham akan tujuan dari konsep minimalis ini, karenanya mereka lebih suka meniru-niru konse minimalis yang diterapkan dinegara negara Eropa dan Amerika yang dianggap lebih maju. Mereka tidak menyadari kalau sebenarnya kondisi alam di Indonesia yang tropis berbeda dengan kondisi alam di negara-negara barat tersebut.
desain rumah sederhana satu lantai
Oleh karena itu malah berakibat pemborosan terutama dalam segi pembiayaan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Misalnya yang terjadi pada sistem pencahayaan. Alasannya ingin mendapatkan sinar matahari yang makasimal, pemilik rumah sampai mengurangi ukuran atau malah mengliangkan kanopi yang sebenarnya memang tidak digunakan pada rumah-rumah di Eropa

Jasa Arsitek desain rumah sederhana unik di Solo

Model Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai – Padahal sebenarnya sinar matahari yang memancar diIndonesia ini sifatnya lebih panas dibandingkan dengan di Eropa. Hal ini justrudapat mengakibatkan perabot yang ada didalam rumah menjadi tidak awet. Tentu saja hal ini juga mengakibatkan ongkos yang dikeluarkan untuk pembiayaan menjadi lebih banyak lagi. Itulah sedikit info sejarah atau awal mula adanya konsep rumah dengan desain minimalis.

Jasa Arsitek desain rumah sederhana yang indah di Solo

Baiklah sekarang saya akan mencoba mengajak anda untuk merubah rumah sederhana menjadi rumah dengan gaya minimalis. Desain rumah minimalis ini tidak akan banyak merubah bentuk bangunan rumah anda yang sederhan. Ornament-ornament yang simple akan mempermudah dalam perubahan desain rumah pribadi anda menjadi rumah dengan gaya minimalis.

Jasa Arsitek desain rumah tampak depan di Solo

Eksterior rumah sederhana ini nantinya hanya memerlukan sedikit sentuhan desain modern dan minimalis pada tampilan luarnya saja, jadi tidak akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Penggunaan list atau garis merupakan hal yang paling sering digunakan, guna membedakan satu blok dinding dengan dinding yang lainnya. Pada rumah sederhana yang minimalis penggunaan list ini bisa memanfaatkan batu alam sebagai bahan bakunya.
minimalis

Pilihlah batu alam dengan ukuran 15×10 cm saja, juga sudah cukup untuk dijadikan list pada tampilan dinding luar rumah minimalis anda nantinya. Selain itu, gunakanlah cat yang tidak warna-warni, agar membuat rumah anda memiliki desain yang minimalis.

Jasa Arsitek minimalis design di Solo

Model Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai – Biasanya pilihan warna abu dan putih yang menjadi pilihan, karena warna tersebut yang paling sering digunakan pada rumah rumah yang bergaya minimalis.Tambahan warna cerah misalnya merah atau kuning sebagai list juga memungkinkan untuk mengganti batu alam yang tadi itu, pengunaan warna juga merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi biaya yang dibutuhkan.
model cat rumah minimalis indoor outdoor
Biasanya pada desain rumah dengan konsep minimalis, tidak ada tiang penyangga yang biasanya ada dua di depan rumah-rumah pada umumnya di Indonesia. Rumah minimalis biasanya hanya mengandalkan tiang penyangga yang menyatu pada dinding rumah saja, sehingga tidak ada lagi pada teras rumah, yang biasanya ada dua tiang penyangga tersebut.

Jasa Arsitek model model rumah di Solo

Selain itu juga, penggunaan keramik pada dinding sebaiknya tidak usah dilakukan pada desain rumah minimalis sederhana. Pastikan pula bahwa dinding rumah hanya di cat bukan dikeramik, karena keramil di dinding itulah yang akan menghilangkan kesan minimalis pada rumah anda tersebut. Desain rumah minimalis yang sedehanan ini sangat cocok sekali bagi rumah dengan type kecil.

Jasa Arsitek model rumah di Solo

sekarang rumah minimalis bukanlah hal asing lagi bagi kita. Di Indonesia banyak perumahan perumahan sederhana yang juga telah mengadopsi desain rumah minimalis pada setiap unit rumah yang mereka tawarkan. Ini merupakan pembuktian bahwa rumah sederhana pun bisa disulap menjadi rumah dengan desain minimalis, tentunya dengan biaya yang tidak terlalu mahal.
model rumah baru
Sekarang ini banyak sekali tampilan rumah minimalis yang bisa dijadikan referensi untuk rumah anda. Jika anda menyukai salah satu desain rumah minimalis yang anda dapatkan atau anda lihat dari Internet maka anda bisa konsultasikan kepada pihak developer atau tukang atau pemborong yang biasa mengurus masalah pembangunan rumah anda.

Jasa Arsitek model rumah modern di Solo

Dengan memiliki rumah minimalis modern anda akan merasakan bagaimana memiliki rumah seperti apa yang ada di televisi yang anda lihat. Anda akan bisa belajar model-model rumah minimalis modern dengan lebih memperbanyak browsing. Banyak model tipe dan jenis sesuai luas bangunan, gaya, serta konsep yang bisa diaplikasikan dari sini.

Jasa Arsitek model rumah sederhana di Solo

Model Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai – Mantapkanlah dulu diri anda dan keluarga anda, untuk bisa tinggal bersama di rumah yang anda desain. Agar rumah tampak lebih baik anda bisa memberikan beberapa perabotan khusus dirumah minimalis anda. Sehingga akan memberikan tampilan rumah vintage modern yang benar-benar nyaman untuk ditinggali dan eye catching.

Jasa Arsitek model rumah sekarang di Solo

Anda tentu saja akan butuh desainer untuk membantu anda, menentukan wallpaper dinding yang cocok, yang bisa diaplikasikan di rumah minimalis anda. Paling penting juga adalah menyesuaikan budget yang anda miliki untuk mewujudkan rumah minimalis modern ini.

 

Berikut adalah Karya Karya Kami desain gambar Kerja

Dewasa ini rumah minimalis menjadi sebuah pilihan hunian yang sedang popular, termasuk di Indonesia. Konsep rumah minimalis pada dasarnya adalah bagaimana caranya menghemat ruang dan waktu. Hal ini pada mulanya disebabkan karena keterbatasan ruang atau lahan perkotaan di Indonesia. Sehingga kemudian arsitek sebagai problem solver membuat sebuah desain minimalis dimana dengan lahan yang terbatas namun fungsi ruang dalam suatu bangunan tetap dapat dijalankan denga optimal.
Salah satu desain hunian yang menerapkan arsitektur minimalis adalah hunian milik bapak Ladingan Sianipar yang berlokasi di Bekasi. Rumah tinggal dengan luasan tanah yakni ±110 m2 ini memiliki desain yang sangat menarik dan tentu nyaman untuk dihuni. Berikut adalah data lengkap mengenai bangunan rumah tinggal miliki bapak Ladingan Sianipar:
Proyek : Rumah Tinggal Minimalis 2 Lantai
Lokasi : Bekasi
Luas Lahan : ±110 m2
Luas Bangunan : ±60 m2
Ruang :
Kamar Tidur : 3
Kamar Mandi : 4
Dapur & Ruang Makan
Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Gudang
Jemuran
Taman (halaman depan & halaman belakang)
Kemudian akan dijelaskan secara rinci mengenai proyek hunian ini dari penjelasan gambar kerja sampai dengan fungsi tiap peruangan.

rumah tinggal minimalis 2 lantai

rumah tinggal minimalis 2 lantai

 

  1. Gambar diatas merupakan situasi sekaligus denah lantai dasar dari desain rumah tinggal minimalis 2 lantai. Berikut adalah penjelasan dari nomor yang sudah tertera pada gambar:
    1. : taman. Pada desain ini meskipun dengan luasan tanah yang cenderung kecil, namun dengan memnafaatkan penggunaan taman maka dapat memberikan kesan tapak bangunan yang lebih luas. Taman pada desain ini terdapat di 2 tempat, yakni di halaman depan sebagai taman utama, dan juga terdapat di halaman belakang.
    Taman ini memiliki fungsi lain yang juga penting yaitu sebagai sumber penghijauan dalam bangunan dan juga sebagai resapan air sehingga air yang masuk dapat langsung terserap kedalam tanah. Untuk desain taman di halaman belakang didesain cukup sederhana dengan luasan hanya 6 m2. Taman di halaman belakang juga berfungsi untuk sumber penghijauan dan resapan karena pada bagian belakang rumah terdapat berbagai ruang utama seperti kamar tidur sehingga dibutuhkan suasana kesegaran dengan menampilkan taman tersebut.
  2. Gudang. Gudang ini berfungsi untuk mneyimpan berbagai barang baik yang sudah tidak terpakai atau untuk barang barang yang segaja disimpan dengan baik. Oleh karena itu desain gudang terdapat di sudut desain dengan tuuan agar tidak terlihat dari fasade. Gudang ini memiliki luas ±4 m2 dengan bentuk ruang yaitu trapesium. Ruang gudang ini berbatasan dengan dapur dan toilet. Sehingga sistem zonasi peruang juga digunakan dengan baik dalam desain hunian ini.
  3. Dapur dan ruang makan. Ruang multifungsi ini memiliki luasan 9 m2. Ruang ini tidak dipisahkan menjadi 2 ruang yang berbeda karena adanya keterbatasan lahan pada bangunan. Namun hal ini tidak menjadi suatu halangan karena fungsi dari 2 ruang ini berkaitan, dimana setelah melakukan kegiatan memasak di dapur kemudian keluarga melakukan makan bersama di ruang makan. Oleh karena itu 2 fungsi ini dapat dijadikan dalam satu ruangan yang sama.
  4. Kamar tidur utama. Ruang tidur ini merupakan salah satu ruangan yang digunakan untuk fungsi utama dari bangunan, oleh karena itu lokasi ruang ini haruslah di suatu lokasi yang strategis. Oelh Karena itu lokasi ruang ini diletakkan di sisi sudut arah selatan bangunan. Dari ruangan ini dapat terlihat taman belakang sehingga dapat terlihat sebuah view yang bagus dari dalam kamar tersebut. Kamar ini memiliki luas 10,5 m2 dan memiliki kamar mandi dalam ruangan. Kamar ini juga memiliki luasan yang paling besar dari kamar kamar yang lainnya.
    kamar ini juga memiliki kamar mandi yang terletak di depan kamar tersebut. Sedangkan untuk pembatas antar keduanya adalah sebuah dinding sehingga tidak akan mempengaruhi kenyamanan kamar seperti bau atau sesuatu yang kurang nyaman dipandang.
  5. Toilet. Toilet pada lantai dasar memiliki jumlah 3 buah. Peletakan ruang toilet ini tersebar di sisi depan dan belakamg bangunan, dan 1 buah yang terletak di dalam kamar tidur utama. Peruntukan dari toilet ini juga dapat dibedakan. Kamar mandi untuk tamu dapat digunakan di toilet depan, sedangkan untuk keluarga dapat menggunakan kamar mandi depan atau belakang. Luasan kamar mandi juga tidak terlalu besar, yakni 3 m2.
  6. Teras. Teras ini berfungsi sebagai penyambut tamu yang datang ke rumah tersebut. Sehingga desain teras ini tidak didesain tertutup dan memiliki atap dak yang menutupi teras tersebut. Teras ini terdapat di 2 tempat yaitu di dekat pintu utama yang digunakan untuk menyambut tamu, dan teras di belakang untuk akses dari ruang makan apabila ingin menuju ke taman. Kedua teras ini memiliki luasan yang berbeda, luas teras di depan yaitu 4,5 m2 sedangkan teras belakang memiliki luasan ±7 m2.
  7. Ruang tamu. Ruang tamu ini berada tepat di belakang pintu masuk, sehingga tamu yang datang dapat langsung duduk di ruang tamu. Ruang tamu ini tidak memiliki batasan ruang yang jelas, karena ruang tamu ini sebagai pusat/center dari ruang-ruang dalam desain bangunan tersebut. Namun ruangan ini memiliki luasan ±11 m2.
  8. Carport. Carport sendiri memiliki fungsi sebagai garasi namun tidak terdapat batasan sehingga tidak membentuk suatu ruang yang tertutup. Carport pada desain ini memiliki luasan 15 m2 dan hanya bisa digunakan untuk 1 buah mobil saja.material dari carport ini adalah dari paving dan tidak memiliki penutup.
    Setelah melihat bagaimana bentuk siteplan desain hunian tersebut, selanjutnya akan ditampilkan situasi dari desain ini.

Atap Rumah Minimalis Modern Lantai 2

Setelah melihat bagaimana bentuk siteplan desain hunian tersebut, selanjutnya akan ditampilkan situasi dari desain ini.

desain atap rumah minimalis lantai 2

desain atap rumah minimalis lantai 2

Dari situasi ini dapat dilihat berbagai macam atap yang digunakan pada hunian ini. Berikut adalah penjelasan berdasarkan nomor yang tertera pada gambar di atas (gambar atap rumah minimalis modern):

  1. Atap dari material genteng ini menjadi atap yang dominan digunakan sebagai penutup dalam desain ini. Atap dari material ini sangat sering digunakan dikarenakan memiliki banyak sekali keunggulan, diantarnya karena genteng tanah liat ini tidak menimbulkan bunyi yang bising ketika sedang hujan, selain itu, ketika matahari terik atau panas, maka justru panas tersebut ditransfer menjadi dingin sehingga ketika panas maka suhu didalam rumah menjadi dingin, dan juga sebaliknya, ketika cuaca diluar dingin, maka kondisi di dalam ruangan menjadi hangat.
  2. Atap dari material kaca. Atap ini digunakan dikarenakan ruangan yang ada di bawah atap tersebut adalah ruang jemur, sehingga diperlukan cahaya matahari alami yang masuk. Selain itu keuntungan dari menggunakan atap kaca ini yaitu ketika sedang menjemur pakaian namun cuaca menjadi mendung dan kemudian hujan maka tidak perlu tergesa gesa mengambil pakaian tersebut.
  3. Atap dak beton. Atap dak beton ini hanya digunakan untuk menutupi ruang teras pada rumah tinggal tersebut. Karena hanya untuk menutupi sedikit bagian ruang maka dak beton tersebut dapat langsung ditambhakan tanpa menambahkan kolom dibawahnya. Alasan pemilihan material beton ini adalah karena atap beton ini juga dapat meredam paparan sinar matahari dengan baik, selain itu juga perawatannya yang tergolong mudah. Selain itu dengan penggunaan atap datar pada teras ini juga dapat memberikan kesan arsitektur minimalis dan dapat menambah nilai estetika bangunan.
    Selanjutnya gambar yang akan dijelaskan adalah penjelasan denah lantai 1 dan lantai 2 dari bangunan ini. Berikut adalah gambar denah beserta keterangannya dalam nomor:

Gambar denah lantai 1

gambar denah lantai 1 -1

gambar denah lantai 1 -1

Gambar Denah Rumah Lantai 1 – 2

gambar denah lantai 1-2

gambar denah lantai 1-2

Berikut adalah keterangan dari gambar denah lantai 1 (atas) :
1. Taman belakang. Pada taman belakang ini didesain untuk memberikan view untuk ruang ruang di sekelilingnya, diantaraya ruang kamar tidur dan ruang makan. Selain itu juga digunakan untuk memeberikan udara segar dalam bagian belakang rumah tinggal tersebut.
2. Gudang. Peletakan gudang berada di belakang dan terletak di sudut. Peletakan ruang ini berada di samping dapur dan toilet.
3. Ruang dapur dan ruang makan. Ruang ini merupakan salah satu ruang multifungsi dimana dalam satu ruang dapat dilakukan satu atau lebih kegiatan dan semua kegiatan tersebut dpat terlakukan dengan baik dan optimal.
4. Kamar utama. Kamar utama ini memiliki kelebihan dari kamar tidur lain. Diantanya adalah kamar ini terletak di lantai satu, sehingga dapat menikmati view taman yang berada tepat di sisi sebelah kanan ruang tersebut. Selain itu kamar ini juga memiliki kamar mandi yang terletak bersebelahan dengan kamar tersebut.
5. Toilet. Ruang pada toilet ini ditempatkan di sisi depan dan sisi belakang desain. ruang toilet ini hanya memiliki luasan 3 m2 saja karena keterbatasan lahan yang ada, namun dengan luasan tersebut user masih dapat melakukan kegiatan di kamar mandi dengan optimal.
6. Teras. pada rumah tinggal ini memiliki 2 buah teras yang digunakan untuk menyambut tamu dan juga tempat berrsantai. Karena fungsi ruangnya yang tidak digunakan untuk kegiatan formal maka desain ruang teras ini didesain dengan konsep terbuka sehingga menciptakan kesan santai
7. Ruang tamu. Ruang tamu ini tidak memiliki batasan ruang secara jelas, karena ruang tamu ini terbentuk dari pertemuan antar ruang, yaitu ruang makan, teras, dan juga ruang tidur utama.
8. Carport. Ruang carport ini digunakan sebagai garasi mobil. Kapasitas mobil yang dapat tertampung dalam carport ini adalah 1 buah mobil.
9. Tangga. Tangga ini menjadi akses satu satunya menuju lantai kedua. Lebar tangga ini yaitu 1 m dengan ketinggian tiap trap tangga yaitu ±20 cm.
Kemudian berikut adalah penjelasan dari denah lantai 2:
1. Ruang jemur. Ruang ini diletakkan di sudut sisi barat bangunan karena agar dapat terkena sinar matahari secara langsung ketika siang hari. Karena kegiatan yang dilakukan membutuhkan banyak sinar matahari maka diperlukan banyak bukaan dalam ruang tersebut. Dalam mengatasi hal tersebut maka solusi desain yang diambil adalah menggunakan atap kari material kaca sehingga cahaya matahari dapat langsung masuk dari atas.
2. Kamar tidur. kamar tidur ini memiliki luasan 9 m2 dan berdekatan dengan ruang keluarga dan ruang ruang dengan privasi tinggi, sehingga kamar ini dapat terjaga privasinya dari zona public yang berada di lantai bawah. Selain itu kamar ini juga memiliki 1 sisi bukaan yang menghadap kearah void yang dibawahnya terdapat taman belakang hunian tersebut, sehingga pencahayaan alami juga dapat masuk melalui bukaan tersebut.
3. Kamar tidur. kamar tidur ini memiliki luasan 9 m2 dan berdekatan dengan ruang keluarga dan ruang ruang dengan privasi tinggi, sehingga kamar ini dapat terjaga privasinya dari zona public yang berada di lantai bawah. Selain itu kamar ini juga memiliki 1 sisi bukaan yang menghadap kearah void yang dibawahnya terdapat taman belakang hunian tersebut, sehingga pencahayaan alami juga dapat masuk melalui bukaan tersebut.
4. Ruang keluarga. Ruang ini hampir sama dengan ruang tamu, dilihat dari batasan ruang yang terbetuk, namun tingkat privasinya lebih tinggi karena ruang ini hanya boleh dimasuki oleh user saja. Untuk luasan ruang ini yaitu ±11 m2. Ruang keluarga ini berbatasan langsung dengan void di sisi belakang yang merupakan terusan vertical dari taman belakang, dan juga balkon yang terdapat di sisi depan ruang keluarga tersebut.
5. Tangga. Tangga dari lantai 1 ini akan langsung menuju ruang keluarga. Sehingga user yang nantinya akan menuju ke kamar atau ruang ruang lainnya di lantai 2 harus melalui ruang keluarga terlebih dahulu.
6. Balkon. Ruang balkon ini merupakan penutup atau atap dari teras depan di lantai 1. Ruang balkon ini juga berfungsi sebagai ruang santai kelarga karena dari area balkon tersebut dapat melihat view taman halaman depan. Sedangkan untuk dimensi dari area balkon ini adalah 1,5 m x 3 m.
Kemudian, setelah mengetahui bagaimana denah dan peruntukan tiap ruang yang ada dalam bangunan ini, maka selanjutnya akan dibahas mengenai denah atap untuk mengetahui material dan penggunaannya. Berikut akan dijelaskan denah atap melalui gambar.

Berikut adalah keterangan gambar dari denah atap:
1. Atap genteng tanah liat. Atap jenis ini menjadi material yang dominan sebagai penutup bangunan. Pemilihan material ini memiliki beberapa klebihan, diantaranya adalah genteng tanah liat ini tidak menimbulkan bunyi yang bising ketika sedang hujan, selain itu, ketika matahari terik atau panas, maka justru panas tersebut ditransfer menjadi dingin sehingga ketika panas maka suhu didalam rumah menjadi dingin, dan juga sebaliknya, ketika cuaca diluar dingin, maka kondisi di dalam ruangan menjadi hangat.
2. Atap dari material kaca. Atap ini digunakan dikarenakan ruangan yang ada di bawah atap tersebut adalah ruang jemur, sehingga diperlukan cahaya matahari alami yang masuk. Selain itu keuntungan dari menggunakan atap kaca ini yaitu ketika sedang menjemur pakaian namun cuaca menjadi mendung dan kemudian hujan maka tidak perlu tergesa gesa mengambil pakaian tersebut.
3. Atap dak beton. Atap dak beton ini hanya digunakan untuk menutupi ruang teras pada rumah tinggal tersebut. Karena hanya untuk menutupi sedikit bagian ruang maka dak beton tersebut dapat langsung ditambhakan tanpa menambahkan kolom dibawahnya. Alasan pemilihan material beton ini adalah karena atap beton ini juga dapat meredam paparan sinar matahari dengan baik, selain itu juga perawatannya yang tergolong mudah. Selain itu dengan penggunaan atap datar pada teras ini juga dapat memberikan kesan arsitektur minimalis dan dapat menambah nilai estetika bangunan.
Kemudian setelah mengetahui bagaimana bentuk horizontal bangunan yang dijelaskan melalui denah, selanjutnya akan dijelaskan mengenai desain rumah tinggal ini melalui gambar potongan. Berikut adalah penjelasan potongan yang dijelaskan melalui gambar:

Berikut adalah penjelasan dan keterangan gambar potongan:
1. Gambar tersebut menunjukkan penggunaan rangka atap pada bangunan yang menggunakan material baja ringan. Alasan menggunakan material ini karena cenderung lebih kuat dan harganya lebih murah. Selain itu tidak akan terlalu membebani atap rumah karena terbuat dari bahan yang ringan . Baja ringan juga tahan akan api, sehingga tidak akan memicu kebakaran. Namun yang perlu diperhatikan dalam penggunaan baja ringan ini adalah dalam penghitungannya harus dihitung dengan benar, karena akan cukup beresiko apabila tidak dihitung dengan benar dan teliti.
2. Penggunaan ring balk 15/30 yang menjadi tumpuan konstruksi yang berada di atasnya dan selain itu juga berfungsi untuk mengikat dinding batu bata agar tidak roboh.
3. Penggunaan flafond dengan material gypsum rangka hollow. Material ini dipilih sebagai material plafond karena dari segi penampilan gypsum terlihat lebih menarik daripada material eternity. Selain itu material ini juga cukup mudah perawatannya, selain itu juga cara pemasangannya yang tergolong mudah dan praktis.
4. Dinding pada hunian ini menggunakan material pasangan batu bata. Dinding dengan material ini memiliki banyak kelebihan dari material lainnya, diantaranya adalah material batu bata dapat meredam panas, sehingga paparan cahaya matahari yang terkena bangunan akan disimpan oleh batu bata. Sehingga bangunan dengan dinding batu bata akan selalu merasa dingin dan tidak merasa panas apabila siang hari, dan apabila suhu diluar dingin maka suhu didalam ruangan akan menjadi hangat.
5. Pasangan bata trasram. Seperti yang diketahui, trasram adalah pasangan batu bata yang terletak di paling bawah dan di atas sloof, sehingga dalam pembuatannya trasram memiliki perbandingan yang khusus, yakni campuran 1 PC : 2 pasir. Dengan menggunakan campuran ini maka air dari luar tidak akan merembes kedalam rumah.
6. Sloof 15/30. Sloof merupakan sruktur bangunan yang terletak tepat diatas pondasi. Sloof ini berfungsi untuk menyalurkan beban yang diterima dari bangunan menuju pondasi yang terletak dibawah.
7. Tanah urug yang diisikan di antara pondasi bangunan.
8. Pondasi batu kali. Pondasi ini merupakan pondasi yang digunakan untuk bangunan rumah tinggal. Biasanya pondasi batu kali ini digunakan untuk bangunan 1 lantai atau juga terkadang dapat digunakan pada bangunan 2 lantai, namun apabila lebih dari itu maka dapat menggunakan jenis pondasi lain yang lebih kuat sehingga dapat menopan beban bangunan.
9. Aanstamping. Aanstamping ini adalah pasangan batu kosong yang berfungsi sebagai drainase untuk mengeringkan air tanah yang terdapat di sekitar pondasi. Peletakan aanstamping ini ditata tidak hanya sembaran diletakkan saja.
10. Pondasi footplat. Pada desain rumah tinggal ini menggunakan 2 jenis pondasi, salah satu yan digunakan adalah pondasi footplat atau pondasi tapak. Penggunaan pondasi ini dikarenakan untuk membantu pondasi batu kali dalam emnopang beban karena bangunan terfiri lebih dari 1 antai, sehingga akan lebih aman apabila dibantu dengan pondasi ini.

gambar denah atap 2

Jasa Arsitek di Solo Jawa Tengah

Eksistensi kota Solo dimulai di saat Sunan Pakubuwana II, raja Kesultanan Mataram, memindahkan kedudukan raja dari Kartasura ke Desa Sala, sebuah desa yang tidak jauh dari tepi Bengawan Solo, karena istana Kartasura hancur akibat serbuan pemberontak. Sunan Pakubuwana II membeli tanah dari lurah Desa Sala, yaitu Kyai Sala, sebesar 10.000 ringgit untuk membangun istana Mataram yang baru. Secara resmi, istana Mataram yang baru dinamakan Keraton Surakarta Hadiningrat dan mulai di tempati tanggal 17 Februari 1745. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Surakarta. Sejarah yang begitu menarik berdirinya kota solo tentunya meninggalkan banyak bangunan bersejarah di antaranya adalah

Keraton Surakarta adalah istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743. Walaupun Kasunanan Surakarta tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia sejak tahun 1945, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kerajaan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata utama di Kota Surakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Surakarta terletak di dataran rendah di ketinggian 105 m dpl dan di pusat kota 95 m dpl, dengan luas 44,1 km2 (0,14 % luas Jawa Tengah). Surakarta berada sekitar 65 km timur laut Yogyakarta, 100 km tenggara Semarang dan 260 km barat daya Surabaya serta dikelilingi oleh Gunung Merbabu (tinggi 3145 m) dan Merapi (tinggi 2930 m) di bagian barat, dan Gunung Lawu (tinggi 3265 m) di bagian timur. Agak jauh di selatan terbentang Pegunungan Sewu. Tanah di sekitar kota ini subur karena dikelilingi oleh Bengawan Solo, sungai terpanjang di Jawa, serta dilewati oleh Kali Anyar, Kali Pepe, dan Kali Jenes[10]. Mata air bersumber dari lereng gunung Merapi, yang keseluruhannya berjumlah 19 lokasi, dengan kapasitas 3.404 l/detik. Ketinggian rata-rata mata air adalah 800-1.200 m dpl. Pada tahun 1890 – 1827 hanya ada 12 sumur di Surakarta. Saat ini pengambilan air bawah tanah berkisar sekitar 45 l/detik yang berlokasi di 23 titik. Pengambilan air tanah dilakukan oleh industri dan masyarakat, umumnya ilegal dan tidak terkontrol.[11]

Sampai dengan Maret 2006, PDAM Surakarta memiliki kapasitas produksi sebesar 865,02 liter/detik. Air baku berasal dari sumber mata air Cokrotulung, Klaten (387 liter/detik) yang terletak 27 km dari kota Solo dengan elevasi 210,5 di atas permukaan laut dan yang berasal dari 26 buah sumur dalam, antara lain di Banjarsari, dengan total kapasitas 478,02 liter/detik. Selain itu total kapasitas resevoir adalah sebesar 9.140 m3.Dengan kapasitas yang ada, PDAM Surakarta mampu melayani 55,22% masyarakat Surakarta termasuk kawasan hinterland dengan pemakaian rata-rata 22,42 m3/bulan.[12]

Tanah di Solo bersifat pasiran dengan komposisi mineral muda yang tinggi sebagai akibat aktivitas vulkanik Merapi dan Lawu. Komposisi ini, ditambah dengan ketersediaan air yang cukup melimpah, menyebabkan dataran rendah ini sangat baik untuk budidaya tanaman pangan, sayuran, dan industri, seperti tembakau dan tebu. Namun, sejak 20 tahun terakhir industri manufaktur dan pariwisata berkembang pesat sehingga banyak terjadi perubahan peruntukan lahan untuk kegiatan industri dan perumahan penduduk.

Kota Surakarta terletak di antara 110 45` 15″ – 110 45` 35″ Bujur Timur dan 70` 36″ – 70` 56″ Lintang Selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.[13] Di masing-masing batas kota terdapat Gapura Kasunanan yang didirikan sekitar tahun 1931–1932 pada masa pemerintahan Sunan Pakubuwana X di Kasunanan Surakarta. Gapura Kasunanan didirikan sebagai pembatas sekaligus pintu gerbang masuk ibu kota kerajaan (Kota Surakarta) dengan wilayah sekitar. Gapura Kasunanan tidak hanya didirikan di jalan penghubung, namun juga didirikan di pinggir sungai Bengawan Solo yang pada waktu itu menjadi dermaga dan tempat penyeberangan (di Mojo/Silir).

Ukuran Gapura Kasunanan terdiri dari dua ukuran yaitu berukuran besar dan kecil. Gapura Kasunanan ukuran besar didirikan di jalan besar. Gapura Kasunanan ukuran besar bisa dilihat di Grogol (selatan), Jajar (barat), dan Jurug (timur). Sedangkan Gapura Kasunanan ukuran kecil bisa dilihat di daerah RS Kandang Sapi (utara), jalan arah Baki di Solo Baru (selatan), Makamhaji (barat), dan di Mojo/Silir. Gapura Kasunanan besar juga memiliki prasasti waktu pendirian gapura.

Kota Surakarta dan kabupaten-kabupaten di sekelilingnya, Karanganyar, Sragen, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, secara kolektif masih sering disebut sebagai eks-Karesidenan Surakarta. Surakarta dibagi menjadi 5 kecamatan yang masing-masing dipimpin oleh seorang camat dan 51 kelurahan yang masing-masing dipimpin oleh seorang lurah. Kelima kecamatan di Surakarta adalah:

Kecamatan Pasar Kliwon (57110): 9 kelurahan
Kecamatan Jebres (57120): 11 kelurahan
Kecamatan Banjarsari (57130): 13 kelurahan
Kecamatan Lawiyan (disebut juga Laweyan, 57140): 11 kelurahan
Kecamatan Serengan (57150): 7 kelurahan

Surakarta dan kota-kota satelitnya (Kartasura, Solo Baru, Palur, Colomadu, Baki, Ngemplak) adalah kawasan yang saling berintegrasi satu sama lain. Kawasan Solo Raya ini unik karena dengan luas kota Surakarta sendiri yang hanya 44 km persegi dan dikelilingi kota-kota penyangganya yang masing-masing luasnya kurang lebih setengah dari luas kota Surakarta dan berbatasan langsung membentuk satu kesatuan kawasan kota besar yang terpusat.

Solo Baru (Soba) merupakan kawasan yang dimekarkan dari kota Solo.[butuh rujukan] Solo baru selain sebagai salah satu kota satelit dari Kota Surakarta juga merupakan kawasan permukiman bagi para pekerja atau pelaku kegiatan ekonomi di kawasan Kota Surakarta. Di Solo Baru banyak terdapat perumahan sedang dan mewah, maka dari itu Solo Baru juga merupakan kawasan permukiman elit. Di Solo Baru juga terdapat pasar swalayan Carrefour. Pandawa waterboom yang merupakan waterboom terbesar di Jawa Tengah dan Yogyakarta terdapat di kawasan ini. Meskipun termasuk dalam wilayah Kabupaten Sukoharjo tetapi secara ekonomi dan politis Solo Baru lebih dekat ke Kota Surakarta, karena letak wilayah kotanya yang langsung berbatasan dengan Kota Surakarta, bahkan pernah ada wacana tentang penggabungan wilayah wilayah kota satelit di sekitar Surakarta termasuk Solo Baru untuk dimasukkan ke dalam wilayahnya. Luas wilayah Kota Surakarta beserta wilayah-wilayah kota penyangganya saat ini sekitar 150 km² dengan jumlah penduduknya sekitar 1 juta jiwa.

Surakarta terletak di Provinsi Jawa Tengah. Sebelum bergabung dengan Indonesia, Surakarta diperintah oleh Susuhunan Surakarta dan Adipati Mangkunegaran. Semasa dikuasai oleh Belanda, Surakarta dikenal sebagai sebuah Vorstenland atau wilayah kerajaan. Penguasa Kasunanan Surakarta saat ini adalah Sunan Pakubuwana XIII, dan penguasa Praja Mangkunegaran saat ini adalah Adipati Mangkunegara IX. Kedua penguasa monarki seremonial ini tidak memiliki kekuasaan politik di Surakarta.

Secara yuridis Kota Surakarta terbentuk berdasarkan Penetapan Pemerintah tahun 1946 Nomor 16/SD, yang diumumkan pada tanggal 15 Juli. Dengan berbagai pertimbangan faktor-faktor historis sebelumnya, tanggal 16 Juni 1946 ditetapkan sebagai hari jadi Pemerintah Daerah Kota Surakarta.

Walikota Surakarta sejak Juli 2015 dijabat oleh pejabat sementara, merangkap sebagai Sekretaris Daerah, Boeddy Soeharto. Sebelumnya jabatan ini dijabat oleh F.X. Hadi Rudyatmo yang menggantikan Ir. Joko Widodo yang dilantik menjadi gubernur DKI Jakarta tanggal 15 Oktober 2012. Pasangan walikota dan wakil walikota, yang sering disebut sebagai Jokowi-Rudy, pertama kali terpilih sebagai wali kota Surakarta untuk masa bakti 2005-2010. Kemudian pasangan dari PDI-P ini terpilih lagi untuk masa bakti kedua dengan perolehan suara lebih dari 90% untuk masa jabatan 2010-2015[15].

Di bawah kepemimpinan Jokowi dan Rudy, Surakarta mengalami perubahan yang pesat. Para pedagang barang bekas di Taman Banjarsari dapat direlokasi hampir tanpa gejolak untuk merevitalisasi fungsi lahan hijau terbuka. Investor diberi syarat untuk mau memikirkan kepentingan publik. Komunikasi langsung rutin dan terbuka (disiarkan oleh televisi lokal) diadakan secara rutin dengan masyarakat. Taman Balekambang, yang telantar semenjak ditinggalkan oleh pengelolanya, dijadikannya taman. Sebagai tindak lanjut branding, Jokowi mengajukan Surakarta untuk menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia dan diterima pada tahun 2006. Langkahnya berlanjut dengan keberhasilan Surakarta menjadi tuan rumah konferensi organisasi tersebut pada bulan Oktober 2008 ini.

Sejak 1 Oktober 2012 Walikota Surakarta Ir. Joko Widodo mengundurkan diri dari jabatan Walikota setelah terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2012 – 2017.

Oleh Majalah Tempo, Joko Widodo terpilih menjadi salah satu dari “10 Tokoh 2008″[16].

Pada tanggal 17 April 2013, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo resmi melantik Dr. H. Achmad Purnomo sebagai Wakil Walikota Surakarta menggantikan F.X. Hadi Rudyatmo yang menjadi Walikota Surakarta.

Surakarta memiliki semboyan “Berseri”. “Berseri” sendiri adalah akronim dari “Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah”, sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota. Untuk kepentingan pemasaran pariwisata, Surakarta mengambil slogan pariwisata Solo, The Spirit of Java (Jiwanya Jawa)[17] sebagai upaya pencitraan kota Surakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa. Slogan Solo The Spirit of Java diperoleh dari hasil sayembara yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surakarta pada 4 Oktober sampai 14 November 2005 yang dimenangkan oleh Dwi Endang Setyorini (warga Giriroto, Ngemplak, Boyolali). Logonya, dikerjakan oleh perusahaan periklanan pemenang pitching (tender), yaitu Freshblood Indonesia (Surakarta) dan didampingi oleh tim konsultan desain Optimaxi (Jakarta) di bawah pengawasan GTZ dalam rangkaian program Regional Economic Development (RED) atau GTZ-RED.

Perancangan logo berlangsung sekitar enam bulan di Surakarta. Selama masa itu diselenggarakan sesi konsultasi dengan Badan Koordinasi Antar Daerah (BKAD) dan tokoh masyarakat, yang puncak sosialisasinya digelar di Ballroom Hotel Quality (The Sunan Hotel saat ini), dihadiri beragam kalangan sebagai representasi wilayah Solo Raya.

Tim perancang bekerja dengan bekal slogan hasil sayembara dan dituntut menjabarkan konsep Spirit of Java dalam wujud visual. Identitas visual yang berupa tulisan ”Solo” beserta slogan di bawahnya dengan aksen huruf ”O” berbentuk relung diperoleh dari ekstraksi konsep visual yang merefleksikan kesan Jawa dalam tampilannya. Relung dalam logo bisa saja mengingatkan orang pada ornamen keris, batik, atau mebel yang merujuk pada wilayah (Jawa).[18]

Selain itu Kota Surakarta juga memiliki beberapa julukan, antara lain Kota Batik, Kota Budaya, Kota Liwet. Penduduk Surakarta disebut sebagai wong Solo, dan istilah putri Solo juga banyak digunakan untuk menyebut wanita yang memiliki karakteristik mirip wanita dari Surakarta.

Salah satu sensus paling awal yang dilakukan di wilayah Karesidenan Surakarta (Residentie Soerakarta) pada tahun 1885 mencatat terdapat 1.053.985 penduduk, termasuk 2.694 orang Eropa dan 7.543 orang Tionghoa. Wilayah seluas 5.677 km² tersebut memiliki kepadatan 186 penduduk/km². Ibukota karesidenan tersebut sendiri pada tahun 1880 memiliki 124.041 penduduk.[19]

Jumlah penduduk kota Surakarta pada tahun 2010 adalah 503.421 jiwa[4], terdiri dari 270.721 laki-laki dan 281.821 wanita, yang tersebar di lima kecamatan yang meliputi 51 kelurahan dengan daerah seluas 44,1 km2. Perbandingan kelaminnya 96,06% yang berarti setiap 100 orang wanita terdapat 96 orang laki-laki. Angka ketergantungan penduduknya sebesar 66%. Catatan dari tahun 1880 [20] memberikan cacah penduduk 124.041 jiwa. Pertumbuhan penduduk dalam kurung 10 tahun terakhir berkisar 0,565 % per tahun.[21] Tingkat kepadatan penduduk di Surakarta adalah 11.370 jiwa/km2, yang merupakan kepadatan tertinggi di Jawa Tengah (kepadatan Jawa Tengah hanya 992 jiwa/km2).[22]

Jika dibandingkan dengan kota lain di Indonesia, kota Surakarta merupakan kota terpadat di Jawa Tengah[4] dan ke-8 terpadat di Indonesia, dengan luas wilayah ke-13 terkecil, dan populasi terbanyak ke-22 dari 93 kota otonom dan 5 kota administratif di Indonesia.

Balai Soedjatmoko menjadi satu kantong seni dan budaya yang selalu hangat sejak 31 Oktober 2003 yaitu balai yang beralamat di Jl Slamet Riyadi 284 Solo adalah sebuah bangunan kuno yang telah direnovasi dan diubah menjadi sebuah pusat apresiasi seni dan budaya oleh Group Kompas Gramedia. Menilik dari sejarahnya, rumah ini dulunya adalah rumah milik Saleh Mangoendiningrat (dokter pribadi Paku Buwono X yang juga tercatat sebagai pendiri Universitas Cokroaminoto) yang kemudian dibeli oleh Group Kompas Gramedia. Nama Soedjatmoko sendiri adalah nama salah satu anak Saleh Mangoendiningrat yaitu Soedjatmoko Mangoendiningrat. Dia adalah seorang intelektual yang besar namanya di dunia pendidikan baik di dalam dan luar negeri dan tercatat pernah tinggal di Solo.

Omah Lowo dulu merupakan tempat tinggal bagi bangsawan atau pejabat Belanda. Namun kemudian pada tahun 1945, rumah ini dibeli oleh sepasang keluarga Cina yang bernama Sie Djian Ho. Dia merupakan pengusaha Tionghoa yang kaya raya pada zamannya yang menguasai bisnis penerbitan, perkebunan serta pemilik pabrik es di seberang rumahnya (sekarang lokasinya menjadi SCP). Sementara pada masa perang kemerdekaan Omah Lowo pernah menjadi salah satu tempat persembunyian para gerilyawan. Setelah kemerdekaan, rumah yang berarsitektur Belanda ini diberikan kepada Pemerintah Indonesia, dan digunakan sebagai Gedung Veteran. Bangunan ini pernah mengalami renovasi besar-besaran tanpa mengubah bentuk aslinya pada tahun 1983-1985. Luas bangunan Omah Lowo yang diperkirakan sekitar 1.500 meter persegi, dan berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi ini, sempat digunakan untuk kantor haji dan kamar dagang sekitar tahun 1990-an.

Monumen Pers Nasional dibangun sekitar tahun 1918 atas perintah Mangkunegara VII, yaitu Pangeran Surakarta, sebagai balai perkumpulan dan ruang pertemuan. Bangunan ini dulunya bernama “Societeit Sasana Soeka” dan dirancang oleh Mas Abu Kasan Atmodirono pada tahun 1933, Sarsito Mangunkusumo dan sejumlah insinyur lainnya bertemu di gedung ini dan merintis Solosche Radio Vereeniging, radio publik pertama yang dioperasikan pribumi Indonesia.Tiga belas tahun kemudian, pada tanggal 9 Februari 1946, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dibentuk di gedung ini.Saat pendudukan Jepang di Hindia Belanda gedung ini dijadikan klinik perawatan tentara, kemudian menjadi kantor Palang Merah Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia.

%d bloggers like this: