UA-97324390-2 Jasa Arsitek di Bandung untuk desain Rumah dan Bangunan Komersil

Desain gambar rumah Bandung Professional dan Murah

CENTER POINT ARSITEK menerima jasa Desain Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan untuk hunian mauppun bangunan komesil yang didukung oleh tenaga – tenaga Arsitek yang berkompenten di bidang nya , Sipil dan Tukang Bangunan berpengalaman, Kami berpengalaman puluhan bekerja dan berkarya di bidang Rancang Bangun Perumahan ( Perumahan Mewah, Perumahan Sedang, maupun Perumahan Sederhana ) meliputi Bangun rumah, Renovasi rumah. Berbagai macam pertimbangkan mungkin sudah banyak tertampung dipikiran anda. Mulai dari mempertimbangkan berapa banyak Biaya Pembangunan Rumah dan Team kita akan mengunakan Rencana Anggaran Biaya anda dapat mengetahui berapakah dana (budget) anda yang harus dikeluarkan, berapa luas bangunan yang akan dibangun, ruang apa saja yang akan dibutuhkan, Gaya Bangunan, dan Model Bangunan apa yang sesuai dengan selera anda. Mungkin anda juga sudah berusaha mencoba merencanakan tata ruang bangunan yang menurut anda layak dan sesuai dengan kebutuhan anda. Sebagai Jasa Arsitektur berpengalaman, kami berikan solusi pembiayaan yang jelas, system pembayaran serta pelaksanaan bangunan secara flesibel sesuai dengan budget keuangan dan kebutuhan anda. Team bangun bangunan baru siap melaksanakan bangun rumah, renovasi rumah, dan bongkar rumah untuk merubah tampilan rumah anda menjadi semakin baik. Bukan hanya rumah dengan team Bangunan kita juga melayani bangun ruko, renovasi ruko, bongkar ruko, bangun kantor, renovasi kantor, bongkar kantor dan segala hal yang menyangkut Bidang Arsitektur dan struktur bangunan .untuk merubah tampilan rumah, ruko, kantor anda menjadi semakin baik. Setelah melalui proses pemikiran diatas, mungkin akhirnya anda berpikir untuk mencari seorang Arsitek yang akan memberikan solusi dalam merencanakan sebuah bangunan sesuai dengan keinginan anda.Team bangun bangunan baru memiliki Arsitek, Sipil, Tukang Bangunan, Mandor, Konsultan dan Pengawas kerja terampil dan berpengalaman.

Jasa Arsitek di Bandung untuk desain rumah dan bangunan Komersil

Paket Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Rencana Anggaran Biaya adalah suatu bangunan atau proyek adalah perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah,serta biaya- biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan atau proyek, ini dimakusdkan agar untuk menjamin perencanaan pembuatan suatu bangunan tidak terkendala oleh biaya yg tidak diperhitungkan sebelumnya, banyak sekali ditemukan bangunan yang terbengkalai pembangunannya di karena kan kehabisa dana atau anggaran tidak mencukupi, hal ini dikarenakan kontraktor rumah tidak memperhitungan RAB. Kami menerima jasa hitung RAB

Desain Gambar 3 Dimensi

Gambar tiga dimensi (3D) adalah visualisasi tampilan suatu bangunan secara tiga dimensi, agar kita bersama paham bagaimana bentuk dan tampilan detail bangunan. Jika ada kekurangan pada gambar 3D, Anda masih bisa memperbaikinya tanpa keluar biaya, coba bayangkan jika baru menyadari kekurangan atau kesalahan tersebut pada saat bangunan sudah berdiri, akan sangat merugikan. Gambar tiga dimensi (3D) sangat penting dijadikan acuan dalam pelaksanaan finishing pembangunannya, baik oleh tim kontraktor maupun tim interior, agar tidak terjadi kesalah-pahaman visual antara klien dengan tim kontraktor dan interior.

Mengapa membutuhkan Kami?

Teknologi 3D Exterior dan Interior Realistis


Gambar tiga dimensi (3D) adalah visualisasi tampilan suatu bangunan secara tiga dimensi, agar kita bersama paham bagaimana bentuk dan tampilan detail bangunan. Jika ada kekurangan pada gambar 3D, Anda masih bisa memperbaikinya dengan biaya lebih sedikit, coba bayangkan jika baru menyadari kekurangan tersebut pada saat bangunan sudah berdiri. Gambar tiga dimensi (3D) sangat penting dijadikan acuan dalam pelaksanaan finishing pembangunannya, baik oleh tim kontraktor maupun tim interior, agar tidak terjadi kesalah-pahaman visual antara Anda dengan sang arsitek, ataupun dengan tim kontraktor dan interior.

Paket Gambar Kerja 3 Dimensi


Pengertian gambar teknik atau Gambar Kerja adalah merupakan suatu bentuk ungkapan dari suatu gagasan atau pemikiran mengenai suatu sistim, proses, cara kerja, konstruksi, diagram, rangkaian dan petunjuk yang bertujuan untuk memberikan instruksi dan informasi yang dinyatakan dalam bentuk gambar, atau lukisan teknis. Setiap gambar itu memiliki maksud dan tujuan masing-masing,tapi dimana setiap gambar itu akan berbeda fungsi dan tujuan ,tetapi secara garis besar,fungsi dan tujuan gambar teknik adalah ; Sebagai penyampaian informasi khususnya kepada pelaksana proyek atau kontraktor, penyimpanan data data teknis bangunan, cara – cara pemikiran / perencanaan/ planing data penyiapan informasi. Gambar tiga dimensi (3D) adalah visualisasi tampilan suatu bangunan secara tiga dimensi, agar kita bersama paham bagaimana bentuk dan tampilan detail bangunan. Jika ada kekurangan pada gambar 3D, Anda masih bisa memperbaikinya dengan biaya lebih sedikit, coba bayangkan jika baru menyadari kekurangan tersebut pada saat bangunan sudah berdiri.

Support Teknologi Arsitektur Terkini


Software dalam bidang arsitektur : AutoCAD Perangkat lunak computer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Pada makalah ini kami hanya akan membahas lebih mendalam mengenai software AutoCad utuk bidang arsitektur. Autocad Architecture Aplikasi ini memiliki fitur yang tidak jauh beda dengan autoCad. Software yang satu ini paling banyak digemari dikalangan arsitek. Tentunya mereka mengkolaborasikan software desain rumah atau bangunan yang lainnya untuk menambah fitur yang mereka anggap perlu. Software ini sangat efiesien untuk mendesain sebuah rumah. Fiturnya yang hampir menyerupai autoCad, sangat mempermudah para arsitek yang terbiasa menggunakan autoCad untuk menggunakannya. Autodesk 3D Software ini mempermudah pekerjaan Anda dalam membentuk sebuah desain 3 dimensi (3D). Dekorasi interior dan exterior dalam dan luar ruangan akan terpampang dengan jelas pada software ini. Anda cukup merubah material atau warna sesuai keinginan anda. SketchUp Google SketchUp merupakan software yang telah diakuisis oleh google. Keunggulan dari software ini adalah menampilkan gambar 3D dengan kualitas terbaik. Walaupun software ini menghasilkan gambar 3D dengan kualitas terbaik. Sofware ini juga memiliki kecepatan render gambar yang luar biasa, sehingga anda tidak memerlukan Komputer atau laptop yang canggih untuk mengaplikasikan software yang satu ini.

Tim Arsitek & Surveyor Berpengalaman


Kami memiliki tim yang professional dalam bekerja, dapat meluangkan waktu kapanpun anda membutuhkan selama anda telah menetapkan jadwal, dengan pengalaman kami selama lebih dari 10 tahun mengerjakan desain bangunan mulai dari perumahan,desain rumah minimalis modern, desain rumah mewah, desain rumah kayu, desain Mesjid, dengan Desain 3 Dimensi, Anda dapat melihat detail detail desain sebelum rumah dibangun.

Jasa Arsitek sesuai budget


Untuk anda yang memiliki keterbatasan budget, jangan khawatir, karena kami dapat membuat desain yang sesuai dengan budget yang anda miliki. Jadi anda tidak perlu risau jika dalam pembangunan anda takut uang anda habis, karena tim kami telah memperkirakan spesifikasi yg sesuai dengan yang anggaran anda. Desain sesuai permintaan: Anda dapat meminta tim desainer kami untuk mendesain sesuai dengan permintaan anda, jika anda memiliki budget yang cukup, anda dapat meminta mendesain dengan semaksimal mungkin, agar desain yang anda dapatkan maksimal dan nyaman. Tidak Bertele-tele, LANGSUNG SURVEY !! Kami terbuka untuk anda yang ingin berkonsultasi, atur jadwal, kami akan berkunjung ke tempat anda untuk survey lahan dan berkonsultasi dengan anda. Percayalah, tatap muka langsung membuat desain yang kami buat benar-benar sesuai yang anda inginkan.

Transparasi Biaya


Kami memberikan penawaran biaya sejak awal setelah Anda konsultasi dan sebelum masuk ke tahap pembuatan desain sehingga memberikan Anda gambaran jelas mengenai biaya yang akan dikenakan. Tidak ada biaya yang disembunyikan (no hidden charges)..

Konsultas i Langsung ataupun Online


Kami menyediakan fitur konsultasi online maupun konsultasi langsung. Konsultasi dapat dilakukan dengan Teknologi Online. Kami pun memberikan fitur konsultasi via telepon, via email, dan via Whatsapp bagi Anda dengan kesibukan tinggi atau berada di luar kota. Bagi Klien yang berada di luar kota dan ingin mendapat kunjungan dari kami akan dikenakan biaya kunjungan, transport dan akomodasi, dimana biayanya ditanggung sepenuhnya oleh Klien..
 

Homestay Villa Minimalis Modern
Desain Rumah Kolonial
Desain Rumah Kos
fasade rumah Urban Minimalis
previous arrow
next arrow
ArrowArrow
Slider

Jasa Arsitek di Bandung

Sebagai Jasa Arsitektur dan Jasa gambar rumah Bandungpada khususnya yang berpengalaman, kami berikan solusi pembiayaan yang jelas, system pembayaran serta pelaksanaan bangunan secara flesibel sesuai dengan budget keuangan dan kebutuhan anda. Team bangun bangunan baru siap melaksanakan bangun rumah, renovasi rumah, dan bongkar rumah untuk merubah tampilan rumah anda menjadi semakin baik. Bukan hanya rumah dengan team Bangunan kita juga melayani bangun ruko, renovasi ruko, bongkar ruko, bangun kantor, renovasi kantor, bongkar kantor dan segala hal yang menyangkut Bidang Arsitektur dan struktur bangunan .untuk merubah tampilan rumah, ruko, kantor anda menjadi semakin baik.
Setelah melalui proses pemikiran diatas, mungkin akhirnya anda berpikir untuk mencari seorang Arsitek yang akan memberikan solusi dalam merencanakan sebuah bangunan sesuai dengan keinginan anda.Team bangun bangunan baru memiliki Arsitek, Sipil, Tukang Bangunan, Mandor, Konsultan dan Pengawas kerja terampil dan berpengalaman.

Sebagai team Arsitek rumah tinggal dan Jasa Renovasi serta Kontraktor Proyek terkini sebagai Kontraktor Arsitek, Kontraktor Rumah, Kontraktor Bangunan, Konsultan Arsitek, Konsultan Rumah, Kontraktor Ruko, Kontraktor Kantor, Konsultan Ruko, Konsultan Kantor dan Konsultan Bangunan berpengalaman.
Dengan konsepsi Rancangan yang matang, perwujudan Arsitektur Bangunan, Arsitektur interior, maupun Arsitektur Landscape/Taman, selain dapat memaksimalkan fungsi-fungsi ruang yang proporsional juga dapat menghadirkan tempat yang nyaman bagi anda dan juga akan memberikan citra khusus untuk anda

HP: 082138863000 WA: 087738246300
Ini adalah Tempat yang Tepat yang Anda cari. Kami hadir untuk melayani Anda dengan Konsultasi Arsitektur Online untuk Rencana Kerja, Gambar Bangunan 3Dimensional, Desain Struktural, Estimasi untuk Bangunan Hunian dll di satu tempat. Selain menyediakan layanan ini, kami juga menyediakan Perencanaan Kota .

Homestay Villa Minimalis Modern
Desain Rumah Kolonial
Desain Rumah Kos
fasade rumah Urban Minimalis
previous arrow
next arrow
ArrowArrow
Slider

Kami Biro Jasa Jasa gambar rumah Bandung online yang memiliki perwakilan kantor yg berada di seluruh Indonesia ,melayani Jasa Jasa Arsitek lengkap meliputi; Gambar Kerja, Desain 3D, menghitung RAB. Kami selalu bersedia membantu dalam perencanaan pembangunan Rumah Anda mulai dari Kosultasi, Gambar Kerja / rencana kerja,Gambar 3D dan Hitung RAB, Kami CV Center Point Arsitek selalu berkomitmen dan sudah berpengalaman selama 10 tahun dalam melayani konsumen ( sejak Tahun 1998), dengan hasil yang berkualitas, bertanggung jawab





Jasa Renovasi rumah di Bandung

Jasa hadir sebagai teman yang akan merekomendasikan penyedia jasa terbaik dan berkualitas untuk pengerjaan renovasi rumah, bangun rumah, hingga pengerjaan desain interior sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Karena mitra penyedia jasa kami merupakan tim professional dan sudah terpercaya. Jadi tanpa harus membuang waktu lagi atau terjebak dengan penyedia jasa yang buruk kualitasnya,

Jasa Arsitek Bandung

Sering kita bertanya apa itu arsitek dan apa tugas dan tanggung jawab arsitek , pertanyaaan itulah yang sering ada di benak masyarakat awam selama ini.

Pengertian arsitek adalah seorang perancang skema ataupun rencana pada proyek pembangunan sebuah gedung, jalan maupun property lainnya. Profesi arsitek berperan sebagai pendamping, atau wakil dari pemberi tugas (pemilik bangunan).

Seorang arsitek mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dalam merancang dan mengawasi pembangunan rumah serta membuat hunian yang layak dari segi kesehatan, kenyamanan, dan keamanan. Tujuan dasarnya adalah membuat sejahterasan nyaman penghuni rumah yang memakai jasanya.

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Ruang lingkup dan keinginan

Menurut Vitruvius di dalam bukunya De Architectura (yang merupakan sumber tertulis paling tua yang masih ada hingga sekarang), bangunan yang baik haruslah memilik Keindahan / Estetika (Venustas), Kekuatan (Firmitas), dan Kegunaan / Fungsi (Utilitas); arsitektur dapat dikatakan sebagai keseimbangan dan koordinasi antara ketiga unsur tersebut, dan tidak ada satu unsur yang melebihi unsur lainnya. Dalam definisi modern, arsitektur harus mencakup pertimbangan fungsi, estetika, dan psikologis. Namun, dapat dikatakan pula bahwa unsur fungsi itu sendiri di dalamnya sudah mencakup baik unsur estetika maupun psikologis.

Arsitektur adalah holak, termasuk di dalamnya adalah matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, politik, sejarah, filsafat, dan sebagainya. Mengutip Vitruvius, “Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya, dan dilengkapi dengan proses belajar: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni”. Ia pun menambahkan bahwa seorang arsitek harus fasih di dalam bidang musik, astronomi, dsb. Filsafat adalah salah satu yang utama di dalam pendekatan arsitektur. Rasionalisme, empirisisme, fenomenologi strukturalisme, post-strukturalisme, dan dekonstruktivisme adalah beberapa arahan dari filsafat yang memengaruhi arsitektur.

Menjadi pertanyaan apakah masyarakat awam ada yang memakai jasa arsitek , tentunya ada yang memakai dan ada juga yang tidak memakai , akan tetapi mereka yang memakai jasa arsitek akan merasakan manfaat dan kepuasan tersendiri bila memakai jasa arsitek.

Arsitektur adalah holak, termasuk di dalamnya adalah matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, politik, sejarah, filsafat, dan sebagainya. Mengutip Vitruvius, “Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya, dan dilengkapi dengan proses belajar: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni”. Ia pun menambahkan bahwa seorang arsitek harus fasih di dalam bidang musik, astronomi, dsb. Filsafat adalah salah satu yang utama di dalam pendekatan arsitektur. Rasionalisme, empirisisme, fenomenologi strukturalisme, post-strukturalisme, dan dekonstruktivisme adalah beberapa arahan dari filsafat yang memengaruhi arsitektur.

Menjadi pertanyaan apakah masyarakat awam ada yang memakai jasa arsitek , tentunya ada yang memakai dan ada juga yang tidak memakai , akan tetapi mereka yang memakai jasa arsitek akan merasakan manfaat dan kepuasan tersendiri bila memakai jasa arsitek.

Arsitektur adalah holak, termasuk di dalamnya adalah matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, politik, sejarah, filsafat, dan sebagainya. Mengutip Vitruvius, “Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya, dan dilengkapi dengan proses belajar: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni”. Ia pun menambahkan bahwa seorang arsitek harus fasih di dalam bidang musik, astronomi, dsb. Filsafat adalah salah satu yang utama di dalam pendekatan arsitektur. Rasionalisme, empirisisme, fenomenologi strukturalisme, post-strukturalisme, dan dekonstruktivisme adalah beberapa arahan dari filsafat yang memengaruhi arsitektur.

Teori dan praktik Arsitek di Bandung

Pentingnya teori untuk menjadi Referensi praktik tidak boleh terlalu ditekankan, meskipun banyak arsitek mengabaikan teori sama sekali. Vitruvius berujar: “praktikdan teori adalah akar arsitektur. Praktik adalah perenungan yang berkelanjutan terhadap pelaksanaan sebuah proyek atau pengerjaannya dengan tangan, dalam proses konversi bahan bangunan dengan cara yang terbaik. Teori adalah hasil pemikiran beralasan yang menjelaskan proses konversi bahan bangunan menjadi hasil akhir sebagai jawaban terhadap suatu persoalan. Seorang arsitek yang berpraktik tanpa dasar teori tidak dapat menjelaskan alasan dan dasar mengenai bentuk-bentuk yang dia pilih. Sementara arsitek yang berteori tanpa berpraktik hanya berpegang kepada “bayangan” dan bukannya substansi. Seorang arsitek yang berpegang pada teori dan praktik, ia memiliki senjata ganda. Ia dapat membuktikan kebenaran hasil rancangannya dan juga dapat mewujudkannya dalam pelaksanaan”. Ini semua tidak lepas dari konsep pemikiran dasar bahwa kekuatan utama pada setiap Arsitek secara ideal terletak dalam kekuatan idea.

Sejarah Arsitek

Arsitektur lahir dari dinamika antara kebutuhan (kebutuhan kondisi lingkungan yang kondusif, keamanan, dsb), dan cara (bahan bangunan yang tersedia dan teknologi konstruksi). Arsitektur prasejarah dan primitif merupakan tahap awal dinamika ini. Kemudian manusia menjadi lebih maju dan pengetahuan mulai terbentuk melalui tradisi lisan dan praktik-praktik, arsitektur berkembang menjadi ketrampilan. Pada tahap ini lah terdapat proses uji coba, improvisasi, atau peniruan sehingga menjadi hasil yang sukses. Seorang arsitek saat itu bukanlah seorang figur penting, ia semata-mata melanjutkan tradisi. Arsitektur Vernakular lahir dari pendekatan yang demikian dan hingga kini masih dilakukan di banyak bagian dunia.

Permukiman manusia di masa lalu pada dasarnya bersifat rural. Kemudian timbullah surplus produksi, sehingga masyarakat rural berkembang menjadi masyarakat urban. Kompleksitas bangunan dan tipologinya pun meningkat. Teknologi pembangunan fasilitas umum seperti jalan dan jembatan pun berkembang. Tipologi bangunan baru seperti sekolah, rumah sakit, dan sarana rekreasi pun bermunculan. Arsitektur Religius tetap menjadi bagian penting di dalam masyarakat. Gaya-gaya arsitektur berkembang, dan karya tulis mengenai arsitektur mulai bermunculan. Karya-karya tulis tersebut menjadi kumpulan aturan (kanon) untuk diikuti khususnya dalam pembangunan arsitektur religius. Contoh kanon ini antara lain adalah karya-karya tulis oleh Vitruvius, atau Vaastu Shastra dari India purba. Di periode Klasik dan Abad Pertengahan Eropa, bangunan bukanlah hasil karya arsitek-arsitek individual, tetapi asosiasi profesi (guild) dibentuk oleh para artisan / ahli keterampilan bangunan untuk mengorganisasi proyek.

Pada masa Pencerahan, humaniora dan penekanan terhadap individual menjadi lebih penting daripada agama, dan menjadi awal yang baru dalam arsitektur. Pembangunan ditugaskan kepada arsitek-arsitek individual – Michaelangelo, Brunelleschi, Leonardo da Vinci – dan kultus individu pun dimulai. Namun pada saat itu, tidak ada pembagian tugas yang jelas antara seniman, arsitek, maupun insinyur atau bidang-bidang kerja lain yang berhubungan. Pada tahap ini, seorang seniman pun dapat merancang jembatan karena penghitungan struktur di dalamnya masih bersifat umum.

Bersamaan dengan penggabungan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu (misalnya engineering), dan munculnya bahan-bahan bangunan baru serta teknologi, seorang arsitek menggeser fokusnya dari aspek teknis bangunan menuju ke estetika. Kemudian bermunculanlah “arsitek priyayi” yang biasanya berurusan dengan bouwheer (klien)kaya dan berkonsentrasi pada unsur visual dalam bentuk yang merujuk pada contoh-contoh historis. Pada abad ke-19, Ecole des Beaux Arts di Prancis melatih calon-calon arsitek menciptakan sketsa-sketsa dan gambar cantik tanpa menekankan konteksnya.

Sementara itu, Revolusi Industri membuka pintu untuk konsumsi umum, sehingga estetika menjadi ukuran yang dapat dicapai bahkan oleh kelas menengah. Dulunya produk-produk berornamen estetis terbatas dalam lingkup keterampilan yang mahal, menjadi terjangkau melalui produksi massal. Produk-produk sedemikian tidaklah memiliki keindahan dan kejujuran dalam ekspresi dari sebuah proses produksi.

Ketidakpuasan terhadap situasi sedemikian pada awal abad ke-20 melahirkan pemikiran-pemikiran yang mendasari Arsitektur Modern, antara lain, Deutscher Werkbund (dibentuk 1907) yang memproduksi obyek-obyek buatan mesin dengan kualitas yang lebih baik merupakan titik lahirnya profesi dalam bidang desain industri. Setelah itu, sekolah Bauhaus (dibentuk di Jerman tahun 1919) menolak masa lalu sejarah dan memilih melihat arsitektur sebagai sintesa seni, ketrampilan, dan teknologi.

Ketika Arsitektur Modern mulai dipraktikkan, ia adalah sebuah pergerakan garda depan dengan dasar moral, filosofis, dan estetis. Kebenaran dicari dengan menolak sejarah dan menoleh kepada fungsi yang melahirkan bentuk. Arsitek lantas menjadi figur penting dan dijuluki sebagai “master”. Kemudian arsitektur modern masuk ke dalam lingkup produksi masal karena kesederhanaannya dan faktor ekonomi.

Namun, masyarakat umum merasakan adanya penurunan mutu dalam arsitektur modern pada tahun 1960-an, antara lain karena kekurangan makna, kemandulan, keburukan, keseragaman, serta dampak-dampak psikologisnya. Sebagian arsitek menjawabnya melalui Arsitektur Post-Modern dengan usaha membentuk arsitektur yang lebih dapat diterima umum pada tingkat visual, meski dengan mengorbankan kedalamannya. Robert Venturi berpendapat bahwa “gubuk berhias / decorated shed” (bangunan biasa yang interior-nya dirancang secara fungsional sementara eksterior-nya diberi hiasan) adalah lebih baik daripada sebuah “bebek / duck” (bangunan di mana baik bentuk dan fungsinya menjadi satu). Pendapat Venturi ini menjadi dasar pendekatan Arsitektur Post-Modern.

Sebagian arsitek lain (dan juga non-arsitek) menjawab dengan menunjukkan apa yang mereka pikir sebagai akar masalahnya. Mereka merasa bahwa arsitektur bukanlah perburuan filosofis atau estetis pribadi oleh perorangan, melainkan arsitektur haruslah mempertimbangkan kebutuhan manusia sehari-hari dan menggunakan teknologi untuk mencapai lingkungan yang dapat ditempati. Design Methodology Movement yang melibatkan orang-orang seperti Chris Jones atau Christopher Alexander mulai mencari proses yang lebih inklusif dalam perancangan, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Peneilitian mendalam dalam berbagai bidang seperti perilaku, lingkungan, dan humaniora dilakukan untuk menjadi dasar proses perancangan.

Bersamaan dengan meningkatnya kompleksitas bangunan,arsitektur menjadi lebih multi-disiplin daripada sebelumnya. Arsitektur sekarang ini membutuhkan sekumpulan profesional dalam pengerjaannya. Inilah keadaan profesi arsitek sekarang ini. Namun, arsitek individu masih disukai dan dicari dalam perancangan bangunan yang bermakna simbol budaya. Contohnya, sebuah museum senirupa menjadi lahan eksperimentasi gaya dekonstruktivis sekarang ini, namun esok hari mungkin sesuatu yang lain.

Kesimpulan

bangunan adalah produksi manusia yang paling kasat mata. Namun, kebanyakan bangunan masih dirancang oleh masyarakat sendiri atau tukang-tukang batu di negara-negara berkembang, atau melalui standar produksi di negara-negara maju. Arsitek tetaplah tersisih dalam produksi bangunan. Keahlian arsitek hanya dicari dalam pembangunan tipe bangunan yang rumit, atau bangunan yang memiliki makna budaya / politis yang penting. Dan inilah yang diterima oleh masyarakat umum sebagai arsitektur. Peran arsitek, meski senantiasa berubah, tidak pernah menjadi yang utama dan tidak pernah berdiri sendiri. Selalu akan ada dialog antara masyarakat dengan sang arsitek. Dan hasilnya adalah sebuah dialog yang dapat dijuluki sebagai arsitektur, sebagai sebuah produk dan sebuah disiplin ilmu.


ARSITEKTUR DAN LINGKUNGAN

Pengertian Arsitektur
Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaituperencanaan kota, perencanaan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain parabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.
Bagi sebagian besar orang, waktu mereka dihabiskan untuk terlibat dalam organisasi baik formal maupun informal. Sejak kita memasuki masa sekolah hingga hidup bermasyarakat, tentunya banyak sekali kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti, seperti kelompok paduan suara, tim olahraga, kelosmpok musik atau drama, organisasi keagamaan di lingkungan tempat tinggal, atau juga bisnis.
Organisasi formal merupakan sistem tugas, hubungan, wewenang, tanggung jawab, dan pertanggung jawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan. Sedangkan organisasi informal adalah suatu hubungan jaringan pribadi dan sosial yang mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal. Organisasi informal dapat terbentuk di dalam perusahaan karena adanya interaksi antar karyawan, contohnya kelompok arisan pada suatu kantor. Organisasi informal muncul karena adanya kebutuhan pribadi dan kelompok dalam suatu organisasi.

Organisasi formal merupakan sistem tugas, hubungan, wewenang, tanggung jawab, dan pertanggung jawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan. Sedangkan organisasi informal adalah suatu hubungan jaringan pribadi dan sosial yang mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal. Organisasi informal dapat terbentuk di dalam perusahaan karena adanya interaksi antar karyawan, contohnya kelompok arisan pada suatu kantor. Organisasi informal muncul karena adanya kebutuhan pribadi dan kelompok dalam suatu organisasi.

PENGARUH ARSITEKTUR DAN LINGKUNGAN
Seorang arsitek, adalah seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau ahli lingkungan binaan.
Istilah arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancang bangunan, adalah orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang mempengaruhi aspek bangunan tersebut dalam sisi astetika, budaya, atau masalah sosial. Definisi tersebut kuranglah tepat karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih tepat mendefinisikan arsitek sebagai seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkungan binaan.
Arti lebih umum lagi, arsitek adalah sebuah perancang skema atau rencana.
“Arsitek” berasal dari Latin architectus, dan dari bahasa Yunani: architekton (master pembangun), arkhi (ketua) +tekton (pembangun, tukang kayu).
Dalam penerapan profesi, arsitek berperan sebagai pendamping, atau wakil dari pemberi tugas (pemilik bangunan). Arsitek harus mengawasi agar pelaksanaan di lapangan/proyek sesuai dengan bestek dan perjanjian yang telah dibuat. Dalam proyek yang besar, arsitek berperan sebagai direksi, dan memiliki hak untuk mengontrol pekerjaan yang dilakukan kontraktor. Bilamana terjadi penyimpangan di lapangan, arsitek berhak menghentikan, memerintahkan perbaikan atau membongkar bagian yang tidak memenuhi persyaratan yang disepakati.
Namun dalam penerapan pekerjaan arsitektur jarang yang memperhatikan dampak lingkungan binaan sekitar
Pengaruh posotif pekerjaan arsitek terhadap lingkungan

Memperhatikan hubungan antara ekologi dan arsitektur, yaitu hubungan antara massa bangunan dengan makhluk hidup yang ada disekitar lingkungannya, tak hanya manusia tetapi juga flora dan faunanya. Arsitektur sebagai sebuah benda yang dibuat oleh manusia harus mampu menunjang kehidupan dalam lingkugannya sehingga memberikan timbal balik yang menguntungkan untuk kedua pihak. Pendekatan ekologis dilakukan untuk menghemat dan mengurangi dampak  – dampak negatif yang ditimbulkan dari terciptanya sebuah massa bangunan, akan tetapi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Contoh terapannya yaitu, munculnya trend green design.
Memberikan dampak pada estetika bangunan
Dapat memberikan pemecahan masalah pada tata letak bangunan atau kota.
Memperhatikan kondisi lahan yang akan dibangun. Sebagai contoh bila bangunan akan didirikan pada lahan yang memiliki kemiringam, maka dengan pendekatan ekologis bisa dicarikan solusinya seperti memperkuat pondasi, atau menggabungkan unsur alam pada lingkungan dengan bangunan yang ada sehingga semakin estetis bangunan yang tercipta.

Contoh :
Taman ismail marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.
banyaknya lingkungan hijau di site bangunan tersebut dan pembuatan taman pada atap                         sehingga membuat dampak positif untuk mengurangi dampak global warming.

Sebagai taman hijau kota.

Pembuatan the “Artificial Sungai” dibuat sepanjang sisi barat laut situs untuk membantu mengumpulkan air hujan untuk didaur ulang dan mengganti pagar sebagai batas ramah antara taman dan sekitarnya.

Mengapa Anda Membutuhkan Arsitek?

Arsitek dapat menganalisa antara kebutuhan dan keinginan Anda. Sebelum membangun sebuah rumah atau gedung tentu Anda memiliki gambaran perencanaan tentang rumah ataupun gedung yang akan didirikan, Anda punya rencana dari awal kebutuhan dan keinginan misalnya ; Jumlah ruang yg diinginkan, fungsi ruang, kontruksi yg aman dsb. Arsitek Kami dapat mrnganalisa akan perenanaan perencancann yg lebih detail, yang mungkin tidak terfikirkan oleh Anda, seperti perencanaan ruang dililhat dari aspek psichologis, aspek kenyamanan, aspek estetika, aspek pencahayan, tingkat privacy, kebisingan, keamanan kontruksi dan efesiensi dan efektifitas ruangan. Arsitek akan membantu Anda berhemat. Banyak orang yang berasumsi bahwa menggunakan Jasa Arsitek akan mengeluarkan Anggaran yang lebih. Hal ini merupakan Asumsi yang salah sebab dengan menggunakan Jasa Arsitek, Dalam medesapenambahan ruang dsb, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk renovasi kedepan atau penambahan ruangan dsb. Arsitek dapat memberi saran terkait pemilihan material yang murah, Teknologi yang hemat dan lebih berkualitas yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Arsitek dapat menghitung RAB , menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk material, pekerja secara akurat dan efesien, Anda tidak akan kawatir pembangunan tidak dapat terselesaikan karena kurang nya Anggaran, karana Anggaran Bangunan sudah diperhitungkan. Arsitek dapat memberi rekomendasi tim pelaksana proyek yang berkualitas. Sebelum Anda merencanakan pembangunan sebuah gedung atau rumah mungkin Anda sudah mempunyai gambaran dari rencana pembangunan, namun mungkin Anda tidak memiliki koneksi dan pengetahuan yang membantu Anda menemukan team pelaksana proyek yang berkualitas. Arsitek dapat membantu Anda sebagai penghubung Antara Team pelaksana proyen dengan Anda.


Teknik Sipil di Bandung

 

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.

Struktural: Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan, jalan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan.

Geoteknik: Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dan batuan dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah, penyelidikan laboratorium serta perencanaan konstruksi tanah dan batuan, seperti: timbunan (embankment), galian (excavation), terowongan tanah lunak (soft soil tunnel), terowongan batuan (rock/mountain tunnel), bendungan tanah/batuan (earth dam, rock fill dam), dan lain-lain.

Manajemen Konstruksi: Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.

Hidrologi: Cabang yang mempelajari air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam), kanal.

Teknik Lingkungan: Cabang yang mempelajari permasalahan-permasalahan dan isu lingkungan. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih, pengelolaan limbah dan air kotor, pencemaran sungai, polusi suara dan udara hingga teknik penyehatan.

Transportasi: Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.

Informatika Teknik Sipil: Cabang baru yang mempelajari penerapan Komputer untuk perhitungan/pemodelan sebuah sistem dalam proyek Pembangunan atau Penelitian. Mencakup bidang ini antara lain dicontohkan berupa pemodelan Struktur Bangunan (Struktural dari Materi atau CAD), pemodelan pergerakan air tanah atau limbah, pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic information system).

Keluasan cabang dari teknik sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain: perancangan/pelaksana pembangunan/pemeliharaan prasarana jalan, jembatan, terowongan, gedung, bandar udara, lalu lintas (darat, laut, udara), sistem jaringan kanal, drainase, irigasi, perumahan, gedung, minimalisasi kerugian gempa, perlindungan lingkungan, penyediaan air bersih, survey lahan, konsep finansial dari proyek, manajemen projek dsb. Semua aspek kehidupan tercangkup dalam muatan ilmu teknik sipil.

Perbedaan dari arsitek, terletak pada posisi ahli teknik sipil dalam sebuah proyek. Arsitek menyumbangkan rancangan, ide, kemungkinan pelaksanaan pembangunan di atas kertas. Hasil rancangan tersebut diserahkan selanjutnya kepada staf ahli bidang teknik sipil untuk pelaksanaan pembangunan. Tahapan ini, ahli teknik sipil melakukan perbaikan/saran dari pelaksanaan perencanaan, koordinasi dalam proyek, mengamati jalannya proyek agar sesuai dengan perencanaan. Selain itu, ahli teknik sipil juga membangun konsep finansial dan manajemen proyek atas hal-hal yang memengaruhi jalannya proyek.

Ahli teknik sipil tidak hanya berurusan dengan pembangunan sebuah proyek bangunan, tetapi di bidang lain seperti yang berkaitan dengan informatika, memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk dengan bantuan program CAD, pemodelan kerusakan akibat gempa, banjir. Hal ini sangat penting di negara maju sebagai tolak ukur kelayakan pembangunan sebuah bangunan vital yang mempunyai risiko dapat menelan korban banyak manusia seperti reaktor nuklir atau bendungan, jika terjadi kegagalan perencanaan teknis. Rancangan bangunan tersebut biasanya dimodelkan dalam komputer dengan diberikan faktor-faktor ancaman bangunan tersebut seperti gempa dan keruntuhan struktur material. Peran ahli teknik sipil juga masih berlaku walaupun fase pembangunan sebuah gedung telah selesai, seperti terletak pada pemeliharaan fasilitas gedung tersebut.

Materi utama :

Matematika teknik Mekanika teknik Analisis struktur Konstruksi baja Konstruksi beton Konstruksi kayu Konstruksi gelas Mekanika tanah Teknik Pondasi Hidrologi Hidrolika Bangunan air Manajemen konstruksi Dinamika Struktur Earthquake engineering Informatika Ilmu Ukur Tanah Struktur bangunan sipil Rekayasa Jalan Raya

Homestay Villa Minimalis Modern
Desain Rumah Kolonial
Desain Rumah Kos
fasade rumah Urban Minimalis
previous arrow
next arrow
ArrowArrow
Slider

Aplikasi ilmu teknik sipil di Indonesia:

Sosrobahu Konstruksi Cakar Ayam Jembatan Suramadu Gedung Stadiun Underpas Fly Over Bandara Terowongan Jalan Busway Dermaga Jalan Kereta api Pelabuhan

Tokoh teknik sipil Indonesia

Ir. Tjokorda Raka Sukawati Prof. Thoskykovsky Prof. Dr. Ir. Hendricho Msc Prof. Dr.(HC) Ir. Roosseno Ir. Ahadi Prof. Dr.(HC) Ir. R. M. Sedijatmo Prof. Dr. Ir. Wiratman Wangsadinata Prof. Ir. Moh. Sahari Besari, M.Sc., Ph.D. Dr.(HC). Ir. Soekarno Ir. Djoeanda Kartawidjaja


Mengapa memilih Kami? Jasa Arsitek Bandung


Beberapa alasan yang bisa menjadi referensi untuk Anda dalam memutuskan untuk memilih tenaga Arsitek dari Kami, berikut adalah ulasanya :

Teknologi 3D Exterior dan Interior Realistis

Gambar tiga dimensi (3D) adalah visualisasi tampilan suatu bangunan secara tiga dimensi, agar kita bersama paham bagaimana bentuk dan tampilan detail bangunan. Jika ada kekurangan pada gambar 3D, Anda masih bisa memperbaikinya dengan biaya lebih sedikit, coba bayangkan jika baru menyadari kekurangan tersebut pada saat bangunan sudah berdiri. Gambar tiga dimensi (3D) sangat penting dijadikan acuan dalam pelaksanaan finishing pembangunannya, baik oleh tim kontraktor maupun tim interior, agar tidak terjadi kesalah-pahaman visual antara Anda dengan sang arsitek, ataupun dengan tim kontraktor dan interior.

Paket Gambar Kerja 3 Dimensi

Menggunakan Gambar Kerja
Pengertian gambar teknik atau Gambar Kerja adalah merupakan suatu bentuk ungkapan dari suatu gagasan atau pemikiran mengenai suatu sistim, proses, cara kerja, konstruksi, diagram, rangkaian dan petunjuk yang bertujuan untuk memberikan instruksi dan informasi yang dinyatakan dalam bentuk gambar, atau lukisan teknis.

Setiap gambar itu memiliki maksud dan tujuan masing-masing,tapi dimana setiap gambar itu akan berbeda fungsi dan tujuan ,tetapi secara garis besar,fungsi dan tujuan gambar teknik adalah ; Sebagai penyampaian informasi khususnya kepada pelaksana proyek atau kontraktor, penyimpanan data data teknis bangunan, cara – cara pemikiran / perencanaan/ planing data penyiapan informasi.

Gambar tiga dimensi (3D) adalah visualisasi tampilan suatu bangunan secara tiga dimensi, agar kita bersama paham bagaimana bentuk dan tampilan detail bangunan. Jika ada kekurangan pada gambar 3D, Anda masih bisa memperbaikinya dengan biaya lebih sedikit, coba bayangkan jika baru menyadari kekurangan tersebut pada saat bangunan sudah berdiri. Gambar tiga dimensi (3D) sangat penting dijadikan acuan dalam pelaksanaan finishing pembangunannya, baik oleh tim kontraktor maupun tim interior, agar tidak terjadi kesalah-pahaman visual antara Anda dengan sang arsitek, ataupun dengan tim kontraktor dan interior.
Dalam grafis komputer 3D, pemodelan 3D (atau model tiga dimensi) adalah proses pengembangan representasi matematis dari setiap permukaan objek (baik yang tidak bernyawa atau hidup) dalam tiga dimensi melalui perangkat lunak khusus. Produk ini disebut model 3D. Seseorang yang bekerja dengan model 3D dapat disebut sebagai seniman 3D. Ini dapat ditampilkan sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut rendering 3D atau digunakan dalam simulasi komputer fenomena fisik. Model ini juga bisa diciptakan secara fisik menggunakan perangkat cetak 3D.

Model dapat dibuat secara otomatis atau manual. Proses pemodelan manual pembuatan data geometris untuk grafis komputer 3D mirip dengan seni plastik seperti sculpting.

Perangkat lunak pemodelan 3D adalah kelas perangkat lunak grafis komputer 3D yang digunakan untuk menghasilkan model 3D. Program individu kelas ini disebut pemodelan aplikasi atau pemodel.
Model tiga dimensi (3D) mewakili tubuh fisik dengan menggunakan kumpulan titik dalam ruang 3D, dihubungkan oleh berbagai entitas geometris seperti segitiga, garis, permukaan melengkung, dll. Kumpulan data (titik dan informasi lainnya), model 3D dapat dibuat dengan tangan, algoritmik (pemodelan prosedural), atau discan. Permukaan mereka dapat didefinisikan lebih lanjut dengan pemetaan tekstur.

Model 3D banyak digunakan di manapun dalam grafis 3D dan CAD. Penggunaan mereka mendahului meluasnya penggunaan grafis 3D pada komputer pribadi. Banyak permainan komputer menggunakan gambar model 3D pra-render sebagai sprite sebelum komputer bisa menampilkannya secara real-time. Perancang kemudian dapat melihat model dalam berbagai arah dan tampilan, ini bisa membantu perancang melihat apakah objek dibuat sesuai dengan keinginan untuk dibandingkan dengan penglihatan aslinya. Melihat disain dengan cara ini dapat membantu perancang / perusahaan mengetahui adanya perubahan atau perbaikan yang diperlukan pada produk. [2]

Saat ini, model 3D digunakan dalam berbagai bidang. Industri medis menggunakan model organ terperinci; ini dapat dibuat dengan beberapa gambar gambar 2-D dari MRI atau CT scan. Industri film menggunakan mereka sebagai karakter dan objek untuk film animasi dan kehidupan nyata. Industri video game menggunakannya sebagai aset untuk permainan komputer dan video. Sektor sains menggunakan mereka sebagai model senyawa kimia yang sangat rinci. [3] Industri arsitektur menggunakannya untuk menunjukkan bangunan dan lansekap yang diusulkan sebagai pengganti model arsitektur tradisional dan fisik. Komunitas teknik menggunakan mereka sebagai desain perangkat, kendaraan dan struktur baru serta sejumlah kegunaan lainnya. Dalam beberapa dekade terakhir komunitas sains bumi telah mulai membangun model geologi 3D sebagai praktik standar. Model 3D juga bisa menjadi basis perangkat fisik yang dibangun dengan printer 3D atau mesin CNC.

Rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai rumah, mulai dari tempat tinggal sederhana seperti gubuk rudimenter suku nomaden dan gubuk improvisasi di daerah kumuh hingga kompleks, struktur tetap dari kayu, bata, beton atau bahan lainnya yang mengandung sistem plumbing, ventilasi dan listrik. Rumah menggunakan berbagai sistem atap yang berbeda untuk menjaga presipitasi seperti hujan agar tidak masuk ke ruang kediaman. Rumah mungkin memiliki pintu atau kunci untuk mengamankan ruang kediaman dan melindungi penghuninya dan isinya dari pencuri atau pelaku pelanggaran lainnya. Sebagian besar rumah modern konvensional di budaya Barat akan berisi satu atau lebih kamar tidur dan kamar mandi, dapur atau area memasak, dan ruang tamu. Sebuah rumah mungkin memiliki ruang makan yang terpisah, atau area makan dapat diintegrasikan ke ruangan lain. Beberapa rumah besar di Amerika Utara memiliki ruang rekreasi. Dalam masyarakat berorientasi pertanian tradisional, hewan piaraan seperti ayam atau ternak yang lebih besar (seperti ternak) dapat berbagi bagian rumah dengan manusia. Unit sosial yang tinggal di rumah dikenal sebagai rumah tangga.

Paling umum, rumah tangga adalah unit keluarga dari beberapa jenis, walaupun rumah tangga juga mungkin merupakan kelompok sosial lainnya, seperti teman sekamar atau, di rumah kos, individu yang tidak berhubungan. Beberapa rumah hanya memiliki tempat tinggal untuk satu keluarga atau kelompok berukuran serupa; Rumah-rumah besar yang disebut townhouse atau row house mungkin berisi banyak tempat tinggal keluarga dalam struktur yang sama. Sebuah rumah mungkin disertai bangunan luar, seperti garasi untuk kendaraan atau gudang untuk perlengkapan dan alat berkebun. Sebuah rumah mungkin memiliki halaman belakang atau halaman depan, yang berfungsi sebagai area tambahan dimana penduduk dapat bersantai atau makan.Rumah kata Inggris berasal langsung dari bahasa Inggris Kuno yang berarti “hunian, tempat tinggal, rumah, rumah”, yang kemudian berasal dari bahasa Proto-Germanic Khusan (direkonstruksi dengan analisis etimologis) yang tidak diketahui asal usulnya. [3] Rumah itu sendiri memunculkan huruf ‘B’ melalui simbol hieroglif Proto-Semit awal yang menggambarkan sebuah rumah. Simbol itu disebut “bayt”, “bet” atau “beth” dalam berbagai bahasa yang terkait, dan menjadi beta, huruf Yunani, sebelum digunakan oleh orang Romawi.dealnya, arsitek rumah merancang ruangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan tinggal di dalam rumah. Perancangan seperti itu, yang dikenal sebagai “desain interior”, telah menjadi topik yang populer di universitas. Feng shui, yang awalnya merupakan metode Cina untuk memindahkan rumah sesuai dengan faktor-faktor seperti hujan dan iklim mikro, baru-baru ini memperluas ruang lingkupnya untuk membahas desain ruang interior, dengan maksud untuk mempromosikan efek harmonis pada orang-orang yang tinggal di dalam rumah, walaupun tidak ada efek sebenarnya yang pernah ditunjukkan. Feng shui juga bisa berarti “aura” di dalam atau di sekitar tempat tinggal, sehingga sebanding dengan konsep penjualan real estat “aliran luar ruangan”.Rekaman luas sebuah rumah di Amerika Serikat melaporkan area “ruang hidup”, tidak termasuk garasi dan ruang non-hidup lainnya. Angka “meter persegi” sebuah rumah di Eropa melaporkan area dinding yang melampirkan rumah, dan dengan demikian mencakup garasi dan ruang tamu yang tidak terpasang.

Jumlah lantai atau tingkat yang membentuk rumah dapat mempengaruhi rekaman persegi rumah.Banyak rumah memiliki beberapa ruangan besar dengan fungsi khusus dan beberapa ruangan yang sangat kecil karena berbagai alasan lainnya. Ini termasuk area hidup / makan, area tidur, dan (jika ada fasilitas dan layanan yang sesuai) area mencuci dan WC terpisah atau gabungan. Beberapa properti yang lebih besar juga dapat menampilkan kamar-kamar seperti ruang spa, kolam renang dalam ruangan, lapangan basket dalam ruangan, dan fasilitas ‘non-esensial’ lainnya. Dalam masyarakat berorientasi pertanian tradisional, hewan piaraan seperti ayam atau ternak yang lebih besar (seperti ternak) sering berbagi bagian rumah dengan manusia. Sebagian besar rumah modern konvensional setidaknya akan berisi kamar tidur, kamar mandi, dapur atau area memasak, dan ruang tamu. Rumah khas “foursquare” (seperti yang digambarkan) biasanya terjadi pada awal sejarah AS di mana mereka dibangun, dengan tangga di tengah rumah, dikelilingi oleh empat ruangan, dan terhubung ke bagian lain rumah (termasuk di era yang lebih baru sebuah garasi).Sedikit yang diketahui tentang asal mula awal rumah dan interiornya, tapi bisa ditelusuri kem ke bentuk tempat penampungan yang paling sederhana. Teori arsitek Romawi Vitruvius telah mengklaim bentuk pertama arsitektur sebagai kerangka cabang kayu yang selesai di lumpur, juga dikenal sebagai pondok primitif.  Philip Tabor kemudian menyatakan kontribusi rumah-rumah Belanda abad ke-17 sebagai pondasi rumah saat ini.”Sejauh menyangkut gagasan rumah ini, rumah di rumah adalah Belanda. Kristalisasi gagasan ini mungkin berasal dari tiga perempat pertama abad ke-17, ketika Belanda Belanda mengumpulkan akumulasi modal yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tak tertandingi. , dan mengosongkan dompet mereka ke dalam ruang rumah tangga.

Support Teknologi Arsitektur Terkini

Bersamaan dengan meningkatnya kompleksitas bangunan,arsitektur menjadi lebih multi-disiplin daripada sebelumnya. Arsitektur sekarang ini membutuhkan sekumpulan profesional dalam disiplin ilmu yang berbeda  dalam pengerjaannya. Inilah keadaan profesi arsitek sekarang ini. Namun demikian, arsitek individu masih disukai dan dicari dalam perancangan bangunan yang bermakna simbol budaya. Contohnya, sebuah museum senirupa menjadi lahan eksperimentasi gaya dekonstruktivis sekarang ini, namun esok hari mungkin sesuatu yang lain.


Proses Desain gambar 3 Dimensi Arsitek di Bandung

Menurut AIA, American Institute of Architects, ada lima fase utama dari proses desain arsitektur. Mereka adalah sebagai berikut:

  • Skema Desain (SD)
  • Pengembangan Desain (DD)
  • Gambar Konstruksi atau Dokumen Konstruksi (CD)
  • • <;i>Penawaran dan Negosiasi Kontrak (BID)

  • Administrasi Konstruksi (CA)

Skema Desain

Tahap pertama dari desain arsitektur adalah fase Skema Desain, atau SD untuk pendek. Tujuan utama dari fase ini adalah untuk mengembangkan konsep yang dapat didefinisikan dengan jelas dan layak dan menyajikannya dalam bentuk yang dapat dimengerti dan diterima klien. Tujuan sekunder termasuk klarifikasi program proyek, eksplorasi desain alternatif, dan perkiraan biaya konstruksi. Selama fase ini, seorang arsitek bekerja erat dengan klien untuk menentukan program yang sesuai, atau Bandungkaian kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sebuah bangunan. Program ini mencakup fungsi proyek, tujuan, harapan desain, anggaran, dan persyaratan situs (seperti kode bangunan, zonasi, dan masalah aksesibilitas). Biaya konstruksi awal juga diperkirakan selama fase ini sehingga klien dapat mengetahui sedini mungkin jika proyek tersebut layak dari sudut pandang keuangan. Pada bagian pertama dari fase SD, arsitek meneliti proyek untuk menentukan masalah apa yang sedang terjadi dan masalah apa yang mungkin berkembang di masa depan. Setelah sebuah program terbentuk melalui penelitian ini, fokus arsitek bergeser dari mencari tahu apa masalahnya hingga bagaimana masalah dapat diselesaikan. Dalam menyelesaikan masalah proyek dan memenuhi kebutuhan proyek, desain skematik yang lebih praktis akan lahir. Arsitek sering memberikan beberapa versi desain yang mencerminkan berbagai opsi yang mungkin atau tidak dapat dibayar oleh klien, berdasarkan perkiraan biaya awal. Detail kecil diabaikan dalam fase SD, dan sebagai gantinya, arsitek berfokus pada gambaran besar secara keseluruhan, memastikan bahwa tidak ada masalah besar dalam desain proyek sebelum melanjutkan dengan pekerjaan di fase berikutnya. Selama SD, arsitek biasanya menyediakan klien mereka dengan sketsa konsep, baik dengan tangan atau CAD, serta studi kelayakan berdasarkan pembatasan kode situs dan bangunan. Sangat jarang bagi seorang arsitek atau pemilik untuk meminta pekerjaan 3D pada awal proses desain arsitektur ini, hanya karena arsitek dapat dengan sangat cepat menarik gambar rendahan 3D rendahan yang akan memuaskan kebutuhan klien akan representasi visual. Bahkan jika arsitek sub 3D bekerja keluar ke sumber luar dan pekerjaan 3D diinginkan selama fase SD, banyak arsitek masih dapat menghasilkan jenis pemodelan 3D pemodelan massal berkualitas rendah di rumah pada saat ini.

Dokumentasi khas yang dikembangkan pada akhir fase SD meliputi:

  • Rencana situs
  • Semua denah lantai
  • Semua elevasi eksterior
  • Membangun bagian dari area penting

  • Rencana lanskap
  • Estimasi biaya konstruksi pendahuluan
  • Hand atau rendering CAD
    • Langkah terakhir dalam fase SD, atau fase apa pun dalam hal ini, adalah mendapatkan persetujuan klien formal dari dokumen yang disediakan. Setelah seorang arsitek menerima persetujuan, tahap berikutnya dari proses desain dapat dimulai. Jika klien mendekati Anda dengan permintaan layanan 3D pada proyek dalam fase desain skematis, Anda harus benar-benar memastikan bahwa Anda berdua memahami dengan jelas tingkat detail yang akan diberikan dan biaya untuk membuat perubahan 3D selama fase selanjutnya.

      Pengembangan desain

      Tahap kedua dari proses desain arsitektur adalah Pengembangan Desain, atau DD untuk jangka pendek. Selama fase ini, desain disempurnakan menjadi Bandungkaian gambar yang jelas dan terkoordinasi yang mencakup semua aspek desain. Bandungkaian gambar ini biasanya mencakup denah lantai yang sepenuhnya dikembangkan, peningkatan eksterior, bagian bangunan, dan rencana situs yang dikembangkan sepenuhnya. Untuk area kritis proyek, arsitek dapat memilih untuk mengembangkan elevasi interior, memantulkan rencana langit-langit, rencana atap, bagian dinding, dan detail. Gambar-gambar ini mungkin atau mungkin tidak termasuk dimensi dan catatan, dan bahkan ketika mereka melakukannya, mereka biasanya melihat detail penyempurnaan sampai titik di mana gambar diserahkan ke departemen bangunan untuk disetujui. Gambar yang dihasilkan selama DD menjadi dasar untuk gambar konstruksi yang diajukan untuk persetujuan pemerintah.
      Dalam fase SD, sebagian besar pekerjaan dilakukan oleh arsitek (s) karena hampir semua pekerjaan berorientasi desain dan di atas kualifikasi normal juru gambar. Selama fase DD, pekerjaan ini terbagi rata antara arsitek dan juru gambar. Pada awal fase DD, seorang arsitek akan menciptakan apa yang dikenal sebagai kumpulan gambar kartun, yang biasanya tidak lebih dari satu set kertas ukuran letter yang ditarik tangan dengan tata letak tentatif dari kumpulan gambar konstruksi yang berfungsi penuh. , seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1-2. Setelah set kartun itu dibuat, konseptor akan menghabiskan banyak waktu menyiapkan gambar DD per set kartun dan menambahkan semua informasi umum yang diperlukan, seperti dimensi, skala, judul lembaran, dan pemanggilan bagian bangunan / dinding.

      Dalam fase SD, arsitek tidak selalu menggunakan jasa insinyur karena pada tahap awal dalam desain, seorang arsitek biasanya lebih dari mampu menentukan kelayakan desain keseluruhan. Misalnya, jika desain panggilan untuk rentang atap 100-kaki tanpa kolom pendukung di tempat, arsitek mungkin tidak tahu apa balok yang ideal untuk digunakan, tetapi akan tahu cukup untuk mengetahui bahwa jenis balok yang cukup dan terjangkau dapat digunakan untuk memungkinkan desain untuk maju.


      Portofolio Jasa Arsitek Bandung untuk Komersial

      Bangunan komersial didirikan untuk mendukung aktifitas komersial meliputi jual, beli, dan sewa. Bangunan komersial ditujukan untuk keperluan bisnis sehingga faktor lokasi yang strategis memegang peranan penting bagi kesuksesan bangunan tersebut. Contoh-contoh bangunan komersial di antaranya pasar, supermarket, mall, retail, pertokoan, perkantoran, dan komplek kios.

      Jasa Arsitek bidang desain komersial

      • arsitek bidang ini adalah jenis arsitek yang skala proyeknya mendesain bangunan tipe komersial, tempat pusat perbelanjaan (mall), gedung kantor utama sebuah perusahaan, hotel, resort, rumah sakit dll.
      • mereka juga bisa mendesain sarana publik atau gedung-gedung pemerintahan.
      • arsitek bangunan komersial seperti ini butuh untuk menciptakan desain yang sangat mendetil dan terstruktur dikarenakan skala proyek mereka yang besar.
      • dari awal tahap perancangan yang masih berupa konsep harus sudah di presentasikan dan dirapatkan dengan klien.
      • masalah dan kendala yang timbul harus dicarikan pemecahan desainnya dan diterapkan pada pembaharuan perancangannya.
      • berbagai faktor harus sudah selesai dipertimbangkan sebelum diberikan kepada pihak kontraktor bangunan.
      • maket atau presentasi yang dapat menampilkan bentuk bangunan secara 3d dibuat dan diselesaikan untuk kemudian dilaksanakan.
      • masalah pasti terjadi dilapangan, bila hal ini terjadi maka desain harus diperbaharui untuk memecahkan kendala tersebut.
      • para arsitek pada pasar ini banyak bekerja di lapangan dan juga di kantor, mereka membuat dan mengatur jadwal pertemuan dengan orang-orang penting pengambil keputusan agar proses pengerjaan bangunan bisa berjalan lancar.
      • mereka bisa juga berkolaborasi dengan arsitek-arsitek lainnya karena lingkup proyek yang luas ini.

      SURVEI PENGGUNAAN LAHAN YANG ADA DAN KLASIFIKASI PENGGUNAAN LAHAN

      Peta dasar akan melengkapi landasan untuk melakukan survei penggunaan lahan yang ada. Ini adalah survei dasar yang dilakukan plot oleh plot dan merupakan prasyarat untuk semua pekerjaan perencanaan serta penegakan rencana. Keakuratan peta penggunaan lahan yang ada sangat penting karena akan digunakan sebagai persyaratan hukum untuk memberi atau menolak izin perencanaan dan untuk kompensasi.

      Pengelompokan Penggunaan Tanah

      Tanah perkotaan dapat digunakan dalam jumlah besar. Mungkin tempat tinggal, industri, komersial atau rekreasi. Demikian juga lahan pedesaan di sekitarnya, dapat digunakan untuk kebun seperti sayuran dan buah, tanaman komersial seperti tembakau, cabe atau tanaman pokok seperti gandum, beras atau millet. Penggunaan yang berbeda dari tanah perkotaan dan pedesaan mengikuti pola yang telah ditetapkan di sekitar daerah perkotaan.

      Pemanfaatan lahan perkotaan tidak terhitung dan dalam melaksanakan survei penggunaan lahan perkotaan. Hal ini menjadi penting untuk mengelompokkan penggunaan ini di bawah kepala tertentu yang terdefinisi dengan baik. Pengelompokan tersebut didasarkan pada kesamaan fungsi serta kesamaan karakteristik kinerja. Misalnya, penggunaan rumah tinggal bersama juga, penggunaan komersial ritel: dan area komersial grosir dan gudang penyimpanan dapat dikelompokkan bersama. Demikian pula, penggunaan industri juga dapat dikelompokkan bersama-sama tetapi sebuah industri, yang memancarkan sejumlah besar asap, dan asap berbahaya tidak dapat diletakkan di samping industri yang tidak menghasilkan asap dan mampu mempertahankan tempat yang bersih seperti industri elektronik, dll. emisi limbah asap dan kriteria lain semacam itu membentuk karakteristik kinerja industri.


      Hunian tempat tinggal

      Di zona pemukiman, penggunaan / kegiatan berikut ini ditetapkan sebagaimana diizinkan, diizinkan pada aplikasi untuk Otoritas Kompeten dan dilarang. Demikian pula, bangunan / tempat diizinkan untuk penggunaan / kegiatan berikut di situs / lokasi tertentu yang ditunjukkan dalam rencana tata letak, rencana tindakan, dan proyek / skema untuk tujuan umum:

      Penggunaan yang Diizinkan: Rumah tinggal (perumahan terpisah, semi-terpisah dan baris), perumahan kelompok, perumahan-tempat kerja, hostel dan rumah kost, tempat penampungan malam, misi asing, dharamshala, barat ghar, balai desa, pos polisi, rumah tamu , kenyamanan berbelanja, belanja lokal (belanja ritel), klinik medis, klinik, kantor profesional, gedung pendidikan: (taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah, perguruan tinggi), lembaga penelitian, pusat komunitas, tempat keagamaan, pasar mingguan, perpustakaan, gimnasium, taman / totlots, pembibitan tanaman, pusat pelatihan teknis, pusat yoga / klinik kesehatan, pameran dan galeri seni, klub, bank, kantor polisi, berdiri taksi / gerobak roda tiga, halte bus, depot distribusi listrik, stasiun pompa air, kantor pos, hostel sifat non-komersial, taman kanak-kanak, utilitas umum dan bangunan kecuali pekarangan dan penyimpanan penyimpanan.Kegunaan Penggunaan / Kegiatan: Pompa bensin, bengkel perbaikan kendaraan bermotor / garasi, industri rumah tangga, roti dan penganan, penyimpanan tabung gas LPG, pemakaman, restoran dan hotel, percetakan, gudang / gudang, panti jompo dan pusat kesehatan (20 tempat tidur), auditorium, depot bus tanpa bengkel, ruang bioskop, multipleks, pasar ritel barang, toko serba guna, kamp pengunjung transit, kantor pemerintahan kota, negara bagian dan pusat. Penggunaan / Aktivitas Dilarang: Industri berat, besar dan luas: industri berbahaya, menjengkelkan dan berbahaya, pergudangan, gudang penyimpanan barang tahan lama, berbahaya, barang mudah terbakar, lokakarya untuk bus dll, rumah pemotongan hewan, mandies grosir, rumah sakit yang mengobati penyakit menular, pabrik pengolahan / pembuangan limbah, instalasi pengolahan air, tempat pembuangan limbah padat, stadion permainan luar ruangan, stadion permainan dalam ruangan, jarak tembak, taman zoologi, kebun raya, tempat perlindungan burung, pondok piknik, pusat konferensi internasional, pengadilan, pusat pelatihan olahraga, kantor rehabilitasi, kantor batalion distrik, laboratorium forensik ory.


      Komersial

      Di zona penggunaan komersial, penggunaan / kegiatan berikut diizinkan, diizinkan pada aplikasi untuk Otoritas Kompeten dan dilarang.

      Penggunaan / Kegiatan yang Diizinkan: Toko, pusat perbelanjaan kenyamanan / lingkungan, pusat perbelanjaan lokal, kantor profesional, tempat kerja / kantor, bank, bursa saham / lembaga keuangan, toko roti dan penganan, bioskop hall / teater, ruang perjamuan, rumah tamu, restoran, hotel, pasar mingguan, pompa bensin, gudang dan pergudangan, bisnis umum, grosir, petak perumahan (perumahan kelompok, asrama / asrama), bank, restoran, toko roti / penganan, ruang bioskop / bioskop, ruang auditorium / perjamuan, panti jompo / klinik medis, tempat ibadah, kantor / tempat kerja, pusat komersial, lembaga penelitian / pelatihan, pusat layanan / bengkel / bengkel, shelter barat ghar / night, pasar mingguan / formal, perpustakaan, taman / ruang terbuka, museum, kantor polisi / pos , berdiri taksi / roda tiga berdiri, tempat parkir, kantor pos, kantor pemerintah / kelembagaan, pertukaran telepon, pergudangan dan penyimpanan tertutup.Kegunaan Penggunaan / Kegiatan: Non-polusi, non-obnoxi industri ringan, gudang penyimpanan / gudang barang tahan lama, mudah terbakar, batu bara, kayu, pekarangan kayu, depot bus dan truk, instalasi gas dan gas, politeknik dan lembaga teknis tinggi, yard sampah, instalasi pengolahan air, pangkalan / stasiun kereta api, olahraga / stadion dan instalasi utilitas publik, hotel dan rumah pengunjung transit bangunan religius, rumah sakit dan panti jompo. Penggunaan / Aktivitas Dilarang: Tempat tinggal kecuali tempat pengawasan penting dan personil lingkungan, unit industri berat, luas, menjengkelkan, berbahaya dan ekstraktif, rumah sakit / laboratorium penelitian yang mengobati penyakit menular, peternakan unggas / peternakan sapi perah, rumah pemotongan, tempat pengolahan / pembuangan limbah, penggunaan pertanian, penyimpanan komoditas yang mudah rusak dan mudah terbakar, penggalian kerikil, pasir, tanah liat dan batu, kebun binatang, kebun raya, tempat perlindungan burung , gubuk piknik, pusat konferensi internasional, pengadilan, pusat pelatihan olahraga, kantor batalyon penjajahan, distrik, forensik scie laboratorium dan semua kegiatan lain yang menyebabkan gangguan dan bersifat menjengkelkan.

      Zona Pemanfaatan Industri

      Di zona penggunaan industri, bangunan dan tempat biasanya digunakan untuk mengidentifikasi dan mengijinkan penggunaan / kegiatan yang diizinkan, pada suatu aplikasi.

      Penggunaan / Kegiatan yang Diizinkan: Bangunan tempat tinggal untuk staf penting dan untuk pengawasan dan lingkungan, semua jenis industri, utilitas umum, parkir, pemuatan, ruang muat, pergudangan, penyimpanan dan depot barang-barang yang tidak mudah rusak dan tidak mudah terbakar dan penggunaan insidental, dingin penyimpanan dan pabrik es, gudang gas, bioskop, terminal bus, depot dan bengkel bus, perusahaan bisnis grosir, stasiun pengisian bensin dengan garasi dan stasiun layanan, taman dan taman bermain, pusat kesehatan, restoran.


      Jasa Arsitek Bandung Untuk Desain Kolam Renang

      CENTER POINT ARSITEK adalah perusahaan yang melayani jasa Arsitek / Jasa gambar rumah / jasa desain rumah, bangun rumah atau renovasi rumah. Desain kreatif dan inovatif, hasil pekerjaan cepat, rapi adalah komitmen kami untuk mewujudkan impian konsumen dengan berbagai pilihan gaya rumah seperti minimalis , modern, klasik, mediteranian, kolonial, tropis, dsb.

      Berikut adalah contoh gambar gambar kolam renang:

      desain gambar rumah fasade kolam renang

      desain gambar rumah fasade kolam renang

      Kolam renang adalah desain kontruksi arsitektur yang dapat disi dengan air, baik kontruksi tersebut tertanam dalam tanah maupun di atas tanah. Kolam renang merupakan fasilitas untuk rekreasi, keluarga, kegiatan berolahraga.

      Memiliki sebuah kolam renang pribadi di tempat tinggal anda tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan, karena pemilik rumah memiliki sarana untuk berekreasi ataupun berolahraga, namun khusus untuk desain kolam renang di rumah memiliki fungsi lain disamping sebagai sarana olah raga.
      Saat ini, masih banyak orang yang tidak menganggap kolam renang merupakan sesuatu yang penting. Khususnya diluar daerah perkotaan, hanya sgelintir orang saja yang menghadirkan fasilitas berenang di kediamannya. Selain itu, tak semua daerah memiliki kolam renang umum yang bisa digunakan oleh masyarakat umum. Ini merupakan hal yang wajar.
      Walaupun kolam renang merupakan suatu hal yang penting , di daerah perkotaan , namun tidak semua tempat tinggal di … dapat memuat kolam renang, karena keterbatasan lahan, anggaran biaya yang tinggi, dan alasan lainya.
      Dibawah ini adalah beberapa fungsi lain dari sebuah kolam renang disamping sebagai sarana olahraga maupun rekreasi:

      Meningkatkan Nilai Rumah

      Keempat, kolam renang juga berfungsi untuk meningkatkan nilai jual sebuah rumah. Inilah fungsi kolam renang yang bisa dibilang sangat komersil. Dengan adanya kolam renang, maka nilai jual sebuah rumah akan melambung tinggi. Hal ini tak lepas dari mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun kolam. Selain itu, adanya fasilitas kolam renang juga akan menambah kesan mewah dari suatu rumah. Maka tak heran jika rumah yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang memiliki harga yang relatif lebih tinggi.

      Sebagai Sarana Bersosialisasi

      Kelima, kolam renang juga bisa digunakan sebagai sarana untuk bersosialisasi. Banyak orang yang sering mengadakan pesta di dekat kolam renang. Selain itu, berenang bersama keluarga, kerabat, ataupun teman. dengan begitu, anda bisa bersosialisasi sembari merekatkan hubungan.

      Sebagai Simbol

      Terakhir, kolam renang juga dapat berfungsi sebagai simbol. Fungsi kolam renang ini biasanya diterapkan pada bangunan atau property seperti apartemen dan hotel untuk memberikan ciri atau karakter pada bangunan tersebut. Untuk fungsi kolam renang ini, biasanya kolam yang dibuat tidak digunakan untuk berenang.

      Kolam ini hanya diperuntukkan sebagai symbol untuk mendongkrak ciri khas yang dimiliki bangunan tersebut. Kolam-kolam ini biasanya memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam, atau sekitar 100 cm. Walaupun diberikan perawatan seperti kolam renang pada umunya, kolam ini hanya diperuntukan sebagai pelengkap arsitektur bangunan saja

      Kolam Renang Sistem Sirkulasi: Dukung Konsepsi Kolam Minimalis

      Sistem sirkulasi kolam minimalis yang bagus yang Anda miliki, akan bias pada kualitas kolam Anda juga. Untuk alasan kualitas kolam renang berkualitas baik dapat diukur dari kualitas air.

      Kolam renang dengan sistem peredaran darah yang buruk hanya akan menimbulkan masalah di masa depan. Satu demi satu masalah akan muncul yang pada akhirnya akan menjadi konsekuen.
      Permasalahan yang terjadi pada sistem sirkulasi yang buruk, titik awal penyebaran masalah ke semua aspek operasi penunjang kolam renang dan kolam itu sendiri.

      Kunci utama perawatan kulit. Jadi Anda harus memiliki pola perawatan terkontrol dengan baik juga.
      Misalkan Anda membangun kolam renang minimalis di rumah, ada alasan Anda selesai membaca artikel ini sampai akhir. Pada artikel ini kita akan membahas sedikit tentang Pool Circulation System.


      Homestay Villa Minimalis Modern
      Desain Rumah Kolonial
      Desain Rumah Kos
      fasade rumah Urban Minimalis
      previous arrow
      next arrow
      ArrowArrow
      Slider

      Definisi Rumah Tinggal di Bandung di Jawa Barat

      1. Dalam pengertian yang luas, rumah bukan hanya sebuah bangunan (struktural), melainkan juga tempat kediaman yang memenuhi syarat-syarat kehidupan yang layak, dipandang dari berbagai segi kehidupan masyarakat. Rumah dapat dimengerti sebagai tempat perlindungan, untuk menikmati kehidupan, beristirahat dan bersuka ria bersama keluarga. Di dalam rumah, penghuni memperoleh kesan pertama dari kehidupannya di dalam dunia ini. Rumah harus menjamin kepentingan keluarga, yaitu untuk tumbuh, memberi kemungkinan untuk hidup bergaul dengan tetangganya, dan lebih dari itu, rumah harus memberi ketenangan, kesenangan, kebahagiaan, dan kenyamanan pada segala peristiwa hidupnya. (Frick,2006:1).

      2. Rumah merupakan sebuah bangunan, tempat manusia tinggal dan melangsungkan kehidupannya. Disamping itu rumah juga merupakan tempat berlangsungnya proses sosialisasi pada saat seorang individu diperkenalkan kepada norma dan adat kebiasaan yang berlaku di dalam suatu masyarakat.Jadi setiap perumahan memiliki sistem nilai yang berlaku bagi warganya.Sistem nilai tersebut berbeda antara satu perumahan dengan perumahan yang lain, tergantung pada daerah ataupun keadaan masyarakat setempat. (Sarwono dalam Budihardjo, 1998 : 148).
      3. Rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga. (UU No.4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Permukiman).

      4. Rumah adalah bangunan untuk tempat tinggal (Kamus Bahasa Indonesia, 1997).

      5. Dalam arti umum, rumah adalah bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, namun tempat tinggal yang khusus bagi hewan biasa disebut sangkar, sarang, atau kandang. Sedangkan dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, tempat bertumbuh, makan, tidur,beraktivitas, dll. (Wikipedia, 2012).

      6. Rumah merupakan suatu bangunan, tempat manusia tinggal dan melangsungkan kehidupannya. Disamping itu rumah juga merupakan tempat berlangsungnya proses sosialisasi pada saat seorang individu diperkenalkan kepada norma dan adat kebiasaan yang berlaku di dalam suatu masyarakat. Jadi setiap perumahan memiliki sistem nilai yang berlaku bagi warganya. Sistem nilai tersebut berbeda antara satu perumahan dengan perumahan yang lain, tergantung pada daerah ataupun keadaan masyarakat setempat. (Sarwono dalam Budihardjo, 1998 : 148)

      Fungsi Rumah Tinggal

      1. Turner (dalam Jenie, 2001 : 45), mendefinisikan tiga fungsi utama yang terkandung dalam sebuah rumah tempat bermukim, yaitu :
      a. Rumah sebagai penunjang identitas keluarga (identity) yang diwujudkan pada kualitas hunian atau perlindungan yang diberikan oleh rumah. Kebutuhan akan tempat tinggal dimaksudkan agar penghuni dapat memiliki tempat berteduh guna melindungi diri dari iklim setempat.
      b. Rumah sebagai penunjang kesempatan (opportunity) keluarga untuk berkembang dalam kehidupan sosial budaya dan ekonomi atau fungsi pengemban keluarga. Kebutuhan berupa akses ini diterjemahkan dalam pemenuhan kebutuhan sosial dan kemudahan ke tempat kerja guna mendapatkan sumber penghasilan.
      c. Rumah sebagai penunjang rasa aman (security) dalam arti terjaminnya. keadaan keluarga di masa depan setelah mendapatkan rumah. Jaminan keamanan atas lingkungan perumahan yang ditemBandung serta jaminan keamanan berupa kepemilikan rumah dan lahan (the form of tenure).

      2. Rumah berfungsi sebagai wadah untuk lembaga terkecil masyarakat manusia,yang sekaligus dapat dipandang sebagai “shelter” bagi tumbuhnya rasa aman atau terlindung. Rumah juga berfungsi sebagai wadah bagi berlangsungnya segala aktivitas manusia yang bersifat intern dan pribadi. Jadi, rumah tidak semata-mata merupakan tempat bernaung untuk melindungi diri dari segala bahaya, gangguan dan pengaruh fisik belakang melainkan juga merupakan tempat bernaung untuk melindungi diri dari segala bahaya, gangguan, dan pengaruh fisik belaka, melainkan juga merupakan tempat tinggal, tempat berisitirahat setelah menjalani perjuangan hidup sehari-hari. (Ridho, 2001 : 18)

      3. Secara garis besar, rumah memiliki fungsi (Doxiadis dalam Dian, 2009), yaitu:
      a. Rumah harus memenuhi kebutuhan pokok jasmani manusia.
      b. Rumah harus memenuhi kebutuhan pokok rohani manusia.
      c. Rumah harus melindungi manusia dari penularan penyakit.
      d. Rumah harus melindungi manusia dari gangguan luar.
      e. Rumah menunjukan tempat tinggal.
      f. Rumah merupakan mediasi antara manusia dan dunia.

      g. Rumah merupakan arsenal, yaitu tempat manusia mendapatkan kekuatan kem.


      Homestay Villa Minimalis Modern
      Desain Rumah Kolonial
      Desain Rumah Kos
      fasade rumah Urban Minimalis
      previous arrow
      next arrow
      ArrowArrow
      Slider

      Gambar Kerja dan Site Plan

       

      Site plan adalah rencana arsitektur, dokumen arsitektur lansekap, dan gambar teknik rinci dari perbaikan yang diajukan pada suatu lot tertentu. Rencana lokasi biasanya menunjukkan tapak bangunan, jalan perjalanan, parkir, fasilitas drainase, saluran pembuangan sanitasi, jalur air, jalur, penerangan, dan elemen lansekap dan taman.
      Rencana situs semacam itu adalah “representasi grafis dari penataan bangunan, parkir, drive, lansekap dan struktur lainnya yang merupakan bagian dari proyek pembangunan”.
      Rencana lokasi adalah “Bandung di Jawa Barat kaian gambar konstruksi yang digunakan oleh pembangun atau kontraktor untuk melakukan perbaikan pada properti. Negara dapat menggunakan rencana lokasi untuk memverifikasi bahwa kode pembangunan telah dipenuhi dan sebagai sumber sejarah. Rencana lokasi sering disiapkan oleh sebuah konsultan desain yang harus menjadi insinyur berlisensi, arsitek, arsitek lansekap atau surveyor tanah


       Jasa gambar rumah  di Bandung Untuk Desain Kolam Renang

      desain gambar rumah fasade kolam renang

      desain gambar rumah fasade kolam renang

      Desain Kolam Renang

      Desain Kolam Renang

      Desain Kolam Renang

      Desain Kolam Renang

      Kolam renang adalah desain kontruksi arsitektur yang dapat disi dengan air, baik kontruksi tersebut tertanam dalam tanah maupun di atas tanah. Kolam renang merupakan fasilitas untuk rekreasi, keluarga, kegiatan berolahraga.
      Memiliki sebuah kolam renang pribadi di tempat tinggal anda tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan, karena pemilik rumah memiliki sarana untuk berekreasi ataupun berolahraga, namun khusus untuk desain kolam renang di rumah memiliki fungsi lain disamping sebagai sarana olah raga.
      Saat ini, masih banyak orang yang tidak menganggap kolam renang merupakan sesuatu yang penting. Khususnya diluar daerah perkotaan, hanya sgelintir orang saja yang menghadirkan fasilitas berenang di kediamannya. Selain itu, tak semua daerah memiliki kolam renang umum yang bisa digunakan oleh masyarakat umum. Ini merupakan hal yang wajar.
      Walaupun kolam renang merupakan suatu hal yang penting , di daerah perkotaan , namun tidak semua tempat tinggal di … dapat memuat kolam renang, karena keterbatasan lahan, anggaran biaya yang tinggi, dan alasan lainya.
      Dibawah ini adalah beberapa fungsi lain dari sebuah kolam renang disamping sebagai sarana olahraga maupun rekreasi:

      Meningkatkan Nilai Rumah

      Keempat, kolam renang juga berfungsi untuk meningkatkan nilai jual sebuah rumah. Inilah fungsi kolam renang yang bisa dibilang sangat komersil. Dengan adanya kolam renang, maka nilai jual sebuah rumah akan melambung tinggi. Hal ini tak lepas dari mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun kolam. Selain itu, adanya fasilitas kolam renang juga akan menambah kesan mewah dari suatu rumah. Maka tak heran jika rumah yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang memiliki harga yang relatif lebih tinggi.
      Sebagai Sarana Bersosialisasi
      Kelima, kolam renang juga bisa digunakan sebagai sarana untuk bersosialisasi. Banyak orang yang sering mengadakan pesta di dekat kolam renang. Selain itu, berenang bersama keluarga, kerabat, ataupun teman. dengan begitu, anda bisa bersosialisasi sembari merekatkan hubungan.

      Sebagai Simbol

      Terakhir, kolam renang juga dapat berfungsi sebagai simbol. Fungsi kolam renang ini biasanya diterapkan pada bangunan atau property seperti apartemen dan hotel untuk memberikan ciri atau karakter pada bangunan tersebut. Untuk fungsi kolam renang ini, biasanya kolam yang dibuat tidak digunakan untuk berenang.

      Kolam ini hanya diperuntukkan sebagai symbol untuk mendongkrak ciri khas yang dimiliki bangunan tersebut. Kolam-kolam ini biasanya memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam, atau sekitar 100 cm. Walaupun diberikan perawatan seperti kolam renang pada umunya, kolam ini hanya diperuntukan sebagai pelengkap arsitektur bangunan saja

      Kolam Renang Sistem Sirkulasi: Dukung Konsepsi Kolam Minimalis
      Sistem sirkulasi kolam minimalis yang bagus yang Anda miliki, akan bias pada kualitas kolam Anda juga. Untuk alasan kualitas kolam renang berkualitas baik dapat diukur dari kualitas air.

      Kolam renang dengan sistem peredaran darah yang buruk hanya akan menimbulkan masalah di masa depan. Satu demi satu masalah akan muncul yang pada akhirnya akan menjadi konsekuen.
      Permasalahan yang terjadi pada sistem sirkulasi yang buruk, titik awal penyebaran masalah ke semua aspek operasi penunjang kolam renang dan kolam itu sendiri.
      Kunci utama perawatan kulit. Jadi Anda harus memiliki pola perawatan terkontrol dengan baik juga.
      Misalkan Anda membangun kolam renang minimalis di rumah, ada alasan Anda selesai membaca artikel ini sampai akhir. Pada artikel ini kita akan membahas sedikit tentang Pool Circulation System

      Jasa Arsitek Bandung  Untuk Jasa Arsitek Butik

      Untuk Jasa Arsitek Butik

      Untuk Jasa Arsitek Butik

      Untuk Jasa Arsitek Butik

      Untuk Jasa Arsitek Butik

      Butik adalah “sebuah toko kecil yang menjual pakaian bergaya, perhiasan, atau barang mewah lainnya”. [1] Kata itu adalah bahasa Prancis untuk “toko”, yang pada akhirnya berasal dari bahasa Yunani ἀποθήκη (apothēkē) atau “gudang”

      Istilah “butik” masuk ke bahasa Inggris sehari-hari sejak akhir 1960-an. Di Eropa, Avenue Montaigne dan Bond Street menjadi fokus perhatian banyak media karena memiliki toko paling modis di era ini. [4]

      Beberapa bisnis multi gerai (rantai) dapat disebut sebagai butik jika mereka menargetkan ceruk pasar kecil kelas atas. [5] Meskipun beberapa butik mengkhususkan diri pada barang-barang buatan tangan dan produk unik lainnya, yang lain hanya memproduksi kaos oblong, stiker, dan aksesoris mode lainnya dengan harga yang sangat kecil dan menjualnya dengan harga tinggi..

      Merancang interior kawasan komersial sebagai butik nampaknya memiliki tantangan tersendiri bagi desainer interior. Pasalnya bukan sebagai interior rumah yang hanya dinikmati oleh warga. Butik butik ini dinikmati oleh banyak orang. Selain itu, selain berbagai produk yang ditawarkan, perencanaan tata ruang juga memiliki peran penting dalam mempengaruhi kepentingan konsumen untuk masuk dan melihat-lihat isi butik. Lalu bagaimana interior butik bisa menarik?
      Tema Desain

      Tentukan tema desain yang Anda gunakan untuk menghias tampilan butik. Tema ini akan memandu Anda untuk memilih warna, bahan, elemen dekoratif untuk perabotan seperti rak display atau meja dan kursi. Sesuaikan tema desain dengan target audiens Anda. Misalnya memilih interior bergaya bergaya chic atau chic bergaya minimalis jika mayoritas produk yang Anda jual ditujukan untuk wanita dewasa.

      Anda juga bisa memilih gaya industri pedesaan yang nampaknya laki-laki dan menyenangkan untuk melamar butik yang menjual pakaian atau produk untuk pria dan remaja dewasa. Mengadaptasi tema ini berdampak pada kenyamanan konsumen saat mewakili dan mewakili produk yang Anda jual. Pengaturan tata letak

      Buat aliran ruang sederhana untuk memudahkan pergerakan konsumen saat melihat isi butik. Misalnya dengan menempatkan ruangan yang berdekatan di cash register atau meletakkan kursi di samping rak sepatu. Alur ruang yang baik memungkinkan konsumen mencapai satu tempat ke tempat lain sehingga merasa nyaman dan nyaman di rumah.

      Item Tampilan

      Kelompokkan produk menurut jenis dan fungsinya. Pengelompokan ini memudahkan konsumen untuk menemukan barang yang mereka cari. Jangan lupa untuk menandatangani atau memberi bendera kelompok apapun, seperti pakaian wanita yang bersebelahan dengan rak aksesoris dan tas atau pakaian pria dan peralatan anak-anak. Selain mudah ditemukan, pengaturan ini juga mampu membuat butik jadi rapi dan atraktif.

      Kamar Tamu yang nyaman

      Kehadiran ruang ganti menjadi salah satu elemen penting yang harus di butik. Karena ruangan kecil ini dimaksudkan sebagai ruang untuk mencoba pakaian. Karena itu, tampilannya tidak abaikan. Pastikan ruangan nyaman dan nyaman bagi konsumen. Misalnya dengan memasang cermin panjang dan gantungan baju. Desain kamar yang dihias secara unik juga membantu menghias interior butik.

      Pencahayaan

      Maksimalkan tampilan ruangan dengan pencahayaan yang tepat. Anda bisa menambahkan sorotan yang menandai langsung di papan laci display atau aksesori. Tidak hanya berguna untuk meringankan produk di layar, tapi juga aksen ini, yang bisa menghadirkan atmosfer (atmosfir) ruang.

      Aksen ruang Buat aksen ruang yang menarik dan ikonik agar konsumen bisa dengan mudah mengingatkan butik Anda. Aksen ruang mungkin berwarna. Misalnya dengan menerapkan distribusi warna yang jernih ke dinding, atau menutupi area dinding dengan wallpaper bermotif. Lalu dinding menghiasi dengan wall art berupa poster, lukisan atau tanda kutip berbingkai untuk menambahkan kesan artistik pada ruang. Aksen juga bisa muncul melalui benda-benda seni lainnya, seperti pahatan yang juga tampil sebagai ikon butik Anda.


      Jasa Arsitek di Bandung untuk Desain Kantor

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Desain Knator Minimalis

      Pengertian Kantor Ciri dan Unsur Definisi Kantor – Kantor (dari bahasa Belanda kantoor, sendirinya dari bahasa Perancis comptoir) adalah sebutan untuk tempat yang digunakan untuk perniagaan atau perusahaan yang dijalankan secara rutin. Kantor bisa hanya berupa suatu kamar atau ruangan kecil maupun bangunan bertingkat tinggi. Kantor sering dibagi kepada dua jenis; kantor yang terbesar dan terpenting biasanya dijadikan kantor pusat, sedangkan kantor-kantor lainnya dinamakan kantor cabang.
      Apabila memperhatikan definisi-definisi di atas pengertian kantor ditinjau dari dua segi, yaitu:

      1. Dari segi fisik: Kantor dilihat dari bentuk luar atau gedung yang bersifat statis, yaitu suatu tempat penyelenggaraan kegiatan- kegiatan manajemen. Misalnya, pemeliharaan warkat (records keeping) dan pengurus informasi (information handling).

      2. Dari segi aktivitas: Kantor dilihat dari kegiatannya yang bersifat dinamis, yakin adanya pembagian pekerjaan di antara mereka yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.
      Dalam medesign sebuah kantor , adalah yang perlu di perhatikan adalah membuat desain ruangan ruangan yang mempunyai fungsi khusus yaitu :

      Tujuan utama lingkungan perkantoran adalah untuk mendukung penghuninya dalam pelaksanaan pekerjaan, dengan biaya serendah mungkin dan tingkat kepuasan setinggi mungkin. Mengingat beragamnya pekerja dan tugas yang dikerjakan, tidaklah selalu mudah untuk memilih ruang kantor yang cocok. Guna membantu pengambilan keputusan desain ruang kerja dan kantor, dapat dibedakan tiga jenis ruang kantor:

      • ruangan kerja (work spaces)
      • ruangan pertemuan (meeting spaces)
      • ruangan pendukung (support spaces).

      Perusahaan-perusahaan baru atau berkembang, kantor cabang jarak jauh, ruang-ruang proyek, dapat dilayani oleh “Serviced Offices” (kantor yang mempunyai fasilitas pelayanan) sebagai pemecahan sederhana dan dapat menyediakan semua jenis-jenis ruangan.
      Ruangan Kerja :
      Ruangan kerja dalam suatu kantor biasanya digunakan untuk melaksanakan pekerjaan kantor yang lazim, seperti membaca, menulis dan pekerjaan dengan komputer. Ada sembilan jenis generik ruangan kerja, masing-masing mendukung aktivitas-aktivitas yang berbeda.

      Ruangan Pertemuan
      Ruangan pertemuan dalam sebuah kantor biasanya digunakan untuk proses interaktif, dapat berupa percakapan singkat atau pertukaran pendapat brainstorm intensif. Ada enam jenis generik ruangan pertemuan, masing-masing mendukung aktivitas-aktivitas yang berbeda.

      Ruangan Pendukung
      Ruangan pendukung dalam suatu kantor biasanya digunakan untuk aktivitas sekunder seperti pengarsipan dokumen atau beristirahat. Ada dua belas jenis generik ruangan pendukung, masing-masing mendukung aktivitas-aktivitas yang berbeda.

      Gedung
      Kantor dapat dibangun hampir di lokasi manapun dan dalam bangunan apapun, tetapi sejumlah persyaratan modern untuk perkantoran membuat hal ini lebih pelik. Persyaratan-persyaratan ini dapat berlandaskan hukum (misalnya, tingkat penerangan harus memadai) atau teknis (misalnya, persyaratan untuk network komputer). Di samping itu, persyaratan lain seperti keamanan dan fleksibilitas tataruang (layout), mengakibatkan pembuatan bangunan-bangunan khusus yang hanya atau terutama dikhususkan untuk perkantoran. Suatu “gedung perkantoran” (office building, juga disebut office block atau “business center” merupakan suatu bentuk bangunan komersial dengan ruang-ruang yang khusus didesain untuk perkantoran. Banyak gedung kantor juga mempunyai fasilitas dapur dan kamar staf, di mana para pekerja dapat makan atau beristirahat sejenak. Banyak ruang kantor sekarang juga merupakan ruang serviced office, yang berarti para penghuninya dapat berbagi ruangan dan fasilitas
      Grading
      Building Owners and Managers Association (BOMA) mengklasifikasi ruangan kantor ke dalam tiga kategori: Class A, Class B, dan Class C.Menurut BOMA, bangunan kantor Class A mempunyai “bangunan-bangunan yang paling bergengsi untuk pengguna kantor kelas premier (kelas utama) dengan harga sewa di atas rata-rata di daerah itu”. BOMA mendefinisikan bangunan kantor Class B sebagai bangunan yang bersaing “untuk pengguna dalam jangkauan luas dengan kisaran harga sewa rata-rata di daerah itu”. Menurut BOMA bangunan kantor Class C ditujukan terhadap “para tenant (penyewa) yang membutuhkan ruang fungsional dengan harga sewa di bawah rata-rata untuk daerah itu.


      Jasa Arsitek di Bandung untuk Desain Guest house

      Homestay Villa Minimalis Modern

      Desain Gambar Homestay Klasik Mediteran

      Desain Gambar Homestay

      Desain Gambar Homestay

      Desain Gambar Homestay

      Desain Gambar Homestay

      Desain Gambar Homestay

      Desain Gambar Homestay

      Desain Gambar Homestay

      Desain Gambar Homestay

      Akomodasi bergaya Backpacker lebih mudah dikenali dengan istilah hostel atau guest house. Umumnya nama hostel digunakan di Eropa, sedangkan kawasan Asia lebih dikenal dengan nama guest house.
      Guest House banyak dijumpai di kota-kota besar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri ini sekelas melati. Perbedaan antara guest house dan hotel kelas melati sangat tipis. Sulit membuat batas antara keduanya. Penjelasan di bawah ini mungkin sedikit memberi gambaran tentang penginapan bagi backpacker / traveler mandiri.

      Ada 3 hal utama yang membedakan penginapan ini dengan backpacker,. Pertama harga yang ditawarkan oleh wisma ini terkadang sangat murah dibanding hotel kelas melati atau hotel Bandung g 3, dengan fasilitas yang lebih dari cukup. Misalnya di Singapura ada guest house dengan tarif USG10, dengan harga itu kita bisa mendapatkan kamar yang bersih. Di pagi hari kita mendapatkan sarapan sederhana (roti, telur, teh / kopi hangat) serta fasilitas internet gratis.

      Yang kedua adalah ruangan yang kita inapi umumnya disediakan beberapa pilihan. Ada pilihan kamar single dengan satu tempat tidur untuk 1 orang, kamar double, triple, dan tentu saja ruang asrama. Asrama kamar / ruangan yang bisa dipakai beramai-ramai atau berbagi kamar. Untuk kapal-kapal kecil dipisahkan antara pria dan wanita. Tapi banyak yang tergabung dalam satu ruangan. Tempat tidur dengan model bunkbed (2 atau 3 tingkat tempat tidur) dan ada juga yang single. Jika beruntung pada seasson rendah / bukan musim liburan, terkadang guest house sepi dari penginap dan biasanya kita bisa mendapatkan kamar sendiri.

      Ketiga, selain harga rendah serta pilihan kamar tidur tidak berbeda dengan hotel. Umumnya rumah tamu memberi kebebasan sepatu agar bebas aktivitas atau interraktif dengan tamu lain. Guest house lebih bebas / bersahabat dan terasa hommy (terasa di rumah). Beberapa ruang publik bisa dinikmati seperti menonton acara TV, makan minuman di ruang makan, atau sekedar ngobrol bersama di lounge.
      Meski berkesan kelas backpacker tidak salah, guest house ini umumnya memiliki manajemen manajemen yang apik


       Jasa Arsitek di Bandung Untuk  gambar rumah  Klasik

      Jasa Arsitek rumah di Bandung di Jawa Barat

      Jasa Arsitek rumah di Bandung di Jawa Barat

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      gambar rumah  Klasik

      Arsitektur adalah seni dan sains dalam bentuk bangunan. Dalam arti yang lebih luas, arsitektur bangunan dan bangunan modern, mulai dari tingkat makro perencanaan kota, desain kelautan, arsitektur lanskap, sampai tingkat mikro. Desain bangunan, desain furnitur dan desain produk. Arsitektur lahir dari dinamika antara kebutuhan (kebutuhan akan kondisi lingkungan yang menguntungkan, keamanan, dll.), Dan jalan (bahan bangunan dan teknologi bangunan yang ada).

      Arsitektur prasejarah dan primitif adalah fase pertama dinamika ini. Kemudian orang menjadi lebih maju dan mulai membentuk pengetahuan melalui tradisi dan praktik lisan, arsitektur berkembang dalam keterampilan. Sementara itu, Revolusi Industri telah membuka pintu untuk konsumsi masyarakat, sehingga estetika menjadi ciri yang bisa dipopulerkan oleh kelas. Sebelumnya produk yang didekorasi secara estetika dibatasi dalam berbagai keterampilan mahal, harus dibayar dengan produksi massal. Produk yang memiliki keindahan dan kejujuran dalam ekspresi proses produksi.

      Ketidakpuasan dengan situasi di awal abad ke-20 melahirkan ide-ide yang mendasari arsitektur barat modern, termasuk Deutscher Werkbund (didirikan pada tahun 1907), yang menghasilkan barang-barang bermesin dengan kualitas yang lebih baik adalah intinya. Dari lahirnya pendudukan desain industri. Selanjutnya, sekolah Bauhaus (dibentuk di Jerman 1919) menolak masa lalu historis dan memilih untuk melihat arsitektur sebagai sintesis seni, keterampilan dan teknologi.

      Arsitektur klasik pada masa-masa awal di mana aliran studi sejarah dan budaya dimulai dari zaman orang-orang Yunani dan Romawi, yang kemudian mempengaruhi abad-abad berikutnya. Dalam arsitektur klasik, karya berfokus pada patung dalam bentuk kolosal, dengan fungsi visualisasi agama, tulisan dan kepercayaan lainnya, dan bahkan sarana riPalu. Namun, dalam kasus ini, fungsi, biaya dan waktu pembangunan pada umumnya merupakan faktor penting. Dalam prosesnya, bahan bangunan utama dilakukan secara langsung dari alam (dan dengan proses yang sederhana), dan hanya oleh beberapa karyawan.

      Perkembangan arsitektur klasik dimulai pada arsitektur daerah Yunani (+ 3000 sampai 30 SM). Arsitektur Yunani kuno membentuk dasar dari gaya berikut yang berkembang di berbagai belahan dunia dan berkontribusi pada pemikiran terpintar dan kinerja sempurna di dalam kota Eropa Barat. Arsitektur kuno pra-Yunani berhubungan erat dengan keadaan sebuah negara yang kaya akan mitologi dan seni. Hal ini dibuktikan dengan fungsi dan bentuk bangunan sebagai bagian dari riPalu ibadah. Ideologi budaya masyarakat kuno pra-Yunani merupakan dasar pembentukan konsep estetika-an pada saat ini berfokus pada penciptaan bangunan indah dan hebat sebagai upaya untuk mendekatkan orang-orang dengan dewa mitos alam semesta.

      Dalam perkembangannya, arsitektur Yunani kuno mulai meninggalkan tahap mitologi dan ke tempat filsafat sains (Surajiyo, 1997). Saat ini, geometri penting dalam menentukan bentuk dan. Rumus matematika memainkan peran penting dalam menentukan estetika sebuah bangunan. Keindahan zaman ini berimplikasi pada penggunaan bagian emas dan penggunaannya. Bagi orang Yunani, dunia adalah kosmos, yang berarti secara teratur (Bertens, 2004) dan sangat terlihat dalam karya arsitekturalnya. Setiap bangunan pada arsitektur Yunani kuno merupakan bagian integral dari keseluruhan struktur, pengakuannya (meski tidak sempurna) dapat direkonstruksi dalam bangunan yang sebenarnya (Hemingway, 2003).

      Secara umum, dua jenis bangunan arsitektur Yunani kuno adalah fungsi dari (a) kuil, istana, bangunan keagamaan dan bangunan umum, dan (b) amfiteater atau panggung outdoor. Karakteristik arsitektur Yunani adalah penggunaan kolom dan balok (entablature) sebagai penyusun utama dan tiga jenis pesanan (urutan kolom dan balok). Perintah Doric samar melambangkan kesederhanaan tanpa banyak hiasan, ion yang mencerminkan ‘laut’ atau ‘ayunan’, terlihat dari dua bagian yang melengkung. Urutan terakhir dan paling kompleks adalah corinth, dengan ornamen lebih banyak di ujung kolom dan balok (Dietsch, 2009).

      Desain Arsitektur Klasik

      Arsitektur klasik adalah gaya membangun dan merancang sebuah teknik yang mengacu pada bahasa Yunani klasik, seperti yang digunakan di Yunani kuno pada periode Helenistik dan Romawi. Dalam sejarah arsitektur, arsitektur klasik, ini akan terdiri dari gaya gaya turun yang lebih modern yang berasal dari Yunani.

      Gaya arsitektur klasik datang bersamaan dengan awal peradaban formal. Tidak secara khusus ditemukan saat usia ini dimulai atau berakhir. Namun, jenis gaya ini kerap dijumpai di benua Eropa. Dalama untuk beberapa alasan, arsitektur jenis ini telah dibangun di sekitar tiga tujuan: sebagai tempat peristirahatan (fungsi rumah tinggal, sebagai tempat pemujaan terhadap Tuhan (rumah ibadah) dan tempat pertemuan (balai kota, administrasi, dll.) Untuk yang kedua Alasannya, dan bangunan ketiga ini dibuat sedetail dan seindah mungkin dengan memberi ornamen yang didekorasi secara komplek. Seiring berjalannya waktu, bangunan menjadi lebih rumit dan lebih detail.

      Arsitektur klasik Saat ini, bentuk arsitektur klasik masih ada dan diasumsikan dalam bangunan modern. Kolom padat, bentuk melengkung di bagian atas pintu, atap kubah, dan sebagainya adalah beberapa karakteristik arsitektur klasik. Ornamen ukiran yang rumit dan detail sering juga menghiasi bangunan yang ada pada masa sekarang.

      Salah satu alasan mengapa arsitektur klasik yang masih populer adalah alam abadi atau abadi. Di bagian luar bangunan, gaya ini menawarkan kemewahan di rumah Anda. Dari sekian banyak elemen eksterior yang digunakan, tidak mungkin menyangkal bahwa hiasan hiasan / ornamen luas biasanya Romawi / Yunani memegang peranan penting dalam menciptakan kemewahan seperti itu.
      Jumlah permainan arsitektural arsitektural Romawi dan Yunani seperti profil dan gambar klasik yang melekat pada bangunan klasik, bentuk kolom besar, bentuk busur di atas pintu dan kubah akan menghias bangunan, menciptakan kesan dan kemewahan yang kuat. Meski sebenarnya memang membuat bangunan klasik lebih panjang dari bangunan bergaya minimalis, selain biayanya juga jauh lebih banyak. Bagi sebagian orang yang suka nuansa klasik tentu saja, tidak masalah adalah itu.

      Ketika orang memikirkan arsitektur klasik, mereka biasanya memikirkan bangunan kayu, Bandung , dan lain-lain. Dalam beberapa kasus memang demikian, tapi juga banyak arsitektur klasik yang memiliki nafas modern dan disain bangunan yang kompleks. Misalnya, atap, tiang, bahkan struktur Bandung atau marmer dibuat dengan detail sempurna. Keagungan Bandung alam, bervariasi dalam desain arsitektur klasik saat ini yang menambah nuansa bangunan yang mewah.

      Saat membangun gaya klasik, Anda harus terlebih dahulu memahami bentuk dimau klasik atau setidaknya Anda memiliki beberapa rangsangan banguanan klasik yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda kurang pengetahuan tentang arsitektur klasik, lebih baik meminta bantuan konsultan / konsultan arsitektural di luar yang pasti memiliki pengetahuan lebih baik tentang Anda, jangan memaksa Anda untuk membangun bangunan Anda sendiri, yang tidak akan membuat hasilnya optimal. TENTANG ARSITEKTUR KLASIK (EROPA) Arsitektur klasik Eropa adalah gaya bangunan dan teknik perancangan yang berhubungan dengan periode klasik Yunani, seperti yang digunakan di Yunani kuno pada periode Helenistik Helen dan Romawi. Dalam sejarah arsitektur, arsitektur klasik, ini akan terdiri dari gaya gaya turun yang lebih modern yang berasal dari Yunani.

      Ketika orang memikirkan arsitektur klasik, mereka biasanya memikirkan bangunan kayu, Bandung , dan lain-lain. Dalam beberapa kasus, ini memang benar, namun arsitektur klasiknya juga memiliki banyak nafas modern dan desain bangunan yang luas. Misalnya, atap, tiang, bahkan struktur Bandung atau marmer dibuat dengan detail sempurna.

      Gaya arsitektur klasik datang bersamaan dengan awal peradaban formal. Tidak secara khusus ditemukan saat usia ini dimulai atau berakhir. Namun, jenis gaya ini kerap dijumpai di benua Eropa. Untuk beberapa alasan, jenis arsitektur ini dibangun dengan tiga fungsi:

       Sebagai tempat berteduh (residential function)
       Sebagai pemujaan terhadap Tuhan (fungsi rumah ibadah)
       Tempat berkumpul (fungsi balai kota, dll)

      Untuk alasan kedua dan ketiga, bangunan ini sedetail mungkin dan dibuat seindah mungkin dengan ornamen ornamen yang rumit.
      Seiring berjalannya waktu, bangunan menjadi lebih rumit dan lebih rinci. Beberapa peradaban yang tumbuh dari beBandung an dan lumpur telah memperkaya berbagai bentuk arsitektur klasik, seperti kuil dan makam Mesir.
      Bentuk arsitektur klasik masih ada sampai sekarang dan diadopsi di gedung-gedung modern. Kolom padat, bentuk melengkung di bagian atas pintu, atap kubah, dan sebagainya adalah beberapa karakteristik arsitektur klasik. Ornamen ukiran yang rumit dan detail sering juga menghiasi bangunan yang ada pada masa sekarang.

      Arsitektur Klasik merupakan ungkapan dan gambaran perjalanan sejarah arsitektur di Eropa yang secara khusus menunjuk pada karya-karya arsitektur yang bernilai tinggi dan „first class‟. Disebutkan demikian karena karya-karya ini memperlihatkan aturan/pedoman yang ketat dan pertimbangan yang hati-hati sebagai landasan berpikir dan mencipta karya tersebut. Rentang waktu zaman ini adalah dari abad pertama sampai dengan abad ke-14 dengan hembusan angin Romantisism (sebelum masyarakat Eropa memasuki zaman Renaissance sampai dengan pesan dan gerakan Rationalism yang kuat).

      Predikat kata „Klasik‟ diberikan pada suatu karya arsitektur yang secara inheren (terkandung dalam benda tersebut yang secara asosiatif seolah-olah selalu melekat dengannya) mengandung nilai-nilai keabadian disamping ketinggian mutu dan nilainya. Teori arsitektur Klasik dengan demikian merupakan suatu perwujudankarya arsitektur yang dilandasi dan dijiwai oleh gagasan dan idealisme Teori Vitruvius khususnya pada suatu kurun waktu sesudah Vitruvius sendiri meninggal dunia.

      Bangunan Parthenon di Athena dan Pantheon di Roma merupakan contoh yang sangat baik dariperwujudan teori arsitektur klasik yang dengan sikap kehati-hatian dan seksama mempertimbangkan prinsip-prinsip order, geometri dan ukuran-ukurannya, disertai dengan kehalusan seni “craftmanship”. Perlu diketahui bahwa
      bangunan ini mengalami masa pembangunan yang lama, dari saat awal konstruksi, revisi, perbaikan dan penyelesaian berkali-kali hingga sampai pad bentuk akhirnya bisa mencapai lebih dari 200 tahun.

      Tradisi berarsitektur yang diawali oleh Vitruvius ternyata berlanjut terus dalam jaman Arsitektur Klasik ini. Hal ini dapat kita jumpai dalam buku Ensiklopedi Romawi yang disusun oleh Marcus T. Varro, dimana Isodore dari Seville menguraikan dan mengembangkan teori Vitruvius dalam tiga unsur/elemen bangunan yaitu DISPOSITIO, CONSTRUCTIO dan VENUSTAS. Despositio adalah kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan survai lapangan ataupun pekerjaan pada tapak

      yang ada, lantai dan pondasi. Venustas adalah berhubungan dengan elemen-elemen yang ditambahkan pada bangunan demi memenuhi hasrat akan rasa keindahan melalui seni ornamen ataupun dekorasi. Uraian seperti ini menunjukan sudah adanya pergeseran pandangan dari Teori Vitruvius. Lebih jauh Isodore menyatakan apa itu order sebagai berikut: “Kolom, dinamakan begitu karena tinggi dan bulat, menopang seluruh berat

      beban bangunan yang ada. Ratio atau Proporsi yang lama menyatakan bahwa lebarnya adalah sepertiga dari tingginya. Dikenal 4 jenis kolom yaitu : Doric, Ionic, Tuscan dan Corinthian, yang berbeda-beda satu dengan yang lain dalam ketinggian dan diameternya. Jenis ke-5, dinamakan ATTIC yang berpenampang persegi-4
      ataupun lebih besar dan dibuat dari bata-bata yang disusun”. (Isodore dalam Varro, 19xx).

      Pendapat Isodore ini dapat merupakan sejumlah aturan dan norma bagi karya-karya arsitektur sesudahnya.
      Nilai-nilai arsitektur Klasik dapat juga kita temukan pada bangunan-bangunan gereja yang sedang mengawali pertumbuhan dan perkembangan sebagai agama yang baru dan menyebar hampir keseuruh benua Eropa saat itu. Salah satu bangunan tersebut adalah Hagia Sophia yang digambarkan dalam suatu konteks

      urban saat itu sebagai berikut: “Demikianlah bangunan Gereja ini berusaha memberikan sajian bentuk yang
      menakjubkan… sebab gedung ini menggapai keatas langit sampai awan dan begitu menonjol diantara bangunan-bangunan yang lain, dari atas gereja ini dapat melihat kebawah keseluruh pelosok kota Konstantinopel. Hagia Sophia adalah bentuk yang demikian menyatu dengan kota Konstantinopel, tetapi dilain pihak sedemikian bersinar dan indah, serta megah, khususnya dalam wawasan perspektivis “Bird Eye

      View”. Dan semuanya ini menjadi lengkap dan sempurna dengan dipergunakannya bangunan ini untuk kegiatan upacara keagamaan” (Isodore dalam Varro, 19xx).

      Teori arsitektur Klasik ini kemudian berlanjut hingga jaman Gothic. Dan untuk meresapkan dan mengerti Arsitektur Gothic ini diperlukan gambaran suasana masyarakatnya pada saat itu dimana timbul spirit kejiwaan yang berusaha mencari hakekat sifat-sifat Tuhan yang ilahi. Spirit kejiwaan ini dituangkan dalam suatu tema

      “cahaya ke-Ilahian dalam ruang arsitektur” (Ven, 1991), Kualitas ruang Arsitektur Klasik Gothic ini dinyatakan sebagai keindahan visual yang atmosferik, seperti diaphanitas (kesemrawangan), densitas (kepekatan), obscuritas (kegelapan) atau umbria (bayangan). Gambaran ruang Arsitektur Gothic ini juga dinyatakan sebagai konsep kecerlangan atau kebeningan yang antara lain dapat dilihat pada bentuk-
      bentuk jendela khususnya bentuk jendela mawar stained-glass (rosetta) ataupun karya seni kaca timah lainnya.

      Hal inlah yang diapresiasikan sebagai prinsip transparancy dalam usaha mengerti dan menangkap “cahaya yang datang dari luar”. Di lain pihak ada karya-karya gereja Gothic yang meminimalisir banyaknya cahaya yang datang, atau bahkan ada semacam peningkatan sensasi persepsional sampai ke tingkat imaterial. Beberapa contoh bangunan arsitektur Gothic ini adalah Gereja Katedral Amiens, Katedral Rouen, Katedral St.Dennis Abby, Katedral Reims, Katedral Ulm dan lain-lain. Unsur atau bagian lain dalam kelompok arsitektur Klasik Barat yang tak kalah pentingnya adalah Arsitektur Byzantine, Arsitektur Baroque dan Rococo, serta Arsitektur Arabesque

      (dimunculkannya imbuhan kata Barat, karena dalam jaman yang sama di dunia Timur juga diketemukan karya-karya arsitektur sejenis, yang setingkat dan mengagumkan tetapi mengandung pemikiran dan nilai-nilai yang berbeda, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Angkor). Ungkapan nilai-nilai aritektur yang disebutkan terakhir ini dinyatakan dan ditulis sebagai suatu teori arsitektur, seperti tertulis sebagai berikut: “Kita dapat menyatakan bahwa bangunan-bangunan ini sebagai obyek arsitektur adalah bersifat massive-tertutup, karena terisolsikan dari ruang sekitarnya, bahwa secara eksterior orang-orang dapat berkeliling melihatnya. Dan karena itu, yang terpenting dan teristimewa dalam mewujudkan identitas bentuk adalah pengolahan tampak dan tampilannya, pengolahan sudut-sudutnya, pengolahan pertemuannya dengan tanah dan ketinggiannya yang menmbus langit. Demikian juga terlihat dengan jelas konsep-konsep Artikulasi dan Kontinuitas. Ada 4 jenis pengolahan sudut, yaitu artikulasi dengan elemen “relief” dengan sudut negative, dengan sudut yang tajam seperti garis, dan dengan sudut yang dilengkungkan, dimana semuanya ini dapat diketemukan secara konsisten pada bagian bawahnya maupun pada bagian atasnya/mahkotanya. Munculnya rasa tertarik dan kagum pada diri orang yang mengalaminya akan obyek arsitektur ini dan lingkungan sekitarnya, sedang bagi seorang arsitek akan menyadarkannya bagaimana pentingnya gaya-gaya gravitasi yang sedemikian besar dapat disalurkan

      ke tanah. Dan hal ini dilakukan agar dapat menaungi dan melingkupi orang-orang didalamnya dan tidak hanya itu saja, tetapi juga menimbulkan rasa kekaguman dan rasa keteguhan, bagaikan “ditancapkan dari atas langit” (Isodore dalam Varro,19xx).


      Contoh Bangunan penting bersejarah Kolonial yang tidak berubah


      Gedung Agung atau istana Kepresidenan Republik Indonesia yang berada di JogBandung, memang tidak sepopuler Istana Negara atau Istana Presiden yang berada di Bandung ( yang sampai saat ini di gunakan sebagai Tempat Presiden RI ke 7 yaitu Presiden Joko Widodo) , atau Istana Presiden di Tapak Siring Bali dan Istana Presiden di Cipanas Cianjur, Namun Istana Presiden di JogBandung juga menyimpan Sejarah dan berperan dalam sejarah berdirinya Negara Republik Indonesia, dimana JogBandung pernah menjadi Ibukota dari Negara Indonesia pada masa perang kemerdekaan pada tahun 1946 – 1948, Pressiden Pertama Republik Indonesia Ir Soekarno perrnah menggunakan tempat ini sebagai Istana Presiden dan Pusat pemerintahan Republik Indonesia.
      Berikut adalah deskrispsi dari Sejararah Gedung Agung di JogBandung.
      Istana kepresidenan Yogyakarta awalnya adalah rumah kediaman resmi residen Ke-18 di Yogyakarta (1823-1825). Ia seorang Belanda bernama Anthonie Hendriks Smissaert, yang sekaligus merupakan penggagas atau pemrakarsa pembangunan Gedung Agung ini. Gedung ini didirikan pada bulan Mei 1824 di masa penjajahan Belanda. Ini berawal dari keinginan adanya “istana” yang berwibawa bagi residen-residen Belanda. Arsiteknya bernama A. Payen; dia ditunjuk oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada masa itu. Gaya bangunannya mengikuti arsitektur Eropa yang disesuaikan dengan iklim tropis.
      Pecahnya Perang Diponogero (1825-1830), yang oleh Belanda disebut Perang Jawa, mengakibatkan pembangunan gedung jadi tertunda. Musibah / gempa bumi terjadi dua kali pada hari yang sama, menyebabkan tempat kediaman resmi residen Belanda itu runtuh. Namun bangunan baru didirikan dan rampung pada tahun 1869. Bangunan inilah yang menjadi Gedung Induk Kompleks Istana Kepresidenan Yogyakarta, yang kini disebut Gedung Negara.
      Sejarah juga mencatat bahwa pada tanggal 19 Desember 1927, status administratif wilayah Yogyakarta sebagai karesidenan ditingkatkan menjadi provinsi. Penguasa tertinggi Belanda bukan lagi residen, melainkan gubernur. Dengan demikian, gedung utama yang selesai dibangun pada 1869 tersebut menjadi kediaman para gubernur Belanda di Yogyakarta hingga masuknya pendudukan Jepang. Beberapa Gubernur Belanda yang mendiami gedung tersebut adalah J.E Jasper (1926-1927), P.R.W van Gesseler Verschuur (1929-1932), H.M de Kock (1932-1935), J. Bijlevel (1935-1940), serta L Adam (1940-1942). Pada masa pendudukan Jepang, istana ini menjadi kediaman resmi penguasa Jepang di Yogyakarta, yaitu Koochi Zimmukyoku Tyookan.
      Riwayat Gedung Agung itu menjadi sangat penting dan sangat berarti tatkala pemerintahan Republik Indonesia hijrah dari Bandung ke Yogyakarta. Pada tanggal 6 Januari 1946, Yogyakarta yang mendapat julukan Kota Gudeg tersebut resmi menjadi ibukota baru Republik Indonesia yang masih muda, dan istana itu pun berubah menjadi Istana Kepresidenan sebagai kediaman Presiden Soekarno, Presiden I Republik Indonesia, beserta keluarganya. Sementara Wakil Presiden Mohammad Hatta dan keluarga ketika itu tinggal di gedung yang sekarang ditempati Korem 072 / Pamungkas, yang tidak jauh dari kompleks istana.
      Sejak itu, riwayat istana (terutama fungsi dan perannya) berubah. Pelantikan Jenderal Soedirman sebagai Panglima Besar TNI (pada tanggal 3 Juni 1947), diikuti pelantikan sebagai Pucuk Pimpinan Angkatan Perang Republik Indonesia (pada tanggal 3 Juli 1947), serta lima Kabinet Rebulik yang masih muda itu pun dibentuk dan dilantik di Istana ini pula.
      Pada hari Minggu tanggal 19 Desember 1948, Yogyakarta digempur oleh tentara Belanda di bawah kepemimpinan Jenderal Spoor. Peristiwa yang dikenal dengan Agresi Militer II itu mengakibatkan Presiden, Wakil Presiden, Perdana Menteri, beserta beberapa pembesar lainnya diasingkan ke luar Pulau Jawa, tepatnya ke Brastagi dan Bangka, dan baru kembali ke Yogyakarta pada tanggal 6 Juli 1949. Mulai tanggal tersebut, istana kembali berfungsi sebagai tempat kediaman resmi Presiden. Namun, sejak tanggal 28 Desember 1949, yaitu dengan berpindahnya Presiden ke Bandung, istana ini tidak lagi menjadi kediaman Presiden.
      Sebuah peristiwa sejarah yang tidak dapat diabaikan adalah fungsi Gedung Agung pada awalnya berdirinya Republik Indonesia (tanggal 3 Juni 1947). Pada saat itu Gedung Agung berfungsi sebagai tempat pelantikan Jenderal Soedirman, selaku Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selain itu, selama tiga tahun (1946-1949), gedung ini berfungsi sebagai tempat kediaman resmi Presiden I Republik Indonesia.
      Setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada masa dinas Presiden II RI, sejak tanggal 17 April 1988, Istana Kepresidenan Yogyakarta/Gedung Agung juga digunakan untuk penyelenggaraan Upacara Taruna-taruna Akabri Udara yang Baru, dan sekaligus Acara Perpisahan Para Perwira Muda yang Baru Lulus dengan Gubernur dan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahkan, sejak tanggal 17 Agustus 1991, secara resmi Istana Kepresidenan Yogyakarta / Gedung Agung digunakan sebagai tempat memperingati Detik-Detik Proklamasi untuk Daerah Istimewa Yogyakarta.
      Sejalan dengan fungsinya kini, lebih dari 65 kepala negara dan kepala pemerintahan dan tamu-tamu negara, telah berkunjung atau bermalam di Gedung Agung itu. Tamu negara yang pertama berkunjung ke gedung itu adalah Presiden Rajendra Prasad dari India (1958). Pada tahun enam puluhan, Raja Bhumibol Adulyajed dari Muangthai (1960) dan Presiden Ayub Khan dari Pakistan (1960) berkunjung dan bermalam di gedung ini. Setahun kemudian (1961), tamu negara itu adalah Perdana Menteri Ferhart Abbas dari Aljazair. Pada tahun tujuh puluhan, yang berkunjung adalah Presiden D. Macapagal dari Filipina (1971), Ratu Elizabeth II dari Inggris (1974), serta Perdana Menteri Srimavo Bandaranaike dari Sri Langka (1976).
      Kemudian, pada tahun delapan puluhan, tamu negara itu adalah Perdana Menteri Lee Kuan Yeuw dari Singapura (1980), Yang Dipertuan Sultan Bolkiah dari Brunei Darussalam (1984). Tamu-tamu penting lain yang pernah beristirahat di Gedung Agung, antara lain, Putri Sirindhom dari Muanghthai (1984), Ny. Marlin Quayle, Isteri Wakil Presiden Amerika Serikat (1984), Presiden F. Mitterand dari Perancis (1988), Pangeran Charles bersama Putri Diana dari Inggris (1989), dan Kepala Gereja Katolik Paus Paulus Johannes II (1989).
      Pada tahun sembilan puluhan, para tamu agung yang berkunjung ke Gedung Agung itu adalah Yang Dipertuan Agung Sultan Azlan Shah dari Malaysia (1990), Kaisar Akihito Jepang (1991), dan Putri Basma dari Yordania (1996).
      (sumber: presidenri.go.id)


      Jasa arsitek di Bandung untuk  Desain Rumah Mediterania

      Gaya arsitektur Mediterania merupakan produk lokal atau biasa disebut dengan arsitektur Mediterania vernakular, yang terdapat pada beberapa negara di sepanjang pesisir laut Mediterania yang dalam perkembangannya dipengaruhi oleh keadan iklim, geografi, kebudayaan lokal hingga unsur – unsur arsitektur Islam. Bangunan Mediterania yang berada di Italia sendiri juga tidak lepas dari unsur – unsur pembentuk yang meliputi unsur kebudayaan lokal Italia sendiri, keadaan geografis dimana Italia memiliki daerah pantai, daratan, serta daerah perbukitan. Faktor perbedaan lokasi ini pula yang membedakan bentuk bangunan Mediterania serta pola tatanan masa antara bangunan yang satu dengan yang lain / bangunan tetangga yang berada di tepi laut, dengan yang ada di tengah kota.

      Secara umum style rumah mediterania yang berada di Italia ini bisa dikenali dengan ciri berikut :

      Desain Rumah Mediterania 

      Desain Rumah Mediterania

      Desain Rumah Mediterania 

      Desain Rumah Mediterania

      Desain Rumah Mediterania 

      Desain Rumah Mediterania

      Desain Rumah Mediterania 

      Desain Rumah Mediterania

      Desain Rumah Mediterania 

      Desain Rumah Mediterania

      Desain Rumah Mediterania 

      Desain Rumah Mediterania

      – Dinding eksterior berupa plesteran atau batu bata, plesteran secara tradisional dicet putih, krem, atau pink. – Bentuk Atap datar , pelana dan sebagian besar berbentuk limasan biasanya Menggunakan genteng dengan warna merah, meski terkadang juga memakai warna hijau.

      – Menggunakan bentuk lengkung untuk portico (entrance), jendela, serambi.

      – Mempunyai bukaan pintu dan jendela yang lebar.

      – Beberapa bangunan menggunakan railling besi seperti besi tempa yang digunakan pada balkon dan serambi bangunan. Style arsitektur Mediterania menawarkan keindahan (estetika) yang tidak biasa ditawar¬kan oleh banyak gaya arsitektur lain, karena gaya ini memang mengambil estetika sebagai ciri khas pembentuk gaya. Segala sesuatu yang dibangun ketika menggunakan gaya ini didasarkan pada apakah nantinya menunjang keindahan atau tidak, berdasarkan prinsip-prinsip gaya arsi¬tektur Mediterania. Bahkan konstruksi pun seringkali dibuat untuk menunjang estetika. Mediterania, negeri dan wilayah pemberi pengaruh pada gaya Mediterania di Indonesia adalah yang memiliki nilai sejarah tinggi.

      Faktor yang perlu untuk diperhatikan pada gaya arsitektur Mediterania di Indonesia ada¬lah kesesuaiannya dengan iklim. Sepanjang bangunannya tetap dapat menanggulangi iklim Indonesia yang panas dan basah, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Gaya arsitektur Mediterania kebanyakan cocok bagi orang Indonesia karena sifat gaya arsitektur yang cenderung berhias dan berornamen, sebagaimana tradisi yang telah diterapkan pada kebanyakan arsitektur tradisional Indonesia, berhias dan berornamen. Gubahan tampilan muka (facade) pada perkembangan gaya Mediterania di Indonesia mengambil unsur-¬unsur gaya dari wilayah Mediterania dan menggunakannya dengan cara digubah kembali atau dipakai sesuai aturan aslinya. Pada fasade rumah dengan gaya arsitektur mediterania di Indonesia ini bisa dikenali dengan ciri berikut : – Terdapatnya portico dengan bentuk lengkung pada bagian antar kolom. – Dinding eksterior berupa plesteran atau batu bata, dengan penambahan unsur batu alam pada bawah bangunan dan pada portico. – Bentuk Atap pelana dan sebagian besar berbentuk limasan dengan tritisan pendek yang dilengkapi kantilevel berhias list profil. – Menggunakan railling besi dengan dekorasi vegetasi yang digunakan pada balkon. – Terdapatnya unsur dekoratif berupa list profil yang menghiasi fasade.
      Item Type: Article

      Gaya Arsitektur rumah Mediterania pertama di kenalkan oleh Kolonial bangsa Eropa yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan, dan gaya rumah arsitektur mediterania cocok dengan iklim di Indonesia yang beriklim Tropis panas, dan bila kemarau dingin di malam hari , dan sangat di sukai karena tampilanya yang klasik, mewah, dan elegan.

      Rumah dengan gaya mewah di Indonesia memang kebanyakan didesain mengacu pada desain rumah dari Eropa. Kita sudah sering membahas desain rumah Eropa yang khas dengan gaya klasik dari desain kerajaan Eropa, terutama dari arsitektur dalam ukiran dan juga bangunan yang tinggi dan besar.

      Hal yang sama akan Anda temukan di dalam rumah mediterania, yaitu desain rumah yang tinggi hampir seukuran dua lantai sekaligus. Rumah ini wajib memiliki halaman depan dan halaman belakang yang luas dengan pagar rumah yang alami.

      Bangunan Penting bersejarah bergaya Mediterania yg tidak berubah


      Istana Presiden atau Gedung Agung yang terletak di JogBandung, memang tidak seterkenal dengan istana Presiden yang berada di Bandung Jawa Barat, ataupun Istana Presiden yang berradda di Tapak Siring, namun gedung ini mempunyai peranan yg penting dalam sejarah, dan Bung Karno pada masa awal pemerintahanya menggunakan Gedung Agung ssebagai kediamanya.
      Kota Yogyakarta mempunyai peran penting dalam revolusi. Ketika Belanda melakukan agresi militer Januari 1946, untuk menduduki kembali Indonesia, pemerintahan Republik Indonesia mengungsi ke Yogyakarta. Presiden Sukarno dan Moh Hatta lalu memimpin pemerintahan dari Yogyakarta.

      Gedung Agung dibangun sebagai kediaman resmi Residen pada Mei 1824 ketika Residen Anthonie Hendriks Smissaert memegang jabatan. Gubernur Jenderal di Batavia menunjuk seorang arsitek bernama A.A.J. Payen yang juga guru seni lukis Raden Saleh untuk membuat desain gedung.

      Di dalam Gedung Agung ini Ibu Fatmawati yang hamil tua melahirkan Megawati Soekarnoputri pada Januari 1947.

      Lokasi pembangunan kantor residen tepat berseberangan dengan benteng Rustenburg yang sudah ada sejak 1767. Benteng ini sempat hancur karena gempa bumi lalu dibangun kembali pada 1867 dan diberi nama baru menjadi benteng Vredenburg. Benteng itu dibangun dalam jarak tembak meriam ke arah Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk mencegah kemungkinan pembangkangan di lingkungan Kraton Yogyakarta.

      Saat gedung sedang dibangun meletus Perang Jawa yang dipimpin Pangeran Diponegoro. Residen Smissaert mengungsi ke dalam Benteng pada 1832 sementara pemerintah kolonial juga menghabiskan banyak dana untuk menghentikan pemeberontakan ini. Perang Jawa mengajarkan Belanda untuk sangat mempertimbangkan soal keamanan tempat tinggal dan kantor bagi pejabat tingginya.

      Gempa bumi pada 1867 telah meruntuhkan bangunan awal Residenan Yogyakarta. Bangunan baru segera didirikan di atas lahan yang sama dengan gaya arsitektur Eropa yang disesuaikan dengan iklim tropis. Kantor Residen selesai dibangun pada 1869. Gedung baru inilah yang kemudian menjadi bangunan utama Gedung Agung. Pada masa pendudukan Jepang, Gedung Agung menjadi kediaman resmi Koochi Zimmukyoku Tyookan, penguasa tertinggi Jepang di Yogyakarta.

      Rakyat Yogyakarta juga mempunyai julukan sendiri atas Gedung Agung. Orang Yogya pernah menyebutnya sebagai Residenan, yaitu tempat tinggal Residen. Ketika Karesidenan Yogyakarta ditingkatkan status administrasinya menjadi provinsi sejak tahun 1927, gedung itu kemudian berubah julukan menjadi Gubernuran atau Loji Gubernur. Gedung itu kemudian berubah julukan menjadi Presidenan ketika Bung Karno dan keluarganya tinggal di sana.

      Ketika Agresi Belanda atas Indonesia dilakukan pada Januari 1946, Soekarno beserta keluarganya mengungsi ke Yogyakarta dan menempati sebuah rumah yang pernah menjadi kediaman resmi residen Belanda dan disebut dengan Gedung Agung, yang kini menjadi salah satu Istana Kepresidenan. Di dalam Gedung Agung ini Ibu Fatmawati yang hamil tua melahirkan Megawati Soekarnoputri pada Januari 1947.

      Saat Agresi Belanda dimulai, di Gedung Agung ini Panglima Besar Soedirman mohon diri kepada Presiden Soekarno untuk meninggalkan kota dalam rangka memimpin perang gerilya melawan Belanda. Perlawanan gerilya Jendral Soedirman menjadi penting untuk membuktikan bahwa pemerintahan republik Indonesia tidak tunduk di bawah politik agresi Belanda.

      Gedung Agung Yogyakarta juga menjadi saksi sejarah pertikaian politik yang mencekam antara pemerintah di bawah Perdana Menteri Sutan Sjahrir dengan kaum oposisi revolusioner Persatuan Perjuangan (PP) di bawah pimpinan Tan Malaka. Pemicu peristiwa ini adalah ketidakpuasan Persatuan Perjuangan atas politik diplomasi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia terhadap Belanda. Kelompok ini menginginkan pengakuan kedaulatan penuh (100%), sedangkan kabinet yang berkuasa di bawah PM Sjahrir hanya menuntut pengakuan kedaulatan atas Jawa dan Madura.

      Kaum oposisi revolusioner Persatuan Perjuangan yang tidak puas dengan PM Sjahrir pada 3 Juli 1946 menghadap Soekarno dan menyodorkan maklumat untuk ditandatangani presiden. Maklumat itu berisi antara lain tuntutan untuk membubarkan kanbinet II PM Sjahrir dan membentuk Dewan Pimpinan Politik yang dipimpin oleh Tan Malaka. Presiden Soekarno tidak menerima maklumat tersebut dan memerintahkan penangkapan para pengantar maklumat.

      Di ruang utama Gedung Agung yang diberi nama ruang Garuda menjadi tempat Soekarno menggelar rapat kabinet dan upacara resmi saat pemerintahan berpusat di Yogyakarta. Setiap minggu Bung Karno juga memberi kuliah ketatanegaraan dan politik yang terbuka bagi umum. Di ruangan ini terpampang beberapa lukisan pahlawan nasional seperti H.O.S. Tjokroaminoto (Affandi), Dokter Wahidin Sudirohusodo (Sudjono Abdullah), Dr. Sutomo (Dullah), M. Husni Thamrin (Soedarso), Dr. Tjipto Mangunkusumo (Soeromo), R.A. Kartini (Trubus S.), Diponegoro, Teuku Tjik Ditiro, dan Tuanku Imam Bondjol (S. Sudjojono).

      Di ruang Garuda, terdapat dua ruang tamu utama. Ruang tamu di sebelah selatan disebut Ruang Soedirman, di ruang itulah Panglima Besar Soedirman dulu mohon diri kepada Presiden Sukarno untuk memimpin perang gerilya melawan Belanda. Sementara ruang tamu disebelah utara disebut Ruang Diponegoro untuk mengenang pahlawan besar tersebut. Sebuah reproduksi lukisan Pangeran Diponegoro dari lukisan Basuki Abdullah yang berada di Istana Merdeka diletakan di dalam ruangan ini.

      Selama menetap di Gedung Agung Yogyakarta Presiden Soekarno mengambil kesempatan bertemu dengan para seniman Yogyakarta dan membeli beberapa lukisan dari Affandi, S. Sudjojono, dan Sudjono Abdullah (adik Basoeki Abdullah). Sebaliknya, para pelukis pun banyak menitipkan lukisan untuk menghias kediaman Presiden Soekarno. Istana Yogyakarta menjadi ruang pameran para seniman lukis Indonesia. Beberapa lukisan dibubuhi kata-kata yang menunjukkan bahwa lukisan itu dihadiahkan kepada Bung Karno, presiden yang dalam sejarah hidupnya telah memuliakan kehidupan seniman.
      Selain lukisan, Istana Yogyakarta juga menyimpan sekitar 50 arca batu kuno yang ditemukan di daerah sekitar Yogyakarta dan kini dirawat serta dilestarikan di sebuah sudut halaman belakang Istana. Arca-arca yang dikumpulkan para Residen Belanda ini semula ditempatkan di Benteng Vredenburg.

      Pada tahun 1972, di era Presiden Soeharto, Gedung Agung secara resmi diputuskan menjadi Istana Presiden Republik Indonesia pada 1972, dan dipergunakan sebagai tempat penginapan Presiden dan para tamu negara di Yogyakarta. Sebelumnya, pengelolaan dan perawatan Gedung Agung sejak 1954 ditangani oleh Kepatihan Danurejan. Sejak 1972, Gedung Agung mengalami renovasi agar layak bagi kepala negara dan kepala pemerintahan.

      Bagian dari Gedung Agung yang menjadi kompleks Seni Sono dipugar sejak 1995 dan diresmikan saat B.J. Habibie menjadi presiden setelah reformasi. Gedung Seni Sono didirikan pada 1915 itu terletak di sudut selatan bagian depan kompleks Istana Yogyakarta. Bangunan ini pernah dipakai sebagai soos atau societeit, bioskop, sebelum akhirnya menjadi galeri seni.

      Di era Presiden Soeharto sejak tahun 1988 Gedung Agung dijadikan tempat upacara Parade Senja setiap 17 Agustus dan acara perkenalan serta perpisahan Taruna Angkatan Udara. Sejak 17 Agustus 1991 Gedung Agung menjadi tempat resmi pemerintahan Yogyakarta untuk memperingati detik-detik peringatakan proklamasi. Sekarang Gedung Agung digunakan sebagai tempat menginap presiden dan wakil presiden bila sedang berkunjung ke Yogyakarta.

      Gedung Agung Yogyakarta muncul dalam wacana Presiden Abdurrahman Wahid dalam pertemuan dengan para tokoh politik dengan menceritakan kembali sejarah rasa persaudaraan yang ada di kalangan pimpinan bangsa ini di masa lalu. Presiden Gus Dur bercerita mengenai Moh Yamin yang ketika itu ditahan Presiden Soekarno di Gedung Agung. Hampir setiap malam Bung Karno dan Bung Yamin berbincang-bincang dan makan bersama, tidak ada sikap saling bermusuhan di antara keduanya. “Persaudaraan semacam itu yang sekarang tidak ada dan hilang”, ujar Gus Dur.

      Sementara bagi Presiden keempat Megawati Soekarnoputri, Gedung Agung Yogyakarta menjadi bagian penting dari hidupnya, putri Bung Karno Presiden ke 1 Republik Indonesia lahir di dalam Istana Gedung Agung 23 Januar 1947 saat Yogyakarta menjadi ibukota RI di masa revolusi. Menurut Megawati dia sejak lahir sudah jadi anak presiden, karena bapaknya sudah presiden.

      Sementara Istana Gedung Agung Yogyakarta menjadi saksi perpisahan Presiden SBY dan Ibu Ani dengan netizen di dunia maya. Pada Kamis 16 Oktober 2014, Presiden SBY dan Ibu Ani mengundang 20 netizen terpilih dari dunia maya yaitu twitter, instagram, dan facebook melalui kuis kopi darat pamitan atau #kopdarpamitan. Tercatat kurang lebih 50.000 akun twitter, 7000 akun instagram dan 35.000 akun facebook mengikuti kuis kopdar pamitan ini.

      Bagi Presiden Rezim Pemerintah saat ini Gedung Agung Yogyakarta menjadi penting karena di sana presiden menyatakan komitmennya untuk menyelesaikan persoalan Hak Asasi Manusia di masa lalu. Di Gedung Agung Rezim Pemerintah saat ini mengatakan bahwa pemerintah akan terus berkomitmen untuk menyelesaikan kasus HAM di masa lalu secara berkeadilan. Hak Asasi Manusia menurut Rezim Pemerintah saat ini, juga bukan melulu hanya berkutat masalah pelanggaran masa lalu, namun juga soal jaminan pemenuhan hak ekonomi, sosial, budaya serta jaminan mendapat pelayanan pendidikan, kesehatan serta kebebasan beragama.

      Bangunan Rumah bergaya Mediterania

      Asal dari arsitektur bergaya Mediterani ini sulit didefinisikan secara spesifik, karena wilayah Mediterania berada di sepanjang pantai di laut tengah, yang meliputi Tiga Benua seperti Eropa , Afrika, dan Asia, dan negara negara yg pantai nya masuk ke dalam wilayah Mediterania adalah Sepanyol, Perancis bagian Selatan, Italia dan Yunani, dan untuk di Benua Asia yang pantainya masuk kedalam Bagian dari Laut Mediterania adalah Aljazair, Tunisia dan Libya.Iklim Mediterania adalah iklim pada kebanyakan wilayah cekungan Mediterania sebagai bagian dari iklim subtropis. Di luar Mediterania, iklim jenis ini terdapat di wilayah California, sebagian Australia barat dan selatan, Afrika Selatan bagian barat daya dan sebagian wilayah Chili tengah.Ciri iklim ini adalah musim panas yang hangat hingga panas dan kering, dan musim dingin yang mild dan basah. Contoh kota penting yang beriklim Mediterania adalah Atena, Barcelona, Beirut, Yerusalem, Tunis, Marseille dan Roma.Tetapi menurut Freddy H. Istanto (Staf Pengajar Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Arsitektur – Universitas Kristen Petra) dalam artikelnya :

      TELAAH GAYA ARSITEKTUR MEDITERANIA DI INDONESIA,  bahwa gaya arsitektur Mediterania berasal dari negara Spanyol (yang dikawasan Mediterania, Spanyol bagian selatan). Pertama kali gaya Arsitektur Mediterania ini diperkenalkan oleh bangsa Spanyol pada abad ke 16 M ke wilayah negara-negara yang diekspansinya (Negara Amerika Serikat, terutama negara Florida). Kemudian gaya arsitektur Mediterania mencapai zaman keemasan di Amerika Serikat pada dekade awal abad ke 19 M.

      Jika Anda pernah menoton Film The Pirates, disitu di gambarkan banyak terdapat bangunan bangunan pada abad ke 18  yang bergaya Mediterania, pada masa keemasan kolonialisme. Karena Gaya arsitektur Mediterania ini muncul karena penyesuaiaan dan beradaptasi dengan kondisi iklim dan cuaca negara asalnya, dengan iklim subtropis, dengan intensitas sinar matahari yang tinggi, menyebabkan suhu pada siang hari sangat panas, dan perubahan suhu yg ektrim pada malam harinya, maka dibuat bangunan dengan dinding dinding yang sangat tebal, yang bertujuan untuk memblokir panas yang di hasilkan dari penyinaran dari matahari, dan menyimpan panas, agar di malam hari yang basah tetap hangat. Dengan buka bukaan jendela yang kecil di atas dan banyak jumlahnya, untuk sirkulasi udara dan mampu mengurangi panas keluar pada malam hari. dan taman yang terlindung secara privasi dan eklusif  yang berada di dalam bangunan yang merupakan ciri khas gaya mediterania yang sudah berkebang selama berabad-abad.

      Sedangkan untuk bangunan yang berada di Negara Yunani yang beriklim subtropis adalah pemilihan warna-warna dekorasinya yang cenderung lembut dan pucat sesuai dengan kondisi iklim yang sejuk. Warna-warna yang terinspirasi dari alam yakni warna putih yang berasal dari pasir pantai, dan warna warna teduh dan romantis yang memberikan nuansa pantai yakni  warna biru dan hijau yang berasal dari laut. Dan untuk beradaptasi dengan iklim di Yunani yang intensitas penyinaran mataharinya sedang , dan terpaan angin yang cukup kencang, bangunan menditerania di buat agar kuat terhadap terpaaan angin kencang.

      Sedangkan warna coklat kemerah-merahan dan kuning pucat yang juga sangat melekat pada gaya arsitektur Mediterania, khususnya yang berasal dari Spanyol, merupakan representasi dari gurun yang berada di bagian selatan. Sehingga, secara keseluruhan warna-warna yang digunakan pada arsitektur Mediterania ini mengadopsi warna alam.

      Dominasi kekuatan kerajaan Romawi pada kawasan Mediterania, membawa pula institusi, hukum-hukum, bahasa latin dan seni bangsa Romawi; demikian pula masuk ke kawasan ini pengaruh Yunani klasik dan Etruria kuno. Seni bangsa Spanyol termasuk didalamnya arsitektur Spanyol terpengaruh oleh seni-seni yang berasal dari Romawi seperti round-arched, rhythmic dan kecintaan pada hangatnya sinar matahari (sun-loving).

      Bentuk-bentuk rumah yang merupakan jawaban atas iklim Mediterania, seperti juga bentuk-bentuk rumah kota di Yunani dan Romawi, memiliki wajah yang oleh Newcomb disebut sebagai “bleak and bare’ fachada (face) to the street”. Ekspresi wajah rumah tinggal ini diperkenalkan pula sampai ke Amerika Selatan, Mexico, Hindia-Belanda serta daerah-daerah permukiman orang Spanyol di negara-negara lain.

      Konsep Arsitektur Mediterania yang sebenarnya adalah menyelaraskan atau menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar yang dipertegas dengan pemakaian bahan -bahan yang berasal dari alam dan tidak merusak alam seperti penggunaan plesteran secara tradisional serta pemakaian batu alam dan tanah liat pada dinding bangunan, arsitektur mediterania sendiri juga telah mendapat pengaruh dari arsitektur Islam yang sampai saat ini menjadi karakter dari arsitektur mediterania, yaitu penggunaan lengkung pada pintu masuk, jendela, dan serambi. Arsitektur mediterania tidak hanya menekankan pada fungsi saja melainkan diseimbangkan dengan kematangan konsep yang menggunakan pilihan bentuk, material, dan warna serta mempertimbangkan dengan kondisi lingkungan sekitarnya.

      PERKEMBANGAN GAYA ARSITEKTUR MEDITERANIA DI INDONESIA

      Sebutan ‘gaya arsitektur Mediterania’ sebenarnya bukanlah berasal dari wilayah Mediterania sendiri karena wilayah tersebut bukan suatu negara atau suku yang menyebut dirinya satu. Sebutan ini justru muncul di tempat lain yang mengadaptasikan gaya-gaya arsitektur dari wilayah Mediterania. Sebagai contoh, di Indonesia terdapat gaya (style) yang disebut sebagai gaya arsitektur Mediterania. Sebutan ini menunjukkan hubungan dengan wilayah Mediterania dan unsur-unsur bangunan dan rupa yang digunakan pada bangunan-bangunannya. Ini berarti, kata ‘arsitektur Mediterania’ memberi kesan ‘seperti’ bangunan-bangunan di Mediterania. Gaya arsitektur Mediterania di Indonesia muncul sebagai style atau gaya. Gaya arsitektur Mediterania adalah suatu gaya utuh dengan unsur-unsur pembentuk yang sudah tertentu. Ketika kita menyebutkan ‘gaya arsitektur Mediterania’, maka bayangan tentang bangunannya mungkin akan sama, yaitu bangunan dengan gaya berciri khas lengkung, berpilar, dan sebagainya. Gaya Mediterania adalah gaya arsitektur yang hangat, nyaman, berhias (dekoratif), dan harmonis. Gaya ini hangat karena kebanyakan warna-warna yang digunakan adalah warna hangat seperti warna pastel, terakota, serta kuning dan oranye. Karakter nyaman diper¬oleh dari kesan gaya yang homy (seperti di rumah) yang kental dari bentuk-bentuk yang tidak kaku dan luwes. Berhias dalam gaya arsitektur Mediterania berarti adanya hiasan-hiasan yang ragamnya sangat ba¬nyak, seperti kolom yang dihias dengan tonjolan-tonjolan, bingkai kusen di pinggir jendela dan pintu yang memberi kesan me¬wah, dan sebagainya. Keharmonisan gaya arsitektur Me¬diterania dicapai melalui keselarasan peng¬gunaan skema warna dan keselarasan gu¬bahan geometri (bentuk dasar).

      PENGARUH ARSITEKTUR DARI WILAYAH MEDITERANIA PADA PERKEMBANGAN GAYA ARSITEKTUR MEDITERANIA DI INDONESIA

      Pengaruh peradaban yang dimaksudkan dalam penjelasan ini berkaitan dengan per¬adaban-peradaban yang mengalami kejayaan di wilayah Mediterania dan memberi pengaruh bagi gaya arsitektur Mediterania di wilayah atau negara lain. Peradaban yang memiliki hubungan dengan perkembangan gaya arsitektur Mediterania di Indonesia hanyalah yang memiliki unsur-unsur bangunan dan unsur rupa yang secara prinsip menunjukkan kesamaan. Pengaruh Spanyol Spanyol terletak di sebelah barat laut Laut Mediterania.

      Spanyol tidak hanya memberi pengaruh pada perkembangan gaya arsitektur Mediterania di Indonesia, namun jauh sebelum itu, merupakan pengaruh yang menimbulkan bibit gaya arsitektur Mediterania di Amerika, tempat perkembangan gaya ini sebelum masuk ke Indonesia. Bangsa Spanyol menginvasi Amerika pada abed ke-16 dengan membawa serta pengaruh gaya arsitekturnya. Pengaruh ini diterima cukup baik dan disebut sebagai ‘gaya arsitektur Mediterania (Mediteranian Architecture style)’, yang berkembang pesat di daerah Florida dimana gaya ini dikenal sangat luas. Pada tahun 1920, di Florida terjadi pengenalan aliran Gothic, yang membuka jalan bagi pengaruh lain dari wilayah Medite¬rania untuk turut meramaikan perkembangan gaya ini.

      Di Indonesia, gaya arsitektur Mediterania berkembang pesat. Pengaruh Spanyol dapat dilihat pada : – Genteng tanah liat berwarna terakota – Dinding yang diplester kasar – Lengkungan-lengkungan, terutama di atas pintu, jendela dan porch (beranda)Pintu yang diukir – Kolom atau pilar – Batuan yang diukir atau dihias Banyaknya pengaruh di atas disebabkan gaya arsitektur Mediterania memang awalnya diambil dari pengaruh arsitektur Spanyol yang berkembang pesat dengan masuknya pengaruh lain dari Yunani-Romawi, serta Timur-Tengah.

      Pengaruh Timur-Tengah Timur-Tengah mencakup Turki, Arab, Palestina dan Israel, dan negara-negara lain yang terletak di sebelah timur Laut Mediterania. Turki termasuk ke dalam Yunani-Romawi, sedangkan daerah-daerah seperti Arab, Palestina dan Israel memiliki jenis arsitektur yang khas dengan bangunan Bandung pasir dan bukit yang kering. Pengaruh gaya bangunan di Timur-Tengah terhadap perkembangan aya Mediterania Indonesia tidak banyak, salah satu yang menonjol adalah hiasan floralnya yang memberi inspirasi bagi hiasan sulur sederhana. Hiasan sulur ini cukup banyak ditemukan pada bangunan bergaya arsitektur Mediterania di Indonesia, namun tidak dipakai sebagai unsur dekorasi utama, hanya mem¬perkuat kesan gaya saja. Pengaruh Yunani – Romawi Letak geografis Yunani-Romawi dahulu terletak di wilayah Italia, Yunani dan Turki saat ini, yang terletak di sebelah utara Laut Mediterania. Peradaban Yunani-Romawi banyak menyumbangkan ide-idenya pada perkembangan gaya arsitektur Mediterania di Indonesia dengan bentuk-bentuk pilar yang kokoh, tympanum, architrave, unsur lengkung, lis profil, dan sebagainya. Bangunan di Yunani-Romawi kebanyakan dibuat dari susunan batu yang diukir dengan mewah, yang memberikan kesan berat atau masif. Kemasifan ini turut menunjang citra kekokohan dan kemewahan pada kejayaan Yunani-Romawi. Pengaruh lain adalah garis-garis lengkung yang menghiasi jendela dan pintu, yang menjadi unsur dominan dalam gaya arsitektur Mediterania di Indonesia. Selain itu, Yunani-Romawi juga memberi pengaruh menggunakan balkon dan lis profil.

      UNSUR-UNSUR PEMBENTUK BANGUNAN ATAP

      Atap bangunan di Mediterania menggunakan atap miring, baik pelana (dua sisi) ataupun limasan (empat sisi), kuda-kuda kayu dan genteng tanah liat berwarna terakota, teritisan pendek atau tanpa teritisan sama sekali. Atap pada gaya arsitektur Mediterania di Indonesia bervariasi antara atap pelana, atap limasan, atau kombinasi keduanya. Atap biasanya berteritisan pendek, sedangkan jendela-jendela diberi pelindung dak beton. INDING Dinding bangunan di Mediterania (terutama Spanyol) banyak dibuat dari batubata tanpa dibakar yang disebut adobe. Dinding batuan juga mewarnai bangunan dimasa lalu sebagai peninggalan Yunani-Romawi (di Italia sekarang dan Turki) dan bangunan-bangunan di wilayah Timur-Tengah. Karakter dinding tersebut dibawa dalam gaya arsitektur Mediterania di Indonesia dalam bentuk dinding bertekstur plester kasar, dinding batuan, atau ornamen yang menyerupai susunan batuan.

      KUBAH

      Kubah adalah atap melingkar dengan ben¬tuk setengah bola yang banyak digunakan di wilayah Mediterania pada bangunan-bangunan besar. Kubah sering digunakan karena alasan konstruksi kubah bisa menaungi ruang cukup lebar tanpa kolom. Kubah juga memiliki nilai keindahan (estetika) yang baik. Kubah merupakan salah satu ciri gaya arsitektur Mediterania di Indonesia, walaupun bukan ke¬harusan menggunakannya. Kubah banyak di¬pakai sebagai elemen hiasan (dekoratif) pada area masuk bangunan (entrance) atau khusus di atas ruang yang membutuhkan penekanan sua¬sana special. Karena kubah memberi kesan me¬wah, biasanya ditempatkan pada area ruang tamu atau orang berkumpul dalam rumah.

      PINTU DAN JENDELA

      Pintu dan jendela di Indonesia biasanya berbentuk segiempat, dengan bentuk lengkungan di atasnya. Kusennya biasanya dibuat menjadi bingkai yang dihias dengan lis profil. Bukaan angin-angin (ventilasi) berbentuk segiempat dan lingkaran, serta berukuran kecil-kecil.

      PILAR

      Pilar adalah kolom vertikal dari batuan, kayu atau metal yang berfungsi struktural (konstruksi) dalam arti memikul beban atap, atau hiasan saja (ornamentasi). Pilar menjadi salah satu pemerkuat ciri gaya arsitektur Mediterania, sebagai bagian penting dari gaya ini. Pilar-pilar sesungguhnya dari Mesir dan Yunani-Romawi merupakan bagian dominan pada muka bangunan (facade), sangat vokal dan memiliki kesan kemewahan bangunan-ba¬ngunan besar. Hiasan (ornamentasi) pada pilar adalah aturan baku dengan tiga jenis aturan (dalam aturan klasik/classical order Yunani-Romawi), yaitu aturan Doric, aturan Ionic, serta aturan Chorintian.

      Pada gaya arsitektur Medi¬terania di Indonesia, pilar muncul sebagai pilar sesungguhnya yang berfungsi struktural, atau hanya hiasan saja. Pilar biasanya berben¬tuk bulat panjang dan dihiasi per¬mukaannya dengan hiasan yang mirip dengan aturan-aturan Yunani-¬Romawi tersebut, atau hiasan yang didesain sendiri, dibuat mirip-mirip dengan aslinya. Kadangkala pilar malah berpenampang segi-empat. Pilar biasanya menopang bagian portico, balkon atau carport dengan model tympanum di atas-nya.

      Portico adalah bagian bangunan terbuka yang menempel bangunan, digunakan untuk area masuk (entrance) bangunan, biasanya memiliki kolom-kolom untuk menyangga atapnya sendiri. Sebuah bangunan bergaya arsitektur Mediterania biasanya mempunyai portico, atau yang menyerupai portico, karena merupakan ciri kunci dari gaya arsitektur Mediterania. Portico dapat berdiri sendiri sebagai ruang terbuka dengan atapnya sendiri, atau dengan sebuah balkon di atasnya.

      BALUSTRADE Balustrade merupakan barisan atau susunan horisontal dari tiang-tiang yang di¬satukan railing (rel penghubung) berupa kayu, besi atau bahan lain. Balustrade merupakan permainan hias (dekoratif) yang terdapat pada rangkaian tiang-tiang penga¬man di atas bangunan, balkon, atau tangga yang memiliki citra keindahan khas Medi¬terania.

      Tympanum adalah bagian dari bentuk geometri dan hiasan (dekorasi) yang berbentuk segitiga (kadang juga setengah lingkaran) di atas pintu, jendela atau portico. Di Indonesia, banyak digunakan pada bagian atas portico, bentukan atap, serta di atas pintu dan jendela.

      BALKON

      Balkon merupakan area menonjol di lantai atas bangunan, digunakan sebagai area ruang luar. Balkon adalah ciri kuat gaya arsitektur Mediterania, meng¬ingat di wilayah Mediterania, terutama di Spanyol dan Italia, balkon banyak digunakan. Balkon biasanya me¬rupakan area untuk sekadar duduk-duduk dan menik¬mati pemandangan. Sebagai suatu ciri khas gaya arsitektur Mediterania di Indonesia, balkon berperan penting untuk menunjang kesan gaya ini, di mana biasanya bila sebuah rumah tinggal bergaya Mediterania mempunyai dua lantai, maka bia¬sanya juga mempunyai balkon.

      BENTUKAN MENARA

      Bentuk menara atau serupa me¬nara juga muncul dalam gaya arsitektur Mediterania di Indonesia. Bentuk menara banyak dijumpai di Timur-Tengah. Bentukan menara ini biasanya menghiasi bagian ujung ba¬ngunan atau menandai bagian bangunan yang penting, misalnya pintu masuk utama. Denah menara biasanya berbentuk melingkar dan atap menara menyesuaikan dalam bentuk kubah. Bila menara berde¬nah segiempat, maka atapnya biasanya atap limasan lancip seperti bangunan-ba¬ngunan Gothic.

      UNSUR-UNSUR RUPA WARNA

      Warna yang banyak muncul pada bangunan di wilayah Mediterania adalah warna batuan seperti terakota, kuning kapur, putih, abu-abu dan sebagainya. Warna-warna ini menjadi muncul secara berani akibat efek pantulan sinar matahari yang memungkinkan warna-warna terlihat begitu cemerlang. Warna terakota juga terlihat pada atap rumah-rumah tradisional, misalnya di Spanyol, di mana penutup atap atau genteng terbuat dari tanah liat berwarna terakota. Pada awalnya bangunan bergaya arsitektur Mediterania memiliki citra polos dan sederhana. Rexford menjuluki bangunan asal .Spanyol ini berwajah ‘beak and bare’, bangunan-¬bangunan ini kemudian terpengaruh warna-warna cerab Karibia. Kesan bangat bahkan panas akhirnya dihadirkan pada dinding bangunan dengan gaya arsitektur Mediterania ini . (Istanto, 1999) Pada gaya arsitektur Mediterania di Indonesia, warna-warna cernerlang ini muncul sebagai cat yang berwarna-warni. Kalaupun menggunakan batuan, maka batuan yang digunakan adalah batuan dengan warna cerah, seperti misalnya batu palimanan dan bata paras.

      UNSUR DEKORATIF

      Lis Profil Lis profil adalah hiasan berbentuk kumpulan garis menonjol. Lis profil ini merupakan salah satu ciri utama dalam gaya arsitektur Mediterania di Indonesia. Hiasan ini biasanya memberi batas antara bagian bangunan, misalnya antara dinding dengan atap, antara lantai satu dan lantai dua, antara jendela dan dinding, dan sebagainya. Lis profil sangat mirip dengan architrave, yaitu dekorasi berbentuk pita-pita atau lis pada pilar-pilar aturan klasik Yunani-Romawi, namun telah disederhanakan atau digubah kembali. Ketebalan lis profil bervariasi, kadang hanya muncul sebagai garis semata. Lis profil termasuk hiasan menarik karena memberi ketegasan bentuk bangunan dan membawa kesan mewah. Dekorasi Bentuk Vegetasi dan Hiasan Mesir Dekorasi jenis vegetasi muncul dalam bentuk paling sederhana, misalnya bentuk sulur sederhana, di mana hiasan ini bisa dikaitkan dengan hiasan floral yang berkembang pesat di Timur-Tengah. Dekorasi bentuk vegetasi ini tidaklah menonjol pada gaya arsitektur Mediterania di Indonesia, penggunaannya hanya untuk memperkuat kesan gaya Mediterania. Hiasan yang serupa hieroglif atau hiasan lain dari Mesir kadang digunakan pada gaya ini, namun hanya se¬bagai variasi saja. Bahan Bangunan Bahan yang digunakan untuk membangun di wilayah Mediterania cukup bervariasi, meskipun tidak selengkap saat ini. Wilayah Mediterania terdiri dari banyak negara dan kebudayaan yang tidak sama cara membangunnya, sebagai contoh bangsa Afrika pedalaman mempunyai cara cukup unik, membangun dengan bahan tanah liat. Bangunan tanah liat mengharuskan adanya banyak ‘kolom’ terbuat dari tanah liat pada sepanjang dinding dan banyak di dalam bangunannya.

      Eksplorasi teknik membangun tanah liat ini memungkinkan dibangunnya bangunan setinggi dua puluh meter. Orang-orang Timur-Tengah, Mesir, Yunani-Romawi serta Bizantium-Kristen awal ba¬nyak membuat bangunan dari batuan dan Bata bakaran. Saat ini, teknologi dan bahan bangunan berkembang sangat pesat sehingga tidaklah mustahil untuk mengadaptasi segala jenis bentuk ba¬ngunan atau hiasan (ornamen) yang berkembang di wilayah Mediterania. Batuan pada gaya arsitektur Mediterania di Indonesia hanya menjadi unsur hias (dekoratif) saja karena tidak digunakan untuk konstruksi. Batuan yang di maksud adalah batuan ekspos (batuan hias) pada dinding, bukan pada pon¬dasi. Batuan memberikan kesan ‘lebih berat’ pada tampilan muka (facade), yang banyak diguna¬kan di bagian bawah dinding.


       Jasa Arsitek di Bandung untuk Desain Rumah Mewah

      Jasa gambar rumah Bandung di Bandung di Jawa Barat Murah Untuk Jasa gambar rumah Bandung Mewah klasik

      Jasa gambar rumah Bandung Murah Untuk Jasa gambar rumah Bandung Mewah klasik

      Rumah Mewah

      Memiliki rumah termewah tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Rumah mewah identik dengan rumah yang besar, dibangun dilahan yang luas, desain eksterior dan interior yang mahal dan kualitas terbaik. Memiliki rumah tidak wajib harus besar dan mewah. Tapi, rumah mewah tentu memiliki nilai tersendiri. Jika minat anda ada pada bisnis investasi properti, maka rumah mewah menjadi daya tarik sendiri, dimana dengan harga yang mahal, tentu harga jualnya semakin mahal juga. Dan ini jelas sangat menguntungkan bagi mereka pelaku bisnis properti.

      Bahkan, jika anda perhatikan, jika anda melewati atau berjalan-jalan ke perumahan mewah, biasanya banyak terdapat rumah mewah yang belum ditemBandung . Yang seperti ini, biasanya memang pemiliknya membeli rumah mewah sebagai investasi. Investasi rumah mewah akan sangat menguntungkan. Jika anda memiliki dana lebih dan ingin berinvestasi, maka sangat disarankan untuk berinvestasi pada bidang properti.

      Atau jika anda ingin membangun sebuah rumah, tentu anda harus memiliki referensi model rumah mewah yang akan menjadi patokan dalam membangun rumah anda. Walaupun tidak sama persis, paling tidak anda harus mengetahui detail dan jelasnya, bagaimana nanti rumah anda akan dibangun.

      Untuk rumah mewah, biasanya terdapat bagian-bagian rumah yang tidak dimiliki oleh jenis rumah lain. Contohnya kolam renang. Rumah mewah identik dengan kolam renang. Jika anda tidak memiliki lahan yang luas, tentu anda tidak berfikiran untuk membuat kolam renang dirumah anda kan?

      Biasanya, untuk Jasa gambar rumah Bandung mewah mengacu pada konsep desain Eropa. Bagi mereka yang menyukai desain klasik, maka konsep model rumah mewah Eropa klasik akan menjadi pilihan yang tepat. Berikut kami berikan beberapa contoh Jasa gambar rumah Bandung termewah yang bisa anda jadikan referensi untuk membangun sebuah rumah.

      Umumnya diketahui tiga jenis rumah berdasarkan target yang ingin dicapai konsumen, yaitu rumah kelas yang lebih tinggi (rumah mewah), rumah kelas menengah dan rumah bawah. Ruang kelas yang lebih rendah umumnya kecil, murah, dan disubsidi oleh negara. Pemerintah telah memulai program hunian yang seimbang (model 1: 2: 3) yang akan dilaksanakan oleh pengembang, membangun 1 unit per kelas atas untuk mengikuti dua unit klan kelas menengah 3 unit kelas bawah. Mengingat program semacam itu, diharapkan potensi ketidaksetaraan sosial di masyarakat akan diminimalkan.

      Rumah mendarat adalah rumah yang bangunannya langsung menuju tanah. Jejak rumah adalah rumah dengan lantai rumah “, yaitu rumah yang memiliki lebih dari satu lantai. Jejak rumah adalah bentuk” rumah tunggal “(bangunan terpisah dengan rumah lain) atau dalam bentuk” trailer / Rijhuis “(rumah yang dindingnya dikombinasikan dengan rumah lain). Ciri utama dari tapak rumah, kecuali bangunan yang membentang langsung dengan tanah, adalah hak milik juga lajang.

      Pet berbeda dengan “apartemen” (strata title), seperti apartemen, kondominium, condotel, rusunawa, atau rusunami. Di sebuah kompleks apartemen terdapat banyak rumah yang dimiliki oleh masing-masing penduduk dan ada pula bagian bangunan yang dimiliki bersama oleh penghuni apartemen tersebut. Dengan demikian, di kompleks apartemen terdapat hak kepemilikan pribadi, yaitu hak atas unit / unit apartemen, dan ada hak yang dimiliki bersama, yaitu hak atas tanah, objek bersama, atau ruang bersama. Untuk memastikan kepentingan bersama, setiap gedung apartemen dibentuk dalam kaitannya dengan penghuni apartemen.

      Namun, arti sebenarnya dari strata title tidak hanya berlaku untuk flat tapi juga bangunan komposit non-residential, seperti gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan, yang haknya dijual dan bisa dimiliki oleh sejumlah besar pihak. Di gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan berupa bangunan terstruktur juga dikenal dengan kepemilikan unit pribadi dan hak duduk bersama, berkumpul bersama dan bersama.

      Jadi, memahami strata title lebih tepat diterjemahkan “kompleks apartemen” atau “ubin bangunan”, yang keduanya bekerja untuk pekerjaan (seperti flat / apartemen) dan bangunan utilitas (seperti gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan). Istilah “bangunan terstruktur” harus dibedakan dari “bangunan yang terikat”, walaupun dalam kedua bentuk itu mereka memiliki kesepakatan. “Bangunan yang diatur” bisa dimiliki oleh banyak pihak, sementara “gedung berlantai banyak” hanya memiliki satu partai. Misalnya, gedung kantor pusat bank lebih cocok untuk diberi nama “gedung bertingkat” karena hanya dimiliki oleh bank bersangkutan. Sebagai gantinya, bangunan yang dibangun pengembang pcrkantoran dan semua perangkat yang dijual ke masyarakat bisa dianggap sebagai “genteng bata” (strata title) karena masing-masing unit bisa dikelola atau disewa oleh sejumlah besar pihak.

      Sejauh ini, masyarakat Indonesia masih lebih tertarik membeli hewan peliharaan (landed house) dibanding flat (strata title). Ini berbeda dengan orang-orang di kota-kota besar dunia, seperti Singapura, Tokyo atau New York, yang lebih memilih untuk membeli rumah karena harganya relatif lebih murah dari rumah. Dengan harga tanah yang selalu mahal di kota-kota besar seperti Bandung di Jawa Barat , konsumen masa depan di masa depan di kota-kota besar akan semakin tertarik untuk membeli rumah daripada di rumah.

      Ke depan, pembangunan rumah tapak akan menuju ke pinggiran kota atau luar kota untuk mendapatkan harga tanah yang semakin mahal. Di sisi lain, pembangunan apartemen masih bisa dilakukan di dalam kota untuk menarik minat pembeli yang biasanya bekerja di kota. Fenomena seperti itu biasa terjadi di kota-kota besar di negara maju.

      Berdasarkan survei Rumah.com pada tahun 2013, sebagian besar masyarakat Indonesia (70%) lebih memilih untuk membeli properti dibandingkan dengan flat. Ini berbeda dengan Singapura, dimana 80% orang lebih memilih untuk membeli apartemen. Sebagian besar konsumen membeli situs kelas menengah di Bandung di Jawa Barat dan sekitarnya (Jabodebek) yang harganya berkisar antara Rp 500 – 800 juta. Dinding berbasis rumah terutama terletak di cluster type housing (cluster).


      Jasa gambar Untuk Desain Cluster Minimalis

      Saat ini pengembangan cluster diterapkan di seluruh Amerika Serikat. Khususnya ada dorongan kuat untuk itu di negara bagian Midwestern yang memiliki masalah signifikan dengan banyak penyakit pinggiran kota, seperti Minnesota, Illinois, Ohio, dan Wisconsin.

      Pengembangan Cluster, yang juga dikenal sebagai pengembangan konservasi, adalah pendekatan perencanaan lokasi yang merupakan alternatif pengembangan subdivisi konvensional. Ini adalah praktik Pengembangan Dampak Rendah yang mengelompokkan properti hunian di subdivisi yang diusulkan lebih dekat bersama-sama untuk memanfaatkan sisa lahan untuk tempat terbuka, rekreasi atau pertanian. Perkembangan klaster berbeda dengan rencana pengembangan unit (PUD) karena PUD berisi campuran penggunaan residensial, komersial, industri, atau penggunaan lainnya, sedangkan pengembangan cluster terutama berfokus pada daerah perumahan.
      Ordonansi model untuk pengembangan klaster adalah bagian 4.7 dalam Smart Growth Codes, yang dikeluarkan oleh American Planning Association. Seiring dengan diperkenalkannya konsep pengembangan klaster perumahan, tata cara menguraikan proses aplikasi, perencanaan dan implementasi situs.
      Persyaratan utama untuk penerapan pengembangan klaster adalah bahwa semua penggunaan utama atau aksesori diperbolehkan dan rumah tinggal, dupleks, dan townhouse multifamily diizinkan. Serta penerapan cakupan lot maksimal, rasio luas lantai, tinggi bangunan, dan persyaratan parkir ke keseluruhan situs dibandingkan dengan lot tersendiri. Ketentuan pengembangan klaster mengharuskan situs ini minimal 2 sampai 5 hektar (20.000 m2) dan tidak ada dimensi minimum sampai banyak; Selanjutnya setiap rumah bisa tidak lebih dari 12 kaki (3,7 m) dari jalan dengan halaman yang paling sedikit 25 kaki (7,6 m). Ada juga kebutuhan untuk menempatkan lebih dari satu bangunan utama di setiap lot, dan terakhir tidak kurang dari 25% situs digunakan untuk ruang terbuka.

      Termasuk dalam aplikasi, rencana lokasi diperlukan untuk terdiri dari tata letak jalan dan trotoar, jumlah maksimum dan jenis unit hunian yang diusulkan, dan berapa luas area yang akan mereka temBandung , dengan perhitungan; serta area parkir, ruang terbuka, dan aksesoris lainnya. Untuk menghitung jumlah tempat tinggal yang diizinkan, seseorang harus mengukur luas kotor situs ini di hektar dan sepersepuluh dari luas, kemudian mengurangi luas kotor jalan umum dan swasta dan peningkatan yang dipersembahkan oleh publik; Sisanya akan menjadi area yang mampu dibangun. Kemudian bagilah area net build able dengan ukuran lot minimal terkecil; putar nomor ini ke nomor terdekat yang paling rendah dan jumlahnya akan menjadi jumlah unit maksimum.

      Perumahan Kluster di Bandung di Jawa Barat Bandung di Jawa Barat – PT Ciputra Property Tbk, melalui anak perusahaannya, PT Sarananeka Indahpancar,
      secara resmi menggelar ground breaking dari Ciputra World Bandung di Jawa Barat 2 Office Tower di 26
      September 2012. Ini merupakan kelanjutan dari penggunaan mixed-use pada 3,2 ha
      daerah yang terletak di Segitiga Emas Prof. DR. Satrio Bandung di Jawa Barat .
      “Menara perkantoran akan menjadi salah satu ikon bisnis bergengsi di kawasan Bandung di Jawa Barat , Bandung di Jawa Barat
      Bandung di Jawa Barat Selatan “, kata Bapak Candra Ciputra, Presiden Direktur PT Ciputra Property
      Tbk. “The Ciputra World Bandung di Jawa Barat 2 Office Tower akan menawarkan ruang kantor yang bisa
      mengakomodasi semua kebutuhan bisnis modern. Meski berada di CBD Bandung di Jawa Barat , ini
      perkantoran akan dilengkapi dengan beberapa konsep menarik dan fasilitas premium,
      seperti 3 Zona (Zona Rendah, Zona Pertengahan dan Zona Tinggi), kantor Grade A, lift eksekutif
      dan toilet eksekutif, 18 lift dan sistem keamanan “, tambahnya.
      Bapak Artadinata Djangkar, Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Ciputra Property Tbk
      Dikatakan, “Kepentingan konsumen yang tinggi di kantor yang akan datang ini membuktikan bahwa kebutuhan kantor
      menara meningkat setiap tahun di Bandung di Jawa Barat dan kami di sini untuk memenuhi permintaan yang tinggi. ”
      Perkembangan menara perkantoran di Ciputra World Bandung di Jawa Barat 2, yang memiliki luas lantai kotor (GFA) 80.000 meter persegi dan terdiri
      dari 45 lantai ditargetkan selesai pada 2015 dengan biaya investasi Rp 1 triliun. Sekitar setengah dari ruang kantor akanDijual sebagai strata title office dan sisanya akan disewakan.
      Sejak pertama kali dipasarkan pada Agustus 2012, terjadi kenaikan harga jual dari Rp 20 juta per meter persegi menjadi Rp 31
      juta per meter persegi, atau sudah meningkat sebesar 55%. Dari luas lantai kantor strata-title, 80% telah terjual hingga
      September 2012


      Jasa Arsitek di Bandung  Untuk Jasa Arsitek Home Stay

      Jasa Arsitek Homestay di Bandung di Jawa Barat fasade Klasik Mediteran

      Jasa Arsitek Homestay Klasik Mediteran

      Homestay adalah bentuk keramahan dan penginapan yang populer dimana pengunjung tinggal di rumah atau apartemen dCafe (Cafe) adalah tempat yang menyenangkan untuk berkumpul atau sekedar bersantai untuk bersantai setelah beraktivitas. Kafe biasanya menawarkan makanan dan minuman ringan sebagai hidangan pembuka dan ada juga live music selain hiburan bagi para pengunjung yang datang.

      Yang membedakan kafe dengan restoran lainnya adalah café yang mengutamakan hiburan dan kenyamanan pengunjung. Saat ini ada kafe yang membawa live music. Hiburan seperti itu tidak bisa memanjakan pengunjung pub segera.
      Jam buka kafe biasanya dimulai dari pagi sampai malam (pukul 10:00 sampai 22:00) atau ada kafe buka dari siang hari (18:00 sampai 02:00). Tempat yang biasanya digunakan untuk membuka warung adalah rumah yang ditunjuk dan dilengkapi dengan baik, serta pertokoan atau mal, kantor, tempat umum seperti kafe Bandung di Jawa Barat dan lain-lain.

      Memahami Cafe oleh beberapa sumber
      Pemahaman warnet (warnet) menurut Longman. Restoran kecil yang menyajikan atau menjual cemilan atau minuman biasanya digunakan oleh kafein untuk bersantai (Kamus Bahasa Inggris dan Budaya)
      Sebuah restoran murah yang menawarkan makanan mudah (The New Dictionary dan Theosaurus)
      Tempat dimana makanan dan minuman yang ditawarkan itu mendekati restoran dalam sistem pelayanan, dimana musik hiburannya, bisa dijadikan tempat bersantai dan ngobrol. (Perencanaan dan Desain)
      Kafe memiliki sejumlah persyaratan ruang yang terlihat dari segi keamanan, keselamatan, kenikmatan dan kesehatan. Dengan perkembangan jamannya, warnet ini lebih luas, yang berarti bahwa kafe tersebut bukan hanya sekedar tempat untuk menikmati makanan dan minuman, tapi juga tempat untuk bersosialisasi dan berteman baru. Saat merancang interior, desain furnitur juga harus diperhatikan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dimensi furnitur juga dapat mempengaruhi pengunjung untuk duduk atau duduk, duduk.
      Sistem Presentasi Cafe

      Bagaimana anda makan di warnet, ada beberapa cara, yaitu:

      Layanan mandiri Dimana pengunjung melayani diri mereka sendiri. Pengunjung kemudian datang dan mengambil makanan dan minuman yang mereka inginkan, lalu pergi ke kasir dan membayar makanannya lalu duduk di tempat yang disediakan. Cara ini nampaknya akrab dan bersahabat.
      Layanan pelayan di meja. Pengunjung datang dan duduk di kursi yang disediakan, para pelayan harus melayani mereka, menyajikan menu dan makanan di kasir sehingga orang tidak perlu berpindah dari tempat duduk mereka. Cara ini nampak formal.
      Counter Service. Bila ada area khusus dari display makanan yang ada, biasanya digunakan untuk pelayanan cepat dan layanan informal.
      Automatic Vending Dengan Mesin Otomatis. Pengunjung kemudian mengekspor koin dari mesin makanan yang dia pilih.
      Makanan dan minuman di café umumnya meliputi:

      Minuman panas sebagai kopi
      Minuman dingin seperti kopi es krim, es teh, soda.
      Makanan panas seperti sandwich, burger
      Makanan dingin seperti salad, roti dan makanan ringan

      Usaha dibidang kuliner memang selalu menjadi bisnis yang paling memiliki prospek bagus untuk masa mendatang. Bagaimana tidak, kebutuhan akan makanan pastinya tak akan pernah habis. Karena dengan adanya makanan, manusia bisa bertahan hidup. Untuk membuat bisnis tersebut berhasil tentunya bukan hanya makanan lezatnya saja yang harus dimiliki. Namun desain arsitektur cafe pun sangat penting untuk menarik perhatian orang lain supaya mendatangi cafe Anda. Pastinya hanya dengan desain arsitek yang unik dan menarik semua orang bisa mencoba untuk mendatangi cafe Anda. Biasanya hanya karena merasa penasaran, banyak orang yang datang walau hanya sekedar makan dan nongkrong bersama teman-teman.

      Homestay Guest House – Kamar Sewa:
      Sebuah penginapan yang menawarkan penyewaan harian atau bulanan. Untuk jenis akomodasi ini biasanya terbentuk di rumah atau di rumah, sehingga Anda merasakan suasana di rumah. Rumah ini menyewa kamar sehingga Anda bisa menikmati fasilitas pribadi seperti AC, TV, kamar mandi dan lain-lain di dalam ruangan. Selain itu, akomodasi ini biasanya menawarkan sarapan pagi dan Anda juga bisa menikmati fasilitas / masyarakat / komunal, seperti dapur, ruang keluarga, ruang makan, dan sebagainya. Jenis akomodasi ini sempurna jika Anda sendiri sedang berlibur atau dengan beberapa orang.
      Karena di atas, perbedaan antara rumah dan pensiun di Indonesia pada umumnya, juga bisa disewa dengan cara yang berbeda di Indonesia. Mungkin Anda juga bisa membaca Wikipedia tentang istilah perumahan dan pensiun.


      Jasa Arsitek di Bandunguntuk Desain Ruko

      Jasa Arsitek ruko di Bandung di Jawa Barat

      Jasa Arsitek ruko di Bandung di Jawa Barat

      Memahami Rumah Toko – Untuk lebih jelas tentang arti toko, pertama terbagi antara rumah dan rumah bisnis (ruko). Di rumah pemikiran awam merupakan tempat yang sangat penting bagi masyarakat, karena rumah tersebut bisa melindungi penghuninya dari hujan, panas dan untuk pertemuan keluarga. Kini rumah terbagi sesuai fungsinya, seperti rumah, rumah dan rumah yang juga dijadikan investasi perusahaan.

      Rumah biasanya berupa rumah, tempat penampungan atau bangunan lain yang digunakan sebagai tempat tinggal. Istilah ini bisa digunakan untuk semua jenis properti, mulai dari tenda nomaden sampai flat bertingkat. Dalam konteks tertentu, properti tersebut memiliki arti yang sama seperti rumah, tempat tinggal, akomodasi, perumahan dan makna lainnya.
      Wawasan ke dalam rumah bisnis menurut Handa S. Abidin adalah:
      “Rumah bisnis atau yang lebih sering disebut sebagai tempat usaha adalah tempat yang digunakan untuk perdagangan, industri, produksi, pelayanan, penyimpanan dokumen yang berkaitan dengan perusahaan, serta kegiatan penyimpanan atau pameran barang, termasuk rumah, yang sebagian digunakan untuk kegiatan seperti itu”

      Hasilnya adalah area perbelanjaan monoton yang seragam tersebar di berbagai belahan kota untuk menggeser fungsinya ke daerah pemukiman pinggiran kota. Mengabaikan konsep “chimcay” juga telah menyebabkan ruko baru yang tidak sesuai untuk iklim tropis yang hangat dan lembab. Selain itu, keberadaan ruko ini pada skala lingkungan telah mengubah secara dramatis karakter fisik kota. Karena ruko tua tidak lagi diminati, banyak ruko baru menggantikan ruko tua dengan usia. Akselerasi mengubah karakter kawasan perbelanjaan di Chinatown, juga didorong oleh kebijakan pembangunan perkotaan modern Indonesia, yang menstimulasi pembangunan tipologi baru, seperti Bandung di Jawa Barat dan Bandung di Jawa Barat . Namun kecenderungan yang berlawanan terjadi (misalnya) di Bandung di Jawa Barat dan Bandung di Jawa Barat , menghapus aktivitas ekonomi (pasar) kawasan kota tua di pusat ekonomi baru membuat kehidupan kota Chinatown dan kawasan kota tua hilang. Lantai tua rusak dan tidak diperpanjang membuat kawasan Pecinan ditinggalkan oleh warga dan membiarkan daerah peka-hitam.

      Ruko sebagai arsitektur di Indonesia memiliki sejarah panjang dan memegang peranan penting dalam memberi bentuk dan warna bagi perkembangan kota-kota di Indonesia. Tapi sekarang tipologi gudang telah dibangun dengan citra “asli” dan “kacau”. Ruko juga dianggap salah satu penyebab rusaknya arsitek kota-kota di Indonesia.
      Seiring dengan perkembangan jaman, fungsi dan ruko ikut berperan dalam perubahan, terutama dalam hal efisiensi negara. Bentuk ruko depan kedepan sehingga lahan terbuka berkurang. Hal ini mempengaruhi kota, terutama dalam hal sirkulasi. Untuk alasan ini, keuntungan dari toko itu sendiri untuk mempertimbangkan merancang sebuah toko. Biro distribusi jenis desain ini terbagi menjadi beberapa, yaitu: (Anne Ahira, Menciptakan Toko Jasa gambar rumah Bandung yang Efektif, http://www.anneahira.com/desain-rumah-toko-14848.htm masuk 12 Oktober 2012 pukul 15.00)

      Paviliun sebagai studio seni
      Rumah Warisan sebagai rumah mahasiswa
      Carport atau garasi sebagai warnet
      Loft loteng dengan plafon tinggi sebagai studio desain
      Garasi membuat distro, dan sebagainya.

      Lokasi merupakan faktor yang paling penting untuk memilih ruko strategis, karena toko tersebut memiliki satu fungsi sebagai lokasi. Saat memilih lokasi, mereka mengambil analisis tapak pertama mereka, yang merupakan semacam penelitian kecil untuk menentukan apakah suatu lokasi layak untuk dijadikan tempat usaha atau tidak.

      Analisis lokasi berfungsi untuk mengetahui nilai lokasi yang diamati sehingga bisa dibandingkan dengan “nilai” dari beberapa lokasi yang ada dan kemudian dipilih yang terbaik. Rating ini hampir sama dengan rating hotel yang menggunakan tanda Bandung g. Bandung g untuk biasa dan lima Bandung g lokasi untuk lokasi yang besar dengan harga yang luar biasa. Bandung g-Bandung g yang menentukan kebaikan suatu lokasi antara lain: (Andie Wicaksono, Managing Real Estate Investments, Sower Swadaya, Bandung di Jawa Barat , 2005, hal 6)
      Dekat dengan pusat kota atau magnet,

      Ketersediaan fasilitas kota seperti air, listrik, telepon dan lain-lain
      Mudah kinerja atau aksesibilitas

      Dukungan untuk lokalisasi, seperti perbankan, rumah sakit dan tempat rekreasi
      Lingkungan disekitar situs, termasuk keselamatan, kebersihan dan estetika lingkungan dan lain-lain.
      Secara umum, tidak ada aturan yang menerapkan standar resmi untuk ukuran toko. Ukuran standar yang digunakan sebagai panduan adalah, bagaimanapun, lebar depan mobil (kendaraan beroda empat), yaitu 3,5 m. Biasanya masih terhubung dengan sirkulasi untuk pejalan kaki (diperkirakan dua orang berjalan berdampingan satu sama lain), yaitu 1,5 m. Dengan demikian ukuran standar yang bisa ditempuh untuk depan sebuah toko adalah 5 meter.
      Ruko sebenarnya terbagi dalam berbagai desain atau bentuk toko, antara lain: (Op.Cit, hlm 21-93)

      1) Ruko Dua Unit
      Toko ini menyesuaikan ketinggian dan sebisa mungkin untuk mengoptimalkan ukuran (ruang) ruang yang ada. Ruko terletak di perbukitan di tengah kota. Pemilik ingin membuat perbedaan yang jelas antara fungsi publik dan fitur pribadi, sehingga paket dipisahkan menjadi dua bagian. Depan digunakan untuk urusan sementara ruang belakang yang bersih digunakan sebagai tempat tinggal.
      Kondisi negara terletak di perbukitan dengan kontur lereng dan area yang terbatas. Dengan kondisi tersebut, bangunan tersebut disesuaikan untuk menyesuaikan ketinggian dan sebisa mungkin untuk mengoptimalkan ukuran (ruang) ruang yang ada. Itulah sebabnya bangunan itu berada di sisi depan (tempat usaha) dan tiga lantai di belakang (residential area).

      2) Ruko Kawasan Kampus
      Toko ini bersebelahan dengan kampus kampus. Oleh karena itu, sifat pekerjaan perlu memenuhi kebutuhan siswa yang tinggal di sekitar lingkungan sekitar, baik yang berkenaan dengan kebutuhan perkuliahan dan kegiatan penunjangan siswa perlu waktu seharian.
      Kompleks ruko dibangun di atas tanah kontur dengan ruko topografi setinggi 50 cm dari jalan. Diupayakan untuk meminimalkan atau memotong konten (cutting and filling). Selain itu, bentuk tanah yang tidak beraturan (mengarah ke bentuk segitiga), untuk meminimal terjadinya ground berguna (loss space), pengolahan ruang fungsi yang optimal.

      3) Ruko Klasik
      Pengolahan massal bangunan menggunakan sistem proposisi untuk memberi proporsi estetika pada ornamen bangunan. Toko ini terletak di kota tua, sebuah kawasan yang dulunya dijadikan pusat perdagangan. Di kawasan ini banyak bangunan tua yang ditemukan dengan gaya arsitektur kolonial klasik. Bangunan tua juga termasuk sebagai bangunan konservasi, sehingga bisa disebut sebagai pertunjukn budaya.

      4) Ruko Tropis di Perumahan
      Ciri gaya bangunan tropis bisa dilihat di atap bangunan menggunakan grid untuk sirkulasi udara, sehingga ruang di bawahnya tidak panas. Toko bangunan terletak di depan kompleks perumahan.
      5) Ruko Minimalis
      Penerapan gaya modern minimalis di dalam ruko ini data dilihat pada material yang digunakan untuk bahan bangunannya, seperti kaca, dinding plester halus, aluminium, bentuk dasar ruko yang sedikit hiasan, serta pewarnaan yang minim.

      Ruko ini terletak di kawasan Central Building District (CBD) area di jantung kota. Sebagai pusat dan magnet kegiatan, kawasan ini memegang peranan penting terhadap berjalannya aktivitas perdagangan dan perekonomian di kota tersebut. Terdapat banyak gedung-gedung bertingkat megah di sepanjang jalan di kawasan ini.

      6) Ruko Kontemporer
      Kontemporer berasal dari temporer atau sesuatu yang sifatnya sementara. Kontemporer dapat juga disebut gabungan antara dua atau lebih gaya yang menghasilkan gaya baru.

      Ruko di tepi jalan arteri primer merupakan akses utama menuju kota lainnya ini juga dapat digunakan sebagai area transit sementara. Letaknya yang cukup strategis dijadikan sebagai tempat usaha dengan mengadopsi gaya adopsi campuran antar kota satu dengan kota yang lain. Gaya arsitektur ini sering disebut dengan gaya arsitektur kontemporer.

      7) Ruko High Tech
      Bangunan ini dapat dilihat dari penggunaan teknologi modern di dalamnya seperti penggunaan koneksi internet, sistem pemindai (Scanning), pengeksposan tempat utilitas seperti Shaft Ac, listrik serta telepon, serta telepon maupun jaringan air. Ruko ini terletak di sebuah area sentra industri otomotif yang di dalamnya berisikan tempat pembuatan dan perakitan suku cadang kendaraan, showroom, dan layanan purna jual. Pada siang hari kawasan ini dipadati oleh aktivitas perdagangan dan industri, sedangkan malam harinya tidak begitu ramai pada aktivitas. Dalam pemilihan aktivitas usaha yang cocok yang dapat dilakukan hingga malam hari di tempat ini hanyalah usaha entertainment atau hiburan malam.

      8) Ruko Vernakuler
      Gaya vernakuler adalah gaya yang mengadopsi kekhasan unsur-unsur kebudayaan lokal di tempat tersebut. Ruko ini terletak di kawasan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Atraksi yang ditawarkan di tempat tersebut antara lain wisata air seperti rekreasi pantai dan selancar di malam hari tempat ini ramai dengan hiburan malam seperti kafe, night club, restoran dalan lain-lain. Oleh karena letaknya di daerah pantai, kawasan ini berkembang secara organik dengan simpul-simpul kegiatan di tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

      9) Ruko Futuristik
      Futuristik adalah suatu gaya penataan sebuah objek bangunan sehingga tampak seolah-olah berasal dari masa depan. Ruko ini dinamakan dengan ruko futuristik karena bentuknya terkesan tidak biasa bahkan biasa disebut sebagai model dari bangunan masa depan. Ruko seperti ini cocok untuk diaplikasikan pada kawasan perkotaan yang sudah memiliki banyak bangunan modern.

      10) Ruko Postmodern
      Gaya postmodern berusaha untuk mengubah citra modern yang statis dengan penambahan lengkung yang dinamis, serta elemen-elemen tambahan fungsional untuk menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar. Ruko postmodern terletak di kawasan perbatasan kota atau kawasan urban yang penduduknya merupakan asli dan pendatang. Di kawasan ini bangunan yang ada umumnya merupakan bangunan tradisional dan beberapa diantaranya sudah mengalami penambahan.

      Kawasan urban merupakan kawasan pengembangan dari pusat kota dan biasanya penduduknya merupakan orang-orang yang bekerja di kota. Jadi, kultur budaya serta adat istiadatnya termasuk dalam golongan manusia modern.

      Sedangakan dalam hal mendesain ( rumah toko ) atau ruko terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:.
      a) Kenyamanan.
      Menggabungkan 2 fungsi rumah tempat tinggal dan toko dalam satu wadah sehingga tidak mengganggu sinergis fungsi ruang masing – masing sehingga tercipta kenyamanan.

      b) Ketepatan.
      Mencipta Jasa gambar rumah Bandung toko adalah hal yang mesti dipertimbangkan dari sebelum awal membangun sebuah rumah.Atur ruangan supaya efisien dan tidak ada yang kosong. Sedangkan dalam pembagian ruang pada ruko, jika memakai rumah tinggal yang dialih fungsikan juga untuk toko maka dapat memakai ruangan yang sering tidak dipakai misal : teras,halaman rumah,carport,pavilion atau lantai loteng rumah. Apabila direncanakan dari awal untuk dipakai rumah dan toko itu akan lebih efektif. Dalam pengaturan ruang pada ruko mengunakan desain dan konsep gambar serta pembagian ruang dan perencanaan gambar.

      Dalam memahami hal ini tidak akan membangun rumah dengan sia – sia dan tidak menghambur-hamburkan material beserta uang anda karena terjadi kesalahan desain. Beberapa hal konsekwensi rumah took, yaitu :
      1. Pembagian waktu efektif antara urusan pribadi dan usaha.
      2. Pembagian ruang secara konsekwen tanpa mencampur adukan fungsi ruang.


      Perbedaan villa dengan rumah:
      Memang, vila itu adalah rumah, tapi itu berbeda dengan rumah biasa:
      1. Villa digunakan untuk tempat yang sepi, baik sendiri atau dengan keluarga. Tempat untuk bersantai dan kehilangan stres dari kegiatan rutin. Sementara rumah itu digunakan sebagai tempat untuk beristirahat, yang merupakan bagian dari rutinitas,
      2. Villa tidak digunakan atau dihuni kapan saja sebagai rumah, tapi hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu, seperti saat liburan. Karena pada saat itulah orang bebas dan aktivitasnya rutin dilakukan.
      3. Villa memiliki tingkat kenyamanan yang lebih tinggi dibanding rumah. Karena itu, vila tersebut umumnya berada di luar kota atau di pegunungan yang lebih bersih dan segar dan memiliki pemandangan yang lebih baik daripada rumah-rumah di kota, tidak seperti rumah yang lebih memperhatikan keefektifannya. Tempat kerja sehingga lokasi rumah berada di kota,
      4. Villa rumah kedua selain rumah yang ditemBandung pertama setiap hari, sehingga dalam kebanyakan kasus hanya orang-orang tertentu dengan kapasitas diatas rata-rata ekonomi yang mampu memiliki vila.
      Dengan demikian, vila merupakan bangunan tempat tinggal dari semacam rumah (tapi selain rumah biasa) yang berada di luar kota adalah rumah istirahat yang digunakan oleh pemiliknya setiap saat.


      Jasa Arsitek di Bandung Untuk Desain Kawasan Perumahan

      Jasa gambar rumah Bandung di Bandung di Jawa Barat Untuk Desain Kawasan Perumahan

      Jasa gambar rumah Bandung di Bandung di Jawa Barat Untuk Desain Kawasan Perumahan

      Perumahan adalah rumah kelompok yang berfungsi sebagai rumah atau lingkungan perumahan, menggabungkan infrastruktur dasar untuk lingkungan, yaitu kelengkapan lingkungan fisik, seperti persediaan air minum, pembuangan limbah, ketersediaan listrik, telepon, jalan, sehingga kawasan hunian berfungsi dengan baik.
      Rumah tersebut merupakan tempat untuk meredakan kelelahan, pertemuan sosial, dan meningkatkan rasa hubungan di antara anggota keluarga, tempat tinggal keluarga dan penyimpanan nilai, dan rumah tersebut juga merupakan simbol status sosial (Anwar, 1996; Mukono, 2000 )
      Rumah adalah struktur fisik, kamar, halaman dan daerah sekitarnya menjadi rumah dan sarana keluarga promosi (UU No. 4 1992).
      Menurut WHO, rumah tersebut merupakan bangunan fisik atau bangunan untuk tempat berlindung, dimana lingkungannya bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental dan kondisi sosial yang terikat pada kesehatan yang baik dan individu Arga (Komisi WHO Dalam hal kesehatan dan lingkungan, 2001).

      Menurut American Public Health Association (APHA) rumah sehat jika: (1) Memenuhi suhu yang lebih rendah kebutuhan fisik dasar seperti daripada udara di luar rumah, pencahayaan yang cukup, ventilasi nyaman, dan kebisingan 45-55 dB. A; (2) menangani kebutuhan psikologis; (3) Perlindungan penghuni penularan penyakit menular yang memiliki air bersih, sarana pembuangan sampah dan limbah sanitasi dan memenuhi persyaratan keselamatan; dan (4) Perlindungan penghuni resiko kecelakaan dan api, sebagai dasar rumah yang kuat, tangga tidak curam, api akibat korsleting, keracunan, bahkan ancaman kecelakaan (Sanropie, 1992; Anwar , 1996).
      Pengertian Perumahan dan Permukiman

      Berdasarkan Undang-undang No 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Permukiman, terdapat beberapa pengertian dasar, yaitu;

      • Rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga.
      • Perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempal tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan.
      • Permukiman adalah bagian dari lingkungan hidup di luar kawasan lindung, baik yang berupa kawasan perkotaan maupun perdesaan yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian dan tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan.
      • Satuan lingkungan permukiman adalah kawasan perumahan dalam berbagai bentuk dan ukuran dengan penataan tanah dan ruang, prasarana dan sarana lingkungan yang terstruktur.
      • Prasarana lingkungan adalah kelengkapan dasar fisik lingkungan yang memungkinkan lingkungan permukiman dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
      • Rumah sebagai bangunan merupakan bagian dari suatu Permukiman yang utuh, dan tidak semata-mata merupakan tempat bernaung untuk melindungi diri dari segala bahaya, gangguan, dan pengaruh fisik belaka, melainkan juga merupakan tempat tinggal, tempat beristirahat setelah menjalani perjuangan hidup sehari-hari. (C. Djemabut Blaang, Perumahan dan Permukiman, 1986: 28),
      • Permukiman adalah satuan kawasan perumahan lengkap dengan prasarana lingkungan, prasarana umum, dan fasilitas sosial yang mengandung keterpaduan kepentingan dan keselarasan pemanfaatan sebagai lingkungan kehidupan.
      • Perumahan dan pemukiman merupakan kesatuan fungsional, sebab pembangunan perumahan harus berlandaskan suatu pola pemukiman yang menyeluruh, yaitu tidak hanya meliputi pembangunan fisik rumah saja, melainkan juga dilengkapi dengan prasarana lingkungan, sarana umum dan fasilitas sosial, terutama di daerah perkotaan yang mempunyai permasalahan majemuk dan multidimensional.

      Menurut Suparno Sastra M. dan Endi Marlina, (Perencanaan dan Pengembangan Perumahan, 2006:29) pengertian mengenai perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan.
      Sedangkan permukiman menurut Suparno Sastra M. dan Endi Marlina, (Perencanaan dan Pengembangan Perumahan, 2006:37), adalah suatu tempat bermukim manusia untuk menunjukkan suatu tujuan tertentu. Apabila dikaji dari segi makna, permukiman berasal dari terjemahan kata settlements yang mengandung pengertian suatu proses bermukim. permukiman memiliki 2 arti yang berbeda yaitu:
      1. Isi. Yaitu menunjuk pada manusia sebagai penghuni maupun masyarakat di lingkungan sekitarnya.
      2. Wadah. Yaitu menunjuk pada fisik hunian yang terdiri dari alam dan elemen-elemen buatan manusia.

      Elemen permukiman
      Permukiman terbentuk atas kesatuan antara manusia dan lingkungan sdi sekitarnya. Permukiman merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa elemen yaitu (Suparno Sastra M. dan Endi Marlina, Perencanaan dan Pengembangan Perumahan, 2006:39):

      1. Alam.
      2. Manusia. Di dalam suatu wilayah permukiman, manusia merupakan pelaku utama kehidupan, disamping makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan dan lainnya. sebagai makhluk yang paling sempurna, dalam kehidupannya manusia membutuhkan berbagai hal yang dapat menunjang kelangsungan hidupnya, baik itu kebutuhan biologis (ruang, udara, temperatur, dan lain-lain), perasaan dan persepsi, kebutuhan emosional dan kebutuhan akan nilai-nilai moral.
      3. Masyarakat. Masyarakat merupakan kesatuan kelompok orang (keluarga) dalam suatu permukiman yang membentuk suatu komunitas tertentu. Hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat yang mendiami suatu wilayah permukiman adalah:
      1. Kepadatan dan komposisi penduduk
      2. Kelompok sosial
      3. Adat dan kebudayaan
      4. Pengembangan ekonomi
      5. Pendidikan
      6. Kesehatan
      7. Hukum dan administrasi
      4. Bangunan atau rumah. Bangunan atau rumah merupakan wadah bagi manusia. Pada prinsipnya bangunan yang dapat digunakan sepanjang operasional kehidupan manusia bisa dikategorikan sesuai dengan fungsi masing-masing, yaitu:
      1. Rumah pelayanan masyarakat (sekolah, rumah sakit, dan lain-lain)
      2. Fasilitas rekreasi atau hiburan
      3. Pusat perbelanjaan
      4. Industri
      5. Pusat transportasi
      5. Networks. Networks merupakan sistem buatan maupun alami yang menyediakan fasilitas untuk operasional suatu wilayah permukiman. Untuk sistem buatan, tingkat pemenuhannya bersifat relatif, dimana antara wilayah permukimansatu dengan yang lainnya tidak sama. Sistem buatan yang yang keberadaannya diperlukan dalam suatu wilayah antara lain:
      1. Sistem jaringan air bersih
      2. Sistem jaringan listrik
      3. Sistem transportasi
      4. Sistem komunikasi
      5. Drainase dan air kotor
      6. Tata letak fisik
      Tipe dan Jenis Rumah
      Kriteria rumah berdasarkan konstruksinya dibedakan menjadi :
      Tabel 1.
      Kriteria Rumah Berdasar Konstruksi
      Kriteria Permanen Semi Permanen Non Permanen
      Pondasi Ada Ada Tidak
      Dinding Bandung -bata/ batako Setengah tembok & setengah kayu/ bambu Bambu/ kayu
      Atap Genteng Genteng Genteng/ selain genteng
      Lantai Plester/ keramik Plester/ keramik Tanah
      Jika dilihat berdasarkan ukuranya, standar perbandingan jumlah rumah besar, rumah sedang dan rumah kecil yaitu 1:3:6
      • Luas kapling rumah besar : 120 m² – 600 m² (tipe 70)
      • Luas kapling rumah sedang : 70 m² – 100 m² (tipe 45-54)
      • Luas kapling rumah kecil : 21 m² – 54 m² (tipe 21-36)
      Untuk menentukan luas minimum rata-rata dari perpetakan tanah harus mempertimbangkan faktor-faktor kehidupan manusianya, faktor alamnya dan pengaturan bangunan setempat.
      Kondisi Fisik Bangunan
      Berdasarkan kondisi fisik bangunannya, rumah di Kelurahan Bandulan dapat digolongkan menjadi 3 golongan, yaitu:
      1. Rumah permanen, memiliki ciri dinding bangunannya dari tembok, berlantai semen atau keramik, dan atapnya berbahan genteng.
      2. Rumah semi-permanen, memiliki ciri dindingnya setengah tembok dan setengah bambu, atapnya terbuat dari genteng maupun seng atau asbes, banyak dijumpai pada gang-gang kecil.
      3. Rumah non-permanen, ciri rumahnya berdinding kayu, bambu atau gedek, dan tidak berlantai (lantai tanah), atap rumahnya dari seng maupun asbes.



      Jasa Jasa gambar rumah Bandung di Bandung di Jawa Barat Untuk Jasa gambar rumah Bandung Etnik

       Jasa gambar rumah Bandung Etnik

      Jasa gambar rumah Bandung Etnik

      Rumah bergaya minimalis adalah tengah tren. Tapi kegembiraan ini belum menggeser cinta kita ke Jasa gambar rumah Bandung etnik yang mengusung nuansa tradisional. Kendati demikian, nuansa tradisional ini tentu harus diimbangi dengan gaya modern, untuk melestarikan masa kini dan kenyamanan. Rumah etnik tidak perlu berdinding kayu dan dilapisi buluh. Rumah etnik modern akan sangat menawan, dipadu dengan gaya minimalis dan berbaur dengan alam. Jika tidak ada imajinasi, seperti disain rumah etnik yang indah, kita memiliki inspirasi untuk Anda.

      Jasa gambar rumah Bandung etnik untuk portal depan dan depan Rumah dengan naungan etnik yang berlemak akan membutuhkan biaya yang lebih mahal, misalnya untuk mengukir pintu dan jendela di bagian depan rumah. Karena itu, tidak perlu memaksakan diri memiliki rumah etnik. Rumah bergaya minimalis dengan ubin lantai vintage, pintu kayu dan dinding Bandung alam bisa tampil etnik chic.
      Dengan model konstruksi tradisional, warna yang unik akan terasa lebih tebal di rumah. Salah satu dari sekian banyak rumah di Indonesia, rumah kesukuan Batak memiliki desain yang cukup unik, terutama bentuk bangunannya. Tidak hanya itu, bahan yang digunakan untuk membangun rumah yang berasal dari produk alami bernuansa etnik lebih natural.
      Batakhuizen juga sering disebut Bolon House dengan atap melengkung khas yang dirancang dengan suku cadang yang memiliki tepi miring. Rumah tradisional ini terlihat seperti panggung dan terbuat dari kayu di bangunan utama. Keunikan rumah tradisional Batak ini terbukti memiliki filosofi tersendiri, baik selama proses konstruksi maupun pada tahap dekorasinya, bahwa segala sesuatu memiliki makna khusus.

      Proses pembangunan Rumah Adat Batak
      Seperti kebanyakan kebiasaan di daerah lain, toleransi terhadap individu di masyarakat Batak masih sangat kuat. Karena itulah konstruksi rumah biasanya dilakukan untuk bekerja sama. Bahan yang digunakan umumnya dipilih dengan baik dengan kualitas terbaik. Pemilihan kayu yang unik dilakukan oleh tukang Bandung dengan cara memecahkan kayu untuk menemukan kayu yang memiliki suara paling keras. Dengan kata lain, suara kayu yang lebih nyaring dipukul, semakin baik kualitasnya.
      Seperti rumah pada umumnya, pondasi juga merupakan aspek terpenting rumah Batak. Umumnya, fondasi dibuat dengan formasi persegi panjang yang dikombinasikan dengan tiang dan dinding padat. Desain basis unik ini melambangkan pentingnya kerjasama untuk menanggung beban berat.
      Jasa gambar rumah Bandung unik suku Batak ini didukung oleh tiang utama di atas atap, yang sering disebut danau Ninggor. Model tiang Ninggor yang tinggi diluruskan dan diperkuat oleh tiang lain yang lebih kecil. Tiang itu juga memiliki makna yang merupakan simbol kejujuran. Kejujuran harus diterima dengan rasa keadilan, dilambangkan keadilan dilambangkan oleh pilar pendukung tiang besar atau tiang Ninggor.

      Arsitektur interior Rumah Adat Batak
      Mayoritas orang Batak membersihkan rumah dengan cara unik yang menyapu bagian-bagian rumah, dan membuang kotoran atau kotoran yang dikumpulkan oleh lubang di kompor, itu akan selalu menjadi salah satu faktor yang menjadikannya terjadi. Mengatakan Jasa gambar rumah Bandung Unik. Lubang pembuangan sampah disebut lubang Talaga.
      Seperti bagian lainnya, lubang Talaga memiliki arti khusus, untuk menyingkirkan semua aura jahat di rumah dan melupakan sifat atau perilaku yang tidak baik. Dalam format stadion tradisional buatan rumah, atau Anda bisa mengatakan bahwa balkon di rumah biasa. Rumah diam kecil dulu menyimpan belanjaan dan melambangkan peluncuran harapan untuk bertahan.
      Jasa Jasa gambar rumah Bandung di Jawa Barat Untuk Jasa gambar rumah Bandung Joglo
      Penjelasan tentang rumah tradisional Joglo yang berasal dari provinsi Jawa Barat . Rumah adat Joglo memiliki kerangka bangunan utama yang terdiri dari guru soko dalam bentuk empat pilar penyangga struktur bangunan dan tumpangsari dalam bentuk skema bundel yang didukung oleh Soko Guru.
      Ada empat pilar utama yang menjadi penyangga utama rumah tersebut. Tiang utama ini mewakili setiap arah angin, barat-utara-selatan-timur. Di soko guru, apa yang dikenal sebagai tumpangsari diatur secara terk oleh Soko Guru.
      Bagian-bagian rumah adat joglo
      Pëndapa
      Pendapa adalah ruang depan Joglo, yang memiliki ruang luas tanpa penghalang, biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan untuk sebuah acara besar bagi penghuninya. Seperti pertunjukan wayang kulit, tari, gamelan dan lain-lain. Pada saat itu ada acara Thanksgiving biasanya sebagai wisma besar. Pendopo kebanyakan soko guru, soko pemberek, dan tumpangsari.
      Pringgitan
      Bagian Pringgitan adalah hubungan antara pendopo dan rumah istana. Bagian pendopo ini biasanya dibatasi di perbatasan dengan pengasingan dan dalem. Fungsi bagian pringgitan biasanya seperti ruang tamu.
      Istana
      Bgian Dalem adalah bagian dari keluarga yang santai. Bagian ruangan lebih privasi.
      Sentong
      Konektor Gandok
      Gandok kiwo
      Selain di atas ruangan, Joglo juga memiliki ruangan khusus yang disebut Gedongan. Bekerja seperti situs chat keluarga. Gedongan sering digunakan di beberapa rumah Joglo sebagai tempat istirahat atau kamar tidur dan juga


      Jasa Arsitek di Bandung  fasade rumah Urban Minimalis

      fasade rumah Urban Minimalis

      fasade rumah Urban Minimalis

      ??????????

      ??????????

      ??????????

       

      Desain perkotaan adalah proses perancangan dan pembentukan kota, kota dan desa. Berbeda dengan arsitektur, yang berfokus pada desain bangunan individu, desain perkotaan berkaitan dengan skala kelompok bangunan, jalan dan ruang publik yang lebih besar, seluruh lingkungan dan distrik, dan seluruh kota, dengan tujuan menjadikan daerah perkotaan fungsional, menarik. , dan berkelanjutan. [1]

      Desain perkotaan adalah subjek inter-disiplin yang memanfaatkan elemen dari banyak profesi lingkungan yang dibangun, termasuk arsitektur lansekap, perencanaan kota, arsitektur, teknik sipil dan kota. [2] Adalah umum bagi para profesional di semua disiplin ilmu ini untuk berlatih dalam desain perkotaan. Belakangan ini, beragam sub-desain urban yang berbeda telah muncul seperti desain perkotaan yang strategis, urbanisme lansekap, desain perkotaan yang peka terhadap air, dan urbanisme yang berkelanjutan.
      Desain perkotaan menuntut pemahaman tentang berbagai mata pelajaran dari geografi fisik hingga sains sosial, dan apresiasi terhadap disiplin ilmu, seperti pengembangan real estat, ekonomi perkotaan, ekonomi politik dan teori sosial.
      Desain urban adalah tentang membuat koneksi antara orang dan tempat, pergerakan dan bentuk perkotaan, alam dan kain yang dibangun. Desain perkotaan menyatukan banyak alur pembuatan tempat, pengelolaan lingkungan, kesetaraan sosial dan kelayakan ekonomi ke dalam penciptaan tempat dengan keindahan dan identitas yang berbeda. Desain perkotaan menarik untaian ini dan lainnya bersama-sama menciptakan sebuah visi untuk suatu wilayah dan kemudian menerapkan sumber daya dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mewujudkan visi kehidupan.
      Teori desain perkotaan terutama berkaitan dengan disain dan pengelolaan ruang publik (yaitu ‘lingkungan publik’, ‘ranah publik’ atau ‘ranah publik’), dan bagaimana tempat-tempat umum dialami dan digunakan. Ruang publik mencakup keseluruhan ruang yang digunakan secara bebas setiap hari oleh masyarakat umum, seperti jalan-jalan, plaza, taman dan prasarana umum. Beberapa aspek ruang milik pribadi, seperti fasad bangunan atau taman rumah tangga, juga berkontribusi pada ruang publik dan oleh karena itu juga dipertimbangkan oleh teori desain perkotaan. Penulis penting teori desain perkotaan termasuk Christopher Alexander, Peter Calthorpe, Gordon Cullen, Andres Duany, Jane Jacobs, Mitchell Joachim, Jan Gehl, Allan B. Jacobs, Kevin Lynch, Aldo Rossi, Colin Rowe, Robert Venturi, William H. Whyte, Camillo Sitte, Bill Hillier (sintaks ruang angkasa) dan Elizabeth Plater-Zyberk
      Urban House atau Townhouse adalah istilah untuk perumahan di daerah perkotaan yang relatif sempit (biasanya di bawah permukaan 150 m2).
      rumah perkotaan dengan tiga lantai di desain ini juga tidak lepas dari masalah lahan sempit dan terbatas, dengan luas 90 m2, lebar panjang 15 meter 6 meter, pemilik rumah perlu ruang untuk berada di situs. Selain di kamar tidur harus ada kamar tidur 2 anak, ruang tamu, r. Makanan, area servis, kamar anak perempuan dan ruang pengeringan, dan ruang polyvalent yang kadang kala bisa menjadi masjid kecil.
      Ruang dibuat sederhana dan mencoba sehingga tidak ada ruang yang hilang, partisi antara materi ruang gypsum ditempatkan atas / bawah ventilasi langit-langit gratis.
      Pemilihan warna di setiap ruangan menggunakan warna-warna cerah dan putih sehingga ruang terasa lapang.
      zonasi vertikal dibuat perlantai, area umum lantai 1 dan pemeliharaan, lantai 2 kamar tidur (swasta), sedangkan lantai 3 rd digunakan sebagai ruang serbaguna yang kadang-kadang bisa menjadi ruang doa, lantai 3 sebagian digunakan sebagai tempat istirahat taman / roof garden .
      Di daerah yang tidak membangunkan menciptakan sebuah taman dan air mancur, carport menggunakan pavers rumput atau ditanami rumput yang diharapkan mampu menyerap air dengan cepat dalam hujan.

      Jasa Jasa gambar rumah Bandung di Jawa Barat banyak berkiprah dalam pembangunan di Bandung di Jawa Barat , banyak perusahaan maupun perorangan banyak yang berminat dan mempercayakan dalam pekerjaan pembangunan bangunan mereka pada Jasa Jasa gambar rumah Bandung di Jawa Barat baik berupa rumah tinggal , ruko , klinik dan bangunan lainnya

      Jasa Jasa gambar rumah Bandung di Jawa Barat memberikan pelayanan dalam hal bangunan yang baik dan juga Jasa Jasa gambar rumah Bandung di Jawa Barat memberikan gaya arsitektur yang kreatif dan unik , Jasa Jasa gambar rumah Bandung di Jawa Barat juga menawarkan Jasa Arsitek yang berkualitas .

      Rencana pembangunan Megapolitan meliputi Bandung , kata Rizal, dapat ditemukan di Gedung Pola – yang kemudian berganti nama menjadi Perintis Kemerdekaan.
      “Mimpi Soekarno tentang reorientasi spasial ada di sana,” kata Rizal.

      Gagasan Soekarno, yang disebut Rizal, pertama kali dikembangkan oleh Badan Perencanaan Nasional, embrio Bappenas. Bedanya dengan sekarang yang paling terlihat, imbuhnya, ada pada sosok pemimpin.

      Dewan Perancang Nasional, kata Rizal, dipimpin oleh “pemimpi” seperti Mohammad Yamin. Jauh sebelum menjadi pejabat negara, Yamin adalah seorang penyair dan penyair, selain sejarawan.

      Kepala Bappenas sejak era Soeharto, lanjut Rizal, adalah seorang teknokrat yang jelas tidak bekerja atas dasar imajinasi dan impian.

      Argumen Rizal yang meragukan Soekarno benar-benar punya niat untuk memindahkan ibu kota ke Bandung juga didukung oleh kebijakan lain dari Presiden RI yang pertama.

      “Soekarno menentang program keluarga berencana (KB) dan anti ekspansi konsumsi beras,” kata Rizal.

      Terhadap KB ini, kata Rizal, dalam konteks Indonesia perlu menambah populasi untuk mengisi seluruh pulau yang dimiliki.

      Indonesia juga tidak akan memiliki sumber daya tentara yang cukup untuk melindungi semua pulau dan wilayahnya, memastikan bahwa ada banyak orang di setiap pulau yang sangat penting, termasuk dengan program transmigrasi yang baru.


      4 Tips Dalam Memilih Jasa Desain rumah Dalam MenJasa Desain rumah Bandung di Bandung

      Tips pertama untuk mendapatkan foto rumah idaman tentunya anda harus menentukan arsitektur yang bisa anda percayai. Untuk menentukan Jasa Desain rumah yang akan anda gunakan sebaiknya anda melakukan beberapa riset kecil-kecilan. Mengumpulkan beberapa jasa-Jasa Desain rumah yang berada di sekitar lingkungan tempat tinggal anda. setelah itu anda bisa membandingkan Jasa Desain rumah tersebut berdasarkan kriteria yang anda inginkan. Hal itu bertujuan agar anda mengetahui reputasi dan track record dari pekerjaan arsitek tersebut.

      Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan foto rumah idaman adalah menggunakan Jasa Desain rumah yang direkomendasikan oleh para kerabat atau teman yang telah lebih dulu menggunakan Jasa Desain rumah. Dengan demikian anda sudah mengetahui bagaimana gambar Jasa Desain rumah Bandung yang telah dihasilkan secara langsung. Disisi lain anda juga bisa mengetahui testimony orang-orang yang telah menggunakan Jasa Desain rumah tersebut. Tips kedua untuk mendapatkan Desain rumah idaman 2015 tentunya anda juga menanyakan ke beberapa arsitek untuk mengetahui jawaban mereka. Anda bisa melakukan konsultasi dengan arsitek dengan menanyakan beberapa pertanyaan.

      Tips ketiga memilih Jasa Desain rumah selanjutnya adalah dengan menanyakan kepada penyedia jasa mengenai bagaimana track record hasil kerja arsitek tersebut. Dari track record perusahaan atau orang-orang mana saja yang telah menggunakan jasanya tentu anda bisa mengukur seberapa kualitas hasil pekerjaan penyedia Jasa Desain rumah yang menghasilkan foto rumah idaman tersebut. dengan mengetahui hasil kerja penyedia anda bisa mengukur bagaimana hasil kerja Jasa Desain rumah tersebut. Apakah sesuai dengan standart yang anda inginkan ataupun tidak.

      Tips yang terakhir adalah dengan menanyakan bagaimana procedure pembayaran jasa Jasa Desain rumah Bandung tersebut. Anda juga bisa menanyakan berapa besar biaya yang harus dibayar untuk mendapatkan satu buah rancangan foto rumah idaman. Anda juga bisa menanyakan berapa biaya jika anda menginginkan foto rumah idaman lantai 1 tipe 36, atau tipe yang lainnya. Dengan mengetahui biaya yang harus anda keluarkan tentunya anda bisa membandingkan penyedia Jasa Desain rumah satu dengan yang lainnya. Anda juga bisa menilai dari bagaimana cara mereka memahami keinginan anda dalam menJasa Desain rumah Bandung impian anda.

      4 Keuntungan Menggunakan Jasa Desain rumah

      Kebanyakan orang enggan menggunakan Jasa Desain rumah. Alasannya berawal dari biaya yang mahal dan kurangnya memahami keinginan klien. Namun hal itu hanyalah anggapan orang saja, bagi anda yang ingin mendapatkan foto rumah idaman, tentu Jasa Desain rumah salah satu solusinya. Hal itu dikarenakan dengan menggunakan Jasa Desain rumah anda akan mendapatkan 4 keuntungan utama. Keuntungan pertama yang anda dapat adalah anggaran pembangunan rumah anda dapat terkontrol dan terinci secara baik. Dengan menggunakan Jasa Desain rumah tentunya anda bisa mengetahui dan mempersiapkan dana yang diperlukan untuk membangun rumah dengan ukuran tertentu. Dengan demikian anda sudah mendapat rencana anggaran mengenai Desain rumah idaman masa kini yang sesuai dengan keuangan anda.

      Keuntungan kedua mendapatkan foto rumah idaman dari penyedia Jasa Desain rumahtur adalah design rumah bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah. Selanjutnya rumah anda tentunya akan dilengkapi dengan saliran sanitasi dan instalasi listrik yang tersusun dengan baik dan rapi. Selain itu penggunaan listrik dan air bisa dirancang menggunakan alat-alat yang hemat energy. Keuntungan yang terakhir adalah anda akan mendapatkan bantuan secara total dalam hal pembangunan, dimulai dari proses perencanaan, perhitungan anggaran pembiayaan rumah, desain/ rancangan rumah, pemilihan material, pemilihan kontraktor hingga proses pembangunannya.

      UU tentang Arsitek

      Undang-undang (UU) Arsitek diperlukan bukan hanya untuk melindungi arsitek saja, namun juga untuk melindungi bumi. Berdasarkan Konstitusi Negara (UUD) 1945 pasal 33, disebutkan bahwa UU Arsitek sejatinya berfungsi untuk kemas Bandung an rakyat dan negara.

      Profesor arsitektur Universitas Indonesia Yandi Andri Yatmo mengatakan, arsitek berada di garda terdepan dalam menjaga bumi. Arsiteklah yang merencanakan untuk membangun dalam waktu ke depan. Di dalam rencana dan desainnya, arsitek secara tidak langsung membentuk negara dalam 50 tahun ke depan.

      “Arsitektur memaksa menggunakan sumbet daya energi yang ada di bumi. Kalau tidak digunakan sebaik-baiknya akan hilang. Sudah waktunya Indonesia punya UU Arsitek,” ujar Yandi saat Forum Group Discussion (FGD) Telaah Urgensi Rancangan Undang-undang (RUU) Arsitek dan RUU Jasa Konstruksi di Kompleks DPR/MPR, Bandung , Senin (31/8/2015).

      Dengan begitu, kata Yandi, seseorang yang berprofesi sebagai arsitek akan lebih percaya diri untuk menjaga apa yang ada di bumi Indonesia. Dengan UU ini juga berarti arsitek tidak diatur oleh negara lain.

      Hanya UI yang memberikan gelar profesi
      Selama ini, pendidikan arsitek mengacu pada UU Perguruan Tinggi Nomor 12 Tahun 2012 dan International Union of Architects (UIA), yakni aturan dan kompetensi arsitek supaya menjadi setara internasional.

      Pada pelaksanaan UU Nomor 12 Tahun 2012, untuk menjadi sarjana membutuhkan waktu 4 tahun ditambah pendidikan profesi satu tahun. Jadi, butuh 5 tahun untuk menjadi arsitek. Hal tersebut, menurut Yandi, sesuai dengan UIA.

      Masa belajar ini juga hampir sama dengan negara-negara di ASEAN, yakni rata-rata 5 tahun. Masalahnya, kata Yandi, di atas kertas tidak ada kejelasan soal universitas yang memberi gelar dan profesi arsitek.

      “Ada 13 perguruan tinggi dengan pendidikan profesi. Namun hanya UI yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) yang memiliki pendidikan profesi. Dengan mengikuti UU Tahun 2012, hanya UI yang berhak memberikan gelar profesi kepada lulusannya. Lainnya, harus cangkok ke magister,” jelas Yandi.

      UU Arsitek, lanjut dia, perlu beriringan dengan UU pendidikan. Kalau tidak begitu, akan susah mengatur keprofesian. Seperti UU yang mengatur gelar dan profesi dokter. Selama Jasa Desain rumah Bandung di Jawa Barat Professional dan Murahini, pengaturan ranah gelar profesi dan pelaksanaan profesi tidak jelas. Hal ini, yang perlu dicermati sambil menyusun UU Arsitek.
      Dalam membangun sebuah rumah atau merenovasi rumah membutuhkan tenaga kerja – pekerja / kontraktor yang ahli dan berpengalaman, sehingga Anda tidak sulit untuk memberi intruksi untuk membangun rumah yang sesuai dengan keinginan Anda, namun demikian akan lebih baik jika Anda menggunakan Tenaga Arsitek, tidak hanya mengandalkan keahlian dari Tukang atau pekerja harian.

      Perbedaan Arsitek dan Tukang

      Arsitek mempunyai visi dan dapat memberikan Anda referensi tentang konsep, desain, spesifikasi rumah yang dituangkan dalam gambar kerja, perencanan , Gambar 3 Dimensi, dimana dalam gambar 3 Dimensi Anda dapat menambah detail detail ornamen yang di perlukan sebelum rumah dibangun, hal ini tidak dapat di lakukan oleh ukang, atau pemborong.
      Arsitektur. Ia sebenarnya nama dari salah satu bidang ilmu teknik. Mungkin yang dimaksud arsitek. jika arsitek, ia adalah orang yang berperan membuat disain perencanaan jika ia berada pada posisi konsultan perencana. Jika ia berada pada posisi kontraktor maka ia bertugas melaksanakan disain yang sudah dibuat oleh perencana. jika ia berada pada konsultan pengawas ia bertugas mengawasi pekerjaan kontraktor agar sesuai dengan disain perencanaan.
      Di dunia keprofesian arsitektur, pengetahuan teknis, manajemen, dan ilmu bisnis adalah aspek yang sangat penting disamping pengetahuan terhadap ilmu merancang itu sendiri. Seorang arsitek disewa oleh klien untuk melakukan studi kelayakan, audit bangunan, mendesain bangunan. Arsitek dapat berperan di dalam mendukung Perencanaan Kota (Urban Planning), dapat berperan di dalam mendukung Perancangan Kota (Urban Design), dapat berperan di dalam Perencanaan dan Perancangan Lingkungan/Kawasan, dapat berperan di dalam Perencanaan dan Perancangan Bangunan, Perancangan Interior (Ruang Dalam) Bangunan, Perancangan Taman, Perancangan Meubel, dapat berperan di dalam Perusahaan Perabot (Meubel), dapat berperan sebagai Surveyor dan/atau Quantity Surveyoruntuk memprakirakan anggaran dan biaya pembangunan, dapat berperan sebagai Tenaga Pendidik, dapat berperan sebagai Peneliti, arsitek dapat berperan di dalam Industri Bahan Bangunan, dan dapat berperan di dalam bidang jasa konstruksi lain.
      Sesuai dengan fungsinya sebagai pengontrol dan/atau pengawas, maka arsitek adalah Tidak Dibenarkan untuk berperan sebagai Pelaksana Pembangunan (kontraktor), atau secara gamblang dapat disampaikan bahwa Arsitek tidak boleh berpraktik sebagai Kontraktor.
      Arsitek dapat menjadi jembatan penghubung antara Kontraktor, Pemborong, dan Tukang, seperti merekomendasi kan tukang yang sudah berpengalaman dan mempunyai keahlian pada bdangnya seperti tukang kayu, tukang Bandung , tukang tembok dsb. Dibawah ini Kami Akan memberi gambaran mengenai cara menghitung upah / gaji pekerja / tukang borongan, dan perbedaan antara Tukang borongan dan Harian.

      Cara Menghitung Harga Upah/ Gaji Borongan Bangunan

      Berdasarkan prinsip keilmuan sipil/ teknik sipil, terdapat rumus tersendiri untuk menghitung harga borongan bangunan yang dipatok sebagai upah/ gaji para pekerja bangunan (tenaga bangunan atau tukang bangunan). Rumus tersebut tidak selalu digunakan namun tak sedikit juga yang menerapkan rumus menghitung harga borongan bangunan tersebut untuk mematok harga borongan bangunan. Berikut untuk rumus penghitungannya.

      Harga Upah Borong = (Waktu Hari Pelaksanaan x Upah Harian ) + Keuntungan Yang Diharapkan

      Perbedaan Antara Tukang Borongan dan Harian

      Pada umumnya, tukang bangunan dibedakan menjadi dua menurut sistem kerjanya, yakni tukang bangunan harian dan tukang bangunan borongan. Lantas, manakah yang lebih baik?
      Keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Kamu tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan sistem kerja antara tukang harian dengan tukang borongan:Tukang Borongan
      Tukang borongan biasanya menerapkan sistem paket dalam pengerjaan. Jumlah bayaran akan ditentukan sesuai kesepakatan di awal perjanjian pembangunan. Kamu bisa memberikan arahan soal gambar desain, material apa saja yang digunakan, dan sebagainya. Tukang borongan akan mengerjakannya sesuai dengan instruksimu hingga pembangunan rumah rampung.
      Tukang borongan cocok untuk kamu yang sudah siap dalam hal dana, sudah punya gambaran Jasa Desain rumah Bandung yang detail, dan ingin pembangunan rumah selesai dalam waktu cepat. Sebab tukang borongan akan bekerja dengan cepat dan hal ini menguntungkan mereka. Namun, agar mereka tidak bekerja sembarangan karena ingin buru-buru selesai, maka kamu harus membuat kesepakatan di awal tentang kualitas bangunan yang harus mereka perhatikan.

      Tukang Harian

      Jika menggunakan jasa tukang harian, maka kamu akan membayar pekerja sesuai jumlah hari mereka bekerja. Besaran bayaran tergantung kesepakatan bersama di awal. Sistem yang fleksibel dan cocok untuk kamu yang punya dana pas-pasan.
      Kamu bisa menentukan bagian rumah mana yang ingin dikerjakan dulu, dan mana yang menyusul kemudian ketika dana pembangunan/renovasi sudah siap. Ketika kamu merasa tidak cocok, kamu bisa memutuskan hubungan kerja sewaktu-waktu.
      Namun Bandung di Jawa Barat anya, kamu harus punya banyak waktu untuk mengawasi proses pembangunan. Sebab jika tidak, maka ada risiko kamu dipermainkan oleh pekerja yang memperlambat proses pengerjaan dan menggunakan material semaunya. Sistem tukang borongan cenderung lebih merepotkan.

      Jasa Desain rumah rumah

      Jasa Desain rumah rumah di Bandung professional dan murah

      Jasa Desain rumah rumah di Bandung professional dan murah

      <

      Gambar 3 Dimensi :



      Berikut adalah Karya Karya Kami desain gambar Kerja

      Dewasa ini rumah minimalis menjadi sebuah pilihan hunian yang sedang popular, termasuk di Indonesia. Konsep rumah minimalis pada dasarnya adalah bagaimana caranya menghemat ruang dan waktu. Hal ini pada mulanya disebabkan karena keterbatasan ruang atau lahan perkotaan di Indonesia. Sehingga kemudian arsitek sebagai problem solver membuat sebuah desain minimalis dimana dengan lahan yang terbatas namun fungsi ruang dalam suatu bangunan tetap dapat dijalankan denga optimal.

      Salah satu desain hunian yang menerapkan arsitektur minimalis adalah hunian milik bapak Ladingan Sianipar yang berlokasi di Bandung. Rumah tinggal dengan luasan tanah yakni ±110 m2 ini memiliki desain yang sangat menarik dan tentu nyaman untuk dihuni. Berikut adalah data lengkap mengenai bangunan rumah tinggal miliki bapak Ladingan Sianipar:

      Proyek : Rumah Tinggal Minimalis 2 Lantai

      Lokasi : Bandung

      Luas Lahan : ±110 m2

      Luas Bangunan : ±60 m2

      Ruang :

      Kamar Tidur : 3

      Kamar Mandi : 4

      Dapur & Ruang Makan

      Ruang Keluarga

      Ruang Tamu

      Gudang

      Jemuran

      Taman (halaman depan & halaman belakang)

      Kemudian akan dijelaskan secara rinci mengenai proyek hunian ini dari penjelasan gambar kerja sampai dengan fungsi tiap peruangan.

      Jasa Desain Rumah desain rumah minimalis

      Jasa Desain Rumah desain rumah minimalis

      Gambar diatas merupakan situasi sekaligus denah lantai dasar dari desain rumah tinggal minimalis 2 lantai. Berikut adalah penjelasan dari nomor yang sudah tertera pada gambar:

      1. Taman. Pada desain ini meskipun dengan luasan tanah yang cenderung kecil, namun dengan memnafaatkan penggunaan taman maka dapat memberikan kesan tapak bangunan yang lebih luas. Taman pada desain ini terdapat di 2 tempat, yakni di halaman depan sebagai taman utama, dan juga terdapat di halaman belakang.Taman ini memiliki fungsi lain yang juga penting yaitu sebagai sumber penghijauan dalam bangunan dan juga sebagai resapan air sehingga air yang masuk dapat langsung terserap kedalam tanah. Untuk desain taman di halaman belakang didesain cukup sederhana dengan luasan hanya 6 m2. Taman di halaman belakang juga berfungsi untuk sumber penghijauan dan resapan karena pada bagian belakang rumah terdapat berbagai ruang utama seperti kamar tidur sehingga dibutuhkan suasana kesegaran dengan menampilkan taman tersebut.
      2. Gudang. Gudang ini berfungsi untuk mneyimpan berbagai barang baik yang sudah tidak terpakai atau untuk barang barang yang segaja disimpan dengan baik. Oleh karena itu desain gudang terdapat di sudut desain dengan tuuan agar tidak terlihat dari fasade. Gudang ini memiliki luas ±4 m2 dengan bentuk ruang yaitu trapesium. Ruang gudang ini berbatasan dengan dapur dan toilet. Sehingga sistem zonasi peruang juga digunakan dengan baik dalam desain hunian ini.
      3. Dapur dan ruang makan. Ruang multifungsi ini memiliki luasan 9 m2. Ruang ini tidak dipisahkan menjadi 2 ruang yang berbeda karena adanya keterbatasan lahan pada bangunan. Namun hal ini tidak menjadi suatu halangan karena fungsi dari 2 ruang ini berkaitan, dimana setelah melakukan kegiatan memasak di dapur kemudian keluarga melakukan makan bersama di ruang makan. Oleh karena itu 2 fungsi ini dapat dijadikan dalam satu ruangan yang sama.
      4. Kamar tidur utama. Ruang tidur ini merupakan salah satu ruangan yang digunakan untuk fungsi utama dari bangunan, oleh karena itu lokasi ruang ini haruslah di suatu lokasi yang strategis. Oelh Karena itu lokasi ruang ini diletakkan di sisi sudut arah selatan bangunan. Dari ruangan ini dapat terlihat taman belakang sehingga dapat terlihat sebuah view yang bagus dari dalam kamar tersebut. Kamar ini memiliki luas 10,5 m2 dan memiliki kamar mandi dalam ruangan. Kamar ini juga memiliki luasan yang paling besar dari kamar kamar yang lainnya. Kamar ini juga memiliki kamar mandi yang terletak di depan kamar tersebut. Sedangkan untuk pembatas antar keduanya adalah sebuah dinding sehingga tidak akan mempengaruhi kenyamanan kamar seperti bau atau sesuatu yang kurang nyaman dipandang.
      5. Toilet pada lantai dasar memiliki jumlah 3 buah. Peletakan ruang toilet ini tersebar di sisi depan dan belakamg bangunan, dan 1 buah yang terletak di dalam kamar tidur utama. Peruntukan dari toilet ini juga dapat dibedakan. Kamar mandi untuk tamu dapat digunakan di toilet depan, sedangkan untuk keluarga dapat menggunakan kamar mandi depan atau belakang. Luasan kamar mandi juga tidak terlalu besar, yakni 3 m2.
      6. Teras ini berfungsi sebagai penyambut tamu yang datang ke rumah tersebut. Sehingga desain teras ini tidak didesain tertutup dan memiliki atap dak yang menutupi teras tersebut. Teras ini terdapat di 2 tempat yaitu di dekat pintu utama yang digunakan untuk menyambut tamu, dan teras di belakang untuk akses dari ruang makan apabila ingin menuju ke taman. Kedua teras ini memiliki luasan yang berbeda, luas teras di depan yaitu 4,5 m2 sedangkan teras belakang memiliki luasan ±7 m2.
      7. Ruang tamu. Ruang tamu ini berada tepat di belakang pintu masuk, sehingga tamu yang datang dapat langsung duduk di ruang tamu. Ruang tamu ini tidak memiliki batasan ruang yang jelas, karena ruang tamu ini sebagai pusat/center dari ruang-ruang dalam desain bangunan tersebut. Namun ruangan ini memiliki luasan ±11 m2.
      8. Carport sendiri memiliki fungsi sebagai garasi namun tidak terdapat batasan sehingga tidak membentuk suatu ruang yang tertutup. Carport pada desain ini memiliki luasan 15 m2 dan hanya bisa digunakan untuk 1 buah mobil saja.material dari carport ini adalah dari paving dan tidak memiliki penutup.

      Setelah melihat bagaimana bentuk siteplan desain hunian tersebut, selanjutnya akan ditampilkan situasi dari desain ini.

      Jasa Desain Rumah Desain atap rumah minimalis

      Jasa Desain Rumah Desain atap rumah minimalis

      Dari situasi ini dapat dilihat berbagai macam atap yang digunakan pada hunian ini. Berikut adalah penjelasan berdasarkan nomor yang tertera pada gambar:

      1. Atap dari material genteng ini menjadi atap yang dominan digunakan sebagai penutup dalam desain ini. Atap dari material ini sangat sering digunakan dikarenakan memiliki banyak sekali keunggulan, diantarnya karena genteng tanah liat ini tidak menimbulkan bunyi yang bising ketika sedang hujan, selain itu, ketika matahari terik atau panas, maka justru panas tersebut ditransfer menjadi dingin sehingga ketika panas maka suhu didalam rumah menjadi dingin, dan juga sebaliknya, ketika cuaca diluar dingin, maka kondisi di dalam ruangan menjadi hangat.
      2. Atap dari material kaca. Atap ini digunakan dikarenakan ruangan yang ada di bawah atap tersebut adalah ruang jemur, sehingga diperlukan cahaya matahari alami yang masuk. Selain itu keuntungan dari menggunakan atap kaca ini yaitu ketika sedang menjemur pakaian namun cuaca menjadi mendung dan kemudian hujan maka tidak perlu tergesa gesa mengambil pakaian tersebut.
      3. Atap dak beton. Atap dak beton ini hanya digunakan untuk menutupi ruang teras pada rumah tinggal tersebut. Karena hanya untuk menutupi sedikit bagian ruang maka dak beton tersebut dapat langsung ditambhakan tanpa menambahkan kolom dibawahnya. Alasan pemilihan material beton ini adalah karena atap beton ini juga dapat meredam paparan sinar matahari dengan baik, selain itu juga perawatannya yang tergolong mudah. Selain itu dengan penggunaan atap datar pada teras ini juga dapat memberikan kesan arsitektur minimalis dan dapat menambah nilai estetika bangunan.

      Selanjutnya gambar yang akan dijelaskan adalah penjelasan denah lantai 1 dan lantai 2 dari bangunan ini. Berikut adalah gambar denah beserta keterangannya dalam nomor:

      Berikut adalah keterangan dari gambar denah lantai 1 (atas) :

      1. Taman belakang. Pada taman belakang ini didesain untuk memberikan view untuk ruang ruang di sekelilingnya, diantaraya ruang kamar tidur dan ruang makan. Selain itu juga digunakan untuk memeberikan udara segar dalam bagian belakang rumah tinggal tersebut.
      2. Peletakan gudang berada di belakang dan terletak di sudut. Peletakan ruang ini berada di samping dapur dan toilet.
      3. Ruang dapur dan ruang makan. Ruang ini merupakan salah satu ruang multifungsi dimana dalam satu ruang dapat dilakukan satu atau lebih kegiatan dan semua kegiatan tersebut dpat terlakukan dengan baik dan optimal.
      4. Kamar utama. Kamar utama ini memiliki kelebihan dari kamar tidur lain. Diantanya adalah kamar ini terletak di lantai satu, sehingga dapat menikmati view taman yang berada tepat di sisi sebelah kanan ruang tersebut. Selain itu kamar ini juga memiliki kamar mandi yang terletak bersebelahan dengan kamar tersebut.
      5. Ruang pada toilet ini ditempatkan di sisi depan dan sisi belakang desain. ruang toilet ini hanya memiliki luasan 3 m2 saja karena keterbatasan lahan yang ada, namun dengan luasan tersebut user masih dapat melakukan kegiatan di kamar mandi dengan optimal.
      6. pada rumah tinggal ini memiliki 2 buah teras yang digunakan untuk menyambut tamu dan juga tempat berrsantai. Karena fungsi ruangnya yang tidak digunakan untuk kegiatan formal maka desain ruang teras ini didesain dengan konsep terbuka sehingga menciptakan kesan santai
      7. Ruang tamu. Ruang tamu ini tidak memiliki batasan ruang secara jelas, karena ruang tamu ini terbentuk dari pertemuan antar ruang, yaitu ruang makan, teras, dan juga ruang tidur utama.
      8. Ruang carport ini digunakan sebagai garasi mobil. Kapasitas mobil yang dapat tertampung dalam carport ini adalah 1 buah mobil.
      9. Tangga ini menjadi akses satu satunya menuju lantai kedua. Lebar tangga ini yaitu 1 m dengan ketinggian tiap trap tangga yaitu ±20 cm.
      Jasa Desain Rumah Desain atap rumah minimalis

      Jasa Desain Rumah Desain atap rumah minimalis

      Kemudian berikut adalah penjelasan dari denah lantai 2:

      1. Ruang jemur. Ruang ini diletakkan di sudut sisi barat bangunan karena agar dapat terkena sinar matahari secara langsung ketika siang hari. Karena kegiatan yang dilakukan membutuhkan banyak sinar matahari maka diperlukan banyak bukaan dalam ruang tersebut. Dalam mengatasi hal tersebut maka solusi desain yang diambil adalah menggunakan atap kari material kaca sehingga cahaya matahari dapat langsung masuk dari atas.
      2. Kamar tidur. kamar tidur ini memiliki luasan 9 m2 dan berdekatan dengan ruang keluarga dan ruang ruang dengan privasi tinggi, sehingga kamar ini dapat terjaga privasinya dari zona public yang berada di lantai bawah. Selain itu kamar ini juga memiliki 1 sisi bukaan yang menghadap kearah void yang dibawahnya terdapat taman belakang hunian tersebut, sehingga pencahayaan alami juga dapat masuk melalui bukaan tersebut.
      3. Kamar tidur. kamar tidur ini memiliki luasan 9 m2 dan berdekatan dengan ruang keluarga dan ruang ruang dengan privasi tinggi, sehingga kamar ini dapat terjaga privasinya dari zona public yang berada di lantai bawah. Selain itu kamar ini juga memiliki 1 sisi bukaan yang menghadap kearah void yang dibawahnya terdapat taman belakang hunian tersebut, sehingga pencahayaan alami juga dapat masuk melalui bukaan tersebut.
      4. Ruang keluarga. Ruang ini hampir sama dengan ruang tamu, dilihat dari batasan ruang yang terbetuk, namun tingkat privasinya lebih tinggi karena ruang ini hanya boleh dimasuki oleh user saja. Untuk luasan ruang ini yaitu ±11 m2. Ruang keluarga ini berbatasan langsung dengan void di sisi belakang yang merupakan terusan vertical dari taman belakang, dan juga balkon yang terdapat di sisi depan ruang keluarga tersebut.
      5. Tangga dari lantai 1 ini akan langsung menuju ruang keluarga. Sehingga user yang nantinya akan menuju ke kamar atau ruang ruang lainnya di lantai 2 harus melalui ruang keluarga terlebih dahulu.
      6. Ruang balkon ini merupakan penutup atau atap dari teras depan di lantai 1. Ruang balkon ini juga berfungsi sebagai ruang santai kelarga karena dari area balkon tersebut dapat melihat view taman halaman depan. Sedangkan untuk dimensi dari area balkon ini adalah 1,5 m x 3 m.

      Kemudian, setelah mengetahui bagaimana denah dan peruntukan tiap ruang yang ada dalam bangunan ini, maka selanjutnya akan dibahas mengenai denah atap untuk mengetahui material dan penggunaannya. Berikut akan dijelaskan denah atap melalui gambar.

      Jasa Desain Rumah Desain atap rumah minimalis

      Jasa Desain Rumah Desain atap rumah minimalis

      Berikut adalah keterangan gambar dari denah atap:

      1. Atap genteng tanah liat. Atap jenis ini menjadi material yang dominan sebagai penutup bangunan. Pemilihan material ini memiliki beberapa klebihan, diantaranya adalah genteng tanah liat ini tidak menimbulkan bunyi yang bising ketika sedang hujan, selain itu, ketika matahari terik atau panas, maka justru panas tersebut ditransfer menjadi dingin sehingga ketika panas maka suhu didalam rumah menjadi dingin, dan juga sebaliknya, ketika cuaca diluar dingin, maka kondisi di dalam ruangan menjadi hangat.
      2. Atap dari material kaca. Atap ini digunakan dikarenakan ruangan yang ada di bawah atap tersebut adalah ruang jemur, sehingga diperlukan cahaya matahari alami yang masuk. Selain itu keuntungan dari menggunakan atap kaca ini yaitu ketika sedang menjemur pakaian namun cuaca menjadi mendung dan kemudian hujan maka tidak perlu tergesa gesa mengambil pakaian tersebut.
      3. Atap dak beton. Atap dak beton ini hanya digunakan untuk menutupi ruang teras pada rumah tinggal tersebut. Karena hanya untuk menutupi sedikit bagian ruang maka dak beton tersebut dapat langsung ditambhakan tanpa menambahkan kolom dibawahnya. Alasan pemilihan material beton ini adalah karena atap beton ini juga dapat meredam paparan sinar matahari dengan baik, selain itu juga perawatannya yang tergolong mudah. Selain itu dengan penggunaan atap datar pada teras ini juga dapat memberikan kesan arsitektur minimalis dan dapat menambah nilai estetika bangunan.

      Kemudian setelah mengetahui bagaimana bentuk horizontal bangunan yang dijelaskan melalui denah, selanjutnya akan dijelaskan mengenai desain rumah tinggal ini melalui gambar potongan. Berikut adalah penjelasan potongan yang dijelaskan melalui gambar:

      Jasa Desain Rumah Desain atap rumah minimalis

      Jasa Desain Rumah Desain atap rumah minimalis

      Berikut adalah penjelasan dan keterangan gambar potongan:

      1. Gambar tersebut menunjukkan penggunaan rangka atap pada bangunan yang menggunakan material baja ringan. Alasan menggunakan material ini karena cenderung lebih kuat dan harganya lebih murah. Selain itu tidak akan terlalu membebani atap rumah karena terbuat dari bahan yang ringan . Baja ringan juga tahan akan api, sehingga tidak akan memicu kebakaran. Namun yang perlu diperhatikan dalam penggunaan baja ringan ini adalah dalam penghitungannya harus dihitung dengan benar, karena akan cukup beresiko apabila tidak dihitung dengan benar dan teliti.
      2. Penggunaan ring balk 15/30 yang menjadi tumpuan konstruksi yang berada di atasnya dan selain itu juga berfungsi untuk mengikat dinding batu bata agar tidak roboh.
      3. Penggunaan flafond dengan material gypsum rangka hollow. Material ini dipilih sebagai material plafond karena dari segi penampilan gypsum terlihat lebih menarik daripada material eternity. Selain itu material ini juga cukup mudah perawatannya, selain itu juga cara pemasangannya yang tergolong mudah dan praktis.
      4. Dinding pada hunian ini menggunakan material pasangan batu bata. Dinding dengan material ini memiliki banyak kelebihan dari material lainnya, diantaranya adalah material batu bata dapat meredam panas, sehingga paparan cahaya matahari yang terkena bangunan akan disimpan oleh batu bata. Sehingga bangunan dengan dinding batu bata akan selalu merasa dingin dan tidak merasa panas apabila siang hari, dan apabila suhu diluar dingin maka suhu didalam ruangan akan menjadi hangat.
      5. Pasangan bata trasram. Seperti yang diketahui, trasram adalah pasangan batu bata yang terletak di paling bawah dan di atas sloof, sehingga dalam pembuatannya trasram memiliki perbandingan yang khusus, yakni campuran 1 PC : 2 pasir. Dengan menggunakan campuran ini maka air dari luar tidak akan merembes kedalam rumah.
      6. Sloof 15/30. Sloof merupakan sruktur bangunan yang terletak tepat diatas pondasi. Sloof ini berfungsi untuk menyalurkan beban yang diterima dari bangunan menuju pondasi yang terletak dibawah.
      7. Tanah urug yang diisikan di antara pondasi bangunan.
      8. Pondasi batu kali. Pondasi ini merupakan pondasi yang digunakan untuk bangunan rumah tinggal. Biasanya pondasi batu kali ini digunakan untuk bangunan 1 lantai atau juga terkadang dapat digunakan pada bangunan 2 lantai, namun apabila lebih dari itu maka dapat menggunakan jenis pondasi lain yang lebih kuat sehingga dapat menopan beban bangunan.
      9. Aanstamping ini adalah pasangan batu kosong yang berfungsi sebagai drainase untuk mengeringkan air tanah yang terdapat di sekitar pondasi. Peletakan aanstamping ini ditata tidak hanya sembaran diletakkan saja.
      10. Pondasi footplat. Pada desain rumah tinggal ini menggunakan 2 jenis pondasi, salah satu yan digunakan adalah pondasi footplat atau pondasi tapak. Penggunaan pondasi ini dikarenakan untuk membantu pondasi batu kali dalam emnopang beban karena bangunan terfiri lebih dari 1 antai, sehingga akan lebih aman apabila dibantu dengan pondasi ini.
      Jasa Desain Rumah desain rumah minimalis

      Jasa Desain Rumah desain rumah minimalis

      1. Ring balk dimensi 15/20 yang diletakkan di atap. Peletakan ring balk ini difungsikan agar dapat menahan rangka atap yang ada di sekitarnya sehingga rangka menjadi semakin kuat.
      2. penggunaan rangka atap pada bangunan yang menggunakan material baja ringan. Alasan menggunakan material ini karena cenderung lebih kuat dan harganya lebih murah. Selain itu tidak akan terlalu membebani atap rumah karena terbuat dari bahan yang ringan . Baja ringan juga tahan akan api, sehingga tidak akan memicu kebakaran. Namun yang perlu diperhatikan dalam penggunaan baja ringan ini adalah dalam penghitungannya harus dihitung dengan benar, karena akan cukup beresiko apabila tidak dihitung dengan benar dan teliti.
      3. Penggunaan flafond dengan material gypsum rangka hollow. Material ini dipilih sebagai material plafond karena dari segi penampilan gypsum terlihat lebih menarik daripada material eternity. Selain itu material ini juga cukup mudah perawatannya, selain itu juga cara pemasangannya yang tergolong mudah dan praktis.
      4. Dinding pada hunian ini menggunakan material pasangan batu bata. Dinding dengan material ini memiliki banyak kelebihan dari material lainnya, diantaranya adalah material batu bata dapat meredam panas, sehingga paparan cahaya matahari yang terkena bangunan akan disimpan oleh batu bata. Sehingga bangunan dengan dinding batu bata akan selalu merasa dingin dan tidak merasa panas apabila siang hari, dan apabila suhu diluar dingin maka suhu didalam ruangan akan menjadi hangat.
      5. Balkon yang terletak di lantai 2. Dapat dilihat bahwa dari balkon akan dapat melihat view tman dan juga berbatasan langsung dengan ruang keluarga.
      6. Pasangan bata trasram. Seperti yang diketahui, trasram adalah pasangan batu bata yang terletak di paling bawah dan di atas sloof, sehingga dalam pembuatannya trasram memiliki perbandingan yang khusus, yakni campuran 1 PC : 2 pasir. Dengan menggunakan campuran ini maka air dari luar tidak akan merembes kedalam rumah.
      7. Penggunaan ring balk 15/30 yang menjadi tumpuan konstruksi yang berada di atasnya dan selain itu juga berfungsi untuk mengikat dinding batu bata agar tidak roboh.
      8. Tanah urug yang diisikan di antara pondasi bangunan.
      9. Pondasi batu kali. Pondasi ini merupakan pondasi yang digunakan untuk bangunan rumah tinggal. Biasanya pondasi batu kali ini digunakan untuk bangunan 1 lantai atau juga terkadang dapat digunakan pada bangunan 2 lantai, namun apabila lebih dari itu maka dapat menggunakan jenis pondasi lain yang lebih kuat sehingga dapat menopan beban bangunan.
      10. Aanstamping ini adalah pasangan batu kosong yang berfungsi sebagai drainase untuk mengeringkan air tanah yang terdapat di sekitar pondasi. Peletakan aanstamping ini ditata tidak hanya sembaran diletakkan saja.
      11. Pondasi footplat. Pada desain rumah tinggal ini menggunakan 2 jenis pondasi, salah satu yan digunakan adalah pondasi footplat atau pondasi tapak. Penggunaan pondasi ini dikarenakan untuk membantu pondasi batu kali dalam emnopang beban karena bangunan terfiri lebih dari 1 antai, sehingga akan lebih aman apabila dibantu dengan pondasi ini.
      Jasa Desain Rumah desain rumah minimalis

      Jasa Desain Rumah desain rumah minimalis

      Berikut adalah keterangan gambar dan juga penjelasannya :

      1. Pada nomor ini mennjukkan penggunaan atap genteng. Pada gambar ini menunjukkan bahwa pada bangunan ini memiliki 2 jenis atap terlihat dari adanya perbedaan ketinggian pada atap tersebut
      2. Penggunaan material genting pada atap yang juga memiliki banyak keuntungan bagi bangunan
      3. Pada ruang kamar tidur plafond tidak hanya berbentuk rata horizontal, namun juga terdapat sisi yang masuk ke atas pada bagian tengah yang digunakan untuk meletakkan lampu sehingga peletakan lampu bisa menjadi lebih tinggi dan juga dapat menambah variasi pada plafond
      4. Nomor tersebut memperliatkan bagaimana bentuk void pada bangunan ini yang pada bagian lantai dasar akan digunakan sebagai taman belakang. Dengan adanya void maka kesejukan udara yang dihasilkan bangunan juga dapat naik ke atas dan terdistribusi ke lantai 2, tepatnya pada area kamar tidur. selain itu taman belakag juga membutuhkan cahaya matahari untuk kehidupan tumbuhan, maka cahaya tersebut dapat masuk melalui lantai 2.
      Berikut adalah keterangan gambar dan juga penjelasannya :

      Berikut adalah keterangan gambar dan juga penjelasannya :

      Berikut adalah keteangan gambar potongan D-D’:

      1. Penggunaan kuda kuda pada atap tersebut menggunakan kuda kuda yang digunakan pada bentangan yang pendek, dan material yang digunakan adalah rangka baja ringan. Dalam kuda kuda tersebut juga terlihat jurai atap.
      2. Balkon pada lantai 2. Pada gambar balkon ini ditampakkan kapasitas orang yang dapat melalui balkon ini. Dari gambar ini dapat dilihat bhawa jumlah orang yang dapat melalui balkon tersebut adalah 1 sampai 2 orang.
      Jasa Desain Rumah gambar kerja rumah minimalis modern 2 tingkat

      Jasa Desain Rumah gambar kerja rumah minimalis modern 2 tingkat

      Berikut adalah keterangan gambar potongan E-E’:

      1. Menunjukkan balkon dari sisi kanan bangunan. Untuk pembatas pada balkon material yan digunakan adalah material kaca. Alasan penggunaan kaca adalah karena material ini sangat cocok dengan konsep arsitektur minimalis yang digunakan pada rumah tinggal ini. Kemudian railing yang digunakn adalah railing dari material besi.
      2. Menunjukkan pintu menuju kamar tidur utama. Dan untuk desain kamar ini tipikaldengan kamar yang berada di atasnya. Karena dalam desain kamar tidur ini luasan ruang hanya memiliki sedikit perbedaan saja dan juga adanya perbedaan fasilitas dalam ruang tersebut.
      3. Menunjukkan pintu kamar mandi yang berada di bawah tangga. Peletakan ruagan kamar mandi di bawah tangga ini menjadi suatu pilihan peletakan ruang yang cukup bagus karena ruang servis juga akan lebih baik jika tidak terlalu ditampilkan.

      Berikut adalah keterangan dari gambar potogan F-F’:

      1. Menunjukkan bukaan pada ruang kamar tidur utama yang kemudian dapat melihat view taman belakang. Dari gambar tersebut juga menunjukkan peletakan perabot dalam kamar tidur.
      2. Menunjukkan interior dari kamar mandi dan penggunaan tile pada dinding. Hal ini digunakan untuk melindungi dinding dari air karena tile bersifat anti air.

      Dari gambar potongan yang telahdijelaskan sebelumnya maka kita dapat mengetahui bagaimana interior dari bangunan tersebut. Kemudian setelah melihat dari dalam maka kita akan melihat bentuk rumah ini dari luar sehingga selanjutnya akan dijelaskan mengenai tampak bangunan.

      Bangunan tampak ini terdiri dari tampak depan, samping kanan, kamping kiri, dan tampak belakang. Tampak bangunan dapat dikatakan sebagai wajah dari sebuah bangunan, namun karena bangunan rumah tinggal ini hanya dapat dilihat dari 1 sisi jalan saja, sehingga tampak depan menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam bangunan ini. Dari facade tersebut maka kita dapat mengerti apakah fungsi dari bangunan tersebut, selain itu juga bisa mengerti bagaimana keadaan bangunan tersebut, apakah merupakan bangunan baru, ataukah bangunan tua, semua bisa teridentifikasi ketika melihat dari facade suatu bangunan tersebut. Dari facade suatu bangunan juga bsia menunjukkan sisi kemegahan, atau modernitas, atau berbagai ekspresi dari bangunan yang ingin ditampilkan oleh perancang atau bahkan pengguna dari bangunan tersebut.Berikut adalah penjelasan dari tampak bangunan keseluruhan yang akan dijelaskan dengan gambar.

      Berikut adalah gambar tampak depan dari bangunan rumah tinggal minimalis 2 lantai. Berikut adalah keterangan gambar tampak depan:

      1. Pada nomor 1 menunjukkan bentuk induk atap yang memiliki anak atap di sampingnya, dengan adanya perbedaan ketinggian tersebut maka dapat menambah nilai estetika pada bangunan tersebut.
      2. Balkon pada bangunan ini juga dapat menambah nilai estetika bangunan karena adanya tesktur dari pembatas kaca sehingga fasad bangunan tidak terlihat polos.
      3. Pada nomor 3 ini menunjukkan hal yang menarik dalam desain rumah tinggal ini. Bentuk bukaan yang memanjang dari lantai 2 ke bawah membuat bukaan ini menjadi sebuah point of interest dari bangunan tersebut. Selain itu juga dengan adanya bentuk bukaan tersebut juga menambah sisi arsitektur minimalis dalam bangunan rumah tinggal tersebut.
      Gambar tersebut menunjukkan gambar tampak samping kiri bangunan

      Gambar tersebut menunjukkan gambar tampak samping kiri bangunan

      Gambar tersebut menunjukkan gambar tampak samping kiri bangunan. Berikut adalah keterangan dari gambar tampak samping:

      1. Pada nomor 1 tersebut menunjukkan balkon lantai 2. Dibawah balkon tersebut terdapat dak yang berfungsi sebagai penutup pada teras. Dengan adanya pemasangan balkon tersebut maka juga akan mempermudah perawatan dari dak beton tersebut karena dalam perawatannya hanya perlu turun dari balkon tidak perlu naik dari bawah teras.
      2. Pada nomor 2 menunjukkan bukaan yang terdapat pada ruang tamu di lantai 1 dan ruang keluarga di lantai 2. Sedangkan untuk ruangkamar tidur tidak diberikan bukaan yang mengarah ke arah luar karena untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Sedangkan jika dari arah taman maka sinar matahari masuk terlebih dahulu ke taman belakang baru tersalurkan ke ruang ruang kamar.
      Pada nomor 2 menunjukkan bukaan yang terdapat pada ruang tamu di lantai 1

      Pada nomor 2 menunjukkan bukaan yang terdapat pada ruang tamu di lantai 1

      Selanjutnya akan dibahas tampak samping kanan. Pada tampak samping kanan ini tidak terlalu memunculkan banyak hal yang mencolok karena pada sisi samping kanan ini juga merupakan batas site sehingga apabila menambah sesuatu yang lain maka akan dapat melebihi batas site bangunan tersebut. Berikut adalah keterangan dari gambar tampak samping kanan:

      1. Menunjukkan atap bangunan dan tidak menampilkan atap genteng karena pada sisi ini digunakan sebagai penyangga atap genteng yang ada di sampingnya.
      2. Menunjukkan sisi bangunan yang sengaja dibuat kosong dan tidak diberikan bukaan.
      Dari tampak belakang

      Dari tampak belakang

      Dari tampak belakang juga hampir sama dengan tampak samping kanan yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini karena pada sisi belakang ini juga merupakan batas site sehingga apabila teralu banyak menambah sesuatu yang lain maka akan dapat melebihi batas site bangunan tersebut. Berikut adalah keterangan dari gambar tampak belakang:

      1. Menunjukkan bukaan yang terletak di lantai 2. Bukaan ini mengarah ke void yang dibawahnya terdapat taman belakang. Dari bukaan tersebut maka cahaya matahari dapat masuk secara langsung dan kemudian merefleksikan cahaya tersebut ke ruang ruang di sekitarnya seperti ruang kamar tidur dan juga ruang keluarga.

      Setelah menampilkan bentuk fasad dan juga tampak yang lainnya untuk mengerti bentuk luar dari bangunan maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai pola lantai dan juga material lantai apa yang digunakan dalam bangunan tersebut. Berikut adalah denah pola lantai beserta penjelasannya:

      Berikut adalah denah pola lantai

      Berikut adalah denah pola lantai

      Berikut adalah keterangan gambar dari pola lantai lantai 1:

      1. Pola lantai ini adalah pola lantai yang dominan digunakan yang digunakan pada ruang ruang yang tidak memiliki batas ruang yang jelas, seperti ruang dapur dan ruang makan dan ruang tamu.sedangkan dimensi pola lantai ini adalah 35 cm x 35 cm.
      2. Pola lantai ini lebih berukuran kecil dan digunakan di seluruh toilet di rumah tinggal ini. Ukuran dimensi lantai pada kamar mandi ini adalah 25 cm x 25 cm.
      3. Kemudian untuk kegunaan pada teras akan menggunakan jenis lantai yang berukuran lebih besar, hal ini karena dalam pemilihan lantai, lantai dengan luas yang lebih besar akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas, sehingga juga akan menambah kenyamanan dalam ruag teras ini.
      4. Carport sendiri memiliki fungsi sebagai garasi namun tidak terdapat batasan sehingga tidak membentuk suatu ruang yang tertutup. Carport pada desain ini memiliki luasan 15 m2 dan hanya bisa digunakan untuk 1 buah mobil saja.material dari carport ini adalah dari paving dan tidak memiliki penutup.
      5. Kemudian untuk nomor 5 adalah taman. Pada taman ini semuanya menggunakan material rumput hijau. Fungsinya adalah untuk menambah kesegaran dalam rumah tinggal dan juga untuk penyerapan air agar lebih cepat ketika terjadi hujan.
      pola lantai pada lantai 2

      pola lantai pada lantai 2

      Selanjutnya akan dibahas pola lantai pada lantai 2. Pada lantai 2 pola lantai yang digunakan sama seperti pada lantai 1. Namun dari gambar ini kita dapat mendiskripsikan nomor 1 yang mengarah pada tangga.

      Tangga ini cukup unik karena dalam bordes tetap masih ada trap yang disusun melingkar. Hal ini memiliki tujuan yaitu karena tempatnya terbatas sehingga diambil keputusan desain tersebut.

      Setelah menjelaskan bagaimana pola lantai yang digunakan dalam rumah tinggal ini selanjutnya akan dijelaskan mengenai plafond pada rumah tinggal ini yang akan dijelaskan melalui denah plafond.

      Dua gambar diatas merupakan denah plafond dari lantai 1 dan lantai 2. Berikut adalah penjelasan berdasarkan nomor yang tertera pada gambar:

      denah plafond.

      denah plafond.

      Gambar denah plafond lantai 1:

      1. Memperlihatkan rangka plafond. Pola pflafond ini merupakan pola dengan rangka hollow 4/4 dan dengan 2 ketinggian yang berbeda, yaitu pada ketinggian +3.30 dan +3.50. pemasangan plafond ini menggunakan bahan gypsum.
      2. Pada gambar nomor 2 memperlihatkan bagaimana plafond gypsum yang sudah terpasang.
      Denah plafond Lantai 2

      Denah plafond Lantai 2

      Gambar denah plafond lantai 2:

      1. Dengan adanya void pada lantai 2 maka pada lantai 2 tidak diperlukan pemasangan plafond sehingga diatas taman tersebut akan langsung terdapat rangka atap dan juga atap.

      Pada plafond lantai 1 dan 2 terdapat 2 jenis pemasangan plafond. Perbedaan diantara keduanya adalah pada salah satu pemasangan plafond diberikan satu trap ke dalam sehingga akan memberikan kesan keindahan dalam ruang dan juga lampu dalam ruangan akan menyebar lebih baik dan tidak terlalu dekat dengan permukaan tanah.

      Selanjutnya akan dijelaskan mengenai berbagai jenis bukaan pintu dan jendela yang digunakan dalam desain rumah tinggal ini. Dalam penjelasan ini juga akan dijelaskan detail pintu dan jendela yang digunakan dalam desain ini.

      detail pintu dan jendela

      detail pintu dan jendela

      pola lantai pada lantai 2

      pola lantai pada lantai 2

      Gambar tersebut adalah rencana pntu jendela pada lantai 1 dan lantai 2. berikut akan dijelaskan keterangan pada rencana pintu dan jendela pada lantai 1 melalui nomor yang tertera dalam gambar:

      1. Pintu ini merupakan pintu yang digunakan untuk kamar tidur utama. Berikut adalah gambar detail dari pintu dengan kode P1 ini.

        . Berikut adalah gambar detail dari pintu dengan kode P1

        Berikut adalah gambar detail dari pintu dengan kode P1

      2. Pintu ini memiliki kode P2 dan digunakan di seluruh toilet di lantai 1 dan lantai 2. Pintu dengan kode P2 memiliki lebar yang lebih sempit daripada P1, karena juga peruntukkan ruangnya sebagai kamar mandi jadi tidak membutuhkan pintu ynag terlalu lebar.
      3. Pintu ini adalah pintu dengan jenis pintu geser yang digunakan pada ruang gudang. Ruang gudang ini memerlukan pintu yang dapat digeser karena ruang dalam gudang yan sempit maka juga tidak boleh terkurangi lagi dengan ruang untuk membuka pintu sehingga pintu geser ini yang digunakan untuk ruang gudang. Berikut adalah detail dari PG1.

        detail dari PG1

        detail dari PG1

      4. Pintu ini adalah jenis pintu lipat dengan kegunaan pada pintu menuju taman belakang. Pintu ii digunakan karena memiliki nilai estetika yang indah bila diletakkan di sisi luar. Pintu ini hanya berjumlah 1 di lantai 1. Berikut adalah detail dari PL 1
      5. Pintu ini adalah pintu jendela dimana dalam pintu juga terdapat jendela di sebelahnya. Pintu ini digunakan pada pintu utama yang merupakan akses menuju teras utama. Berikut adalah detail dari PJ1.

        Berikut adalah detail dari PJ1.

        Berikut adalah detail dari PJ1.

      6. Pintu ini juga berbentuk sama dengan pintu jendela 1 namun yang membedakan diantara keduanya hanyalah arah bukaannya yang mengarah keluar, sedangkan pada pintu utama mengarah ke dalam karena fungsinya sbagai akses utama dalam rumah tinggal tersebut. Berkut adalah detail dari PJ2.

        Berkut adalah detail dari PJ2.

        Berkut adalah detail dari PJ2.

      7. Pada nomor 7 menunjukkan bukaan jendela yang terpasang di sisi ruang tamu. Bukaan ini didesain tinggi dan lebar sehingga ruang tamu menjadi terlihat cerah dan dapat terkena sinar matahari secara langsung dan dapat membantu pencahayaan alami dalam ruang. Berikut adalah detail dari J1.

        Berikut adalah detail dari J1.

        Berikut adalah detail dari J1.

      8. Pada nomor 8 merupakan bukaan yang dipasangkan di ruang kamar tidur utama yang mengarah ke taman belakang. Berikut adalah detail dari J2.

        Berikut adalah detail dari J2

        Berikut adalah detail dari J2

      Selanjutnya akan dibahas mengenai keterangan pada rencana pintu dan jendela pada lantai 2:

      1. Pada nomor 1 menunjukkan mengenai bagaimana void pada lantai 2 yang dibawahnya terdapat taman semuanya terkelilingi oleh bukaan. Sehingga void dan taman ini juga menjadi spot utama dalam rumah ini. Karena dari bukaan tersebut pencahayaan alami dapat masuk kedalam rumah dan menyebar ke ruang ruang sekitarnya.
      2. Pada nomor 2 ini menunjukkan jendela berbentuk lebar yang terletak di dekat void. Jendela ini juga berfungsi untuk emmberikan pencahayaan alami kedalam ruang keluarga dan dari jendela tersebut juga user dapat melihat view taman belakang. Berikut adalah detail dari J4.

        Berikut adalah detail dari J4.

        Berikut adalah detail dari J4.

      3. Nomor 3 ini menjelaskan pada ruang keluarga yang terletak di lantai 2 ini juga dikelilingi oleh bukaan sehingga ruang ini mendapatkan banyak pencahayaan alami dari bukaan tersebut.
      4. jendela yang diberi kode P3 yang terdapat di sudut rumah. Jendela ini menerus sampai bawah dan memberikan tampilan yang cantik pada fasad rumah tinggal tersebut. Untuk detail dari J3 ini dapat dilihat bersamaan dengan detail J2 yang telah dijelaskan sebelumnya.

      Dari berbagai penjelasan dari situasi, denah, potongan, tampak, sampai pada detail bukaan pada desain tersebut, maka kita sudah dapat mengerti bagaimana kondisi bangunan dan juga seluk beluk bangunan. Selanjutnya perlu dketahui bagaimana struktur yang menopang bangunan tersebut, dan juga material apa saja yang digunakan sehingga dapat menciptakan struktur bangunan ruma tinggal minimalis 2 lantai ini.

      Untuk gambar pertama yang akan dibahas pada bagian strutur ini adalah rencana footplat. Penggunaan pondasi ini dikarenakan untuk membantu pondasi batu kali dalam emnopang beban karena bangunan terfiri lebih dari 1 antai, sehingga akan lebih aman apabila dibantu dengan pondasi ini. Berikut adalah gambar rencana footplat dan juga penjelasannya.

      gambar rencana footplat

      gambar rencana footplat

      Berikut akan dijelaskan keterangan nomor yang tertera pada gambar rencana footplat tersebut:

      1. footplat ini memiliki bentuk ¼ pondasi penuh. Penempatan pondasi dengan bentuk ini yaitu pada sudut sudut bangunan.
      2. Footplat bentuk ini merupakan footplat dengan bentuk ½ pondasi penuh. Pondasi jenis ini dapat digunakan pada bagian sisi tepi bangunan.
      3. Footplat bentuk ini merupakan pondasi dengan bentuk pondasi penuh. Pondasi bentuk ini dapat ditemukan di tengah tengah dan tentunya teppat dibawah kolom.

      Selanjutnya akan ditampilkan mengenai detail pondasi footplat.

      detail pondasi footplat

      detail pondasi footplat

      Kemudian selanjutnya akan dijelaskan rencana pondasi dan akan dijelaskan mengenai hal tersebut melalui gambar rencana pondasi. Dari rencana pondasi ini akan diketahui bagaimana bentuk pondasi dan peletakan pondasi dalam bangunan sehingga dapat menumpu beban di atasnya. Namun yang juga perlu diperhatikan adalah ketika ingin menggunakan pondasi dalam sebuah bangunan adalah bagaimana kondisi tanah dan juga kekuatan tanah, karena jenis pondasi yang digunakan harus sesuai dengan kondisi tanah pada site yang akan digunakan.

      Berikut adalah penjelasan dari gambar rencana pondasi:

      1. Menunjukkan tampak atas dari pondasi yang ditata secara menerus. Pondasi ini diletakkan dibawah kolom dan juga dinding yang menghubungkan antar kolom sehingga membentuk sebuah tatanan yang sesuai dengan ruang ruang dalam desain. pondasi yang dibuat menerus ini adalah pondasi batu kali.
      2. Menujukkan penggunaan pondasi rollag. Pondasi ini berfungsi untuk menumpu beban, dan selain itu juga jika penggunaannya pada teras maka juga berfungsi untuk menyeimbangkan posisi lantai sehingga tetap datar dan tidak amblas.
      Gambar tersebut merupakan gambar detail pondasi beserta ukuran pondasi.

      Gambar ini merupakan gambar detail pondasi beserta ukuran pondasi.

      Gambar tersebut merupakan gambar detail pondasi beserta ukuran pondasi.

      Gambar ini menunjukkan detail dan juga gambar 3 dimensi dari pondasi.

      Gambar ini menunjukkan detail dan juga gambar 3 dimensi dari pondasi.

      Gambar tersebut menunjukkan detail dan juga gambar 3 dimensi dari pondasi.

      Kemudian setelah mengetahui apa saja jenis pondasi dan juga rencana pondasi yang digunakan dalam desain bangunan maka selanjutnya akan dijelasnya peletakan kolom dalam bangunan sehingga akan dijelaskan dalam gambar rencana titik kolom pada lantai 1 dan 2.

      gambar rencana titik kolom pada lantai 1 dan 2.

      gambar rencana titik kolom pada lantai 1 dan 2.

      gambar rencana titik kolom pada lantai 1 dan 2.

      gambar rencana titik kolom pada lantai 1 dan 2.

      Berikut adalah keterangan dari gambar rencana kolom lantai 1 dan lantai 2 berdasarkan keterangan nomor yang tertera:

      1. Pada gambar 1 menunjukkan peletakan kolom 1. Kolom 1 ini diletakkan pada bagian yang menjadi tumpuan utama dalam bangunan. Kolom 1 ini kemudian akan diteruskan pada lantai 2 yang diatasnya digunakan sebagai tumpuan dari rangka atap. Kemudian untuk jarak kolom maksimal 3,5 meter karena agar balok yang menumpu juga tidak terlalu besar shingga tidak terlalu berat.
      2. Pada gambar 2 menunjukkan peletakan kolom praktis. Kolom Praktis berfungsi untuk membantu kolom utama dalam menopang beban yang ada diatasnya. Untuk jarak antar kolom dalam desain rumah tinggal adalah 3,5 m maksimal, sedangkan pada kasus desain ini jarak antar kolom adalah kurang dari 3 m (bervariasi), sehingga termasuk aman untuk penggunaan rumah tinggal.

      Kemudian berikut akan diberikan keterangan detail dari kolom utama dan kolom praktis:

      keterangan detail dari kolom utama dan kolom praktis

      keterangan detail dari kolom utama dan kolom praktis

      Kemudian selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana rencana pemasangan sloof pada bangunan ini. Sloof adalah struktur bangunan yang terletak diatas pondasi. Sedangkan fungsi dari sloof ini adalah untuk menyalurkan beban dari atas menuju pondasi sehingga beban yang ditumpu dapat tersalurkan kepada pondasi secara merata. Berikut adalah gambar rencana sloof pada lantai 1, lantai 2 dan juga atap.

      Berikut adalah gambar rencana sloof pada lantai 1, lantai 2 dan juga atap.

      Berikut adalah gambar rencana sloof pada lantai 1, lantai 2 dan juga atap.

      Pada rencana ring balk (sloof) pada lantai 1 dapat dilihat bahwa semua balok merupakan balok dengan dimensi 15/ 30. Alasan penggunaan balok dengan dimensi ini karena dalam lantai 1 yang menjadi dasar dan juga memiliki tumpuan paling berat sehingga dperlukan ukuran balok yang besar.

      Berikut adalah gambar rencana sloof pada lantai 1, lantai 2 dan juga atap.

      Berikut adalah gambar rencana sloof pada lantai 1, lantai 2 dan juga atap.

      Kemudian pada lantai 2 terdapat 2 tipe ringbalk yang digunakan, yaitu dengan keterangan nomor 1 dan 2.

      1. Pada nomor 1 menunjukkan sloof dengan dimensi 15/30
      2. Pada nomor 2 menunjukkan sloof dengan dimensi 15/20

      Pada kedua jenis tersebut sudah digunakan dalam lantai 2 namun pada ringbalk dengan dimensi 15/30 masih mendominasi penggunaan ringbalk di lantai 2. Namun karena beban yang ditumpu pada lantai 2 sudah tidak seberat lantai 1 maka dapat digunakan ringbalk dengan dimensi 15/20.

      ringbalk dengan dimensi 15/20

      ringbalk dengan dimensi 15/20

      Pada rencana ring balk atap juga masih menggunakan dua jenis ringbalk dengan dimensi yang sama yaitu 15/30 dan juga 15/20. Pada kedua jenis tersebut sudah digunakan dalam atap namun pada ringbalk dengan dimensi 15/20 yang mendominasi. Hal ini karena beban yang ditumpu pada atap sudah tidak seberat lantai 2 maka dapat digunakan ringbalk dengan dimensi 15/20.

      ringbalk dengan dimensi 15/20

      ringbalk dengan dimensi 15/20

      Kemudian setelah mengerti bagaimana rencana pemasangan ringbalk pada bangunan ini maka akan ditampilkan detail dari penulangan sloof dan juga balok pada bangunan ini.

      rencana ring balk atap

      rencana ring balk atap

      rencana ring balk atap

      rencana ring balk atap

      Selanjutnya akan dijelaskan mengenai plat lantai pada bangunan ini. Plat lantai sendiri merupakan sebuah konstruksi yang terbuat dari beton dan berfungsi sebagai pembatas antar lantai dalam bangunan. Karena dalam rumah ini memiliki 2 lantai maka rencana plat lantai pada rumah ini terdapat 2, yaitu rencana plat lantai pada lantai 2 dan juga pada atap. Selain itu plat lantai juga memiliki beberapa fungsi yaitu selain untuk memisahkan kedua lantai, juga untuk meredam suara yang adasehingga pada lantai 1 tidak bisa mendengar suara dari apa yang ada di lantai 2. Selain itu juga digunakan untuk meletakkan kabel dan jaringan lainnya untuk keperluan utilitas pada bnagunan. Lalu juga digunakan untuk menambah kekakuan pada bangunan. Berikut adalah gambar rencana plat latai pada rumah tinggal minimalis lantai 2.

      Pada lantai 2 ini rangka plat lantai yang digunakan adalah rangka tipe P12-150

      Pada lantai 2 ini rangka plat lantai yang digunakan adalah rangka tipe P12-150

      Pada lantai 2 ini rangka plat lantai yang digunakan adalah rangka tipe P12-150. Selanjutnya adalah penjelasan dari keterangan gambar rencana plat lantai lantai 2:

      1. Pada nomor 1 menunjukkan void pada bagian taman belakang sehingga tidak diperlukan adanya plat lantai.
      2. Pada nomor 2 menunjukkan tangga pada rumah tinggal tersebut sehingga juga tidak memerlukan plat lantai.

      Selain dari dua area diatas maka semua tempat tetap menggunakan plat lantai yang diikatkan pada kolom kolom yang menumpu bangunan tersebut. Selanjutnya akan ditampilkan detail dari plat lantai tersebut. Selain itu juga akan ditampilkan detail dari penulangan tangga.

      rangka tipe P12-150

      rangka tipe P12-150

      rangka tipe P12-150

      rangka tipe P12-150

      rangka tipe P12-150

      rangka tipe P12-150

      Kemudian yang terakhir akan dijelaskan dalam pembahasan struktur bangunan ini adalah mengenai rencana atap baja ringan sebagai penutup bangunan. Dalam pembahasan atap ini hanya akan dibahas mengenai baja ringan saja, karena atap dak beton dan kaca tidak menggunakan rangka atau sistem tertentu dalam pemasangannya. Berikut adalah gambar rencana atap baja ringan.

      Gambar dari rencana air bersih pada rumha tinggal

      Gambar dari rencana air bersih pada rumha tinggal

      Berikut adalah keterangan gambar dengan nomor:

      1. Menunjukkan rangka atap baja ringan pada atap utama, dari rangka tersebut terlihat cukup banyak gording yang diperlukan untuk menumpu kerangka yang dibutuhkan diatasnya, yaitu usuk dan juga reng.
      2. Pada nomor 2 juga menunjukkan kerangka atap pada anak atap yang terletak di sudut bangunan. Pada kerangka ini tidak diperlukan banyak gording karena tidak terlalu luas.
      3. Pada nomor 3 menunjukkan gording yang disusun secara rapi dan juga tepat menumpu pada balok yang ada dibawahnya.

      Dari berbagai penjelasan diatas maka sudah dijelaskan mengenai struktur bangunan rumah tinggal minimalis 2 lantai. Kemudian selanjutnya untuk mengetahui lebih dalam mengenai bangunan tersebut maka juga akan dijelaskan bagaimana struktur utilitas yang diaplikasikan dalam bangunan tersebut. Berikut adalah beberapa uraian mengenai utilitas bangunan rumah tinggal minimalis 2 lantai.

      Pertama yang akan dibahas adalah mengenai rencana air bersih. Pada rumah tinggal ini air dapat berasal dari sumur air bersih kemudian ditarik naik menuju atap yang kemudian disimpan ke dalam tangki air. Lalu dar tangki tersebut baru didistribusikan ke dalam kebutuhan yang ada di atas atap tersebut. Kemudian untuk kebutuhan air sehari hari yang digunakan pada kamar mandi dan juga dapur maka menggunakan air dari sumur secara langsung yang disalukan melalui pipa. Dengan adanya penggunaan sistem tersebut maka juga memiliki beberapa keuntungan, diataranya adalah dengan menggunakan sistem tersebut maka di dalam rumah tersebut dapat memiliki simpanan air yang cukup jika terjadi hal pada sumur. Berikut adalah penjelasan dari rencana air bersih pada rumha tinggal ini dengan gambar:

      Gambar dari rencana air bersih pada rumah Lantai 2

      Gambar dari rencana air bersih pada rumah Lantai 2

      Berikut adalah penjelasan dari gambar rencana air bersih lantai 1:

      1. Nomor 1 merupakan SAB atau sumur ais bersih yang menjadi sumber dari air bersih yang akan digunakan oleh user untuk kegiatan sehari-hari.
      2. Pada nomor 2 merupakan pipa air yang mendistribusikan air sumur tersebut menuju atas di atap untuk disimpan kedalam tengki air dan juga untuk kebutuhan air sehari hari.
      3. Nomor 3 menunjukkan adanya penggunaan pompa air. Sehingga ketika air ingin didistribusikan menuju ruang ruang yang membutuhkan air maka harus membuka pmpa iar tersebut terlebih dahulu.
      rencana air bersih pada atap

      rencana air bersih pada atap

      Selanjutnya adalah penjelasan dari gambar rencana air bersih lantai 2:

      1. Pada nomor 1 menunjukkan mengenai pipa distribusi yang berasal dari sumur air bersih yang masuk dari lantai 1 dan kemudian naik ke lantai 2 dan mendistribusikan ke kamar mandi di area lantai 2.
      2. Pada nomor 2 menunjukkan pipa air yang sudah sampai pada kamar mandi dan kemudian sudah siap untuk digunakan untuk bak mandi ataupun closet duduk.
      rencana air bersih pada atap

      rencana air bersih pada atap

      Selanjutnya adalah penjelasan mengenai rencana air bersih pada atap:

      1. Menunjukkan pipa air dari water torn yang kemudian dapat masuk ke area atap untuk kegunaan lain yaitu pada bagian atap.
      2. Menunjukkan tangki air yang menjadi tempat menyimpan air yang berasal dari sumur air bersih dan dimasukkan melalui pipa distribusi.
      3. Menunjukkan pipa suplay yang mensuplai air dari sumur air bersih menuju ke tangki tersebut.
      4. Menunjukkan adanya air yang dpaat dialirkan diatas atap menuju ke bawah.

      Selanjutnya setelah mengerti bagaimana sistem air bersih yang digunakan dalam rumah ringgal tersebut maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai sistem air kotor. Sumber air kotor dalam rumah ini berasal dari kamar mandi dan juga dapur yang digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Kemudian terdapat satu hal yang menarik dari rumah ini, yaitu adanya penggunaan resapan air hujan. Selanjutnya untuk penjelasannya akan dijelaskan memalui gambar rencana air kotor.

      rencana air kotor lantai 1:

      rencana air kotor lantai 1:

      Berikut adalah keterangan dari rencana air kotor lantai 1:

      1. Menunjukkan tempat peresapan air hujan. Nantinya dari air hujan tersebut dapat diolah dan bisa digunakan kembali untuk keperluan taman, dan sebagainya.
      2. Merupakan pipa yang berasal dari sumber air kotor dan kemudian akan diarahkan ke bak control. Sumber air kotor tersebut berasal dari kamar mandi dan dapur.
      3. Merupakan pipa saluran air tinja yang membawa tinja dari kamar mandi menuju saptictank.
      4. Menunjukkan bak control yang merupakan tempat menampung air kotor yang berasal dari kamar mandi dan dapur. Peletakan bak control ini diletakkan diluar rumah sehingga dapat dikosongkan dengan mudah.
      5. Menunjukkan bak peresapan yang juga berasal dari bak control dan septic tank. Peletakan bak peresapan ini juga berada di area luar rumah
      6. Menunjukkan septic tank yang merupakan tempat penampungan tija yang bersal dari kamar mandi dan didistribusikan melalui pipa saluran tinja.
      7. Menunjukkan pipa saluran air hujan ayng berasal dari atap dan turun ke bawah lalu ditampung di peresapan air hujan.
      8. Menunjukkan peresapan air hujan yang juga terletak di sisi depan rumah tinggal.
      dari rencana air kotor lantai 2

      dari rencana air kotor lantai 2

      Berikut adalah penjelasan dari rencana air kotor lantai 2:

      1. Menunjukkan adanya lubang untuk pipa yang merupakan terusan dari aarh atap yang membawa air hujan yang kemudian disalurkan menuju peresapan air hujan.
      2. Menunjukkan air dari toilet yang juga kemudian disalurkan ke resapan air hujan.

      Selanjutnya akan dijelaskan mengenai detail dari septic tank, sumur resapam, dan juga bak control.

      detail dari septic tank, sumur resapam, dan juga bak control.

      detail dari septic tank, sumur resapam, dan juga bak control.

      detail dari septic tank, sumur resapam, dan juga bak control.

      detail dari septic tank, sumur resapam, dan juga bak control.

      Selanjutnya akan dibahas menenai rencana instalasi listrik pada rumah tinggal ini. Berikut akan dijelasakn melalui gambar rencana instaliasi listrik pada lantai 1 dan lantai 2.

      gambar rencana instaliasi listrik pada lantai 1 dan lantai 2

      gambar rencana instaliasi listrik pada lantai 1 dan lantai 2

      Berikut adalah keterangan dari gambar rencana instalasi listrik lantai 1:

      1. Menunjukkan penggunaan lampu di ruang kamar tidur. lampu yang digunakan pada seluruh lantai ini terdapat 2 buah lampu. Lampu tersebut adalah lampu SL 18W yang dipasang outbow dan lampu downlight. Terdapat 1 jenis lampu yang hanya digunakan pada ruang tamu, yaitu lampu jenis downlight. Karena dengan adanya jenis lampu ini maka dapat memperindah interior dari ruang tersebut.
      2. Menunjukkan adanya saklar ganda250V / 6A yang dipasang inbow dan dengan ketinggian 160 cm dari lantai.
      3. Menunjukkan adanya saklar tunggal 250V / 6A yang dipasang inbow dan dengan ketinggian 160 cm dari lantai.
      4. Menunjukkan adanya stop kontak 250V / 10A yang dipasang inbow dan dengan ketinggian 160 cm dari lantai.
      5. Menunjukkan kabel instalasi lampu/ stop kontak NYM/ NYA 2×2, 5mm2.

      Selain dari yang telah disebutkan diatas terdapat juga meteran listrik dan juga sekering yang terdapat di area depan rumah didekat teras depan.

      gambar rencana instalasi listrik lantai 1

      gambar rencana instalasi listrik lantai 1

      Berikut adalah keterangan dari gambar rencana instalasi listrik lantai 2:

      1. Menunjukkan penggunaan lampu di ruang kamar tidur. lampu yang digunakan pada seluruh lantai ini terdapat 2 buah lampu. Lampu tersebut adalah lampu SL 18W yang dipasang outbow dan lampu downlight. Terdapat 1 jenis lampu yang hanya digunakan pada ruang tamu, yaitu lampu jenis downlight. Karena dengan adanya jenis lampu ini maka dapat memperindah interior dari ruang tersebut.
      2. Menunjukkan adanya saklar ganda250V / 6A yang dipasang inbow dan dengan ketinggian 160 cm dari lantai.
      3. Menunjukkan adanya saklar tunggal 250V / 6A yang dipasang inbow dan dengan ketinggian 160 cm dari lantai.
      4. Menunjukkan adanya stop kontak 250V / 10A yang dipasang inbow dan dengan ketinggian 160 cm dari lantai.
      5. Menunjukkan kabel instalasi lampu/ stop kontak NYM/ NYA 2×2, 5mm2.

      Kemudian yang selanjutnya akan dibahas adalah pembahasan rencana instalasi AC pada rumah ini. Pemasagan AC pada rumah ini juga yang menentukan bagaimana peletakan ruang dalam rumah tersebut. Karena dalam peletakan AC juga memerlukan adanya buangan air AC yang tidak boleh dibuang sembarangan, sehingga diperlukan pemilikiran yang matang dalam pemasangan AC tersebut. Berikut adalah gambar rencana instalasi AC pada rumah tinggal tersebut.

      gambar rencana instalasi listrik lantai 1

      gambar rencana instalasi listrik lantai 1

      Untuk penggunaan AC pada lantai 1 hanya pada area kamar utama saja. Dalam sebuah kamar tidur tentu harus memiliki nilai kenyamanan yang tinggi karena ruang tersebut digunakan sebagai tempat istirahat sehari hari, sehingga diperlukan pemasangan AC dalam ruang tersebut. Selain itu juga dalam ruang ruang yang lainnya masih mendapatkan penghawaan alami dari arah taman dan juga teras. Berikut adalah keterangan dari gambar instalasi AC lantai 1:

      1. Menunjukkan tempat pembuangan air AC yang terletak di taman belakang
      2. Menunjukkan pemasangan AC yang terletak di ruang kamar tidur utama
      gambar rencana instalasi AC lantai 2

      gambar rencana instalasi AC lantai 2

      Selanjutnya pada pemasangan AC di lantai 2 juga hanya terdapat di ruang kamar tidur saja dan pembuangannya juga kearah void yang dibawahnya terdapat taman belakang. Berikut adalah keterangan dari gambar rencana instalasi AC lantai 2:

      1. Menunjukkan pipa pembuangan AC yang kemudian dibuang di taman belakang
      2. Menunjukkan pemasangan AC yang terletak di ruang kamar tidur

      Kemudian yang akan dibahas terakhir dalam pembahasan tentang utilitas bangunan ini adalah pemasnagan CCTV pada rumah ini. Karena dalam pembuatan sebuah rumah tinggal yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana aspek keamanan dalam sebuah lingkungan dari rumah tinggal tersebut. Oleh karena itu untuk mengindari hal hal yang tidak diinginkan maka dipasanglah CCTV tersebut. Berikut adalah rencana pemasangan CCTV dalam rumah tinggal minimalis 2 lantai.

      gambar rencana istalasi CCTV

      gambar rencana istalasi CCTV

      Berikut adalah keterangan dari gambar rencana istalasi CCTV:

      1. Menunjukkan sever instalasi CCTV yang merupakan sumber dari computer untuk mengatur semua CCTV di dalam rumah tinggal tersebut. Untuk lokasi sever ini berada di kamar tidur utama karena dalam ruang ini hanya ditempati oleh kepala keluarga dalam rumah tersbut.
      2. Menunjukkan kabel dari instalasi CCTV yang berasal dari server menuju ke lokasi pemasangan CCTV.
      3. Menunjukkan pemasangan CCTV di 2 area dalam rumah tinggal tersebut. Area pemasangan CCTV tersebut ada di kedua teras rumah yaitu di teras utama yang terletak di dekat pintu masuk utama dan teras yang berada di dekat ruang makan dan dapur.



      Tips desain interior untuk Kota Subang di Jawa Barat

      Desain Dapur Tradisional Yang Mewah

      Desain Dapur Tradisional Yang Mewah | Bagaimana ide untuk desain dapur anda ? disini saya berikan beberapa gambar dapur tradisional yang bisa dijadikan inspirasi dan alternatif bagi anda untuk menentukan desain ruangan dapur yang anda miliki. Meskipun menggunakan konsep desain dapur tradisional namun tetap terlihat indah, mewah dan modern.

      Dapur tradisional masih menjadi pilihan sejumlah keluarga muda. Hal ini dikarenakan desainnya yang elegan, hangat dan mencerminkan kepribadian pemilik rumah yang mendambakan keindahan dan kenyamanan. Dapur merupakan salah satu kebutuhan yang vital sebuah rumah tangga. Dapur juga merupakan urat nadi sebuah rumah untuk mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan ruang servis. Desain penataan dapur adalah salah satu gaya tradisional.

      Dengan gaya tradisional memungkinkan Anda untuk mencampur dan mencocokkan lapisan secara detail, termasuk warna dan tekstur. Umumnya dapur tradisional dirancang dengan menggunakan countertop dari granit, kayu balok yang ada di langit-langit serta bingkai kayu yang ada di sisi masing-masing kompor.

      Desain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDemikian beberapa desain dapur tradisional yang bisa dijadikan inspirasi untuk ruangan dapur Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat
      Tips Menata Dapur Sempit Lebih Efektif

      Dapur yang berukuran relatif kecil bukan suatu masalah. Dapur bisa menjadi efektif bila penggunanya mengetahui cara menyiasati ruang dapur sempit agar terkesan lega. Pada ungkapan ”ukuran adalah segalanya” tidak bisa diterapkan di dalam dapur. Anda tidak perlu membutuhkan ruangan yang besar untuk membuat dapur berfungsi dengan baik dan nyaman. Jika Anda masih ragu, ada beberapa cara mudah membuat dapur mungil jauh lebih nyaman dan fungsional.

      Menata Dapur yang Sempit
      Sebelum Anda mulai membuat dapur mungil lebih efektif, yakinlah terlebih dahulu bahwa bagaimana pun bentuk, ukuran dapur maupun peralatan dapur, semua itu tetap baik. Seorang chef terkenal Mario Batali pernah berkata, “Hanya yang tidak dapat memasak yang akan menyalahkan peralatan memasak. Saya dapat membuat semua masakan di restoran saya dengan pemanggang listrik tidak bagus dan oven biasa.” Berikut cara mensiasati ruang dapur yang sempit.

      1. Temukan tempat untuk semua barang Anda di dapur. Kerapian adalah hal pertama dan terpenting dalam membuat ruang yang berukuran terbatas menjadi efisien.
      2. Bukalah pikiran Anda dan berilah kesempatan agar pakem yang selama ini Anda gunakan untuk menata dapur dapat diubah. Misalnya dengan melepas pintu lemari dapur dan membiarkan isi lemari bisa terlihat dengan mudah. Jika tidak mau membiarkan lemari dapur terbuka, Anda dapat menggunakan pintu kaca.
      3. Ciptakan kohesi untuk memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Tumpukan barang seperti piring membuat dapur tampak penuh. Solusinya, berikan warna cat dinding dengan warna putih dan gunakan piring dengan warna putih pula. Piring yang menumpuk akan tampak menghilang dan membuat dapur Anda terasa lebih rapi dan luas.
      4. Sesuaikan ukuran serta jumlah peralatan memasak atau peralatan makan-minum dengan luas dapur. Jika Anda hidup sendiri, tidak perlu menggunakan penanak nasi (rice cooker) yang berukuran besar. Anda pun juga belum tentu membutuhkan dua lusin piring dan gelas berukuran besar.
      5. Buatlah dapur terang. Usahakan dapur memiliki akses ke sinar matahari, serta berikan juga pencahayaan artifisial. Ruang dapur yang gelap akan lebih lembab. Terlebih lagi, jika dapur sama sekali tidak mempunyai akses ke sinar matahari alami. Pastikan juga permukaan meja dapur (countertop ) juga tidak gelap. Anda dapat memberikan lampu pada bagian bawah lemari dapur. Cara ini bisa membuat kegiatan masak-memasak lebih mudah.
      6. Gunakan furnitur multi guna seperti menempatkan meja kecil di dapur. Hal ini merupakan ide yang baik untuk dapur berukuran mungil. Gunakan meja sebagai island atau permukaan tambahan memasak dan juga gunakan untuk menyantap makanan. Tentu akan lebih fungsional dan hemat tempat.
      Bagaimana dengan cara menata ruang dapur sempit diatas? Alternatif bagi yang memiliki ruang dapur terbatas bisa juga memilih menggunakan desain dapur minimalis. Semoga membantu.

      Jasa Desain Rumah Interior Subang di Jawa Barat

       

      Desain Kamar Tidur Terbaru

      Menata kamar tidur terkadang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Anda bisa membuat kamar tidur yang sesuai dengan impian anda. Untuk membuat kamar tidur yang indah, tidak bisa terlepas dari berbagai hal yang mendukung kamar tidur. Ada tempat tidur, lemari pakaian, meja dan masih banyak lainnya. Sekarang sudah banyak sekali desain kamar minimalis yang bisa anda jadikan referensi. Ada yang model modern, elegan, klasik, natural, princes dan masih banyak lainnya. Semua impian anda bisa tersampaikan jika kamar anda luas dan besar. Lalu bagaimana jika kamar anda sempit. Berikut tips menata kamar tidur yang sempit sesuai dengan impian.

      Desain Jendela Kamar Tidur

      Jendela bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat kamar tidur anda menjadi lebih luas. Buat desain jendela dengan menggunakan kaca yang bening, sehingga cahaya akan lebih banyak masuk ke kamar. Bila perlu gunakan model jendela yang bisa dibuka tutup, sehingga udara juga bisa masuk ke kamar anda dan membuat kamar anda lebih segar. Model jendela seperti cocok untuk desain kamar mininalis. Pada desain kamar minimalis 2015, lebih banyak menggunakan jendela-jendela berukuran besar untuk kamar minimalis yang sempit. Anda bisa menambahkan gorden di jendela untuk kesan yang lebih rapi.

      Walpaper dinding

      Jika anda bosen menggunakan cat warna dinding yang itu-itu saja. Anda bisa berekperimen dengan desain kamar minimalis anda dengan menggunakan wallpaper dinding. Pilihlah wallpaper dinding yang memiliki corak yang tidak begitu ramai, supaya kamar tidur anda tetap terlihat rapi. Selain itu pilihlah juga wallpaper dinding yang berwarna cerah, untuk membuat kamar tidur terlihat lebih luas. Selain itu anda juga bisa menggabungkan wallpaper dinding dengan cat dinding yang mempunyai warna sesuai. Wallpaper dinding ini, juga sangat cocok diterapkan pada kamar tidur anak anda yang mempunyai desain kamar minimalis 3×4.

      Tata Letak Dan Jenis Furniture

      Sebuah kamar tanpa tambahan furniture didalamnya akan terlihat hampa. Anda bisa menambahkan beberapa furniture untuk membuat desain kamar minimalis. Pilihlah furniture yang mempunyai desain minimalis. Tak perlu terlalu besar dan juga tak perlu memberikan terlalu banyak furniture. Anda bisa menambahkan lemari pakaian yang bisa digabung tempat tempat rias. Beberapa rak buku yang menggantung, meja kecil dan karpet bulu. Semua furniture tersebut sudah bisa membuat kamar tidur anda lebih nyaman dan rapi. Tata letak furniture juga harus anda perhatikan. Untuk desain kamar minimalis sederhana, letakkan furniture di satu garis. Jangan menyebar diberbagai tempat.

      Hiasan kamar tidur akan membuat desain kamar minimalis anda lebih menarik. Anda bisa menambahkan beberapa hiasan seperti lampu tidur gantung, lukisan atau barang-barang koleksi anda. Tidak perlu memberikan terlalu banyak furniture. Selain itu letakkan hiasan tersebut disatu tempat, supaya kamar tidur anda tidak terlihat berantakan. Beberapa hiasan akan membuat desain kamar minimalis kecil anda menjadi lebih rapi, menarik dan nyaman. Cari hiasan yang sesuai dengan tema kamar tidur anda.

      Barang-barang yang tidak digunakan lebih baik diletakkan digudang saja. Tata dengan rapi setiap furniture di kamar tidur anda. Seperti buku-buku koleksi anda, susun dengan baik dan benar. Bersihkan kamar tidur anda setiap hari, supaya desain kamar minimalis anda tetap rapi. Anda juga bisa menggunakan kaca besar untuk membuat kamar tidur sempit anda menjadi lebih luas. Sekian artikel tentang menata desain kamar tidur sempit. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

      Tips desain interior untuk Kota Bandung

      Desain Dapur Tradisional Yang Mewah

      Desain Dapur Tradisional Yang Mewah | Bagaimana ide untuk desain dapur anda ? disini saya berikan beberapa gambar dapur tradisional yang bisa dijadikan inspirasi dan alternatif bagi anda untuk menentukan desain ruangan dapur yang anda miliki. Meskipun menggunakan konsep desain dapur tradisional namun tetap terlihat indah, mewah dan modern.

      Dapur tradisional masih menjadi pilihan sejumlah keluarga muda. Hal ini dikarenakan desainnya yang elegan, hangat dan mencerminkan kepribadian pemilik rumah yang mendambakan keindahan dan kenyamanan. Dapur merupakan salah satu kebutuhan yang vital sebuah rumah tangga. Dapur juga merupakan urat nadi sebuah rumah untuk mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan ruang servis. Desain penataan dapur adalah salah satu gaya tradisional.

      Dengan gaya tradisional memungkinkan Anda untuk mencampur dan mencocokkan lapisan secara detail, termasuk warna dan tekstur. Umumnya dapur tradisional dirancang dengan menggunakan countertop dari granit, kayu balok yang ada di langit-langit serta bingkai kayu yang ada di sisi masing-masing kompor.

      Desain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDesain Dapur TradisionalDemikian beberapa desain dapur tradisional yang bisa dijadikan inspirasi untuk ruangan dapur Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat

      Tips Menata Dapur Sempit Lebih Efektif

      Dapur yang berukuran relatif kecil bukan suatu masalah. Dapur bisa menjadi efektif bila penggunanya mengetahui cara menyiasati ruang dapur sempit agar terkesan lega. Pada ungkapan ”ukuran adalah segalanya” tidak bisa diterapkan di dalam dapur. Anda tidak perlu membutuhkan ruangan yang besar untuk membuat dapur berfungsi dengan baik dan nyaman. Jika Anda masih ragu, ada beberapa cara mudah membuat dapur mungil jauh lebih nyaman dan fungsional.

      Menata Dapur yang Sempit
      Sebelum Anda mulai membuat dapur mungil lebih efektif, yakinlah terlebih dahulu bahwa bagaimana pun bentuk, ukuran dapur maupun peralatan dapur, semua itu tetap baik. Seorang chef terkenal Mario Batali pernah berkata, “Hanya yang tidak dapat memasak yang akan menyalahkan peralatan memasak. Saya dapat membuat semua masakan di restoran saya dengan pemanggang listrik tidak bagus dan oven biasa.” Berikut cara mensiasati ruang dapur yang sempit.

      1. Temukan tempat untuk semua barang Anda di dapur. Kerapian adalah hal pertama dan terpenting dalam membuat ruang yang berukuran terbatas menjadi efisien.
      2. Bukalah pikiran Anda dan berilah kesempatan agar pakem yang selama ini Anda gunakan untuk menata dapur dapat diubah. Misalnya dengan melepas pintu lemari dapur dan membiarkan isi lemari bisa terlihat dengan mudah. Jika tidak mau membiarkan lemari dapur terbuka, Anda dapat menggunakan pintu kaca.
      3. Ciptakan kohesi untuk memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Tumpukan barang seperti piring membuat dapur tampak penuh. Solusinya, berikan warna cat dinding dengan warna putih dan gunakan piring dengan warna putih pula. Piring yang menumpuk akan tampak menghilang dan membuat dapur Anda terasa lebih rapi dan luas.
      4. Sesuaikan ukuran serta jumlah peralatan memasak atau peralatan makan-minum dengan luas dapur. Jika Anda hidup sendiri, tidak perlu menggunakan penanak nasi (rice cooker) yang berukuran besar. Anda pun juga belum tentu membutuhkan dua lusin piring dan gelas berukuran besar.
      5. Buatlah dapur terang. Usahakan dapur memiliki akses ke sinar matahari, serta berikan juga pencahayaan artifisial. Ruang dapur yang gelap akan lebih lembab. Terlebih lagi, jika dapur sama sekali tidak mempunyai akses ke sinar matahari alami. Pastikan juga permukaan meja dapur (countertop ) juga tidak gelap. Anda dapat memberikan lampu pada bagian bawah lemari dapur. Cara ini bisa membuat kegiatan masak-memasak lebih mudah.
      6. Gunakan furnitur multi guna seperti menempatkan meja kecil di dapur. Hal ini merupakan ide yang baik untuk dapur berukuran mungil. Gunakan meja sebagai island atau permukaan tambahan memasak dan juga gunakan untuk menyantap makanan. Tentu akan lebih fungsional dan hemat tempat.
      Bagaimana dengan cara menata ruang dapur sempit diatas? Alternatif bagi yang memiliki ruang dapur terbatas bisa juga memilih menggunakan desain dapur minimalis. Semoga membantu.

      Jasa Arsitek Bandung Interior Bandung

       

      Desain Kamar Tidur Terbaru

      Menata kamar tidur terkadang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Anda bisa membuat kamar tidur yang sesuai dengan impian anda. Untuk membuat kamar tidur yang indah, tidak bisa terlepas dari berbagai hal yang mendukung kamar tidur. Ada tempat tidur, lemari pakaian, meja dan masih banyak lainnya. Sekarang sudah banyak sekali desain kamar minimalis yang bisa anda jadikan referensi. Ada yang model modern, elegan, klasik, natural, princes dan masih banyak lainnya. Semua impian anda bisa tersampaikan jika kamar anda luas dan besar. Lalu bagaimana jika kamar anda sempit. Berikut tips menata kamar tidur yang sempit sesuai dengan impian.

      Desain Jendela Kamar Tidur

      Jendela bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat kamar tidur anda menjadi lebih luas. Buat desain jendela dengan menggunakan kaca yang bening, sehingga cahaya akan lebih banyak masuk ke kamar. Bila perlu gunakan model jendela yang bisa dibuka tutup, sehingga udara juga bisa masuk ke kamar anda dan membuat kamar anda lebih segar. Model jendela seperti cocok untuk desain kamar mininalis. Pada desain kamar minimalis 2015, lebih banyak menggunakan jendela-jendela berukuran besar untuk kamar minimalis yang sempit. Anda bisa menambahkan gorden di jendela untuk kesan yang lebih rapi.

      Walpaper dinding

      Jika anda bosen menggunakan cat warna dinding yang itu-itu saja. Anda bisa berekperimen dengan desain kamar minimalis anda dengan menggunakan wallpaper dinding. Pilihlah wallpaper dinding yang memiliki corak yang tidak begitu ramai, supaya kamar tidur anda tetap terlihat rapi. Selain itu pilihlah juga wallpaper dinding yang berwarna cerah, untuk membuat kamar tidur terlihat lebih luas. Selain itu anda juga bisa menggabungkan wallpaper dinding dengan cat dinding yang mempunyai warna sesuai. Wallpaper dinding ini, juga sangat cocok diterapkan pada kamar tidur anak anda yang mempunyai desain kamar minimalis 3×4.

      Tata Letak Dan Jenis Furniture

      Sebuah kamar tanpa tambahan furniture didalamnya akan terlihat hampa. Anda bisa menambahkan beberapa furniture untuk membuat desain kamar minimalis. Pilihlah furniture yang mempunyai desain minimalis. Tak perlu terlalu besar dan juga tak perlu memberikan terlalu banyak furniture. Anda bisa menambahkan lemari pakaian yang bisa digabung tempat tempat rias. Beberapa rak buku yang menggantung, meja kecil dan karpet bulu. Semua furniture tersebut sudah bisa membuat kamar tidur anda lebih nyaman dan rapi. Tata letak furniture juga harus anda perhatikan. Untuk desain kamar minimalis sederhana, letakkan furniture di satu garis. Jangan menyebar diberbagai tempat.

      Hiasan kamar tidur akan membuat desain kamar minimalis anda lebih menarik. Anda bisa menambahkan beberapa hiasan seperti lampu tidur gantung, lukisan atau barang-barang koleksi anda. Tidak perlu memberikan terlalu banyak furniture. Selain itu letakkan hiasan tersebut disatu tempat, supaya kamar tidur anda tidak terlihat berantakan. Beberapa hiasan akan membuat desain kamar minimalis kecil anda menjadi lebih rapi, menarik dan nyaman. Cari hiasan yang sesuai dengan tema kamar tidur anda.

      Barang-barang yang tidak digunakan lebih baik diletakkan digudang saja. Tata dengan rapi setiap furniture di kamar tidur anda. Seperti buku-buku koleksi anda, susun dengan baik dan benar. Bersihkan kamar tidur anda setiap hari, supaya desain kamar minimalis anda tetap rapi. Anda juga bisa menggunakan kaca besar untuk membuat kamar tidur sempit anda menjadi lebih luas. Sekian artikel tentang menata desain kamar tidur sempit. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.


      FENGSHUI RUMAH ANGKER: MENENTUKAN JENIS HANTU DI RUMAH ANGKER

      Sebelum mengawali pembahasan ini,  akan memperkenalkan dulu dua jenis bagua, yang disebut bagua awal (xiantian bagua) dan bagua belakangan (houtian bagua) . Adapun susunan bagua awal (Xiantian bagua) adalah sebagai berikut:

      Sedangkan susunan bagua belakangan (Houtian bagua) adalah sebagai berikut:

      Jika digambarkan dalam bentuk diagram akan menjadi:

      Kita tidak akan mengulas lebih jauh mengenai asal usul dan seluk beluk bagua ini, karena tak relevan dengan pembasan kita. Agar jelas kita kelak akan langsung menerapkannya pada berbagai kasus. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengaitkan masing-masing gua di atas dengan hantu yang ada berdasarkan sektor. Hubungannya adalah sebagai berikut:

      1. Ayah, hantunya adalah pria tua atau kakek-kakek.
      2. Putera sulung, hantunya adalah pria yang berusia kurang lebih 40-50 an.
      3. Putera tengah, hantunya adalah pria remaja atau pemuda.
      4. Putera bungsu, hantunya adalah anak kecil laki-laki.
      5. Ibu, hantunya adalah wanita tua atau nenek-nenek.
      6. Puteri sulung, hantunya adalah wanita yang berusia kurang lebih 40-50 an.
      7. Puteri tengah, hantunya adalah wanita remaja atau pemudi.
      8. Puteri bungsu, hantunya adalah anak kecil perempuan.

      Caranya adalah menentukan sektor mana yang berhantu di sebuah rumah, dan mencocokkan apakah hantunya sesuai dengan tabel di atas. Adapun bagua yang digunakan adalah kedua-duanya. Ada yang cocok dengan bagua awal dan ada pula yang cocok dengan bagua belakangan

      Denah yang diberikan akan digambar ulang dan disederhanakan. Segenap rincian tidak akan ditampilkan dengan alasan privacy. Nama-nama responden juga tidak akan disebutkan. Saya mengucapkan banyak terima kasih pada para responden yang telah berpartisipasi pada penelitian ini.

      RESPONDEN 1

      Denah rumahnya (telah disederhanakan dan semua rincian letak ruangan tidak ditampilkan) adalah sebagai berikut:

      Responden satu memberikan keterangan sebagai berikut:

      1. Di kamar mandi terdapat hantu wanita berambut panjang
      2. Di ruang makan tidak jelas hantunya apa.
      3. Di ruang TV, hantunya wanita yang kelihatan sedang berputar-putar di sekitar trampolin depan TV.
      4. Di bangunan belakang, termasuk garasi dan kantor semua hantunya pria. Ada yang badannya besar sekali. Hantu berbadan besar ini dahulu lokasinya ada di depan, sekarang pindah ke belakang.

      Ulasan:

      Jika diperhatikan denah di atas, maka kamar mandinya, termasuk dalam sektor Xun (tenggara) yang dilambangkan dengan puteri tertua, maka hantunya adalah wanita berambut panjang, sehingga sesuai dengan rumusan di atas. Di ruang TV, jatuh pada sektor Li (selatan), yang dilambangkan dengan puteri tengah, maka hantunya juga wanita. Nampaknya ini adalah wanita remaja. Sesuai pula dengan rumusan di atas, hantu pada bagian belakang, yakni sektor Kan (utara), hantunya juga semuanya pria. Selain itu, bagian belakang rumah juga ditempati oleh sektor Gen dan Qian. Dengan demikian, rumah ini menggunakan bagua belakangan (houtian bagua). Hantu orang tinggi besar yang awalnya di bagian depan, tetapi pindah ke utara, karena Bandung energi yang sesuai baginya memang di bagian belakang rumah tersebut.

      RESPONDEN 2

      Tidak menyertakan denah. Sehingga tidak disertakan gambar denahnya. Responden 2 memberikan keterangan sebagai berikut:

      1. Rumah menghadap ke timur.
      2. Di bagian selatan sering ada hantu anak kecil bermain dan tertawa seperti mengobrol tidak jelas pada tengah malam.
      3. Di bagian barat daya sering ada hantu nenek-nenek tapi sudah lama pergi.
      4. Di kamar di bagian barat dan barat laut yg sering datang biasanya perempuan, dan sekelebat bayangan yang tidak diketahui jenisnya.

      5.Di kamar bawah bagian selatan juga pernah ada sesosok perempuan yang tiba-tiba duduk diatas kasur. Di timur laut terdapat hantu perempuan yang oleh orang disebut kuntilanak, yang mendirikan bulu roma. Hantu ini terkadang mengeluarkan suara.

      Ulasan:

      Hantu anak-anak yang bermain dan tertawa di bagian selatan tidak diketahui apakah laki-laki atau perempuan. Namun kalau mengingat lokasinya di selatan, yakni sektor Li, maka kemungkinan itu adalah hantu perempuan remaja. Di barat daya, yang seharusnya adalah sektor Qian, yang dilambangkan dengan ayah, jadi energinya tidak sesuai dengan hantu nenek-nenek tersebut, sehingga ia akhirnya pergi. Sektor barat dan barat laut, masing-masing diduduki oleh Dui dan Kun, yang masing-masing dilambangkan sebagai puteri bungsu dan ibu. Dengan demikian, tak mengherankan jika hantunya adalah perempuan. Kamar bagian selatan, terletak pada sektor Li, yang dilambangkan dengan puteri tengah; maka hantunya juga wanita muda. Berdasarkan analisa di atas, maka rumah ini nampaknya sesuai dengan bagua belakangan (houtian bagua)