Jasa Arsitek Bekasi Murah

jasa arsitek bekasi

CENTER POINT ARSITEK menerima jasa Desain Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan dan didukung oleh tenaga – tenaga Arsitek , Sipil dan Tukang Bangunan berpengalaman, telah puluhan tahun bekerja dan berkarya di bidang Rancang Bangun Perumahan ( Perumahan Mewah, Perumahan Sedang, maupun Perumahan Sederhana ) meliputi Bangun rumah, Renovasi rumah.
Berbagai macam pertimbangkan mungkin sudah banyak tertampung dipikiran anda. Mulai dari mempertimbangkan berapa banyak Biaya Pembangunan Rumah dan Team kita akan mengunakan Rencana Anggaran Biaya anda dapat mengetahui berapakah dana (budget) anda yang harus dikeluarkan, berapa luas bangunan yang akan dibangun, ruang apa saja yang akan dibutuhkan, Gaya Bangunan, dan Model Bangunan apa yang sesuai dengan selera anda. Mungkin anda juga sudah berusaha mencoba merencanakan tata ruang bangunan yang menurut anda layak dan sesuai dengan kebutuhan anda.
Kami siap memberikan SOLUSI kepada Anda bukan hanya dalam Desain Rumah saja, melainkan siap Membangun Rumah, Merenovasi Rumah maupun Membongkar Rumah anda dengan pengerjaan secara professional dan terencana.
Sebagai Jasa Arsitektur berpengalaman, kami berikan solusi pembiayaan yang jelas, system pembayaran serta pelaksanaan bangunan secara flesibel sesuai dengan budget keuangan dan kebutuhan anda. Team bangun bangunan baru siap melaksanakan bangun rumah, renovasi rumah, dan bongkar rumah untuk merubah tampilan rumah anda menjadi semakin baik. Bukan hanya rumah dengan team Bangunan kita juga melayani bangun ruko, renovasi ruko, bongkar ruko, bangun kantor, renovasi kantor, bongkar kantor dan segala hal yang menyangkut Bidang Arsitektur dan struktur bangunan .untuk merubah tampilan rumah, ruko, kantor anda menjadi semakin baik.
Setelah melalui proses pemikiran diatas, mungkin akhirnya anda berpikir untuk mencari seorang Arsitek yang akan memberikan solusi dalam merencanakan sebuah bangunan sesuai dengan keinginan anda.Team bangun bangunan baru memiliki Arsitek, Sipil, Tukang Bangunan, Mandor, Konsultan dan Pengawas kerja terampil dan berpengalaman.
Sebagai team Arsitek rumah tinggal dan Jasa Renovasi serta Kontraktor Proyek terkini sebagai Kontraktor Arsitek, Kontraktor Rumah, Kontraktor Bangunan, Konsultan Arsitek, Konsultan Rumah, Kontraktor Ruko, Kontraktor Kantor, Konsultan Ruko, Konsultan Kantor dan Konsultan Bangunan berpengalaman.
Dengan konsepsi Rancangan yang matang, perwujudan Arsitektur Bangunan, Arsitektur interior, maupun Arsitektur Landscape/Taman, selain dapat memaksimalkan fungsi-fungsi ruang yang proporsional juga dapat menghadirkan tempat yang nyaman bagi anda dan juga akan memberikan citra khusus untuk anda

Hasil Karya Kami  Gambar Kerja 3 Dimensi di Bekasi

Dalam membangun sebuah hunian tentu membutuhkan beberapa aspek yang dipikirkan mulai dari bagaimana ruang ruang dalam rumah tersebut sehingga dapat tertata dengan baik dan sesuai dengan keinginan, kemudian seberapa luas ruang tersebut sehingga dapat menciptakan nilai kenyamanan ruang yang optimal, sampai pada hal terluar yaitu tampilan bangunan. Kemudian dari berbagai pemikiran tersebut kemudian mengarah kepada bagaimana model atau gaya hunian yang dapat sesuai dengan keinginan user tersebut.
Selanjutnya, konsep hunian minimalis menjadi salah satu alternative yang seringkali digunakan oleh para arsitek dan juga user karena konsep konsep dalam rumah minimalis ini sangat cocok untuk berbagai kebutuhan terutama dalam peruangan sebuah bangunan.
Dalam bahasan kali ini akan membahas mengenai desain rumah tinggal minimalis yang akan dibangun didalam sebuah site seluas ±860 m2. Site yang digunakan sangatlah luas, sehingga hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi arsitek dalam mendesain rumah tinggal dengan menggunakan arsitektur minimalis, karena memgingat kemunculan arsitektur minimalis ini pada mulanya disebabkan karena keterbatasan ruang atau lahan perkotaan, Sehingga kemudian arsitek sebagai problem solver membuat sebuah desain minimalis dimana dengan lahan yang terbatas namun fungsi ruang dalam suatu bangunan tetap dapat dijalankan denga optimal.
Selanutnya akan dipaparkan mengenai data data rumah tinggal minimalis 1 lantai:
Proyek : Rumah Tinggal Minimalis 1 Lantai
Luas Lahan : ±860 m2
Luas Bangunan : ±410 m2
Ruang :
Kamar Tidur : 3
Kamar Mandi : 2
Ruang wardrobe
Dapur, Ruang Makan & Minibar
Ruang Keluarga
Ruang Tamu
Selasar
Mushola
Ruang wudhu
Gudang
Ruang cuci
Jemuran
Ruang bermain anak
Gazebo
Teras (Depan &Belakang)
Taman (halaman depan & halaman belakang)

Kemudian akan dijelaskan secara rinci mengenai proyek hunian ini dari penjelasan gambar kerja sampai dengan fungsi tiap peruangan.

Rumah tinggal minimalis 1 lantai di Bekasi.

rumah tinggal minimalis 1 lantai

rumah tinggal minimalis 1 lantai

Yang akan dibahas pertama adalah sitelan dari rumah tinggal minimalis 1 lantai. Dari bentuk siteplan ini dapat kita lihat bahwa bentuk site bangunan ini berbentuk memanjang. Kemudian dari sekilas siteplan ini juga memiliki taman belakang yang sangat luas sehingga akan sangat menguntungkan user karena dengan luasnya taman maka juga akan menambah udara segar yang dapat masuk kedalam bangunan. Untuk lebih jelas akan dijelaskan gambar siteplan dengan penjelasan nomor pada gambar:

  1. Menujukkan gambar carport yang terletak di ujung depan bangunan. Luas dari carport ini adalah 7m x 6.5m sehingga dengan ukuran tersebut dapat menampung 2 buah mobil yang ditata secara bersampingan. Kemudian carport ini juga merupakan satu satunya entrance bangunan dari depan sehingga sebelum memasuki rumah tinggal ini maka harus melalui carport terlebih dahulu.
  2. Menunjukkan taman depan rumah. Taman ini menjadi pembatas antara carport dan juga bangunan rumah tinggal. Taman depan ini juga terpisah menjadi 2 karena dipisahkan oleh pedestrian yang berasal dari carport menuju rumah namun di tengah tengah juga akan dijumpai gazebo. Taman ini berisi tanaman kecil dan besar yang berfungsi untuk menambah penghijauan bangunan dan juga untuk peresapan air hujan. Fungsi lainnya yaitu untuk menambah estetika bangunan sehingga taman juga menjadi view bangunan dari depan
  3. Menunjukkan jalan pedestrian yang menghubungkan carport ynag juga sebagai pintu masuk dan juga teras bangunan. Jalan pedestrian ini juga menjadi satu satunya akses menuju pintu masuk karena disekitar pedestrian hanya terdapat taman. Pedestrian ini memiliki lebar 1,2 m sehingga cukup luas untuk dilewati lebih dari 1 orang dengan nyaman.
  4. Menunjukkan gazebo yang difungsikan sebagai tempat bersantai dan juga dapat digunakan untuk menerima tamu. Fungsi gazebio ini juga mirip dengan fungsi joglo pada rumah jawa, karena juga difungsikan sebagai penyambut tamu, sehingga ketika tamu kemudian ingin dibawa masuk kedalam rumah maka dapat langsung menuju ruang tamu tanpa harus disambut lagi dalam teras depan rumah. Peletakan gazebo ini juga sangatlah strategis karena disekitar gazebo tersebut dikelilingi dengan tanaman hijau sehingga dapat memberikan kesegaran ketika ingin bersantai di gazebo tersebut.
  5. Menunjukkan batu alam yang ditata sehingga menjadi sebuah pedestrian yang terbuat dari batu alam yang diletakkan di sisi belakang gazebo. Sehingga dengan pemasangan batu alam tersebut juga menjadi akses keluar dari gazebo menuju teras depan rumah.
  6. Menunjukkan jalan kecil yang menghubungkan carport menuju ruang jemur pakaian. Jalan ini merupakan akses menuju rumah, namun bukan merupakan akses utama. Jalan ini berbentuk lurus yang terletak di sebelah bangunan. Jalan ini selain menjadi akses menuju rumah juga sebagai area untuk buangan AC split yang dipasang di ruang tidur sehingga buangan AC tersebut dapat dibuang dengan tidak mengganggu kondisi bangunan karena dapat langsung terkerap kedalam tanah melalui jalan tersebut.
  7. Menunjukkan adanya halaman belakang yang sangat luas dengan luas halaman tersebut sekitar setengah dari luas bangunan, sehingga dengan luasnya taman tersebut dapat memberikan keuntungan bagi user, yaitu dengan halaman yang luas maka dapat dibuat taman dengan memberikan tanaman besar dan kecil sepeti yang terlohat digambar, selain itu juga bisa digunakan sebagai tambahan ruang apabila ingin menambah ruang ruang lain, sehingga mirip seperti konsep rumah tumbuh.

Setelah dijelaskan mengenai bagaimana siteplan dan penataan massa dari rumah tinggal minimalis 1 lantai maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai situasi tampak atas dari hunian tersebut.

Gambar diatas merupakan gambar situasi yang merupakan tampak atas dari bangunan rumah tinggal minimalis 1 lantai. Dari sekilas terlihat bahwa atap dari rumah tersebut merupakan atap campuran karena di satu sisi memiliki atap dominan dari genteng yang merupakan atap konvensional, namun juga disisi lain terdapat material baru yang merupakan salah satu hasil rekayasa teknologi yang dapat dijadikan atap bangunan tersebut. Kemudian untuk lebih jelas akan dijelaskan mengenai situasi rumah tinggal minimalis 1 lantai dengan keterangan nomor berikut:

  1. Menunjukkan atap pada bangunan gazebo yang memiliki atap limasan yang berbentuk segi empat. Atap bentuk seperti ini merupakan salah satu bentuk atap yang konvensional karena menggunakan atap dari material genteng. Dengan menggunakan material ini juga dapat menciptakan kenyamanan tersendiri dalam ruang tersebut karena bentuk atap tersebut dan dengan material genten dapat meredam panas dari luar sehingga ketika cuaca panas akan tetap terasa sejuk dalam gazebo tersebut
  2. Menunjukkan atap dari genteng yang mendominasi seluruh atap rumah tersebut. Atap ini merupakan atap jenis limasan yang memiliki induk atap dan juga anak atap. Pada bangunan ini terlihat memiliki banyak anak atap karena memang bangunan cukup luas dan juga bentuk bangunan yang beragam sehingga bentuk atap juga menyesuaikan pada bentuk ruang tersebut. Pada bangunan ini terlhat memiliki 2 induk atap yang terletak pada sisi tengah dan kiri bangunan yang terlihat lebih besar, kemudian untuk yang lainnya merupakan anak atap. Dengan bentuk atap tersebut maka atap memiliki tinggi yang akan disesuaikan dengan berapa derajad kemiringan atap yang ingin dibuat. Kemudian untuk atap ini menggunakan atap dengan kemiringan 35 derajad dimana masih menjadi standar untuk kemiringan atap limasan. Sehingga dengan kemiringan tersebut atap memiliki ketinggian tersendiri sehingga panas dari luar pun akan tersimpan di dalam ruang kosong tersebut.
  3. Menunjukkan penggunaan atap dengan material polikarbonat yang dipasang pada area bermain anak dan juga pada teras belakang. Atap polikarbonat ini merupakan salah satu alternative atap yang digunakan sehingga cahaya matahari dari atas masih dapat masuk kedalam bangunan. Sehingga mirip seperti konsep skylight namun material yang digunakan tidak dari material kaca namun dari material polikarbonat tersebut. Prnggunaan pada area bermain anak ini sangat cocok akrena dalam ruang tersebut diperlukan banyak cahaya matahari sehingga anak dapat bermain dengan nyaman namun ketika hujan juga akan selalu terlindungi.
  4. Penggunaan polikarbonat juga pada teras belakang, karena bukan menjadi teras utama maka material ini digunakan juga agar dapat memberikan cahaya matahari tambahan tanpa terlalu merefleksikan panas matahari secara langsung sehingga masih terlindungi dengan adanya polikarbonat tersebut.

Gambar Kerja – Denah Rumah Lantai 1 Di Bekasi

Selanjutnya gambar yang akan dijelaskan adalah penjelasan denah lantai 1 dari bangunan ini. Berikut adalah gambar denah beserta keterangannya dalam nomor:

    1. Menunjukkan teras depan rumah. Teras ini memiliki bentuk yang memanjang, dengan ukuran dimensi yaitu 2m x 11 m sehingga teras ini hanya berfungsi untuk menyambut tamu namun tidak digunakan untuk kegiatan bersantai dengan furniture yang banyak, sehingga ketika tamu masuk kedalam teras maka akan langsung dipersilahkan untuk duduk kedalam ruang tamu. Namun teras ini juga menjadi titik akhir dari dua buah akses, yaitu akses utama yang berasal dari arah gazebo dan juga dari jalan kecil dari arah carport yang melewati belakang bangunan. Sehingga juga teras ini menjadi batas bersih sebelum memasuki ruang ruang yang ada didalamnya.
    2. Menunjukkan ruang tamu. Ruang tamu ini memiliki luas yang cukup besar yaitu dengan dimensi 5m x 5m. ruang tamu ini didesain sehingga tamu dari teras dapat langsung beristirahat dalam ruang tersebut. Ruang tamu ini menjadi nyaman karena luasan ruang sangat sesuai dengan berbagai kebutuhan perabot dalam ruang tersebut, sehingga tidak menjadi terlalu sempit atau terlalu luas, karena ketika kedua kondisi tersebut terjadi maka nilai kenyamanan ruang akan menjadi berkurang.
    3. Menunjukkan ruang makan. Ruang makan ini juga memiliki batas langsung dengan teras depan rumah. Ruang makan ini memliki tingkat privasi yang lebih tinggi dari ruang tamu, sehingga ruang makan inijuga bisa menjadi jalur masuk bagi user yang masuk dari arah jalan kecil lewat akses belakang, ketika di dalam ruang tamu masih terdapat tamu sehingga ruang ini menjadi akses khusus bagi keluarga. Namun ketika tamu ingin diajak untuk makan maka dapat melewati teras lalu masuk kedalam ruang tamu tersebut.
    4. Menunjukkan minibar. Minibar ini tidak memiliki batasan dengan ruang makan, sehingga minibar ini masih berada dalam satu ruang dengan ruang makan. Sehingga ketika user atau tamu ingin disuguhkan dengan berbagai jenis minuman yang tersedia maka dapat langsung menuju minibar tersebut, karena dalam minibar juga disediakan kursi khusus seperti yang terdapat pada bar pada umumnya. Selain itu dengan peletaan bar tersebut juga menjadi sebuah sekat antar ruang makan dngan dapur sehingga ekgiatan dapur juga masih tidak terlihat apabila dilihat dari sisi ruang makan.
    5. Menunjukkan dapur. Dapur pada bnagunan ini juga masih menjadi 1 ruangan dengan ruang makan dan mini bar. Pada dapur ini semua perabotan dapur difokuskan kearah yang berdekatan dengan minibar sehingga sisi lain dari dapur dapat dijadikan akses menuju ruang ruang lainnya, seperti ruang cuci dan juga toilet. Sedangkan untuk akses menuju ruang dapur ini dapat dijangkau melalui arah ruang santai. Selain itu akses menuju dapur juga dapat ditempuh dari arah jalan kecil di samping bangunan sehingga ketika proses memasak juga dapat langsung dilakukan setelah berbelanja dari arah luar, sehingga tidak harus masuk melalui akses utama
    6. Menunjukkan ruang santai. Ruang santai ini didesain menghadap ke view selasar dan juga ruang bermain anak. Ruang santai ini dapat dijangkau melalui ruang tamu atau dari arah dapur. Ruang santai ini berisi perabotan yang hampir mirip dengan ruang tamu. Karena pada bangunan ini tidak memiliki ruang keluarga sehingga penggantinya adalah ruang santai ini. Ruang santai ini memiliki luas ruangan dengan dimensi 5m x 4,5m. ruang ini dikelilingi oleh banyak bukaan disekitarnya sehingga dari segi penghawaan dan pencahayaan masih alami sehingga dalam keadaan kondisi listrik mati dsb masih dapat menikamti kenyamanan ruang santai tersebut.
    7. Menunjukkan ruang jemuran. Ruang jemuran ini memiliki dimensi ruang yaitu 3m x 3m. ruang jemuran ini dapat dicapai melalui ruang cuci dan juga dapat dicapai melalui jalan kecil di saming bangunan rumah tinggal, sehingga dapat dikatan bahwa ruang jemur ini juga menjadi akses menuju rumah tinggal. Untuk ruang jemur ini tidak memiliki atap karena yang dibutuhka adalah pencahayaan alami langsung dari matahari agar kegiatan di ruang jemur dapat terlaksana dengan optimal.
    8. Menunjukkan ruang cuci. Ruang cuci ini juga berbatasan langsung dengan ruang jemur. Karena ruang dalam ruang cuci ini tidak terlalu membutuhkan banyak ruang sehingga luasan ruangan hanya 1,5m x 3,5m. ruang cuci ini juga berbatasan langsung dengan dapur dan toilet. Sehingga peletakan ruang cuci ini juga sudah sesuai karena masuk kedalam zonasi ruang servis. Pada ruang cuci juga tidak memiliki atap karena kegiatan yang dilakukan juga masih berhubungan dengan kegiatan di ruang jemur sehingga tidak diperlukan penutup atap seperti ruang ruang yang lainnya. Sedangkan untuk perbedaan dari kedua ruang ini hanyalah dari material lantai dan luasan ruang saja.
    9. Ruang bermain anak. Ruang ini menjadi salah satu spot yang menarik dari hunian ini. Hal ini karena ruang ini menjadi salah satu view yang terdapat didalam rumah. Ruang ini menjadi semacam courtyard namun tidak dijadikan taman dengan reruputan dibawahnya. Ruang ini bisa didesain sekreatif mungkin sehingga menjadi view yang baik bagi ruang ruang yang ada disekitarnya. Ruang ini memiliki dimensi ruang yaitu 7,5m x 8m dan dapat diisi dengan berbagai kegiatan permainan anak yang bersifat indoor, sehingga juga anak dalam bermain masih dalam pengawasan yang baik oleh user. Ruang ini dikelilingi oleh selasar dan jaga ruang santai dan ruang ini tidak memiliki batas yang jelas dengan ruag ruang di sekelilingnya, yang menjadi pembatas ruang ini hanyalah dari lantainya saja. Kemudian untuk penutup dari ruang ini yaitu menggunakan material polikarbonat yang memiliki sifat seperti kaca sehingga sinar matahari dapat masuk secara kangsung kedalam ruang tesebut dan juga dapat terefleksikan kedalam ruang ruang disekelilingnya.
    10. Kamar tidur 1. Kamar tidur ini memiliki dimensi ruang yaitu 4,5m x 4,5m dan kamar ini jua dapat dimasuki oleh 1 buah double bed beserta peraboan kamar lainnya. Kamar ini cukup luas untuk kegunaan ruang yakni 1 sampai 2 orang, karena setelah dimasuki berbgai macamperabotan namun masih dapat memiliki space untuk sirkulasi sehingga dapat mencitakan kenyamanan ruang yang optimal. Kamar ini memiliki batas dengan ruang kamar tidur 2 dan juga selasar. Selain itu kamar tidur 1 ini juga memiliki batas dengan taman belakang karena difungsikan sebagai tempat area buangan air AC split. kamar tidur ini tidak memiliki bukaan lainnya kecuali dari pintu masuk kamar sehingga membutuhkan penghawaan buatan yaitu dengan emasang AC split pada kamar. Namun untuk pencahayaan alami jga masih sedikit terpancar dari ruang selasar yang juga berasal dari ruang bermain anak.
    11. Kamar tidur 2. Kamar tidur ini memiliki dimensi ruang yang sama yaitu 4,5m x 4,5m dan kamar ini jua dapat dimasuki oleh 1 buah double bed beserta peraboan kamar lainnya. Kamar ini cukup luas untuk kegunaan ruang yakni 1 sampai 2 orang, karena setelah dimasuki berbgai macamperabotan namun masih dapat memiliki space untuk sirkulasi sehingga dapat mencitakan kenyamanan ruang yang optimal. Kamar ini memiliki batas dengan ruang kamar tidur 2 dan juga selasar. Selain itu kamar tidur 2 ini juga memiliki batas dengan taman belakang karena difungsikan sebagai tempat area buangan air AC split. kamar tidur ini tidak memiliki bukaan lainnya kecuali dari pintu masuk kamar sehingga membutuhkan penghawaan buatan yaitu dengan emasang AC split pada kamar. Namun untuk pencahayaan alami jga masih sedikit terpancar dari ruang selasar yang juga berasal dari ruang bermain anak.
    12. Menunjukkan ruang kamar tidur 3. Ruag kamar tidur ini merupakan kamar tidur utama dalam ruamh tinggal ini. Ruangan ini meiliki kamar mandi dalam dan juga ruang kamar tidur yang luas. Selain itu ruang ini juga memiliki ruang wardrobe tersendiri. Ruang wardrobe adalah ruang untuk menyimpa berbagai baju dari pengguna ruang sekaligus berfungsi sebagai ruang ganti baju. Luas untuk ruang kamar tidur ini sendiri yaitu 4,5m x 6m sehingga dapat menampung banyak perabotan kamar. sedangkan utnuk penggunaan kamar ini hanya digunakan oleh 1-2 orang saja dengan nerisikan 1 buah double bed dalam kamar tersebut. Batas untuk kamar tidur utama ini yaitu selasar yang berdekatan dengan ruang bermain anak. Selain itu juga terdapat satu hal yang menjadi sangat special daam kamar ini yaitu dalam kamar tidur utama terdapat sebuah akses tersendiri untuk menuju taman belakang sehingga kamar ini juga memiliki teras tersendiri. Teras ini berukuran cukup kecil namun cukup luas bagi teras sebuah kamar. sehingga dari kmaar tidur utama ini memiliki 2 buah view yaitu view ruang bermain anak yang terdapat di dalam rumah dan juga view taman belakang yang berada diluar rumah.
    13. Menunjukkan toilet. Toilet pada rumha ini berjumlah 2 buah. Toilet ini memiliki dimensi yaitu 2,5m x 2m. dengan ukuran tersebut toilet ini sudah termasuk luas karena dalam sebuah rumah tinggal biasa rata rata hanya memiliki dimensi 1,5m atau 2m saja. Dengan luasan kamar mandi tersebut maka dalam kamar mandi tersebut dapat mengunakan bathtub dan tidak menggunakan shower.
    14. Menunjukkan selasar. Selasar pada rumah ini memiliki peran yang penting karena menjadi akses utama menuju ruang ruang utama seperti kamar tidur. selain itu selasar ini juga menjadi center atau pusat karena selasar ini mengelilingi ruang bermain anak yang juga merupakan pusat ruang ruang yang ada dalam rumah tinggal tersebut. Selasar ini didesain cukup lebar sehingga tidak hanya menjadi suatu sirkulasi saja namun juga bisa digunakan untuk menaruh barang atau peralatan lainnya untuk memperindah eksistensi dari selasar tersebut.
    15. Menunjukkan ruang mushola. Ruang ini memang sengaja diletakkan di sudut dikarenakan fungsi ruangnya sendiri yang memang hanya digunakan untuk privasi, namun masih tetap ada akses apabila tamu yang berkunjung ingin melakukan ibadah di ruang mushola tersebut. Ruang mushola ini dikelilingi oleh ruang ruang kamar tidur sehingga ketika user ingin melakukan ibadah dapat langsung menuju ruang mushola tersebut. Untuk luasan ruang ini sendiri terhitung cukup besar, yaitu dengan dimensi 3m x 3m.
    16. Menunjukkan ruang sirkulasi yang terdapat dibelakang ruang wudhu. Ruang ini sebenarnya memiliki fungsi sebagai sirkulasi untuk menuju taman belakang dari arah selasar. Namun ruang ini dapat juga digunakan untuk menaruh barang barang yang ingin disimpan atau digunakan sebagai gudang, karena ruang ini memiliki beberapa sudut yang dapat digunakan untuk menaruh barang barang yang ingin disimpan.
    17. Menunjukkan tempat wudhu. Tempat wudhu ini diletakkan sebelum masuk ruang mushola. Dimensi ruang ini hanya 1,5m x 1m saja dan idbelakang area wudhu terdapat sebuah space yang bisa digunakan untuk menaruh sepatu atau alas kaki.
    18. Menunjukkan ruang wardrobe. Ruang ini merupakan salah satu ruang yang hanya terdapat di ruang kamar tidur utama. Ruang ini adalah ruang untuk menyimpa berbagai baju dari pengguna ruang sekaligus berfungsi sebagai ruang ganti baju. Ruang ini tidak terlalu luas karena hanya berisikan lemari dan juga sebuah space untuk meja rias dan kegiatan rias. Dimensi ruang ini yaitu 2m x 3,5m.
    19. Menunjukkan ruang teras belakang. Teras belakang ini masih menjadi satu ruang dengan kamar tidur utama. Teras ini berfungsi untuk kegiatan santai yang ingin dilakukan oleh pengguna kamar ini sehingga ruang ini tidak digunakan untuk menyambut tamu dari luar rumah tinggal.
Kemudian, setelah mengetahui bagaimana denah dan peruntukan tiap ruang yang ada dalam bangunan ini, maka selanjutnya akan dibahas mengenai denah atap untuk mengetahui material dan penggunaannya. Berikut akan dijelaskan denah atap melalui gambar.

Seperti yang sudah dijelaskan pada gambar situasi, atap ada rumah tinggal minimalis 1 lantai ini memiliki beberapa material yang digunakan untuk menutup atap rumah tinggal tersebut. Yang pertama adalah atap dari genteng yang mendominasi seluruh atap rumah tersebut. Atap ini merupakan atap jenis limasan yang memiliki induk atap dan juga anak atap. Pada bangunan ini terlihat memiliki banyak anak atap karena memang bangunan cukup luas dan juga bentuk bangunan yang beragam sehingga bentuk atap juga menyesuaikan pada bentuk ruang tersebut. Pada bangunan ini terlhat memiliki 2 induk atap yang terletak pada sisi tengah dan kiri bangunan yang terlihat lebih besar, kemudian untuk yang lainnya merupakan anak atap.

Dengan bentuk atap tersebut maka atap memiliki tinggi yang akan disesuaikan dengan berapa derajad kemiringan atap yang ingin dibuat. Kemudian untuk atap ini menggunakan atap dengan kemiringan 35 derajad dimana masih menjadi standar untuk kemiringan atap limasan. Sehingga dengan kemiringan tersebut atap memiliki ketinggian tersendiri sehingga panas dari luar pun akan tersimpan di dalam ruang kosong tersebut.
Selanjutnya adalah penggunaan atap dengan material polikarbonat yang dipasang pada area bermain anak dan juga pada teras belakang.

Atap polikarbonat ini merupakan salah satu alternative atap yang digunakan sehingga cahaya matahari dari atas masih dapat masuk kedalam bangunan. Sehingga mirip seperti konsep skylight namun material yang digunakan tidak dari material kaca namun dari material polikarbonat tersebut. Prnggunaan pada area bermain anak ini sangat cocok akrena dalam ruang tersebut diperlukan banyak cahaya matahari sehingga anak dapat bermain dengan nyaman namun ketika hujan juga akan selalu terlindungi.
Kemudian setelah mengetahui bagaimana bentuk horizontal bangunan yang dijelaskan melalui denah, selanjutnya akan dijelaskan mengenai desain rumah tinggal ini melalui gambar potongan.

Berikut adalah penjelasan potongan yang dijelaskan melalui gambar:

Gambar Kerja, Gambar Potongan A-A Bekasi

Berikut adalah keterangan dari gambar potongan A-A’:

    1. Menunjukkan penggunaan batu alam sebagai lapisan terluar dari kolom yang terletak di ruang teras depan. Penggunaan material ini tidak digunakan di seluruh teras namun hanya pada kolom saja sehingga dapat memberikan sebuah point of view dari bangunan rumah tinggal ini. Batu alam ini juga disusun acak sehingga tidak memberikan suatu ritme dan dengan cara tersebut akan dapat menambah eksistensi dari ruang teras itu sendiri.
    2. Menunjukkan penggunaan pondasi rollag pada ruang teras. Pondasi ini berfungsi untuk menumpu beban, dan selain itu juga jika penggunaannya pada teras maka juga berfungsi untuk menyeimbangkan posisi lantai sehingga tetap datar dan tidak amblas.
    3. Menunjukkan adanya perbedaan ketinggian pada plafond yang terdapat pada ruang tamu. Kegunaan dari pemasangan plafond dengan cara tersebut adalah untuk pencahayaan buatan dari lampu yang akan dapat memberikan hasil yang optimal jika dipasangkan di tempat yang lebih tinggi, karena intensitas cahaya lampu juga dapat lebih optimal dan juga dapat mengurangi panas suhu ruang jika peletakannya lebih tinggi.
    4. Menunjukkan kuda kuda pada atap. Kuda kuda atap ini terbuat dari bahan baja ringan dan dipasangkan sesuai dengan bentangan atap. Untuk konsep pemasangan dari struktur baja ringan ini sama dengan kayu atau material lainnya, yang membedakan adalah karena dengan menggunakan baja ringan maka akan menjadi lebih ringan namun hasil kekuatasn yang dihasilkan sama degan material lainnya.
    5. Menunjukkan pemasangan baja ringan yang dipasangkan pada bagian nook atau tempat bertemunya bidang pada bagian atap. Alasan penggunaan material ini pada bagian nook juga agar menyesuaikan dengan material pada kuda kuda dan juga agar beban lebih ringan.
    6. Menunjukkan sebuah potongan dari bukaan yang memisahkan antara ruang tamu dan juga ruang santai. Sehingga ruang ini seakan akan menjadi satu ruang namun masih terpisah dengan adanya bukaan dari kaca tersebut.
    7. Menunjukkan atap genteng yang terlhat memiliki anakan atap yang terlihat disebelahnya, memberikan suatu kesan yang menarik dalam bangunan rumah tinggal
    8. Potongan dari penggunaan penutup atau atap dari bahan polikarbonat. Dari gambar tersebut jugaterlihat bagaimana pemasangan berbagai jenis paku,dll sehingga dapat terpasang dengan baik.
    9. Menunjukkan penggunaan atap dari bahan polikarbonat pada teras belakang, yang berfungsi agar cahaya matahari dari luar masih dapat masuk secara baik namun panas matahari yang tersalurkan dapat terkurangi dengan penutup tersebut.

Gambar Kerja, Gambar Potongan B-B Bekasi

Selanjutnya adalah penjelasan dari potongan B-B’ adalah sebagai berikut:

  1. Menunjukkan kuda kuda pada atap yang berbeda dengan atap yang lainnya, hal ini disebabkan pada atap ini berbentuk limas yang memiliki ujung atap lancip sehingga kuda kuda yang digunakan berbeda dengan atap limasan yang memilki ujung atap sepeerti atap pelana. Bentuk zigzag seperti yang ditampilkan diatas menjadi alternative yang baik karena dengan bentuk tersebut dapat menopang atap dengan baik.
  2. Menunjukkan adanya bukaan pada ruang dapur. Bukaan ini memiliki ukuran yang kecil karena tidak berfungsi sebagai bukaan pada kamar yang digunakan untuk melihat pemandangan sekitar dsb namun bukaan ini bertujuan agar panas yang berasal dari kegiatan dari ruang dapur dapat menyalur ke bukaan tersebut dan dapat keluar dengan baik. Fungsi lainnya juga untuk memasukkan cahaya matahari dari luar sehingga tidak perlu menggunakan banyak lampu atau pencahayaan buatan.
  3. Menunjukkan adanya penggunaan plafond pada ruang toilet. Pada ruang toilet ini juga masih menggunaka material plafond gypsum namun yang berbeda adalah pada ruang ini tidak meggunakan perbedaan level pada plafond sepeerti ruang ruang lainnya karena pada ruang ini tidak membutuhkan suatu kesan yang tinggi atau luas.
  4. Menunjukkan plafond yang juga memiliki pemasangan yang sama seperti pada ruang toilet. Ruang ini memiliki sifat ruang yang sama seperti ruang kamar mandi yaitu tidak membutuhkan suatu kesan yang tinggi atau luas sehingga tidak meggunakan perbedaan level pada plafond.

Gambar Kerja, Gambar Potongan C-C Bekasi

Gambar Kerja, Gambar Potongan D-D Bekasi

Selanjutnya adalah penjelasan dari potongan D-D’ adalah sebagai berikut:

  1. Menunjukkan adanya plat level yang memiliki fungsi seperti tritisan, namun karena diatas teras tersebut masih terdapat jurai atap maka fungsi ini juga berfungsi sebagai aksesoris pada fasade sehingga lebih menampilkan bagaimana bentuk arsitektur minimalis pada bangunan rumah tinggal ini
  2. Menunjukkan potongan pasangan batu bata yang dipasang sebagai trasram. Seperti yang diketahui, trasram adalah pasangan batu bata yang terletak di paling bawah dan di atas sloof, sehingga dalam pembuatannya trasram memiliki perbandingan yang khusus, yakni campuran 1 PC : 2 pasir. Dengan menggunakan campuran ini maka air dari luar tidak akan merembes kedalam rumah.
  3. Menunjukkan perbedaan leveling pada lantai antara ruang wudhu dan juga ruang mushola. Oerbedaan level ini sangat diperlukan karena kegiatan pada ruang wudhu dapat memungkinkan air dapat masuk kedalam ruang ruang yang lainnya jika tidak diberikan leveling seperti desain tersebut, sehingga air yang keluar juga langsung dapat dibuang melalui saluran pembuangan.

Gambar Kerja, Gambar Potongan E-E Bekasi

Selanjutnya adalah penjelasan dari potongan E-E’ adalah sebagai berikut:

  1. Menunjukkan potongan pagar pada rumah tinggal. Pagar pada rumah tinggal ini tidak selruhnya mengelilingi bangunan, dan untuk pemasangan pagar juga diperlukan pondasi dibawahnya, karena digunakan untuk menahan kekuatan dari pagar itu agar tidak mudah roboh.
  2. Menunjukkan potongan dari atap dengan material polikarbonat yang menutupi ruang bermain anak. Atap ini digunakan agar cahaya matahari dari atas masih dapat masuk kedalam bangunan. Sehingga mirip seperti konsep skylight namun material yang digunakan tidak dari material kaca namun dari material polikarbonat tersebut. Prnggunaan pada area bermain anak ini sangat cocok akrena dalam ruang tersebut diperlukan banyak cahaya matahari sehingga anak dapat bermain dengan nyaman namun ketika hujan juga akan selalu terlindungi.

Gambar Kerja, Gambar Potongan F-F Bekasi

Selanjutnya adalah penjelasan dari potongan F-F’ adalah sebagai berikut:

  1. Menunjukkan bukaan yang cukup besar pada ruang tamu yang memisahkan antara ruang tamu dan juga ruang santai. Sehingga ruang ini seakan akan menjadi satu ruang namun masih terpisah dengan adanya bukaan dari kaca tersebut.
  2. Menunjukkan pagar pada rumah tersebut. Pagar menjadi pembatas juga bagi pintu menuju ruang bermain anak yang juga menjadi akses dari arah luar untuk masuk kedalam rumah tiggal tersebut. Pagar ini terlihat memiliki desain yang simple namun terliat menarik dan sangat cocok untuk desain rumah tinggal minimalis.

Dari gambar potongan yang telahdijelaskan sebelumnya maka kita dapat mengetahui bagaimana interior dari bangunan tersebut.

Kemudian setelah melihat dari dalam maka kita akan melihat bentuk rumah ini dari luar sehingga selanjutnya akan dijelaskan mengenai tampak bangunan.
Bangunan tampak ini terdiri dari tampak depan, samping kanan, kamping kiri, dan tampak belakang. Tampak bangunan dapat dikatakan sebagai wajah dari sebuah bangunan, namun karena bangunan rumah tinggal ini hanya dapat dilihat dari 1 sisi jalan saja, sehingga tampak depan menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam bangunan ini. Dari facade tersebut maka kita dapat mengerti apakah fungsi dari bangunan tersebut, selain itu juga bisa mengerti bagaimana keadaan bangunan tersebut, apakah merupakan bangunan baru, ataukah bangunan tua, semua bisa teridentifikasi ketika melihat dari facade suatu bangunan tersebut. Dari facade suatu bangunan juga bsia menunjukkan sisi kemegahan, atau modernitas, atau berbagai ekspresi dari bangunan yang ingin ditampilkan oleh perancang atau bahkan pengguna dari bangunan tersebut.Berikut adalah penjelasan dari tampak bangunan keseluruhan yang akan dijelaskan dengan gambar.

Gambar Bangunan Rumah Tinggal Minimalis 1 lantai di Bekasi

Berikut adalah gambar tampak depan dari bangunan rumah tinggal minimalis 1 lantai.Berikut adalah keterangan gambar tampak depan:

  1. Menunjukkan atap bangunan dari material genteng yang juga mendominasi atap dari rumah tinggal tersebut. Dari tampak ini terlihat atap memiliki anak sehingga terlihat lebi menarik dan tidak monotone. Selain itu karena atap yang memiliki ketinggian yang cukup tinggi maka juga membuat bangunan menjadi terlihat lebih besar dan megah.
  2. Menunjukkan adanya plat level yang diletakkan diatas bukaan pada eksterior rumah tinggal minimalis 1 lantai ini. Dengan adanya plat level ini membuat bangunan menjadi lebih tertambah nilai estetikanya.
  3. Menunjukkan tambahan aksesoris desain bangunan yaitu dengan adanya suatu garis linier yang ditata menjadi suatu ritme sehingga juga menambah nilai estetika fasade bangunan rumah tinggal ini

Menunjukkan penggunaan batu alam sebagai lapisan terluar dari kolom yang terletak di ruang teras depan. Penggunaan material ini tidak digunakan di seluruh teras namun hanya pada kolom saja sehingga dapat memberikan sebuah point of view dari bangunan rumah tinggal ini. Batu alam ini juga disusun acak sehingga tidak memberikan suatu ritme dan dengan cara tersebut akan dapat menambah eksistensi dari ruang teras itu sendiri.Berikut adalah gambar tampak samping kanan dari bangunan rumah tinggal minimalis 1 lantai.

Berikut adalah keterangan gambar tampak samping kanan:

  1. Menunjukkan sebuah dinding kosong yang terbentang lebar. Hal ini karena dalam tampak kanan ini tidak ada view keluar bangunan sehingga tidak diperlukan bukaan menuju keluar bangunan. Hal ini juga disebabkan karena disebelah dinding etrsebut terdapat taman kecil dan sempit sehingga tidak diperlukan adanya bukaan.
  2. Menunjukkan tampak dari pagar yang tersusun oleh pasangan batu batayang terletak di antara ruang jemur dan ruang cuci. Pagar ini memiliki desain yaitu tidak sampai bawah namun hanya separuh saja, hal in karena juga memilkirkan mengenai keamanan rumah tinggal dan tentu juga dengan adanya lubang tersebut dapat membuat angina dari arah luar agar daoat masuk kedalam rumah.

Berikut adalah gambar tampak samping kiri dari bangunan rumah tinggal minimalis 1 lantai.

Berikut adalah keterangan gambar tampak samping kiri:

  1. Menunjukkan dinding yang kosong di area area seperti area kamar tidur. alasan pengosongan dinding ini juga sma dengan tampak kanan yang sudah dijelaskan sebelumnya, yatu karena dalam tampak kiri ini tidak ada view keluar bangunan sehingga tidak diperlukan bukaan menuju keluar bangunan. Hal ini juga disebabkan karena disebelah dinding etrsebut terdapat jalan kecil sehingga tidak diperlukan adanya bukaan karena dapat mengganggu akses jalan tersebut.
  2. Menunjukkan adanya bukaan pada ruang dapur. Bukaan ini memiliki ukuran yang kecil karena tidak berfungsi sebagai bukaan pada kamar yang digunakan untuk melihat pemandangan sekitar dsb namun bukaan ini bertujuan agar panas yang berasal dari kegiatan dari ruang dapur dapat menyalur ke bukaan tersebut dan dapat keluar dengan baik. Fungsi lainnya juga untuk memasukkan cahaya matahari dari luar sehingga tidak perlu menggunakan banyak lampu atau pencahayaan buatan.
  3. Menunjukkan pintu kecil yang berasal dari dapur menuju keluar pada jalan kecil yang berada diamping bangunan. Pintu difungasikan agar user yang dari arah luar kemudian ingin masuk namun tidak ingin melalui pintu utama karena permasalahan hegienisitas ruang maka dapat melalui pintu ini.

 

Gambar tampak belakang dari bangunan rumah tinggal minimalis 1 lantai di Bekasi

Berikut adalah gambar tampak belakang dari bangunan rumah tinggal minimalis 1 lantai.

Berikut adalah keterangan gambar tampak belakang:

  1. Menunjukkan bukaan dengan pintu geser double yang terdapat pada ruang kamar tidur utama yang mengarah pad ataman belakang. Pintu ini didesain agar user dapat menikmati secara penuh view dari taman belakang sehingga dipasanglah bukaan berukuran besar tersebut. Selain itu juga terdapat teras sebelum masuk taman belakang, sehingga juga user tidak langsung berhbungan dengan taman namun masih ada pembatas sehingga lebih terasa nyaman.
  2. Menunjukkan sebuah desain yang unik pada dinding karena dipasang berlubang seperti gambar tersebut. Sedangkan ruang dibelakangnya adalah ruang mushola. Hal ini menjadi suatu nilai plus dari desain rumah tinggal karena dengan desain tersebut maka angina juga dapat secara bebas masuk kedalam ruang mushola, sehingga kegiatan ibadah di ruang tersebut juga dapat berjalan dengan optimal.

Setelah menampilkan bentuk fasad dan juga tampak yang lainnya untuk mengerti bentuk luar dari bangunan maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai pola lantai dan juga material lantai apa yang digunakan dalam bangunan tersebut. Berikut adalah denah pola lantai beserta penjelasannya:

Berikut adalah keterangan gambar dari pola lantai lantai 1:
Menunjukkan pemakaian material lantai batu alam yang digunakan pada area area terluar dari rumah tinggal ini yang bersentuhan lagsung dengan dunia luar, seperti pada teras, pada area jemur, dan pad area bermain anak. Alasan pemilihan material ini adalah akrena batu alam ini dpaat menyerap air dan juga perawatannya yang mudah, sehingga ketika hujan pun lantai tidak akan menjadi licin.

  1. Menunjukkan pemakaian material lantai parquet kayu pada teras dan juga selasar. Model parquet yang dipilih juga memiliki bentuk garis garis atau stripes. Pemakaian material lantai adalah karena dengan memasang lantai ini ruanagn menjadi lebih terlihat rapi dan juga luas karena garisnya juga tidak terlalu tebal sehingga seperti tidak memiliki batasan grid seperti lantai keramik.
  2. Menunjukkan pemakaian lantai keramik putih dengan dimensi 40cm x 40cm. penggunaan material lantai ini dapat dijumpai di ruang tamu, raung santai, ruang kamar tidur, dan juga di mushola. Material lantai ini memberikan kesan warna yang bersih pada kamar dan juga material keramik dapat memantulkan cahaya lampu sehingga ruangan akan terlihat semakin terang.
  3. Menunjukkan pemakaian lantai keramik kasar 25cm x25cm yang dapat dijumpai pada ruang toilet dan juga ruang cuci. Kedua ruang ini tidak membutuhkan sebuah suasana ruang, namun yang terpenting hanya kegiatan dalam ruang tidak terganggu dan dapat dilakukan sehingga dipilihlah material lantai ini yang tidak terlalu membutuhkan banyak biaya, selain itu juga jenis lantai ini tidak mudah licin karena teksturnya yang cukup kasar sehingga aman untuk penggunaan pada ruang rang servis.

Setelah menjelaskan bagaimana pola lantai yang digunakan dalam rumah tinggal ini selanjutnya akan dijelaskan mengenai plafond pada rumah tinggal ini yang akan dijelaskan melalui denah plafond.

Untuk plafond pada bangunan rumah tinggal ini semua menggunakan material gypsum karena material ini dapat terlihat lebih bagus dan dapat memberikikan nilai estetika dalam ruang daripada material lainnya.

Berikut adalah keterangan dari gambar denah plafond:

  1. Memperlihatkan rangka plafond. Pola pflafond ini merupakan pola dengan rangka hollow 4/4 (60/80) dan dengan 2 ketinggian yang berbeda, yaitu pada ketinggian +3.15 dan +2.95. pemasangan plafond ini menggunakan bahan gypsum.

 

 

  1. 2. Pada gambar nomor 2 memperlihatkan bagaimana plafond gypsum yang sudah terpasang. [ada pemasangan plafond ini seluruh ruang kecuali ruang servis, teras dan juga selasar menggunakan plafond dengan ketinggian level.

Tujuan pemasangan ini juga salah satunya untuk menambah nilai esettika ruang sehingga ruang menjadi lebih menarik.
Selanjutnya untuk melihat levih detail mengenai bagaimana pemasangan plafond pada rumah ini maka akan disajikan gambar detail plafond.

Selanjutnya akan dijelaskan mengenai berbagai jenis bukaan pintu dan jendela yang digunakan dalam desain rumah tinggal ini. Dalam penjelasan ini juga akan dijelaskan detail pintu dan jendela yang digunakan dalam desain ini.

Berikut adalah keterangan rencana pintu dan jendela pada rumah tinggal minimalis 1 lantai:

  1. Menunjukkan penggunaan pintu jenis P1. Pintu ini memiliki lebar 80 cm yang digunakan pada pintu menuju keluar rumah kecuali pintu akses utama. Selain itu pintu ini juga diunakan sebagai akses antara ruang dapur dan ruang santai. Pintu ini memiliki desain yang cukup sederhana dan tidak terlalu berlebihan, selain itu juga sesuai dengan sifat ruang ruang yang dibatasi oleh pintu jenis ini. Berikut adalah detail dari pintu jenis P1.

 

 

 

 

  1. Menunjukkan penggunaan jendela jenis J2. Jendela ini memiliki lebar 55 cm. Jendela ini digunakan pada ruang dapur dan juga kamar mandi. Karena jendela ini berbentuk kecil dan dipasangkan di atas. Bukaan ini memiliki ukuran yang kecil karena tidak berfungsi sebagai bukaan pada kamar yang digunakan untuk melihat pemandangan sekitar dsb namun bukaan ini bertujuan agar panas yang berasal dari kegiatan dari ruang dapur dapat menyalur ke bukaan tersebut dan dapat keluar dengan baik. Fungsi lainnya juga untuk memasukkan cahaya matahari dari luar sehingga tidak perlu menggunakan banyak lampu atau pencahayaan buatan. Berikut adalah detail dari jendela j2.

  1. Menunjukkan penggunaan pintu jenis P2. Pintu P2 ini memliki lebar yaitu 80 cm. pemakaian pintu ini du=igunakan pada ruang toilet dan ruang cuci pakaian. Pemilihan pintu ini juga karena pintu ini sangat sederhana dan juga sesuai dengan ruang ruang yang dibatasi oleh pintu ini. Berikut adalah detail dari pintu P2.

 

      1. Penggunaan jendela J1. Jendela ini memiliki lebar 55 cm. perbedaan dari j1 dan j2 adalah dari segi jumlah rangkaian jendelanya, jika pada j1 ini menggunakan sistem single window/ 1 buah jendela saja, namun jika pada j2 jendela disusun menjadi 4-5 buah untuk dipasang di ruang ruang yang dbutuhkan. Untuk jendela ini dipasang pada ruang kamar mandi dan juga ruang wardrobe. Sedangkan untuk detail dari j1 sudah dijelaskan pada paparan mengenai pemasangan j2.
      2. Menunjukkan penggunaan PG1. Pintu geser ini merupakan salah satu pintu yang menunjukkan bahwa jika sudah menjumpai pintu ini maka akan memasuki ruang ruang yang memiliki nilai privasi tinggi atau menunjukkan kemegahan ruang, karena pintu ini digunakan pada entrance utama, kamar tidur, teras belakang, dan juga pada ruang santai. Pintu ini memiliki 4 buah bukaan dengan 2 bukaan di tenah menjadi pintu geser sedangkan 2 pintu saming hanya dijadikan sebagai bukaan jendela biasa. Lebar pintu geser ini adalah 4 meter, sedangkan untuk pintu saja yaitu 2 meter. Berikut adalah detail dari PG1.
      3. Menunjukkan penggunaan pintu geser dengan tipe PG2. Tipe pintu ini berbeda dengan PG1 kare hanya memiliki dua buah bukaan saja. Untuk penggunaan dari pintu ini hanya digunakan pada ruang wardrobe saja. Berikut adalah detail dari PG2.

Sebelum menjelaskan mnegenai utilitas dari bangunan rumah tinggal minimalis 1 lantai maka akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai gazebo yang terdapat di depan bangunan rumah tinggal. Seperti yang kita tahu bahwa gazebo ini difungsikan sebagai tempat bersantai dan juga dapat digunakan untuk menerima tamu. Fungsi gazebio ini juga mirip dengan fungsi joglo pada rumah jawa, karena juga difungsikan sebagai penyambut tamu, sehingga ketika tamu kemudian ingin dibawa masuk kedalam rumah maka dapat langsung menuju ruang tamu tanpa harus disambut lagi dalam teras depan rumah. Peletakan gazebo ini juga sangatlah strategis karena disekitar gazebo tersebut dikelilingi dengan tanaman hijau sehingga dapat memberikan kesegaran ketika ingin bersantai di gazebo tersebut.
Selanjutnya, pertama yang akan dibahas adalah denah kolom dari gazebo. Berikut adalah gambar beserta keterangan dari denah kolom gazebo.

Ukuran dari gazebo ini adalah 3,05m x 3,05m. Berikut adalah keterangan dari gambar denah kolom gazebo:

  1. Menunjukkan letak umpak dari batu beserta tulang kayu yang dijadikan sebagai tiang yang berbentuk bulat. Pemilihan material kayu ini jarena memang kebanyakan gazebo menggunakan material kayu sebagai dominan material karena kayu bersifat dingin sehingga sangat cocok untuk dijadikan material pada gazebo
  2. Menunjukkan sandaran dari kayu yang diletakkan di tiga sisi untuk sebagai sandaran dan juga estetika gazebo.
  3. Menunjukkan penggunaan lantai kayu pada gazebo untuk menyesuaikan dengan material yang ada di sekitarnya selain itu juga agar tidak terlihat kotor, sehingga memasang lantai dari kayu yang berwarna cenderung gelap.

Selanjutnya akan dijelaskan adalah keterangan dari gambar denah gazebo. Berikut adalah gambar dan keterangan gambar denah gazebo:

        1. Menjelaskan letak sandaran dari kayu yang diletakkan di 3 sisi bangunan gazebo.
        2. Menunjukkan trap undakan yang juga terbuat dari kayu. Trap ini hanya berjumlah 1 karena jarak dari tanah menuju lantai juga tidak terlalu tinggi, sehingga tidak membutuhkan banyak trap.


Selanjutnya adalah gambar dari tampak depan gazebo. Berikut adalah keterangan dari gambar tampak gazebo:

  1. Menunjukkan sebuah aksesoris pada atap. Aksesoris ini disengaja dibuat deengan sanagat detail karena juga melambangkan sebuah mahkota dari gazebo tersebut. Dengan bentuk seperti ukiran jawa juga membuat hiasan ini menjadi point of interest dari gazebo ini.
  2. Menunjukkan atap dari gazebo yang terbuat dari genteng. Atap ini didesain memiliki sedikit tritisan sehingga dapat me,ingungi bangunan gazebo dari panas maupun hujan.
  3. Menunjukkan adanya lubang berkuran kecil yang terdapat di atas, sehingga sebagai tempat masuknya angin dari luar, selain itu juga berfungsi untuk menambah nilai estetika gazebo
  4. Menunjukkan adanya plat level atau tritisan yang terbuat dari dak sehingga juga berfungsi untuk melindungi dari sinaran panas atau hujan.
  5. Menunjukkan sandaran dari kayu yang diletakkan di tiga sisi untuk sebagai sandaran dan juga estetika gazebo.
  6. Menunjukkan umpak batu yang juga berfungsi sebagai pondasi yang muncul pada gazebo yang juga menambaha nilai estetika gazebo.

Berikut adalah gambar tampak samping dari bangunan gazebo. Pada nomor 1 dapat dilihat pada tampak samping menampilkan tiang bulat dari kayu yang dipasang sebagai kolom pada bangunan gazebo. Dari tampak samping ini sandaran dari kayu ini juga menjadi sebuah point of interest. Selain itu hiasan di atap juga menjadi suatu titik yang sangat menarik, terlebih apabila dilihat dari luar maka akan sangat terlihat menarik.

Dari berbagai penjelasan dari situasi, denah, potongan, tampak, sampai pada detail bukaan pada desain tersebut, maka kita sudah dapat mengerti bagaimana kondisi bangunan dan juga seluk beluk bangunan. Selanjutnya perlu dketahui bagaimana struktur yang menopang bangunan tersebut, dan juga material apa saja yang digunakan sehingga dapat menciptakan struktur bangunan ruma tinggal minimalis 1 lantai ini.

Untuk gambar pertama yang akan dibahas pada bagian strutur ini adalah rencana pondasi. Penggunaan pondasi menggunakan pondasi batu kali karena hanya rumah dengan 1 lantai saja. Beriku

t adalah gambar rencana pondasi dan juga penjelasannya.

Berikut adalah gambar rencana pondasi pada rumah tinggal minimalis 1 lantai.

Berikut adalah keterangan gambar rencana pondasi:

  1. Menunjukkan satu titik pondasi batu kali yang berada dibawah pondasi rollag. Pondasi seperti ini juga berfungsi untuk menahan beban yan berada diatasnya dan juga sebaagi tempat untuk kolom berdiri di area teras.
  2. Menunjukkan pondasi rollag yang terdapat di area teras rumah tinggal. Pondasi ini berfungsi untuk menumpu beban, dan selain itu juga jika penggunaannya pada teras maka juga berfungsi untuk menyeimbangkan posisi lantai sehingga tetap datar dan tidak amblas.
  3. Menunjukkan tampak atas dari pondasi yang ditata secara menerus. Pondasi ini diletakkan dibawah kolom dan juga dinding yang menghubungkan antar kolom sehingga membentuk sebuah tatanan yang sesuai dengan ruang ruang dalam desain. pondasi yang dibuat menerus ini adalah pondasi batu kali.
  4. Untuk memperjelas bagaimana bentuk detail pondasi yang digunakan pada rumah tinggal minimalis 1 lantai ini maka berikut akan disajikan gambar detail pondasi.

    Kemudian setelah mengetahui apa saja jenis pondasi dan juga rencana pondasi yang digunakan dalam desain bangunan maka selanjutnya akan dijelasnya peletakan kolom dalam bangunan sehingga akan dijelaskan dalam gambar rencana titik kolom pada lantai rumah tinggal minimalis 1 lantai ini.

    Berikut adalah keterangan gambar rencana titik kolom:

    1. Menunjukkan penggunaan kolom K2. K2 ini adalah sebuah kolom yang berbentuk dasar persegi panjang dengan dimensi 15cm x 30cm. Kolom 2 ini diletakkan pada area entrance teras depan. K2 ini kemudian akan diteruskan menuju atas yang jug akan menjadi tumpuan dari rangka atap. Kemudian untuk jarak kolom maksimal 3,5 meter karena agar balok yang menumpu juga tidak terlalu besar shingga tidak terlalu berat. Berikut adalah detail penulangan kolom pada K2.

Menunjukkan penggunaan kolom KP. KP ini merupakan kolom praktis. Kolom Praktis berfungsi untuk membantu kolom utama dalam menopang beban yang ada diatasnya. Untuk jarak antar kolom dalam desain rumah tinggal adalah berkisar antara 4m sampai 5m, namun dengan jarak tersebut masih aman untuk menopang beban karena hanya memiliki 1 lantai dan juga ukuran kolomnya juga sudah cukup untuk menopang beban diatasnya, yaitu 15cm x 15cm. berikut adlah detail penulangan pada KP.

        1. Menunjukkan penggunaan kolom K1. K1 ini memiliki ukuran yaitu 25cm x 25cm dengan bentuk dasar persegi. Kolom 1 ini diletakkan pada area yang menopang tepat diatas kuda kuda bangunan . K1 ini kemudian akan diteruskan menuju atas yang jug akan menjadi tumpuan dari rangka atap. Beriktu adalah detail dari penulangan K1.

    Kemudian selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana rencana pemasangan sloof pada bangunan ini. Sloof adalah struktur bangunan yang terletak diatas pondasi. Sedangkan fungsi dari sloof ini adalah untuk menyalurkan beban dari atas menuju pondasi sehingga beban yang ditumpu dapat tersalurkan kepada pondasi secara merata. Berikut adalah gambar rencana sloof beserta keterangannya.

    Berikut adalah keterangan gambar rencana sloof:

    1. Menunjukkan pondasi rollag yang terdapat di area teras rumah tinggal. Pondasi ini berfungsi untuk menumpu beban, dan selain itu juga jika penggunaannya pada teras maka juga berfungsi untuk menyeimbangkan posisi lantai sehingga tetap datar dan tidak amblas.
    2. Pada rencana sloof pada dapat dilihat bahwa semua balok merupakan balok dengan dimensi 15/ 25. Alasan penggunaan balok dengan dimensi ini karena sloof ini yang menjadi dasar dan juga memiliki tumpuan paling berat sehingga dperlukan ukuran balok yang besar dan sesuai untuk menopang beban yang ada diatasnya.

     

    Untuk dapat mengerti lebih jelas bagaimana bentuk detail dari penulangan sloof berikut disajikan gambar detail penulangan sloof.

    Selanjutnya akan dijelaskan mengenai rencana ring balk yang nantinya akan berhubungan angsung dengan atap. Ring balok atau ring balk adalah struktur yang diletakkan di atas dinding. Fungsi ring balok adalah sebagai tumpuan konstruksi atap dan sebagai pengikat pasangan dinding batu bata bagian atas agar tidak runtuh. Berikut adalah gambar rencana ring balk pada rumah tinggal minimalis 1 lantai.

    Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa ringbalk yang digunakan pada konstruksi rumah ini hanya memiliki 1 jenis saja, yaitu ring balk dengan dimensi yaitu 15cm x 25cm. pada rumah tinggal ini karena hanya memiliki 1 lantai dan atap pada bangunan juga tidak menggunakam material yang berat seperti kayu konvensional, dsb maka tidak perlu menggunkaan banyak jenis dimensi dari ring balk tersebut.

    Untuk mengerti bagaimana detail dari penulangan balok pada rumah ini berikut adalah gambar detail penulangan balok.

    Selanjutnya akan dijelaskan mengenai plat lantai pada bangunan ini. Plat lantai sendiri merupakan sebuah konstruksi yang terbuat dari beton dan berfungsi sebagai pembatas antar lantai dalam bangunan. Karena rumah ini hanya memiliki 1 lantai maka plat ini juga berfungsi apabila sewaktu waktu ingin menambah lanati diatasnya hingga menjadi 2 lantai.

    Selain itu plat lantai juga memiliki beberapa fungsi yaitu selain untuk memisahkan lantai, juga untuk meredam suara dari bawah. Selain itu juga digunakan untuk meletakkan kabel dan jaringan lainnya untuk keperluan utilitas pada bnagunan. Lalu juga digunakan untuk menambah kekakuan pada bangunan. Berikut adalah gambar rencana plat latai pada rumah tinggal minimalis 1 lantai.

    Pada gambar rencana plat atap ini dapat dilihat rangka plat lantai yang digunakan adalah rangka tipe P12-150. Kemudian jenis yang digunakan juga sama. penggunaan plat lantai yaitu dengan diikatkan pada kolom kolom yang menumpu bangunan tersebut. Selanjutnya akan ditampilkan detail dari plat atap tersebut.

    Kemudian yang terakhir akan dijelaskan dalam pembahasan struktur bangunan ini adalah mengenai rencana atap baja ringan sebagai penutup bangunan. Dalam pembahasan atap ini hanya akan dibahas mengenai baja ringan saja, karena atap dak beton dan atap polikarbonat tidak menggunakan rangka atau sistem tertentu dalam pemasangannya. Berikut adalah gambar rencana atap baja ringan.

    Berikut adalah keterangan dari gambar rencana atap baja ringan:

     

    1. Menunjukkan jurai yang dipasang dengan berjarak. Jurai sendiri merupakan bagian yang tajam dalam sebuah atap dan pada titik akhir dari jurai tersebut yang bertemu dengan jurai dari sisi yang berlawanan nantinya akan membentuk sebuah bubungan.
    2. Menunjukkan kuda kuda dari baja ringan. Kuda kuda yang digunakan yaitu masih masa seperti kuda kuda biasa, hanya saja dengan baja ringan ini perhitungan jarak antar kuda kuda yang harus diperhatikan.
      3. Menunjukkan talang yang dipasang pada pertemuan akhir dari garis atap.
    3. Talang ini merupakan tempat untuk air hujan sehingga dapat turun ke tanah, atau juga bisa dimanfaatkan untuk hal yang lain, seperti penggunaan air hujan dan diolah untuk menjadi air yang bersih.
    4. Menunjukkan penggunaan atap dengan material polikarbonat. Atap polikarbonat ini merupakan salah satu alternative atap yang digunakan sehingga cahaya matahari dari atas masih dapat masuk kedalam bangunan. Sehingga mirip seperti konsep skylight namun material yang digunakan tidak dari material kaca namun dari material polikarbonat tersebut
    5. Menunjukkan penggunaan atap dari dak beton yang digunakan untuk meletakkan torn air sehingga air dapat mengalir seluruh tempat tempat yang membutuhkan air bersih.

    Dari berbagai penjelasan diatas maka sudah dijelaskan mengenai struktur bangunan rumah tinggal minimalis 1 lantai.

    Kemudian selanjutnya untuk mengetahui lebih dalam mengenai bangunan tersebut maka juga akan dijelaskan bagaimana struktur utilitas yang diaplikasikan dalam bangunan tersebut. Berikut adalah beberapa uraian mengenai utilitas bangunan rumah tinggal minimalis 1 lantai.

    Pertama yang akan dibahas adalah mengenai rencana air bersih. Pada rumah tinggal ini air dapat berasal dari sumur air bersih kemudian ditarik naik menuju atap yang kemudian disimpan ke dalam tangki air. Lalu dar tangki tersebut baru didistribusikan ke dalam kebutuhan yang ada di atas atap tersebut. Kemudian untuk kebutuhan air sehari hari yang digunakan pada kamar mandi dan juga dapur maka menggunakan air dari sumur secara langsung yang disalukan melalui pipa. Dengan adanya penggunaan sistem tersebut maka juga memiliki beberapa keuntungan, diataranya adalah dengan menggunakan sistem tersebut maka di dalam rumah tersebut dapat memiliki simpanan air yang cukup jika terjadi hal pada sumur. Berikut adalah penjelasan dari rencana air bersih pada rumha tinggal ini dengan gambar:

    Berikut adlaah keterangan gambar rencana air bersih:

    1. Menunjukkan berbagai lokasi tempat yang membutuhkan saluran air bersih dari torn air diatas. Beberapa sumber tersebut diantaranya adalah dapur dan kamar mandi.
    2. Menunjukkan pipa suplay yang berasal dari pompa menuju pipa distribusi dari pvc yang akan menyalurkan ke seluruh tempat tempat yang membutuhkan air bersih tersebut.
    3. Menunjukkan popmpa air yang memompa air dari sumur untuk kemudian disalurkan kepada pipa distribusi yang kemudian menyalurkan ke seluruh ruang ruang di rumah tinggal tersebut.
    4. Menunjukkan sumur air bersih yang menjadi sumber dari seluruh kebutuhan air bersih dalam rumah tinggal ini.
      Selanjutnya akan dibahas juga mengenai rencana air bersih di atap.

    Berikut akan disajikan gambar rencana air bersih atap beserta keterangannya.

    1. Menunjukkan pipa distribusi yang berasal dari bawah lalu disalurkan ke torn air yang terdapat di atas.
    2. Menunjukkan pipa suplay yang berasal dari bawah yang juga kemudian ke atas dan kemudian menyalurkan ke pipa distribusi yang mengarah ke ruag ruang yang membutuhkan air bersih.
    3. Menunjukkan torn air. tangki air ini yang menjadi tempat menyimpan air yang berasal dari sumur air bersih dan dimasukkan melalui pipa distribusi.

    Selanjutnya setelah mengerti bagaimana sistem air bersih yang digunakan dalam rumah ringgal tersebut maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai sistem air kotor. Sumber air kotor dalam rumah ini berasal dari kamar mandi dan juga dapur yang digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Kemudian terdapat satu hal yang menarik dari rumah ini, yaitu adanya penggunaan resapan air hujan.

    Selanjutnya untuk penjelasannya akan dijelaskan memalui gambar rencana air kotor.

      1. Menunjukkan saluran air kotor yang berasal dari pembuangan seusai kegiatan yang erjadi dalam ruang ruang seperti kamar mandi dan dapur.
      2. Menunjukkan bak control yang menjadi penampungan sementara dari air kotor yang didistribusikan dari saluran air kotor. bak control ini merupakan tempat menampung air kotor yang berasal dari kamar mandi dan dapur. Peletakan bak control ini diletakkan diluar rumah sehingga dapat dikosongkan dengan mudah.
      3. Menunjukkan sumur resapan yang juga berasal dari bak control dan septic tank. Peletakan bak peresapan ini juga berada di area luar rumah
      4. Menunjukkan saluran air tinja yang berasal dari toilet yang kemudian didistribusikanmneuju septic tank.
      5. Menunjukkan septic tank yang merupakan tempat penampungan tija yang bersal dari kamar mandi dan didistribusikan melalui pipa saluran tinja.
      6. Menunjukkan peresapan air hujan yang juga terletak di sisi belakang rumah tinggal.
      7. Menunjukkan pipa saluran air hujan ayng berasal dari atap dan turun ke bawah lalu ditampung di peresapan air hujan.
        Kemudian selanjutya akan dijelaskan mengenai bagaimana gambar rencana air kotor yang berada di atap.

     

    Berikut akan disajikan gambar rencana air kotor pada atap.

     

    Pada gambar tersebut menunjukkan bagaimana sebuah talang pada atap yang memiliki fungsi untuk mneyalurkan ar hujan yang berada dari atas untuk turun ke tanah dengan mneggunakan pipa dan kemudian dapat masuk ke dalam sumur presapan sehingga dapat langsung meresap ke tanah.

    Kemudian untuk dapat lebih mengerti bagaimana detail dari saptic tank, bak control dan juga sumur resapan yang digunakan pada rumah tinggal ini, maka akan disajikan gambar detail dari saptic tank, bak control dan sumur resapan.

    Kemudian setelah melihat bagaimana gambar rencana air kotor pada rumah tinggal ini maka selanjutnya akan dijelaskan bagaimana instalasi listrk pada rumah tinggal minimalis 1 lantai.

      1. Menunjukkan lampu SL 18 W fitting WD yang dipasang outbow. Lampu jenis ini digunakan di sleuruh ruang sebagai pencahayaan manual yang utama pada ruang ruang di rumah tinggal ini
      2. Menunjukkan lampu down light. Lampu ini digunakan di ruang tamu, ruang makan, ruang santai, ruang tidur dan juga mushola. Lampu ini berfungsi sebagai peneranagn tambahan pada ruang dan juga untuk menjadikan ruangan lebih indah dan membuat lebih megah.
      3. Menunjukkan kabel instalasi lampu/ stop kontak NYM/ NYA 2×2, 5mm2.
      4. Menunjukkan adanya stop kontak 250V / 10A yang dipasang inbow dan dengan ketinggian 160 cm dari lantai.
      5. Menunjukkan adanya saklar ganda250V / 6A yang dipasang inbow dan dengan ketinggian 160 cm dari lantai.
      6. Menunjukkan adanya saklar tunggal 250V / 6A yang dipasang inbow dan dengan ketinggian 160 cm dari lantai.
      7. Menunjukkan meteran listrik yang dipasang di area depan rumah tinggal
      8. Menunjukkan sekering yang dipasang di area dalam rumah tinggal
        .

     

    Kemudian yang selanjutnya akan dibahas adalah pembahasan rencana instalasi AC pada rumah ini. Pemasagan AC pada rumah ini juga yang menentukan bagaimana peletakan ruang dalam rumah tersebut.

    Karena dalam peletakan AC juga memerlukan adanya buangan air AC yang tidak boleh dibuang sembarangan, sehingga diperlukan pemilikiran yang matang dalam pemasangan AC tersebut. Berikut adalah gambar rencana instalasi AC pada rumah tinggal tersebut.

    1. Menunjukkan ac split yang dipasang di ruang kamar tidur untuk membantu penghawaan buatan yang memang tidak akan cukup apabila hanya mengandalkan penghawaan alami.
    2. Menunjukkan buangan ac yang dibuang di 2 area, yaitu di area taman kecil di sisi kanan dan juga taman pada sisi belakang rumah tinggal. Buangan AC dapat dibuang di tempat tersebut karena akan langsung menyerap ke dalam tanah sehinga tidak mengganggu seluruh aktivitas yang ada didalamnya.

Kota Bekasi

Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. Kota ini merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri.kota bekasi juga dijuluki sebagai Kota Patriot dan Kota Pejuang. Sejarah setelah tahun 1949, ditandai dengan aksi unjuk rasa sekitar 40.000 rakyat Bekasi pada tanggal 17 Februari 1950 di alun-alun Bekasi. Hadir pada acara tersebut Bapak Mu’min sebagai Residen Militer Daerah V. Inti dari unjuk rasa tersebut adalah Rakyat bekasi mengajukan usul kepada Pemerintah Pusat agar Kabupaten Jatinegara diubah  menjadi Kabupaten Bekasi. Rakyat Bekasi tetap berdiri di belakang Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan berikut beberapa bangunan yang bersejarah di bekasi,

Masjid Agung Al-Barkah Bekasi adalah sebuah masjid yang ada di Bekasi. Masjid ini merupakan salah satu masjid tua di Indonesia. Masjid ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Renovasi pertama ketika kota Bekasi menjadi tuan rumah MTQ Jawa Barat 1998, lalu direnovasi lagi pada 2002. Sampai kemudian menjadi bentuknya yang semegah dan semewah sekarang ini setelah melalui renovasi total tahun 2004-2008. Masjid Agung Al-Barkah kota Bekasi, dibangun tahun 1890 dipelopori oleh Penghulu Lanraad (Alm) H. Abdul Hamid, di atas tanah wakaf dari (Alm). Haji Barun, seluas 3000 m2 yang terletak di jalan Veteran. Bangunan yang belum mencirikan bangunan sebuah masjid pada umumnya dan pada tahun 1967 bangunannya direhab menjadi bentuk masjid oleh Bupati Bekasi Subandi (ketika itu kota Bekasi masih menjadi bagian dari Kabupaten Bekasi).Subandi yang merupakan bupati Bekasi pertama asal Kampung Gabus Kabupaten Bekasi itu, melibatkan setiap jiwa warga Kabupaten Bekasi turut berpartisipasi menyumbang pembangunan masjid ini. Dalam kemajuan yang terjadi di Bekasi, oleh Bupati Bekasi H Abdul Fatah, pada 1985 kembali dilakukan pembangunan. Bangunannya pada bagian depan masih menggunakan awning berwarna-warni yang saat itu sangat banyak diminati masyarakat dalam setiap melaksanakan pembangunan. Dan saat itu pulalah masjid ini ditetapkan menjadi Masjid Agung Al Barkah Kabupaten Bekasi. Dengan ditetapkan sebagai Masjid Agung, Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi mulai campur tangan dalam pembangunannya. Pembangunan pada tahun 1985 menghabiskan biaya Rp 225 juta. Pada 1997 Pemerintah Kabupaten Bekasi saat bupatinya dijabat Muh Djamhari kembali melakukan pembangunan dengan tambahan biaya Rp 100 juta.

bangunan bersejarah bekasi

bangunan bersejarah bekasi

Gedung Papak berlokasi di jalan Insinyur Haji Juanda No. 100, Desa Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Bekasi. Gedung yang dibangun pada awal abad ke-20 tersebut berdiri di atas tanah seluas 1,5 hektar. Luas bangunannya mencapai 2.500 meter persegi.

Bangunan yang oleh masyarakat sekitar disebut Gedong Papak ini dibangun tahun 1930. Gedong berarti rumah. Sedangkan kata papak berasal dari istilah pak-pak yang bermakna rumah yang atapnya tidak menggunakan genteng melainkan dibuat rata. Hal itulah yang menjadi ciri khas Gedung Papak.Pemilik awal Gedung Papak adalah tuan tanah Cina bernama Lee Guan Chin. Ia membangun kediamannya dengan gaya arsitektur yang kala itu sedang populer. Tidak mengherankan jika bentuk bangunan serupa dapat dijumpai di daerah lain seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, Semarang, hingga Kudus. Lee Guan Chin merupakan seorang saudagar yang dekat dan peduli pada masyarakat sekitar. Pada masa pendudukan Jepang, dengan sukarela ia menyerahkan Gedung Papak kepada Kyai Haji Noer Ali yang merupakan pimpinan gerakan revolusi di Bekasi. Bangunan itu kemudian dijadikan markas perjuangan rakyat setempat

Gedung Juang dibangun dalam dua tahap yakni tahun 1906 dan 1925. Tidak seperti bangunan lain pada masa penjajahan Belanda, gedung tersebut dibuat dengan mengkombinasikan arsitektur Eropa dengan gaya bangunan tradisional Indonesia. Gedung Tinggi terdiri atas dua lantai. Setiap lantai memiliki ketinggian 4 meter. Dindingnya terbuat dari batu bata merah dengan ketebalan 15 sentimeter. Lantainya dibuat dari ubin berkualitas tinggi dengan corak bunga warna merah. Sedangkan pilar motif bunga yang mejadi ciri khas bangunan berasal dari semen cor.

Monumen Perjuangan Rakyat didirikan pada tahun 1975 pada masa pemerintahan Bupati Abdul Fatah. Ada lima buah tugu dengan tingginya kurang lebih 17 meter yang diletakkan di tengah kolam persegi lima. Di depan lima tugu terukir cuplikan sajak karya Chairil Anwar yang berjudul Kerawang Bekasi.Di belakang monumen ada relief yang menggambarkan perjalanan rakyat Bekasi yang dimulai pada masa VOC dan penjajahan Belanda samapi masa pembangunan Orde Baru. Relief pertama melukiskan kondisi awal Bekasi yang dikenal sebagai daerah partikelir dan perkebunan yang luas. Pada masa itu,  para tuan tanah yang juga dikenal dekat dengan Pemerintah Jajahan Belanda, sangat mendominasi seluruh siklus kehidupan rakyat. Rakyat selalu berada dalam kondisi menderita karena sikap tuan tanah yang digambarkan kejam dan tanpa tenggang rasa.Relief kedua menggambarkan kedatangan tentara Jepang yang awalnya disambut sebagai saudara tua ternyata perilakunya jauh lebih kejam dibandingkan dengan tentara Belanda. Pada relief digambarkan bagaimana tentara Jepang memaksa rakyat mengangkut beras ke truk. Pada Masa Jepang ini juga dikenal istilah kerja paksa atau romusha. Relief ketiga menggambarkan masa setelah  kemerdekaan. Diaroma yang  menggambarkan jiwa patriotisme rakyat Bekasi di berbagai medan pertempuran. Salah satu peristiwa besar yang pernah terjadi adalah aksi pembakaran oleh tentara Sekutu dan Belanda yang kemudian dikenal dengan peristiwa “Bekasi Lautan Api”.

Karya Karya Kami dalam Gambar Arsitek 3 Dimensi Bekasi

Jasa Arsitek Bekasi Untuk Desain Kolam Renang Bekasi

Kolam renang adalah desain kontruksi arsitektur yang dapat disi dengan air, baik kontruksi tersebut tertanam dalam tanah maupun di atas tanah. Kolam renang merupakan fasilitas untuk rekreasi, keluarga, kegiatan berolahraga.

Memiliki sebuah kolam renang pribadi di tempat tinggal anda tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan, karena pemilik rumah memiliki sarana untuk berekreasi ataupun berolahraga, namun khusus untuk desain kolam renang di rumah memiliki fungsi lain disamping sebagai sarana olah raga.

Saat ini, masih banyak orang yang tidak menganggap kolam renang merupakan sesuatu yang penting. Khususnya diluar daerah perkotaan, hanya sgelintir orang saja yang menghadirkan fasilitas berenang di kediamannya. Selain itu, tak semua daerah memiliki kolam renang umum yang bisa digunakan oleh masyarakat umum. Ini merupakan hal yang wajar.

Walaupun kolam renang merupakan suatu hal yang penting , di daerah perkotaan , namun tidak semua tempat tinggal di … dapat memuat kolam renang, karena keterbatasan lahan, anggaran biaya yang tinggi, dan alasan lainya.

Dibawah ini adalah beberapa fungsi lain dari sebuah kolam renang disamping sebagai sarana olahraga maupun rekreasi:

Meningkatkan Nilai Rumah

Keempat, kolam renang juga berfungsi untuk meningkatkan nilai jual sebuah rumah. Inilah fungsi kolam renang yang bisa dibilang sangat komersil. Dengan adanya kolam renang, maka nilai jual sebuah rumah akan melambung tinggi. Hal ini tak lepas dari mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun kolam. Selain itu, adanya fasilitas kolam renang juga akan menambah kesan mewah dari suatu rumah. Maka tak heran jika rumah yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang memiliki harga yang relatif lebih tinggi.

Sebagai Sarana Bersosialisasi

Kelima, kolam renang juga bisa digunakan sebagai sarana untuk bersosialisasi. Banyak orang yang sering mengadakan pesta di dekat kolam renang. Selain itu, berenang bersama keluarga, kerabat, ataupun teman. dengan begitu, anda bisa bersosialisasi sembari merekatkan hubungan.

Sebagai Simbol

Terakhir, kolam renang juga dapat berfungsi sebagai simbol. Fungsi kolam renang ini biasanya diterapkan pada bangunan atau property seperti apartemen dan hotel untuk memberikan ciri atau karakter pada bangunan tersebut. Untuk fungsi kolam renang ini, biasanya kolam yang dibuat tidak digunakan untuk berenang.

Kolam ini hanya diperuntukkan sebagai symbol untuk mendongkrak ciri khas yang dimiliki bangunan tersebut. Kolam-kolam ini biasanya memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam, atau sekitar 100 cm. Walaupun diberikan perawatan seperti kolam renang pada umunya, kolam ini hanya diperuntukan sebagai pelengkap arsitektur bangunan saja

Kolam Renang Sistem Sirkulasi: Dukung Konsepsi Kolam Minimalis

Sistem sirkulasi kolam minimalis yang bagus yang Anda miliki, akan bias pada kualitas kolam Anda juga. Untuk alasan kualitas kolam renang berkualitas baik dapat diukur dari kualitas air.

Kolam renang dengan sistem peredaran darah yang buruk hanya akan menimbulkan masalah di masa depan. Satu demi satu masalah akan muncul yang pada akhirnya akan menjadi konsekuen.

Permasalahan yang terjadi pada sistem sirkulasi yang buruk, titik awal penyebaran masalah ke semua aspek operasi penunjang kolam renang dan kolam itu sendiri.

Kunci utama perawatan kulit. Jadi Anda harus memiliki pola perawatan terkontrol dengan baik juga.

Misalkan Anda membangun kolam renang minimalis di rumah, ada alasan Anda selesai membaca artikel ini sampai akhir. Pada artikel ini kita akan membahas sedikit tentang Pool Circulation System.

2 Arsitek Bekasi Untuk Desain Gambar Butik

Butik adalah “sebuah toko kecil yang menjual pakaian bergaya, perhiasan, atau barang mewah lainnya”. [1] Kata itu bahasa Prancis untuk “toko”, yang pada akhirnya berasal dari bahasa Yunani ἀποθήκη (apothēkē) atau “gudang”.

Istilah “butik” masuk ke bahasa Inggris sehari-hari sejak akhir 1960-an. Di Eropa, Avenue Montaigne dan Bond Street menjadi fokus perhatian banyak media karena memiliki toko paling modis di era ini. [4]

Beberapa bisnis multi gerai (rantai) dapat disebut sebagai butik jika mereka menargetkan ceruk pasar kecil kelas atas. [5] Meskipun beberapa butik mengkhususkan diri pada barang-barang buatan tangan dan produk unik lainnya, yang lain hanya memproduksi kaos oblong, stiker, dan aksesoris mode lainnya dengan harga yang kecil dan menjualnya dengan harga tinggi.

Merancang interior kawasan komersial sebagai butik nampaknya memiliki tantangan tersendiri bagi desainer interior. Pasalnya bukan sebagai interior rumah yang hanya dinikmati oleh warga. Butik butik ini dinikmati oleh banyak orang. Selain itu, selain berbagai produk yang ditawarkan, perencanaan tata ruang juga memiliki peran penting dalam mempengaruhi kepentingan konsumen untuk masuk dan melihat-lihat isi butik. Lalu bagaimana interior butik bisa menarik?

Tema Desain

Tentukan tema desain yang Anda gunakan untuk menghias tampilan butik. Tema ini akan memandu Anda untuk memilih warna, bahan, elemen dekoratif untuk perabotan seperti rak display atau meja dan kursi. Sesuaikan tema desain dengan target audiens Anda. Misalnya memilih interior bergaya bergaya chic atau chic bergaya minimalis jika mayoritas produk yang Anda jual ditujukan untuk wanita dewasa.

Anda juga bisa memilih gaya industri pedesaan yang nampaknya laki-laki dan menyenangkan untuk melamar butik yang menjual pakaian atau produk untuk pria dan remaja dewasa. Mengadaptasi tema ini berdampak pada kenyamanan konsumen saat mewakili dan mewakili produk yang Anda jual.

Pengaturan tata letak

Buat aliran ruang sederhana untuk memudahkan pergerakan konsumen saat melihat isi butik. Misalnya dengan menempatkan ruangan yang berdekatan di cash register atau meletakkan kursi di samping rak sepatu. Alur ruang yang baik memungkinkan konsumen mencapai satu tempat ke tempat lain sehingga merasa nyaman dan nyaman di rumah.

Item Tampilan

Kelompokkan produk menurut jenis dan fungsinya. Pengelompokan ini memudahkan konsumen untuk menemukan barang yang mereka cari. Jangan lupa untuk menandatangani atau memberi bendera kelompok apapun, seperti pakaian wanita yang bersebelahan dengan rak aksesoris dan tas atau pakaian pria dan peralatan anak-anak. Selain mudah ditemukan, pengaturan ini juga mampu membuat butik jadi rapi dan atraktif.

Kamar Tamu yang nyaman

Kehadiran ruang ganti menjadi salah satu elemen penting yang harus di butik. Karena ruangan kecil ini dimaksudkan sebagai ruang untuk mencoba pakaian. Karena itu, tampilannya tidak abaikan. Pastikan ruangan nyaman dan nyaman bagi konsumen. Misalnya dengan memasang cermin panjang dan gantungan baju. Desain kamar yang dihias secara unik juga membantu menghias interior butik.

Pencahayaan

Maksimalkan tampilan ruangan dengan pencahayaan yang tepat. Anda bisa menambahkan sorotan yang menandai langsung di papan laci display atau aksesori. Tidak hanya berguna untuk meringankan produk di layar, tapi juga aksen ini, yang bisa menghadirkan atmosfer (atmosfir) ruang.

Aksen ruang

Buat aksen ruang yang menarik dan ikonik agar konsumen bisa dengan mudah mengingatkan butik Anda. Aksen ruang mungkin berwarna. Misalnya dengan menerapkan distribusi warna yang jernih ke dinding, atau menutupi area dinding dengan wallpaper bermotif. Lalu dinding menghiasi dengan wall art berupa poster, lukisan atau tanda kutip berbingkai untuk menambahkan kesan artistik pada ruang. Aksen juga bisa muncul melalui benda-benda seni lainnya, seperti pahatan yang juga tampil sebagai ikon butik Anda.

  1. Jasa Arsitek Bekasi  Untuk Desain Rumah Minimalis Bekasi

Desain arsitektur minimalis modern menggunakan arsitektur atau desain bangunan hanya kebutuhan yang paling mendasar. Arsitektur minimalis menekankan masalah esensial dan fungsional. Bentuknya geometris dan tanpa hiasan dalam karakter arsitektur minimalis.

Minimalisme menjadi tren di awal abad 19 dan menjadi langkah penting melalui reaksi gaya arsitektur sebelumnya dengan menggunakan elemen dekoratif dan ornamen yang lebih dekoratif. Perancang desain arsitektur rumah minimalis fokus pada dua elemen, yaitu ruang pencahayaan dan kekosongan yang elegan yang diciptakan oleh pengurangan unsur tiga dimensi dalam arsitektur.

n London dan New York, desain arsitektur rumah modern minimalis menjadi populer di tahun 1980-an arsitek dan desainer akhir mencoba untuk membuat konsep kesederhanaan dengan menggunakan elemen putih, cahaya dingin, ruang besar dengan benda-benda minimal dan furnitur. Ludwid arsitek Mies van der Rohe dan Le Corbusier adalah dua arsitek yang memiliki pengaruh terbesar pada elemen kesederhanaan dalam dinamika arsitektur minimalis.

arsitek minimalis tidak hanya mempertimbangkan sifat fisik bangunan, mereka juga melihat secara mendalam ke dalam dimensi spiritual yang tak terlihat, dengan lebih memperhatikan detail, orang, ruang, alam dan bahan. Mereka menemukan bahwa sesuatu yang abstrak dan tak terlihat seperti cahaya alami, udara, bumi dan langit sebenarnya memiliki kualitas.

Dalam disain arsitektur rumah minimalis modern, disain ini digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk geometris dasar, tidak adanya dekorasi, penggunaan bahan sederhana dan pengulangan struktur karakteristik minimalis. Penerangan alami membuat bangunan menjadi sederhana dan bersih. arsitek minimalis memiliki motto “mendengarkan Gambar”, mencari esensi dari kesederhanaan untuk menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan sederhana dan umum.

Fitur utama arsitektur modern minimalis sederhana, rencana berbentuk kotak, formasi kubus, rangkaian jendela yang meluas dengan cakrawala kotak-kotak, semua fasad 90 derajat, dan menggunakan kain seperti baja, kaca dan beton.

Ide kesederhanaan sebenarnya muncul dalam budaya yang berbeda, terutama di Jepang dengan budaya Zen. Orang Jepang memanipulasi budaya Zen dalam estetika dan desain bangunan mereka. Ide arsitektur Jepang dipengaruhi budaya Barat, terutama Amerika sejak pertengahan abad ke-18, dan juga menginspirasi munculnya arsitektur minimalis di abad ke-19.

Konsep kesederhanaan Zen banyak dibicarakan tentang gagasan kebebasan dan esensi kehidupan. Kesederhanaan tidak hanya dilihat dari nilai estetikanya tetapi juga dari persepsi moral terhadap benda dan material. Ini seperti taman berpasir di kuil Ryoanji yang di atasnya menampilkan konsep kesederhanaan dengan setting beberapa bebatuan dan ruang void yang besar.

 

%d bloggers like this: