jasa arsitek tasikmalaya

Jasa Arsitek Tasikmalaya Jawa Barat

CENTER POINT ARSITEK adalah perusahaan yang melayani jasa Arsitek / Jasa gambar rumah / jasa desain rumah, bangun rumah atau renovasi rumah. Desain kreatif dan inovatif, hasil pekerjaan cepat, rapi adalah komitmen kami untuk mewujudkan impian konsumen dengan berbagai pilihan gaya rumah seperti minimalis , modern, klasik, mediteranian, kolonial, tropis, dsb. Melayani area Tasikmalaya.

 

bangunan bersejarah tasikmalaya

Tasikmalaya (Cina: 打橫; Pinyin: Dǎhéng) adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini kadang-kadang disebut “kota seribu pesantren” untuk kelimpahan pesantren. [1] Tasikmalaya, sekitar 120 kilometer tenggara dari ibukota provinsi Bandung, Indonesia pada National Route 3.

Kota yang terletak di wilayah Priangan pegunungan Jawa pada ketinggian 351 meter (1.151 kaki).

Populasi kota (dengan pengecualian Kabupaten Tasikmalaya, yang mengelilingi kota ke barat, selatan dan timur), menurut 2010 sensus 635 464, resmi terbaru (sejak 2015) 808 506. [2] dibangun (atau bawah tanah) Daerah Kota Tasikmalaya dan 14 kabupaten yang tersebar di Tasikmalaya dan Ciamis kabupaten adalah rumah bagi 1.339.891 penduduk per sensus 2010.

Pada awalnya, nama yang merupakan cikal bakal dari wilayah Sukapura Tasikmalaya. Sukapura sebelumnya dikenal sebagai Tawang atau Galunggung, sering juga disebut Tawang-Galunggung. Tawang berarti bidang yang luas atau ruang terbuka. Penyebutan Tasikmalaya menuncul setelah Galunggung meletus sehingga wilayah Sukapura berubah Tasik (Danau, laut) dan Malaya (Senin) layah ngalayah bermakna (hamburan) atau jangkauan pegunungan di Malabar (India) pantai. Jadi Tasikmalaya berarti lebih atau danau yang tersebar di gugusan bukit. Tapi dalam bahasa Sunda, Tasikmalaya juga dapat mewakili Keusik ngalayah, yang berarti banyak pasir di mana-mana.

Dimulai pada abad VII untuk abad XII di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Kabupaten Tasikmalaya, diketahui adanya suatu bentuk Kebataraan pemerintah dengan pemerintah pusat sekitar Galunggung, dengan raja aset mengabisheka (dari Kerajaan Galuh ) atau dengan kata lain raja baru dianggap sah jika disetujui oleh Batara yang berlaku di Galunggung. Batara atau tua yang memerintah selama berabad-abad, para Semplakwaja Batara, Batara Kuncung Putih, Kawindu Batara, Batara Hyang Batari Wastuhayu dan yang mengubah bentuk kebataraan selama pemerintahannya di kerajaan.

Salah satu cara untuk Kabupaten Tasikmalaya, sementara Galunggung terlihat di kejauhan – 1920-1940.
Kerajaan ini disebut Kerajaan Galunggung didirikan 13 Bhâdrapada Saka 1033 atau 21 Agustus 1111 dengan pernyataan pertamanya yang Batari Hyang berdasarkan Geger Hanjuang prasasti yang ditemukan di bukit Geger Hanjuang, Linggawangi Desa, Kecamatan Leuwisari, Tasikmalaya. Dari Batari ajaran-ajaran ini diproses disebut Sang Hyang Siksakanda ng Karesian. Ajaran-ajarannya masih digunakan sebagai doktrin resmi pada saat Prabu Siliwangi (1482-1521 M), yang memerintah Pakuan Pajajaran. Kerajaan Galunggung ini bertahan sampai 6 raja berikutnya masih keturunan Batari Hyang

Nama yang menjadi cikal-bakal Tasikmalaya terdapat adalah di daerah Sukapura. Sukapura dahulunya bernama Tawang atau Galunggung, sering juga disebut Tawang-Galunggung. Tawang berarti sawah atau tempat yang luas terbuka. Penyebutan Tasikmalaya menuncul setelah Gunung Galunggung meletus sehingga wilayah Sukapura berubah menjadi Tasik (danau, laut) dan malaya dari (ma) layah yang bermakna ngalayah (bertebaran). Tasikmalaya mengandung arti keusik ngalayah, bermakna banyak pasir di mana-mana. Dan berikut beberapa bangunan bersejarah dan unik di tasikmalaya,

Sejarah berdirinya Kota Tasikmalaya sebagai daerah otonomi tidak terlepas dari sejarah berdirinya kabupaten Tasikmalaya sebagai daerah kabupaten induknya. Maka rangkaian sejarah ini merupakan bagian dari rangakaian perjalanan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sampai terbentuknya Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Pada waktu A. Bunyamin menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya tahun 1976 sampai dengan 1981 tonggak sejarah lahirnya kota Tasikmalaya dimulai denngan diresmikannya Kota Administratif Tasikmalaya melalui peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1976 oleh Menteri Dalam Negeri H. Amir Machmud. Periwtiwa ini di tandai dengan penandatangan Prasasti yang sekarang terletak di depan gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Pada waktu yang sama dilantik pula Walikota Administratif Pertama yaitu Drs. H. Oman Roosman oleh Gubernur KDH Tingkat I Jawa Barat H. Aang Kunaefi.

Pada awal pembentukannya, wilayah kota Administratif Tasikmalaya meliputi 3 Kecamatan yaitu Cipedes, Cihideung dan Tawang dengan jumlah desa sebanyak 13 desa.

Berikut ini urutan pemegang jabatan Walikotatif Tasikmalaya dari terbentuknya kota administratif sampai menjelang terbentuknya pemerintah Kota Tasikmalaya :

1 Oman Roesman (1976-1985)
2 Yeng Ds. Partawinata (1985-1989)
3 R. Y. Wahyu (1989-1992)
4 Erdhi Hardhiana (1992-1999)
5 Bubun Bunyamin (1999-2007)
6 Syarif Hidayat (2007-2012)
7 Drs. H. Budi Budiman (2012-2017)

Berkat perjuangan unsur Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya yang dipimpin Bupati saat itu H. Suljana WH beserta tokoh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya dirintislah pembentukan Kota Tasikmalaya dengan lahirnya tim sukses pembentukan Pemerintahan Kota Tasikmalaya yang diketuai oleh H. Yeng Ds. Partawinata SH. bersama tokoh – tokoh masyarakat lainnya. Melalui proses panjang akhirnya dibawah pimpinan Bupati Drs. Tatang Farhanul Hakim, pada tanggal 17 Oktober 2001 melalui Undang-undang Nomor 10 Tahun 2001, Kota Tasikmalaya diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI di Jakarta bersama-sama dengan kota Lhoksumawe, Langsa, Padangsidempuan, Prabumulih, Lubuk Linggau, Pager Alam, Tanjung Pinang, Cimahi, Batu, Sikawang dan Bau-bau.

Undang-undang Nomor 10 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Tasikmalaya, telah mengantarkan Pemerintah Kota Administratif Tasikmalaya melewati pintu gerbang Daerah Otonomi Kota Tasikmalaya untuk menjadi daerah yang mempunyai kewenangan untuk mengatur rumah tangga sendiri.

Pembentukan Pemerintah Kota Tasikmalaya tak lepas dari peran serta semua pihak maupun berbagai steakholder di daerah Kota Tasikmalaya yang mendukung pembentukan tersebut. Tentunya dengan pembentukan Kota Tasikmalaya harus ditindak lanjuti dengan menyediakan berbagai prasarana maupun sarana guna menunjang penyelenggaraan Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Berbagai langkah untuk mempersiapkan prasarana, sarana maupun personil serta komponen-komponen lainnya guna menunjang penyelengaraan Pemerintahan Kota Tasikmalaya telah dilaksanakan sebagai tuntutan dari pembentukan daerah otonom itu sendiri.

Pada tanggal 18 Oktober 2001 pelantikan Drs. H. Wahyu Suradiharja sebagai PJ Walikota Tasikmalaya oleh Gubernur Jawa Barat dilaksanakan di Gedung Sate Bandung. Sesusuai Undang-Undang No. 10 Tahun 2001 bahwa wilayah Kota Tasikmalaya terdiri dari 8 Kecamatan dengan jumlah Kelurahan sebanyak 15 dan Desa sebanyak 54, tetapi dalam perjalanannya melalui Perda No. 30 Tahun 2003 tentang perubahan status Desan menjadi Kelurahan, desa-desa dilingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya berubah statusnya menjadi Kelurahan, oleh karena itu maka jumlah kelurahan menjadi sebanyak 69 kelurahan, sedangkan kedelapan kecamatan tersebut antara lain :

1. Kecamatan Tawang
2. Kecamatan Cihideung
3. Kecamatan Cipedes
4. Kecamatan Indihiang
5. Kecamatan Kawalu
6. Kecamatan Cibeureum
7. Kecamatan Mangkubumi
8. Kecamatan Tamansari

9. Kecamatan Purbaratu (baru)

10. Kecamatan Bungursari (baru)

Sebagai salah satu syarat Pemerintah Daerah Otonom diperlukan alat kelengkapan lainnya berupa Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Melalui surat keputusan No. 133 Tahun 2001 Tanggal 13 Desember 2001 Komisi Pemilihan Umum membentuk Panitia Pengisian Keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat KotaTasikmalaya (PPK-DPRD). Melalui proses dan tahapan-tahapan yang dilaksanakan PPK-DPRD Kota Tasikmalaya yang cukup panjang, maka pengangkatan anggota DPRD Kota Tasikmalaya disyahkan melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 171/Kep.380/Dekon/2002 Tanggal 26 April 2002, selanjutnya tanggal 30 April 2002 diresmikannya keanggotaan DPRD Kota Tasikmalaya yang tetama kali.

Pada tanggal 14 November 2002 dilantiknya Bp. Drs. H. Bubun Bunyamin sebagai Walikota Tasikmalaya, pelantikan Walikota tersebut adalah segabai puncak momentum dari pemilihan Kepala Daerah pertama di Kota Tasikmalaya sebagai hasil dari Tahapan proses pemilihan yang dilaksanakan oleh Legislatif.

Stasiun Tasikmalaya terletak pada ketinggian 349 mdpl dan berada di bawah lingkup kerja PT KAI DAOP II Bandung. Stasiun ini mulai dibangun sejak jaman penjajahan Belanda sekitar tahun 1890. Bangunan Stasiun Tasikmalaya kental dengan arsitektur Belanda dan saat ini setelah renovasi, di tengah-tengah atap stasiun dibuat undak seperti gedung sate.

Babancong terletak di pingir alun-laun Manonjaya, Tasikmalaya. Fungsi babancong adalah sebagai tempat inspektur upacara. Kanjeng Dalem beserta jajarannya pun selalu berada di babancong saat upacara.

Penginapan sunda berdiri sejak tahun 1928 hinga sekarang terus dipelihara.Rumah penginapan dengan arsitektur layaknya bangunan kolonial pada zaman dulu dengan tembok dinding batu dan kusen dari kayu jati itu tampak terawat dan bersih.

Masjid Agung Tasikmalaya terletak di Jl. Masjid Agung No 01 Kec Tawang Tasikmalaya. Mesjid yang berdiri kokoh di lahan seluas 7.215 meter persegi ini sungguh sangat menakjubkan, Luas bangunan sekitar 2.456 meter persegi mampu menampung 8.000 jemaah dan menjadi tempat vaforit bagi warga sekitar untuk menunaikan ibadah. Masjid ini pertama kali di bangun oleh Bupati Sumedang Raden Tumenggung Aria Suryaatmaja pada tahun 1986 dan selesai pada tahun 1988 berdiri di atas tanah seluas 6000 meter persegi. pengelolaan masjid ini pertama kali di serahkan kepada Raden Haji Abubakar yang juga merupakan keturunan dari pemerintahan Sumedang larang. Bangunan mesjid tersebut kemudian diserahkan kepada Patih Demang Sukma Amijaya Tasikmalaya untuk kemudian diurus dan dikembangkan.

Portofolio

GAMBAR PILIHAN WEB SERIBU 2

GAMBAR PILIHAN WEB SERIBU 2

Jasa Arsitek desain Minimalis Modern di Garut

Konsep modernisme merupakan tema sentral dalam upaya arsitektur modern abad ke-20. Mendapatkan popularitas global, terutama setelah Perang Dunia Kedua, modernisme arsitektur diadopsi oleh banyak arsitek dan pendidik arsitektur, dan berlanjut sebagai model arsitektur dominan yang digunakan untuk bangunan institusional dan perusahaan di abad ke-21.
Arsitektur dasar rumah modern sederhana dan bersih. Filosofinya adalah bahwa karakteristik rumah akan mengikuti fungsi hunian. Ini berarti arsitektur rumah modern mengungkapkan kesederhanaan, tampilan elemen struktur yang rapi, dan menghilangkan apapun yang tidak perlu untuk disain.
Saat melihat arsitektur modern Anda akan melihat bahwa kebanyakan rumah dirancang untuk bahan megah yang digunakan untuk proses pengembangan daripada menutupi bahan-bahan ini dengan desain yang tidak perlu. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan desain rumah modern akan menampilkan elemen kaca, baja dan kayu.
Rencana rumah minimalis kontemporer modern menampilkan fitur terbuka, ruang lantai yang fleksibel, elemen dekoratif minimalis, dan penggunaan campuran modern atau “industri” yang ekstensif di seluruh rumah.
Desain lantai yang dilucuti, ramping, dan elegan Kontemporer atau modern merupakan perubahan sempurna dari arsitektur tradisional dan telah menjadi model arsitektur rumah favorit yang dirancang sejak tahun 1950an. Ditemukan di lingkungan pinggiran kota yang terawat baik di seluruh negeri, desain rumah kontemporer yang canggih menawarkan langit-langit yang melonjak dan kesederhanaan abadi yang bekerja dengan baik untuk keluarga dan individu. Rencana kontemporer juga menekankan ruang terbuka dan fleksibel, yang memungkinkan pemilik rumah menyesuaikan fungsi rumah. Bahan campuran modern atau “industri” seperti beton, vinil, dan kaca banyak digunakan di seluruh rumah. Skema rumah modern modern sangat cocok untuk mereka yang ingin mengubah rumah tua menjadi model rumah dengan desain minimais modern murni.
Gaya arsitektur – kombinasi bentuk dasar dan struktur karakter pada waktu dan orang tertentu, diwujudkan dalam rangkaian fungsional, konstruktif, dan artistik. Setiap era telah menciptakan gayanya sendiri. Dan di setiap zaman ada beberapa jenis bangunan, digunakan bahan bangunan khusus konstruksi. Pakar mengubah konsep kecantikan dan kegunaan, dari sinilah perbedaan dari berbagai bentuk dan hiasan waktu.

Gaya secara tradisional didefinisikan sebagai seperangkat fitur, kesatuan teknik dan sumber ekspresif, masyarakat ideologis atau artistik, yang dapat dicirikan oleh waktu, arahan dalam seni, individu atau rumah tertentu.
Di Inggris, gaya kontemporer disebut Art Nouveau di Belgia dan Prancis – Art Nouveau (“Seni Baru”) di Jerman – gaya yugent (“Gaya Muda”), di Austria – Secession (“Branch, Care”). Penolakan bentuk kuno, mencari penggunaan bahan baru: besi, kaca dan beton. Gaya modern, konstruktivis, minimalis, “techno”, hi-tech, kitsch – tidak semua gaya desain dan seni rumah digunakan saat ini.
Pada 1890-1900 dalam arsitektur yang sedang berkembang, gaya yang disebut “modern”. Modern yang bergerak di abad ke-20 dan terus eksis selama dua dasawarsa. Arsitektur “modern” menggunakan rencana yang tidak seimbang dan solusi bangunan tiga dimensi, bahan bangunan baru, termasuk tampilan fasad bata, tiruan ubin glaze. Arsitek telah mencari estetika untuk memahami kemungkinan konstruksi teknis baru, namun jatuh ke dalam ekses dekoratif.
Seiring waktu, modern menolak pengayaan yang berlebihan terhadap detail arsitektur fasad dan interior dan hiasan sosok yang sewenang-wenang. Ini menjadi lebih rasional. Belakangan, ini terkait dengan tahap awal sebuah gaya baru – konstruktivisme, yang biasa terjadi di semua negara.
Munculnya konstruktivisme dalam 20-30 tahun abad XX adalah kemunculan bahan olahan seperti beton dan beton bertulang. Sekarang Anda bisa melakukan desain cadik, jenis awning, kanopi, menutupi fasad rumah dengan kaca besar.
Pada pertengahan abad ke-20, dikembangkan model desain “minimalis”. Pada dekade pascaperang dunia pertama, baik dalam kehidupan masyarakat pada umumnya, arsitektur modern dan arsitektur proses demokratisasi – mencari cara baru pembangunan. Istilah “minimalisme” dikaitkan dengan tren seni konseptual di tahun 60an karena demokratisasi dan moto realisasi “tidak lebih”. Minimalisme dicirikan oleh kurangnya dekorasi seperti itu, dan menemukan proporsi ideal, solusi warna baru. Namun, pada tahun 20an, 60an, atau tahun 2000an, hal itu berbeda dalam bentuk dan konten dan nuansa.
Pada tahun 1977, arah gaya baru “berteknologi tinggi”. Ini berarti metode membangun lingkungan ultra modern dari berbagai jenis rincian teknis, mengidentifikasi struktur terbuka. Hi-tech – bahan propaganda estetika berteknologi tinggi. Seiring dengan penggunaan komposisi struktur bantalan beban tradisional, kusen, bingkai, telah menggunakan sistem gabungan yang kaku dan tali elemen.
Ciri dari solusi struktur pendukung berteknologi tinggi adalah penggunaan sel punca, bukan bagian tertutup dari bagian yang terbuka. Hal ini sebagian ditentukan oleh persyaratan nonkonstruktif, dan estetika – yang menekankan “teknis” komposisi.
Model desain arsitektur juga menyimpan tanda pada sejarah furnitur dan desain interior. Pergantian gaya furnitur dan desain interior mencerminkan kehidupan sosial sehari-hari masyarakat. Pada awal abad 20 dengan munculnya tren baru dalam pemikiran dan perubahan bidang disain interior sosial disempurnakan, disederhanakan dan dioptimalkan.
Dalam upaya untuk mengatasi eklektisme seni borjuis dan budaya abad ke-21, perwakilan modernisme menggunakan fasilitas teknis dan struktural baru dan rencana bebas untuk menciptakan hal-hal yang tidak biasa, menekankan bangunan individu, semua elemen subordinasi pada irama dekoratif dan desain figuratif simbolis. Seni dan modernisme dekoratif dibedakan dengan simbol puitis, garis ritme cairan dekoratif yang fleksibel, pola gaya bunga.
Furnitur interior modern dan minimalis, Purism, hi-tech – jika Anda membedakan antara area kontemporer, jangan langsung menyebutkan bahwa ketiganya kembar:
Purisma – untuk gaya, adalah kemurnian dan kesederhanaan bentuk – minimalis dan fungsional.
Hi-tech – pada dasarnya adalah bentuk minimalis yang brilian yang bisa dieksekusi dalam hal yang ketat dan fungsional.
Minimalisme – formula kemurnian ideologis, kesempurnaan dan kenyamanan interior modernis.
Hanya teknologi modern yang bisa menjamin pelaksanaan keaslian furnitur minimalis. Minimalisme tumbuh dari Konstruktivisme dari abad ke-20, seiring pelepasan hiasan dan ornamen. Arah ini mengatasi “eklektismeisme” postmodernisme dan memasuki posisi baru kemurnian dan kemampuan proses yang membangun, menggunakan bahan inovasi, desain dan bentuk modern.

Jasa Arsitek desain rumah Minimalis di Tasikmala

Sebenarnya Gaya rumah Minimalis, tidak identik dengan rumah yang kecil , sempit atau sederhana, tapi lebih mengacu pada gaya hidup miimalis, gaya hidup minimalis berasal dari Pendeta Zen di Jepang, Zen memang diartikan sebagai meditasi. Adaptasi seperti ini ditujukan untuk menciptakan dekorasi dengan suasana tenang, damai, nyaman, sederhana dan dekat dengan alam.
Pengaruh estetika Budhiesme Zen, sangat kuat bagi penganutnya , dan mengaplikasikan gaya hidup mereka dalam keinginan desain rumah minimalis modern. Dengan melawan norma masyarakat umum yang sangat konsumtif dengan secara dramatis mengurangi perabotan barang barang yg tidak begitu memiliki nilai fungsional. Begitu pun dalam medesain rumah, rumah minimalis cenderung mengurangi ornamen ornamen yang tidak di butuhkan, begitu juga dengan tata ruang yang simple , namun efektif, efesien dan tetap elegan. Dalam kontek desain rumah minimalis, disamping adanya pengaruh gaya hidup Jepang, juga timbul karena kebosanan pada gaya desain rumah konservatif, dengan yg ada pada umumnya.
Ciri ciri dari desain rumah minimalis, pada ekteriornya
Mempunyai bentuk garis geometris yang lebih tegas,biasanya di dominasi pengulangan garis secara vertikal maupun horizontal.
Memiliki bukaan yang lebar, jendela yang lebar yang memberikan sudut pandang ke luat yang lebih luas.
Atap rumah nyaris datar, dengan derajat kemiringan sudut yang lebih besar.
Penataan taman atau landscape pun minimalis, disesuaikan dengan lahan yang minim.

Jasa Arsitek desain rumah Idaman di Tasikmalaya

Jika kita melihat atau membayangkan gambar rumah impian, apa yang akan menjadi pikiran Anda mungkin kesempurnaan. Kesempurnaan Model rumah, desain, ukuran, dan tata letak ruang urutan penuh kemewahan dan furnitur berkelas. Belum lagi bagian luarnya dikelilingi oleh taman dengan aneka tanaman hias yang indah, lengkap dengan kolam renang sebagai bentuk identitas rumah kelas modern. Pertanyaannya adalah, apakah definisi rumah impian harus mencakup semua hal di atas?
Umumnya, setiap orang memiliki keinginan akan nuansa yang berbeda dengan rumah / tempat tinggal yg dinginkan . Misalnya ada yang menginginkan sebuah apartemen mewah di pusat kota, di sisi lain sebenarnya banyak yang mendambakan sebuah rumah sederhana di pedesaan atau di pantai yang terisolasi dari fasilitas umum, ataupun di perumahan yg tenang namun lengkap dengan segala fasilitas pendukung.
Mimpi / keinginan dalam membuat rumah impian pada dasarnya memikirkan sebuah bangunan yang sesuai dan sesuai dengan keinginan pemilik rumah dan semua anggota keluarga tanpa model, bentuk, ukuran, dan lokasi. Secara garis besar asesmen hanya penghuni rumah idaman yang bisa menentukan tanpa keterlibatan orang lain yang bisa diberi penilaian berbeda.
Memilih Ideal Lokasi
Membangun mimpi adalah tantangan rumah yang cukup besar, terutama pada masalah perencanaan dan biaya untuk mewujudkannya. Tapi kalau kita bisa memenuhi maksud dan deskripsi model rumah yang kita inginkan, sebenarnya proses ini lebih menyenangkan. Membangun rumah impian kita harus mencari lokasi yang strategis sebelum memulai proses perencanaan struktur rumah secara keseluruhan.
Dalam hal ini kita harus merencanakan desain lansekap dengan menggabungkan bangunan situs untuk membuat paket ‘tunggal’ yang indah dan nyaman. Jadi pada dasarnya selain memperhatikan keindahan estetika alami, kita perlu mengamati lokasi bangunan lain di dekat rumah yang sedang kita rencanakan, apakah ada satu atau beberapa bangunan yang dibangun akan yang mengganggu lingkungan sekitar?
Dalam gambar 3 dimensi, kita hanya melihat gambaran bentuk fisik rumah, bangunan itu terlihat sempurna, namun tidak dijelaskan secara detail tentang jalan atau akses ke tempat tersebut. Sebenarnya jalan menuju lokasi (rumah) merupakan aspek penting untuk diperhatikan. Misalnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan dari lokasi untuk bekerja dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat umum seperti rumah sakit, rumah ibadah, pusat perbelanjaan, dll?
Nah, hal yang sering kita anggap remeh di atas sebenarnya perlu diperhatikan oleh kita. Toh, tidak setiap rumah yang kita anggap terlihat rumah impian terlihat sempurna selamanya, karena orang harus hidup dengan waktu, yang berarti setiap saat ada perubahan gaya hidup.
Jika rumah impian yang kita rencanakan sudah bisa direalisasikan mungkin di masa depan kita akan menemukan desain baru gairah atau inspirasi yang mengharuskan kita untuk mengeksplorasi model rumah tua menjadi model baru. Ini sama dengan kondisi kita yang selalu tumbuh dan bergerak, dan keadaan di sekitar kita terus berubah.Demikian tips yg kami bisa berikan.

Jasa Arsitek desain rumah Sederhana di Tasikmalaya

Definisi model rumah sederhana sebenarnya sangat universal, namun pastinya rumah sederhana tidak harus identik dengan rumah-rumah kecil dan murah. Tapi kalau rumah itu dikatakan murah, bisa dikategorikan sebagai rumah sederhana. Titik pemahaman sebuah rumah sederhana tidak hanya berdasarkan kata “sederhana”, karena bisa jadi rumah yang terlihat sederhana penampilannya dari luar, namun interiornya didesain modern dan mewah dengan furnitur yang mahal. Jadi kategori rumah sederhana hanya bisa diukur dari desain, pembiayaan dan area rumah itu sendiri.
Desain
Jika rumah sederhana dilihat dari disain, maka bisa lebih berarti. Misalnya, sebuah rumah besar yang menerapkan konsep sederhana tapi satu sisi rumah menggunakan bahan yang mahal, tidak bisa lagi disebut rumah sederhana. Pengertian rumah sederhana dilihat dari disain, penekanannya terletak pada disain itu sendiri. Kualitas bahan yang digunakan cukup fleksibel, bisa bahannya murah, medium, atau mahal dan bahannya mewah. Kita bisa melihat contoh bahan mewah seperti granit asli yang harganya 1 juta / m2 atau perlengkapan sanitair harganya di atas 25 juta. Contoh bahan semacam itu bisa diaplikasikan pada model rumah sederhana.
Pembiayaan dan Luas Rumah
Pengertian rumah sederhana juga bisa dilihat dari sisi pembiayaan dan luas rumah. Jika sebuah rumah menerapkan konsep sederhana yang dibangun dengan biaya minimal, misalnya menggunakan bahan kelas ekonomis atau bahan yg murah, maka secara praktis rumah tersebut adalah rumah sederhana yang sesungguhnya. Apalagi jika diperkuat dengan area rumah yang relatif kecil, misalnya perumahan KPR BTN tipe 21, tipe 36, dan jenis rumah murah lainnya. Tapi kalau rumah sederhana itu memiliki luas di atas 200 m2 dengan luas ruangan dan luas, misalnya kamar tidur berukuran 4m x 5m (20m2), maka rumah tersebut tidak bisa lagi disebut rumah sederhana yang sebenarnya karena sudah masuk pada definisi kelas rumahmewah, namun sebagai bentuk rumah sederhana terlihat. Dari disain
Dalam beberapa tahun terakhir banyak orang yang memiliki kekayaan berlebih, lebih memilih desain rumah sederhana, yang meniru kesederhanaan gaya rumah tradisional klasik, seperti rumah kayu, rumah joglo. Bahkan banyak dari mereka yang menyukai model rumah tua dengan gaya arsitektur rumah zaman Belandaatau kolonial. Bangunan ini bisa dengan mudah dilihat di perumahan resmi. Rumah-rumah tersebut meski mengadopsi desain bangunan tradisional yang cenderung bergaya klasik dan kuno, namun rumah mereka memiliki luas lebih dari 300 m2 dan dibangun di atas lahan seluas 500 m2 atau bahkan lebih. Membangun rumah bisa menjadi teladan sebagai rumah yang terlihat sederhana, tapi bukan rumah sederhana dalam arti sebenarnya.

Jasa Arsitek desain rumah 1 lantai dengan 5 kamar di Tasikmalaya

Alasan orang mulai menyukai desain rumah minimalis ini dikarenakan pemikiran tentang bahwa desain rumah minimalis ini, merupakan desain yang menghasilkan bentuk yang sederhana tetapi mempunyai nilai yang estetika dan ruang yang lebih besar. Namun sebenarnya konsep desain rumah minimalis tidak hanya sekedar sampai disitu saja.

Jasa Arsitek desain rumah 1 setengah lantai di Tasikmalaya

Model Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai – Jika kita lihat dari sejarah sebenarnya alasan kemunculan desain rumah minimalis ini merupakan salah satu bentuk protes beberapa aliran arsitektur yang terlalu boros dalam menggunakan material untuk bangunan yang dalam jangka panjang bisa mengganggu keseimbangan alam. Misalnya saja penggunaan kayu yang berlebihan untuk pembuatan interior dan masih banyak bahan-bahan lainnya yang diambil dari alam.

desain rumah 10×10 di Tasikmalaya

Sementara dilain sisi manusia tidak dapat memproduksi bahan bahan itu sendiri. Oleh sebab itu dalam membuat desain konsep sebenarnya dari rumah minimalis lebih mengutamakan fungsi dari penggunaan bahan bahan secara lebih maksimal lagi. Ornament dan hiasan yang biasanya digunakan sebagai pajangan sangat dihindari dalam desain rumah minimalis, bahkan sudah dihilangkan.

Jasa Arsitek desain rumah minimalis 1 lantai 5 di Tasikmalaya

Tokoh yang paling berperan dalam mempopulerkan desain minimalis adalah Ludwig mies van der rohe dan le Corbusier. Desain rumah minimalis yang sekarang sudah bisa kita saksikan secara nyata disekeliling kita. Merupakan hasil dari pengaruh Ludwig mies van der rohe dan le Corbusier konsep mereka menjadi dasar dan tujuan utama dari konsep minimalis.

Jasa Arsitek desain rumah sederhana leter L di Tasikmalaya

Konsep dari rumah minimalis memang lebih menonjolkan sifat fungsional dan esensial sehingga harus bisa meminimalkan atau bahkan menghilangkan-hiasan hiasan yang tidak diperlukan didalam rumah, misalnya seperti ornament-ornament. Sehingga efisiensi pernggunaan bahan-bahan material seperti beton, baja, kaca, dan lain lainmenjadi tantangan tersendiri bagus para arsitektur dalam merancang bangunan dengan konsep minimalis.
desain rumah sederhana minimalis 1 lantai di Garut
Banyak ide-ide baru yang bermunculan oleh para arsitek yang pada saat itu sedang berusaha keras untuk mendapatkan formasi baru yang diharapkan mampu menyesuaikan dengan kondisi jaman yang terus berkembang. Di Indonesia sendiri, konsep desain minimalis juga mengalami kemajuan yang cukup pesat, tepatnya saat gaya mediterania mulai mengalami kesurutan.

Jasa Arsitek desain rumah sederhana modern 1 lantai di Tasikmalaya

Model Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai – Hanya saja karena masyarakat di Indonesia sendiri belum paham akan tujuan dari konsep minimalis ini, karenanya mereka lebih suka meniru-niru konse minimalis yang diterapkan dinegara negara Eropa dan Amerika yang dianggap lebih maju. Mereka tidak menyadari kalau sebenarnya kondisi alam di Indonesia yang tropis berbeda dengan kondisi alam di negara-negara barat tersebut.
desain rumah sederhana satu lantai
Oleh karena itu malah berakibat pemborosan terutama dalam segi pembiayaan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Misalnya yang terjadi pada sistem pencahayaan. Alasannya ingin mendapatkan sinar matahari yang makasimal, pemilik rumah sampai mengurangi ukuran atau malah mengliangkan kanopi yang sebenarnya memang tidak digunakan pada rumah-rumah di Eropa

Jasa Arsitek desain rumah sederhana unik di Tasikmalaya

Model Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai – Padahal sebenarnya sinar matahari yang memancar diIndonesia ini sifatnya lebih panas dibandingkan dengan di Eropa. Hal ini justrudapat mengakibatkan perabot yang ada didalam rumah menjadi tidak awet. Tentu saja hal ini juga mengakibatkan ongkos yang dikeluarkan untuk pembiayaan menjadi lebih banyak lagi. Itulah sedikit info sejarah atau awal mula adanya konsep rumah dengan desain minimalis.

Jasa Arsitek desain rumah sederhana yang indah di Tasikmalaya

Baiklah sekarang saya akan mencoba mengajak anda untuk merubah rumah sederhana menjadi rumah dengan gaya minimalis. Desain rumah minimalis ini tidak akan banyak merubah bentuk bangunan rumah anda yang sederhan. Ornament-ornament yang simple akan mempermudah dalam perubahan desain rumah pribadi anda menjadi rumah dengan gaya minimalis.

Jasa Arsitek desain rumah tampak depan di Tasikmalaya

Eksterior rumah sederhana ini nantinya hanya memerlukan sedikit sentuhan desain modern dan minimalis pada tampilan luarnya saja, jadi tidak akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Penggunaan list atau garis merupakan hal yang paling sering digunakan, guna membedakan satu blok dinding dengan dinding yang lainnya. Pada rumah sederhana yang minimalis penggunaan list ini bisa memanfaatkan batu alam sebagai bahan bakunya.
minimalis

Pilihlah batu alam dengan ukuran 15×10 cm saja, juga sudah cukup untuk dijadikan list pada tampilan dinding luar rumah minimalis anda nantinya. Selain itu, gunakanlah cat yang tidak warna-warni, agar membuat rumah anda memiliki desain yang minimalis.

Jasa Arsitek minimalis design di Tasikmalaya

Model Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai – Biasanya pilihan warna abu dan putih yang menjadi pilihan, karena warna tersebut yang paling sering digunakan pada rumah rumah yang bergaya minimalis.Tambahan warna cerah misalnya merah atau kuning sebagai list juga memungkinkan untuk mengganti batu alam yang tadi itu, pengunaan warna juga merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi biaya yang dibutuhkan.
model cat rumah minimalis indoor outdoor
Biasanya pada desain rumah dengan konsep minimalis, tidak ada tiang penyangga yang biasanya ada dua di depan rumah-rumah pada umumnya di Indonesia. Rumah minimalis biasanya hanya mengandalkan tiang penyangga yang menyatu pada dinding rumah saja, sehingga tidak ada lagi pada teras rumah, yang biasanya ada dua tiang penyangga tersebut.

Jasa Arsitek model model rumah di Tasikmalaya

Selain itu juga, penggunaan keramik pada dinding sebaiknya tidak usah dilakukan pada desain rumah minimalis sederhana. Pastikan pula bahwa dinding rumah hanya di cat bukan dikeramik, karena keramil di dinding itulah yang akan menghilangkan kesan minimalis pada rumah anda tersebut. Desain rumah minimalis yang sedehanan ini sangat cocok sekali bagi rumah dengan type kecil.

Jasa Arsitek model rumah di Tasikmalaya

sekarang rumah minimalis bukanlah hal asing lagi bagi kita. Di Indonesia banyak perumahan perumahan sederhana yang juga telah mengadopsi desain rumah minimalis pada setiap unit rumah yang mereka tawarkan. Ini merupakan pembuktian bahwa rumah sederhana pun bisa disulap menjadi rumah dengan desain minimalis, tentunya dengan biaya yang tidak terlalu mahal.
model rumah baru
Sekarang ini banyak sekali tampilan rumah minimalis yang bisa dijadikan referensi untuk rumah anda. Jika anda menyukai salah satu desain rumah minimalis yang anda dapatkan atau anda lihat dari Internet maka anda bisa konsultasikan kepada pihak developer atau tukang atau pemborong yang biasa mengurus masalah pembangunan rumah anda.

Jasa Arsitek model rumah modern di Tasikmalaya

Dengan memiliki rumah minimalis modern anda akan merasakan bagaimana memiliki rumah seperti apa yang ada di televisi yang anda lihat. Anda akan bisa belajar model-model rumah minimalis modern dengan lebih memperbanyak browsing. Banyak model tipe dan jenis sesuai luas bangunan, gaya, serta konsep yang bisa diaplikasikan dari sini.

Jasa Arsitek model rumah sederhana di Tasikmalaya

Model Rumah Sederhana Minimalis 1 Lantai – Mantapkanlah dulu diri anda dan keluarga anda, untuk bisa tinggal bersama di rumah yang anda desain. Agar rumah tampak lebih baik anda bisa memberikan beberapa perabotan khusus dirumah minimalis anda. Sehingga akan memberikan tampilan rumah vintage modern yang benar-benar nyaman untuk ditinggali dan eye catching.

Jasa Arsitek model rumah sekarang di Tasikmalaya

Anda tentu saja akan butuh desainer untuk membantu anda, menentukan wallpaper dinding yang cocok, yang bisa diaplikasikan di rumah minimalis anda. Paling penting juga adalah menyesuaikan budget yang anda miliki untuk mewujudkan rumah minimalis modern ini.

%d bloggers like this: